Beranda Ide Bisnis 25 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan

25 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan

1084
0
usaha jilbab,usaha tas handmade, ide bisnis ibu rumah tangga, peluang usaha untuk ibu rumah tangga

Apakah anda ingin membantu keuangan keluarga? atau ingin bisa menghasilkan uang sendiri disela-sela kesibukan sebagai ibu rumah tangga? Jika ya, teruslah membaca karena dalam artikel ini kami akan memberikan inspirasi peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan.

Menjadi ibu rumah tangga bukanlah pekerjaan yang mudah, terutama untuk yang sudah memiliki anak. Menjadi ibu rumah tangga berarti memastikan rumah terawat dan kebutuhan suami dan anak terpenuhi dengan baik.
Namun, bukannya tidak mungkin disela-sela kesibukan sebagai ibu rumah tangga untuk memulai suatu bisnis sampingan. Selain untuk menghasilkan uang tambahan, memulai usaha rumahan sebagai ibu rumah tangga juga dapat menjadi media untuk berkreasi, berkarya dan memberikan makna lebih dalam hidup.

Jika anda tertarik untuk memulai bisnis, berikut 25 peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan sebagai inspirasi anda memulai usaha rumahan.

 

1. Usaha Tas 

usaha tas handmade, peluang usaha untuk ibu rumah tangga, ide bisnis ibu rumah tangga
peluang usaha untuk ibu rumah tangga : bisnis tas – image via pexels.com

Membuat tas buatan tangan dari kulit, atau kain merupakan salah satu peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan. Pasar usaha tas sangat besar dengan potensi keuntungan yang juga besar.

Untuk memulai usaha tas anda membutuhkan modal 3 juta untuk tas kain dan modal 5 juta sampai 10 juta untuk tas kulit. Modal tersebut diperlukan untuk membeli perlengkapan menjahit, dan bahan baku tas.

Namun anda juga dapat memulai dengan modal yang jauh lebih kecil jika anda bisa memperoleh perlengkapan menjahit bekas dalam kondisi bagus atau bermitra pengrajin penjahit tas.

Baca Juga : 50 Usaha Rumahan Yang Menjanjikan

 

2. Usaha Jilbab

usaha jilbab,usaha tas handmade, ide bisnis ibu rumah tangga, peluang usaha untuk ibu rumah tangga

Apakah anda mempunyai selera fashion islami yang tajam? apakah anda suka membuat model-model jilbab yang menarik? Jika jawaban anda ya untuk keduanya, peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan untuk anda adalah usaha jilbab.

Bisnis jilbab juga dapat dimulai dengan modal yang kecil. Hanya dengan modal 3-5 jutaan saja anda bisa memulai bisnis jilbab. Modal tersebut bisa lebih kecil lagi jika anda bermitra dengan penjahit untuk meminjam mesin jahit dan perlengkapan menjahit lainnya.

Bagaimana dengan potensi keuntungannya? cukup baik. Dzuatqya (25) pemilik Anaya Hijab misalnya hanya dalam waktu 11 bulan sudah bisa meraih omzet mencapai 60 jutaan dalam sebulan.

 

3. Usaha Perhiasan Kerajinan Tangan

macam-macam usaha sampingan di rumah, peluang usaha untuk ibu rumah tangga, ide bisnis ibu rumah tangga
Photo by Kaboompics // Karolina from Pexels https://www.pexels.com/photo/close-up-of-girl-hands-coloring-eggs-for-easter-ii-6435/

Jika anda tidak senang menjahit dan lebih suka membuat kreasi-kreasi kerajinan tangan lain seperti kalung, gelang, cincin dan perhiasan lainnya maka usaha perhiasan kerajinan tangan lebih cocok untuk anda.

