Beranda Bisnis Online 7 Bisnis Online Terbaik Untuk Anda Mulai

7 Bisnis Online Terbaik Untuk Anda Mulai

304
0
bisnis online terbaik
image credit : pexels.com

Sedang mencari apa bisnis online terbaik yang bisa anda mulai? Saat ini memang merupakan waktu yang sangat ideal untuk memulai bisnis online. Faktanya dari tahun ke tahun nilai pasar ecommerce bertumbuh dengan sangat pesat dan di Indonesia saja pada tahun 2020 akan mencapai US$ 130 miliar (sekitar Rp. 1.500 trilyun). Angka tersebut jauh lebih tinggi dari nilai transaksi ecommerce pada tahun 2016 sebesar US$ 20 miliar (sekitar Rp. 250 trilyun).

Melihat peluang tersebut maka tidak heran jika semakin banyak orang yang mencari peruntungan di bisnis online. Selain itu bisnis online tidak membutuhkan modal besar dan dapat dimulai secara part-time tanpa meninggalkan pekerjaan utama. Oleh karena itu, bisnis online dapat menjadi cara yang ideal untuk anda yang tidak menyukai pekerjaan anda, dan memiliki modal kecil untuk memulai bisnis dan menjadi seorang pengusaha.

Untuk memberikan inspirasi dan mendorong anda menjadi seorang pengusaha berikut 7 bisnis online terbaik yang bisa anda mulai.

7 Bisnis Online Terbaik

1. Menjual Pengetahuan/Pengalaman Anda

Hampir setiap orang mempunyai pengetahuan atau pengalaman khusus yang dapat anda jadikan sebuah bisnis online. Anda bisa bahasa inggris dengan lancar? Anda bisa memulai bisnis online dengan menjual online course bahasa inggris atau membuat eBook. Atau anda bisa memperbaiki smartphone? Anda juga bisa menjadikan pengetahuan tersebut menjadi bisnis online dengan menjual online course dan eBook untuk orang-orang yang ingin membuka usaha servis smartphone dan tech geek.

Dalam kebanyakan kasus setiap pengetahuan dan pengalaman mempunyai suatu nilai yang berarti dan dapat dijual kepada orang lain yang ingin mengetahui hal tersebut. Beberapa pengetahuan atau pengalaman yang populer sebagai bisnis online adalah yang terkait dengan:

  • kesehatan (termasuk diet);
  • kecantikan;
  • memulai bisnis;
  • hubungan percintaan
  • belajar bahasa asing;
  • keahlian profesional;
  • produktivitas; dan
  • traveling.

Menjual pengetahuan atau pengalaman adalah salah satu bisnis online terbaik karena kelebihan sebagai berikut:

  • dapat dimulai dengan modal kecil;
  • dapat dirintis secara paruh waktu;
  • biaya operasional yang relatif kecil;
  • sangat scaleable / potensi pertumbuhan tinggi; dan
  • dapat membangun brand personal atau bisnis.

 

2. Membuka Toko Online

toko online : bisnis online terbaik

Menjual barang melalui internet dengan membuka toko online menjadi salah satu bisnis online yang paling banyak dilakukan saat ini. Walaupun begitu, membuka toko online tetap termasuk salah satu bisnis online terbaik yang bisa anda mulai, terutama jika anda mempunyai produk yang berkualitas dan bersaing.

Membuka toko online saat ini sangatlah mudah, anda bisa memulai dengan menjual melalui online marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee, dan carousell. Atau anda juga bisa membuka toko online di social media instagram atau facebook.

Setelah berkembang kemudian anda bisa mengembangkanya dengan membuka toko online sendiri yang menggunakan domain sendiri. Anda mungkin bertanya mengapa harus membuka toko online sendiri jika sudah laku berjualan melalui yang gratis?

Hal tersebut perlu anda lakukan karena jika anda tidak mempunyai toko online sendiri maka anda akan mempunyai resiko kehilangan bisnis anda jika dikemudian hari online marketplace, instagram atau facebook mengubah ketentuan layanannya. Misalnya, instagram kemudian mengubah algoritma aplikasinya sehingga orang yang dapat melihat posting anda menjadi jauh lebih sedikit.

Hal tersebut dapat anda kendalikan risikonya jika anda mempunyai toko online sendiri yang kemudian anda jadikan saluran penjualan utama anda. Terlebih lagi saat ini membuat toko online bagi seorang pemula sudah sangat mudah.

Terkait : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Shop Untuk Pemula

Langkah pertama untuk memulai bisnis toko online adalah mencari produk yang bisa anda jual. Skenario yang terbaik adalah jika anda sudah mempunyai keahlian untuk membuat produk sendiri yang berkualitas. Tetapi jika tidak pun anda bisa mencari produk-produk yang unik. Hal ini bisa anda lakukan dengan mencari ide barang-barang unik di Aliexpress.

Bisnis toko online adalah salah satu bisnis online terbaik karena kelebihan sebagai berikut:

  • Modal relatif kecil;
  • Dapat dirintis paruh waktu (sebelum penjualan mencapai <20 order perhari);
  • scaleable / mempunyai potensi bertumbuh; dan
  • dapat membangun brand personal atau bisnis.

Namun toko online juga mempunyai beberapa kelemahan seperti:

  • pengembangan membutuhkan modal;
  • membangun brand mempunyai tantangan;
  • tingkat persaingan dalam beberapa produk sudah sangat ketat.

