Beranda Mengembangkan Bisnis 7 Strategi Bisnis Yang Baik Dan Efektif Untuk Sukses

7 Strategi Bisnis Yang Baik Dan Efektif Untuk Sukses

254
0
strategi bisnis yang baik
image credit : pexels

Dalam persaingan dunia bisnis yang semakin ketat, mempunyai strategi bisnis yang baik dan efektif adalah kunci untuk dapat berkembang. Selain itu, strategi bisnis yang baik dan efektif juga sangat penting dalam membangun suatu bisnis yang menguntungkan.

Kenapa? alasannya sederhana, bisnis yang mempunyai strategi bisnis yang baik dan efektif dapat mengembangkan keunggulan kompetitif dengan baik sehingga cepat atau lambat pesaing anda yang tidak mampu beradaptasi dengan strategi bisnis anda akan kalah bersaing.

Dengan alasan tersebut, tidak berlebihan jika anda ingin bisnis anda sukses maka anda harus mengetahui 7 strategi bisnis yang baik dan efektif sebagai berikut:

 

1. Berikan Nilai Tambah Yang Tinggi 

Salah satu strategi bisnis yang baik dan tidak pernah usang untuk menang dari persaingan adalah dengan memberikan nilai tambah yang tinggi kepada pelanggan anda.

Terdapat 3 alasan mengapa hal tersebut merupakan strategi bisnis yang baik.

Pertama, memberikan nilai tambah yang tinggi memberikan penawaran yang anda berikan kepada calon pelanggan mempunyai kekuatan. Misalnya, maskapai Emirates menjadi salah satu pemimpin industri penerbangan dengan menawarkan pelayanan yang prima serta fasilitas nomor satu untuk penumpangnya.

Walaupun Emirates tidak menawarkan harga yang murah, tetapi nilai yang mereka tawarkan kepada pelanggan sangatlah besar. hasilnya? Emirates secara konsisten menghasilkan keuntungan milyaran dolar untuk para pemegang sahamnya.

Kedua, anda juga meningkatkan dan membangun loyalti pelanggan dengan memberikan nilai tambah yang tinggi kepada mereka. Bahkan anda mungkin dapat menemukan pelanggan anda menjadi ambassador bagi bisnis anda dengan merekomendasikan bisnis anda kepada keluarga atau kolega mereka.

 

2. Pelajari Kelebihan dan Kekurangan Kompetitor.

Strategi bisnis yang baik dan efektif yang kedua adalah pelajari kompetitor anda. Anda perlu tahu siapa pesaing Anda, apa kelebihan dan kekurangan dari bisnis mereka. Hal ini bisa anda lakukan dengan bertanya kepada pelanggan dari bisnis kompetitor anda. Pastikan anda mendapatkan jawaban yang jujur dan jelas dari mereka.

Pengetahuan tersebut akan membantu anda untuk mengembangkan bisnis anda kearah yang berbeda dari pesaing anda dan tampil beda. Hal ini dilakukan dengan baik oleh

 

3. Disiplin Dalam Mengatur Keuangan

Mungkin sudah jelas bagi kebanyakan pengusaha bahwa mengatur keuangan bisnis secara disiplin adalah bagian dari strategi bisnis yang baik dan efektif.
Disiplin dalam mengatur keuangan bisnis berarti memperhitungkan secara cermat setiap pengeluaran operasional yang signifikan (baik secara sendiri maupun kumulatif) dan juga rencana investasi bisnis anda. Perhitungan yang cermat tersebut berfungsi untuk menekan biaya operasional seefektif mungkin, anda tidak ingin mempunyai biaya operasional yang besar tanpa hasil yang juga optimal.

Mempunyai operasional bisnis dengan efisiensi tinggi merupakan strategi bisnis yang baik karena hal tersebut memberikan ruang bagi bisnis anda dalam hal terjadi perubahan struktur pasar maupun ekonomi yang menyebabkan biaya operasional anda membengkak tiba-tiba.

Selain itu, hal tersebut juga memberikan kesempatan bagi anda untuk menawarkan harga yang lebih rendah kepada pelanggan anda untuk meraih pangsa pasar yang lebih besar dari pesaing anda.

Untuk menerapkan strategi bisnis ini akan lebih mudah jika anda didukung dengan pembukuan yang rapi dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Untuk itu anda dapat menggunakan Jurnal, software pembukuan UKM berbasis cloud yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja serta sangat mudah untuk digunakan. Selain itu anda juga bisa mendapatkan masa GRATIS 14 hari dan dukungan pelatihan GRATIS dari Jurnal.

