Beranda Marketing 5 Cara Pemasaran Bisnis Kuliner Dengan Modal Kecil

5 Cara Pemasaran Bisnis Kuliner Dengan Modal Kecil

611
0
cara pemasaran bisnis kuliner, pemasaran bisnis kuliner, pemasaran bisnis makanan
Pemasaran bisnis kuliner yang tepat sangat penting untuk keberhasilan bisnis anda

Bisnis kuliner adalah bisnis yang tidak pernah mati dan akan selalu dibutuhkan, karena setiap orang pasti butuh makan dan banyak sekali orang yang menjadikan kegiatan makan sebagai salah satu hobi atau kesenangan tersendiri. Namun, patut diakui juga bahwa bisnis kuliner adalah salah satu bisnis dengan persaingan yang sangat ketat, disetiap sudut kota dapat dengan mudah kita temukan usaha kuliner mulai dari skala kecil seperti gerobakan dan kaki lima sampai skala besar seperti restoran.

Dengan ketatnya persaingan tersebut tidak heran jika di satu sisi banyak pengusaha yang menjadi kaya dengan menjalankan bisnis kuliner tetapi banyak juga pengusaha yang kemudian bangkrut karena bisnis kulinernya sepi pembeli. Ironisnya sepinya pembeli tersebut bisa jadi bukan karena rendahnya kualitas rasa atau tidak kompetitifnya harga yang ditawarkan kepada pembeli, tetapi karena pengusaha bisnis kuliner tidak mengetahui cara pemasaran bisnis kuliner secara efektif dan hanya berharap pembeli secara ajaib mau membeli makanan yang anda tawarkan.

Kenyataannya, mendapatkan pelanggan tidaklah pernah mudah dan untuk menyakinkan pelanggan baru bahkan jauh lebih sulit. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa waralaba-waralaba yang terkenal seperti Bakmi GM tidak pernah sepi pembeli. Untuk mengatasi masalah tersebut berikut 5 cara pemasaran bisnis kuliner yang dapat anda jalankan dengan modal kecil sekalipun:

 

1. Promo Untuk Sharing Di Social Media

“Dapatkan minuman dingin gratis dengan sharing foto keseruan atau makanan anda dan mention kami di social media anda” adalah contoh dari program pemasaran bisnis kuliner yang sangat efektif di era media social seperti sekarang ini. Dengan memberikan insentif kepada pelanggan anda untuk sharing di media social mereka, maka anda bisa mendapatkan pelanggan baru dari rekomendasi social media mereka yang melakukan sharing tersebut.

Sharing disocial media tersebut dapat diibaratkan seperti promosi dari mulut ke mulut, namun dengan kontrol yang lebih kuat dan efek yang lebih cepat dibandingkan dengan metode tradisional. Agar anda dapat mengontrol biaya yang anda keluarkan untuk cara promosi ini, anda dapat membuat ketentuan pembatasan orang yang mendapatkan makanan atau minuman gratis tersebut per harinya, selain itu anda juga perlu menghitung berapa rata-rata keuntungan yang dapat anda peroleh dari satu pelanggan dan gunakan besaran keuntungan tersebut sebagai batasan biaya makanan gratis yang anda tawarkan.

 

2. Daftarkan Bisnis Kuliner Anda di Situs Review Restoran

Mendaftarkan bisnis kuliner anda adalah salah satu kiat pemasaran bisnis kuliner yang harus anda lakukan karena dengan semakin banyaknya pengguna smartphone di tanah air, maka semakin banyak orang yang akan menggunakan situs atau aplikasi review restoran terutama bagi mereka yang mempunyai hobi makan. Dengan terdaftarnya bisnis kuliner anda disitus review restoran anda bisa mendapatkan pemasaran secara gratis. Namun untuk memberikan dampak yang signifikan bagi penjualan bisnis kuliner anda harus memastikan bahwa anda mendapat review yang baik dan sesuai.

Mendapatkan review yang bagus tentu akan sangat bergantung dari bagaimana rasa makanan, harga dan juga pengalaman pelanggan anda saat mencoba layanan bisnis anda. Sebagai tips untuk mendapatkan review yang bagus, cobalah untuk memberikan pelayanan yang ramah, cepat dan pastikan alat makan dan tempat makan dalam kondisi yang bersih. Selain itu jika anda mendapatkan review yang jelek mintalah maaf kepada pelanggan anda di situs tersebut dan berjanjilah untuk melakukan perbaikan terhadap pelayanan anda.

 

3. Menjadi Mitra Go-Food dan GrabFood

Menjadi mitra go-food dan grabfood bukan saja memberikan bisnis kuliner anda peluang untuk menjaring pelanggan yang membutuhkan layanan pesan antar makanan, tetapi dengan adanya fitur rekomendasi berdasarkan lokasi menjadi mitra dari Go-Food dan Grabfood juga berfungsi untuk meningkatkan jangkauan pemasaran anda.

Baca Juga :Peluang Usaha Kuliner Modal Kecil Dengan Go-Food

 

4. Membuka Stand Promosi Di Bazaar atau Pasar Kaget

Berpartisipasi pada suatu event atau acara khusus dapat memberikan manfaat yang besar terhadap pemasaran bisnis kuliner anda. Dimana pada saat event berlangsung pasti terdapat kumpulan orang dalam jumlah yang besar, kondisi tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan bisnis kuliner anda. Tetapi pastikan juga event tersebut sesuai dengan profil pelanggan ideal anda, misalnya jika anda mempunyai pasar mahasiswa maka ikutlah di event-event bazaar yang pengungjungnya kebanyakan mahasiswa.

 

5.  Beriklan Menggunakan Facebook, Instagram dan Adsword

Untuk kebanyakan bisnis kuliner, beriklan masih dipandang sebagai strategi pemasaran bagi restoran-restoran besar dengan modal besar. Tetapi dengan adanya facebook ads dan Adsword (Google) beriklan dapat menjadi bagian pemasaran bisnis kuliner skala kecil sekalipun.

Hal tersebut dimungkinkan dengan memastikan iklan anda hanya ditampilkan untuk pencarian di lokasi tertentu dan hanya mencakup jarak maksimal 5 Km dari lokasi bisnis anda (fitur iklan di adsword dan facebook). Selain itu dengan fitur targeting facebook ads anda bahkan dapat memastikan iklan anda hanya ditampilkan kepada mereka yang sesuai dengan profil pelanggan anda. Dengan semakin spesifiknya iklan anda maka makin dapat dipastikan biaya yang anda keluarkan semakin rendah dan semakin memperbesar kemungkinan iklan tersebut membawa penjualan kepada bisnis anda.

 

Penutup

5 cara pemasaran bisnis kuliner diatas adalah salah satu dari banyak strategi pemasaran yang dapat anda lakukan dengan modal yang terbatas, namun diluar 5 cara tersebut terdapat juga cara-cara pemasaran lain yang lazim dilakukan oleh bisnis kuliner dengan modal terbatas. Misalnya mengajak teman, kenalan dan keluarga anda untuk mempromosikan bisnis anda, menyebarkan menu flyer di lingkungan sekitar, sampai memberikan sample atau tester kepada orang yang lewat di depan lokasi bisnis anda.

Jika kawan entrepreneur sekalian ada pertanyaan mengenai cara pemasaran bisnis kuliner diatas atau ada ide mengenai cara pemasaran lain, anda bisa memberikan komentar melalui kolom komentar dibawah ataupun melalui akun social media kami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here