Beranda Entrepreneur 7 Alasan Untuk Menjadi Entrepreneur Dan Memulai Bisnis Kamu Sendiri

7 Alasan Untuk Menjadi Entrepreneur Dan Memulai Bisnis Kamu Sendiri

232
0
alasan untuk menjadi entrepreneur untuk melewati tantangan
Perjalanan entrepreneur seperti mendaki gunung dibutuhkan kesabaran dan alasan yang kuat untuk bisa melewati perjalanan yang berat

Perjalanan entrepreneurship tidaklah mudah, banyak tantangan dan hambatan yang menghalangi kesuksesan kamu sebagai entrepreneur. Selain itu menjadi bos bagi diri sendiri tidaklah selalu mudah, kamu harus mengambil keputusan dan mengambil tanggung jawab penuh atas keputusan tersebut. Ditambah lagi jika kamu memutuskan untuk memulai bisnis dengan metode bootstrapping kemungkinan besarsaat di saat awal mulai membangun bisnis kamu sebagai entrepreneur, bayaran yang kamu peroleh sangat kecil dan tidak jarang tidak mencukupi untuk hidup.

Dengan kondisi seperti itu tidak heran Steve Blank “Bapaknya gerakan Lean Startup” pernah menyatakan bahwa menjadi seorang entrepreneur adalah pekerjaan terburuk jika tidak mempunyai alasan atau panggilan yang kuat untuk menjadi entrepreneur, namun disisi lain Steve Blank juga menyatakan bahwa menjadi entrepreneur adalah salah satu panggilan hidup terbaik. Karena tantangan tersebut Steve Blank juga menyatakan bahwa dibutuhkan alasan untuk menjadi entrepreneur yang kuat untuk bisa melewati masa-masa sulit dalam melewati perjalanan sebagai seorang entrepreneur. Lalu alasan apa yang cukup kuat untuk memilih jalan sebagai entrepreneur? berikut 7 alasan untuk menjadi entrepreneur seperti dilansir dari beberapa situs seperti Inc.com, Entrepreneur.com, dan Business2Community.com:

 

1. Mereka Tidak Punya Pilihan Lain

Ini adalah salah satu alasan mengapa banyak entrepreneur sukses yang berasal dari mereka yang tidak mempunyai pencapaian akademik yang cemerlang. Perlu diakui bahwa beberapa orang menjadi entrepreneur karena mereka tidak mempunyai pilihan lain untuk menjadi orang sukses selain melalui perjalanan sebagai seorang entrepreneur, entah karena keahlian mereka yang tidak mumpuni untuk bersaing di pasar kerja atau prestasi dalam pendidikan mereka atau bahkan menyadari bahwa mereka tidak cocok untuk bekerja dibawah orang lain.

 

2. Membawa Perubahan

“Jadi perubahan yang ingin kamu lihat didunia” – Mahatma Gandhi. Seorang entrepreneur sejati dan terhebat adalah pemecah masalah, inovator dan mampu merubah hidup banyak orang. Beberapa orang menjadi entrepreneur karena mereka mempunyai ide-ide yang luar biasa dan menyadari bahwa masalah-masalah yang dihadapi oleh mereka, orang terdekat mereka atau bahkan dalam skala seluruh umat manusia dapat diselesaikan dengan ide mereka. Namun, selain mempunyai ide yang brilian mereka juga menyadari bahwa jalan terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan mencoba mewujudkan ide tersebut. Bagi mereka ini adalah alasan untuk menjadi entrepreneur yang sangat kuat.

Entrepreneur sukses adalah orang-orang yang membawa perubahan didunia. Mereka melihat dunia seperti yang mereka inginkan, bukan bagaimana dunia seperti yang kebanyakan orang lain lihat. Seperti Bill Gates yang merubah dunia komputer pribadi, membawa perubahan besar dalam produktivitas penggunaan komputer sehari-hari atau Steve Jobs yang merubah penggunaan ponsel dari sekedar berkomunikasi menjadi multifungsi dengan banyak kemampuan yang dapat diwujudkan dari sebuah perangkat kecil.