 

Terkait : 5 Alasan Mengapa Pembukuan Penting Untuk UKM

 

4. Menerapkan Teknologi atau Inovasi Baru 

Teknologi atau inovasi yang baru mempunyai posisi yang unik dalam strategi bisnis yang baik. Dalam kebanyakan kasus menerapkan suatu teknologi atau inovasi yang baru memungkinkan suatu bisnis untuk meningkatkan efisiensi kelevel yang lebih tinggi.

Tetapi peranan teknologi atau inovasi baru tidak hanya sekedar meningkatkan efisiensi, terdapat juga teknologi atau inovasi baru yang membuka peluang pasar yang baru. Contohnya adalah teknologi smartphone, selain meningkatkan kemampuan untuk berkomunikasi dan mencari informasi secara efektif, smartphone juga membuka pasar-pasar baru yang dapat diambil oleh pengusaha yang mempunyai visi kedepan.

Jika anda dapat menerapkan suatu teknologi baru atau inovasi baru dengan timing yang sesuai, anda dapat menempatkan bisnis anda berada jauh didepan pesaing-pesaing anda yang terpaku pada cara-cara dan teknologi yang lama.

 

5. Mengincar Ceruk Pasar 

Mengincar ceruk pasar atau niche market adalah salah satu strategi bisnis yang baik dan efektif terutama jika anda mempunyai bisnis skala kecil dan menengah.

Kenapa? pasar yang besar dan lebih umum biasanya mempunyai pemain besar yang akan sulit untuk disaingi oleh pengusaha kecil. Fokus kepada suatu ceruk pasar tertentu memungkinkan anda untuk memahami lebih jauh mengenai karakteristik dari pasar tersebut. Pengetahuan tersebut kemudian dapat anda manfaatkan untuk menyesuaikan produk dan penawaran anda dengan ceruk pasar tersebut.

Jika anda berhasil memahami dan menyesuaikan produk anda dengan ceruk pasar tersebut maka jauh lebih besar kemungkinan bagi anda untuk bisa mendapatkan pangsa pasar yang cukup di ceruk tersebut.

Sangat banyak contoh bisnis yang menerapkan strategi bisnis yang baik dan efektif ini, salah satu contoh yang paling mudah adalah Brodo. Brodo memulai bisnisnya dengan fokus kepada ceruk pasar sepatu pria muda. Fokus Brodo pada ceruk pasar tersebut memungkinkan mereka untuk menempatkan diri dalam posisi yang cukup kuat di pasar tersebut.

 

 

6. Buat Rencana Bisnis Yang Matang

 

Bisnis besar yang mempunyai modal besar biasanya selalu membuat perencanaan yang matang baik untuk operasional tahunan atau investasi yang cukup signifikan. Hal ini menjadi dasar bagi mereka untuk melakukan pemetaan terhadap kondisi perusahaan, target, rencana pemasaran dan berbagai aspek penting lainnya dalam mengembangkan bisnis mereka.

Membuat rencana bisnis tidak hanya penting bagi bisnis besar, bisnis kecil dan menengah juga mendapatkan manfaat yang sama dari rencana bisnis yang matang. Menurut Tim Berry, pakar konsultan dan ahli perencanaan bisnis menjelaskan bahwa manfaat yang diberikan dari rencana bisnis diantaranya adalah:

  • Memberikan kejelasan strategi;
  • Memberikan gambaran keseluruhan bisnis anda;
  • Membangun fokus bisnis anda;
  • Mengatur keuangan dan budget bisnis;
  • Mengetahui pencapaian penting untuk berkembang.

Terkait : Bagaimana Cara Membuat Rencana Bisnis Lengkap

 

7. Manfaatkan dan Bangun Kemitraan

Strategi bisnis yang baik dan efektif yang terakhir dalam daftar ini adalah dengan manfaatkan dan bangun kemitraan dengan bisnis lain. Hal ini sangat umum dilakukan oleh bisnis besar, tidak peduli seberapa besar modal yang mereka punya, pada suatu bidang mereka pasti bermitra dengan bisnis lain untuk memperkuat posisi bisnis mereka.

Contohnya Apple, mereka tidak membuat iPhone, iMac atau iPad sendiri. Walaupun mereka mempunyai modal yang sangat besar dan merek yang kuat tetapi mereka memilih bermitra karena hal tersebut jauh lebih efisien ketimbang membangun pabrik dan mengatur proses produksi sendiri.

Hal tersebut tidak hanya dapat diterapkan oleh bisnis besar, bisnis kecil juga dapat menerapkan strategi bisnis tersebut. Misalnya, anda mempunyai bisnis handmade dengan produk yang berkualitas dan anda dapat bermitra dengan toko-toko modern untuk membantu distribusi produk anda ke pasar yang lebih luas.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here