 

3. Affiliate Marketing

Affiliate marketing secara sederhana dapat didefinisikan sebagai suatu skema pembagian keuntungan untuk setiap penjualan yang berasal dari promosi pemasar/marketer  yang bersangkutan. Pembagian keuntungan yang diberikan oleh penjual atau pemilik produk berupa komisi yang dapat berupa nilai tetap atau persentase dari nilai transaksi pembeli.

cara meningkatkan penjualan

Pat Flynn adalah salah satu contoh praktisi affiliate marketing yang sangat berhasil. Selama bertahun-tahun Pat Flynn telah menghasilkan puluhan ribu dolar Amerika Serikat setiap bulannya dengan affiliate marketing yang mengutamakan transparansi dan kejujuran. Pada bulan April 2017 misalnya, Pat menghasilkan sekitar USD 71.000 (sekitar Rp 944.300.000) dari affiliate marketing.

Selain itu bisnis affiliate marketing sedang berkembang dengan cukup cepat dimana secara global affiliate marketing akan mempunyai nilai pasar sebesar USD 6,8 miliar pada tahun 2021.

Bisnis affiliate adalah salah satu bisnis online terbaik karena kelebihan sebagai berikut:

  • tidak membutuhkan persediaan barang;
  • tidak perlu membuat produk;
  • tidak perlu mengurus pengiriman dan komplain pelanggan;
  • modal relatif kecil;
  • potensi menjadi sumber passive income.

Terkait : Bagaimana Cara Memulai Affiliate Marketing Untuk Pemula

 

4. Remote Service / Jasa Melalui Internet

Apakah anda bisa desain grafis? membuat website? membuat video? bisa menulis? atau menjadi seorang virtual assistant? Jika anda bisa salah satu atau beberapa dari hal tersebut maka salah satu pilihan bisnis online terbaik untuk anda adalah memberikan jasa tersebut melalui internet.

Tidak hanya sebatas hal-hal yang disebutkan diatas, anda juga bisa memberikan jasa-jasa yang lain yang mungkin tidak membutuhkan kehadiran fisik anda untuk memenuhi apa yang klien anda perlukan. Anda bisa memulai bisnis ini dengan menjadi jobs atau gigs di situs marketplace freelance seperti Fiverr, Upworks, Freelancer, Sribulancer dan lainnya.

Remote service ini menjadi salah satu dari 7 bisnis online terbaik karena:

  • Modal awal kecil;
  • Pendapatan relatif besar;
  • Mudah untuk dimulai;
  • Tidak membutuhkan persediaan barang;
  • Tidak membutuhkan pengiriman;
  • Biaya operasional kecil.

 

5. Social Media Marketing

Pengguna social media di Indonesia sangatlah banyak jumlahnya. Tercatat pada tahun 2016 pengguna Facebook di Indonesia sudah mencapai angka 82 juta orang. Sedangkan pengguna Twitter di Indonesia mencapai angka 50 juta pada tahun 2015. Selain itu rata-rata orang Indonesia menonton video di Youtube hingga lebih dari 1 jam perhari.

Dengan jumlah yang luar biasa besar tersebut maka tidak dapat dipungkiri bahwa posisi social media marketing juga semakin penting. Hal ini tercermin dari banyaknya bisnis kecil yang bisa menjadi besar dengan memanfaatkan social media marketing secara efektif seperti Keripik Maicih, Steak Holycow, dan masih banyak lagi.

Dari tren tersebut tentu jelas bahwa bisnis social media marketing adalah salah satu bisnis online terbaik dan sangat menjanjikan.  Tawarkan keahlian anda kepada pemilik bisnis lokal yang mempunyai banyak pelanggan tetapi belum mempunyai akun social media. Sebagai permulaan anda mungkin tidak dapat mengenakan bayaran tetap atas jasa anda, tetapi anda bisa menegosiasikan bayaran berbasis komisi. Dimana untuk setiap penjualan yang berasal dari akun social media yang anda atur anda berhak mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.

 

6. Bisnis Dropship

Bisnis dropship dapat menjadi alternatif bagi anda yang ingin memulai bisnis toko online secara paruh waktu dan tanpa modal yang besar. Hal ini dimungkinkan karena dalam bisnis dropship anda tidak memerlukan persediaan barang, mengatur pengiriman, dan fokus kepada pemasaran produk yang anda jual.

Baca Juga : Bagaimana Memulai Bisnis Dropship

 

7. Bisnis Aplikasi

ide bisnis untuk mahasiswa, ide bisnis, bisnis aplikasi mobile

Apakah anda masih ingat dengan game Flappy Bird? Game sederhana dan mengesalkan namun adiktif tersebut menjadi contoh bagaimana besarnya potensi bisnis aplikasi saat ini.

Game yang dikembangkan oleh Dong Nguyen dalam waktu 2 sampai 3 hari tersebut sempat merajai posisi paling atas Top Downloaded Game di App Store dan salah satu yang tertinggi di Play Store. Dengan pencapaian tersebut Flappy Bird menghasilkan pendapatan sebesar USD 50.000 per hari (sekitar Rp.  675 juta).

Besarnya potensi bisnis aplikasi juga tidak terlepas dari semakin banyaknya pengguna smartphone dan waktu yang dihabiskan dengan menggunakan smartphone. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa bisnis aplikasi termasuk sebagai 7 bisnis online terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here