 

3. Mengejar Passion

Bagi mereka yang mempunyai panggilan kuat terhadap bidang tertentu maka akan sangat sulit untuk mengabaikan panggilan tersebut. Entrepreneur yang memulai dari passion mereka biasanya tidak melihat apakah hal yang mereka lakukan dapat menghasilkan uang, mereka hanya senang melakukan hal tersebut. Dengan menjadi entrepreneur mereka dapat terus melakukan hal yang mereka suka, memberikan kontribusi terbesar bagi masyarakat di bidang tersebut dan tidak terikat pada pekerjaan kantoran untuk membiayai kehidupan mereka.

 

4. Meraih Kebebasan

Perlu diakui bahwa menjadi entrepreneur memberikan potensi untuk meraih kebebasan yang diinginkan dan ini adalah salah satu alasan untuk menjadi entrepreneur yang kuat. Baik kebebasan dalam menentukan waktu kerja, kebebasan dalam menentukan tempat kerja, kebebasan dalam menentukan arah dan mengambil keputusan. Berbeda halnya apabila menjadi karyawan, seorang karyawan terikat pada tempat kerja, peraturan dan keputusan yang sudah ditentukan oleh perusahaan tempat bekerja.

Menjadi entrepreneur dapat digambarkan seperti pepatah lama, menjadi entrepreneur adalah bekerja keras selama beberapa tahun hidup anda dan tidak hidup seperti kebanyakan orang sehingga anda dapat menghabiskan sisa hidup anda seperti yang kebanyakan orang tidak bisa wujudkan. Menjadi entrepreneur memang membutuhkan kerja keras dan menghadapi risiko yang besar tetapi dibalik itu terdapat kemampuan untuk membentuk kehidupan yang seperti anda inginkan.

 

5. Meninggalkan Warisan

Memulai bisnis dan menjadi entrepreneur berarti memberikan jalan yang bisa diwariskan kepada anak atau keluarga anda. Selain itu dengan mendirikan suatu perusahaan yang sukses, entrepreneur dapat meninggalkan peninggalan tersendiri dimasyarakat baik berupa pengaruh-pengaruh produk yang dihasilkan perusahaan tersebut maupun organisasi itu sendiri yang dapat bertahan jauh melewati masa hidup sang pendiri bisnis.

 

6. Melakukan Hal Yang Bermakna

Menjadi seorang entrepreneur memberikan kemampuan bagi anda untuk mendelegasikan pekerjaan yang tidak banyak memberikan makna bagi anda. Dengan menjadi entrepreneur anda bisa lebih fokus kepada hal-hal yang benar-benar berarti kepada anda. Anda juga dapat menghindari penyesalan dalam hidup anda nantinya akibat tidak melakukan hal yang bermakna. Hal ini secara sempurna digambarkan oleh Mark Twain dalam syairnya sebagai berikut:

“Dua puluh tahun dari sekarang, Anda akan lebih kecewa oleh hal-hal yang tidak Anda lakukan daripada yang Anda lakukan lakukan. Jadi angkatlah jangkar. Berlayar jauh dari pelabuhan yang aman. Menangkap angin perdagangan di layar Anda. Jelajahi. Bermimpi. Temukan.” – Mark Twain

 

7. Mempunyai Pengaruh dan Dampak Yang Luas Bagi Masyarakat

Beberapa entrepreneur mempunyai kemampuan yang luar biasa dan ide-ide brilian yang sangat bermanfaat bagi umat manusia. Dengan menjadi entrepreneur mereka dapat mewujudkan ide-ide tersebut dan melalui visi yang terwujud tersebut mereka sanggup mempunyai pengaruh dan memberikan dampak yang sangat luas bagi masyarakat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here