Usaha perhiasan kerajinan tangan membutuhkan modal yang kecil. Untuk memulai anda hanya membutuhkan modal tidak lebih dari 3 jutaan.
Salah satu contoh pengusaha yang sukses berbisnis perhiasan kerajinan tangan adalah Fenny Angela. Fenny Angela adalah pemilik Aeroculata yang menjual berbagai macam aksesoris seperti kalung, cincin, anting, bros dan lain-lain. Fenny memulai bisnis tersebut dengan modal 1 juta dan dapat meraih omzet Rp 20 jutaan per bulan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kerajinan Tangan

 

4. Usaha Kosmetik

usaha kosmetik, usaha make up, ide bisnis ibu rumah tangga, peluang usaha ibu rumah tangga
image via pexels.com

Jika anda mempunyai jaringan teman yang cukup luas, luwes melakukan penjualan, dan cakap menggunakan kosmetik maka bisnis ibu rumah tangga yang cocok anda lakukan adalah usaha kosmetik.

Usaha kosmetik dapat dilakukan dengan menjadi konsultan, atau agen penjual langsung perusahaan kosmetik yang membuka peluang sistem penjualan langsung seperti Oriflame atau Jafra.

Modalnya juga relatif minim dengan minimal investasi awal tidak lebih dari 1 jutaan. Dari produk yang dibeli tersebut jika dijual kembali anda bisa memperoleh keuntungan sampai dengan 30%. Tidak buruk, dan jika anda membangun tim sendiri pendapatan hingga puluhan juta perbulan bukan hal yang mustahil.

 

5. Usaha Sepatu

Sepatu adalah kebutuhan yang penting bagi wanita dan pria. Untuk wanita, sepatu tidak hanya sekedar alas kaki. Sepatu juga merupakan bagian penting dari fashion.

Tidak sedikit wanita yang mempunyai hobi mengoleksi sepatu dalam berbagai macam model dan warna. Bahkan banyak wanita yang dapat berbelanja sepatu sebulan sekali.

Oleh karena itu potensi pasar sepatu wanita sangat besar. Jika anda mempunyai sense fashion dan gaya yang tajam. anda dapat memulai usaha sepatu dengan modal kecil.

Cukup dengan modal 3 jutaan anda dapat memulai usaha sepatu. Untuk memastikan produk anda laku anda dapat menerapkan sistem preorder, dengan membuat terlebih dahulu desain sepatu yang menarik dan kemudian setelah mendapatkan order yang cukup untuk memenuhi order minimum pengrajin anda dapat mulai membuatnya.

 

6. Bisnis Katering

bagaimana cara memulai bisnis katering, bisnis ibu rumah tangga, usaha untuk ibu rumah tangga
usaha katering sebagai salah satu usaha untuk ibu rumah tangga : image via pexels.com

Jika anda senang memasak dan pandai membuat makanan yang lezat, bisnis ibu rumah tangga yang cocok untuk anda adalah bisnis katering.

Memulai bisnis katering dapat anda lakukan sebagai sebuah bisnis sampingan dengan memanfaatkan sistem katering harian berlangganan untuk karyawan, atau pekerja kantoran. Dengan sistem tersebut anda dapat menggunakan waktu secara efektif untuk memenuhi orderan yang ada.

Selain itu karena menggunakan sistem katering harian anda tidak memerlukan perlengkapan katering yang mahal seperti bisnis katering acara-acara. Anda dapat memulai bisnis katering harian hanya dengan modal 3 jutaan saja untuk sarana pemasaran dan pembelian bahan baku.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Katering Untuk Pemula

 

7. Bisnis Toko Online

usaha untuk ibu rumah tangga, bisnis toko online, peluang usaha ibu rumah tangga
bisnis toko online termasuk salah satu usaha untuk ibu rumah tangga

Sudah bukan rahasia lagi jika bisnis toko online merupakan peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan. Sudah banyak sekali ibu rumah tangga yang menghasilkan uang serius dari bisnis toko online.

Modal untuk memulai toko online pun relatif kecil, tergantung barang yang anda jual bisnis toko online bisa dimulai dengan modal 2 juta sampai 10 juta. Anda bisa berjualan baju, aksesoris, tas, dan perlengkapan rumah tangga lainnya dengan toko online. Untuk pemula anda bisa memulai dengan membuka toko online di online marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Jika anda eksis disocial media instagram atau facebook anda juga bisa memanfaatkan akun social media sebagai tempat untuk berjualan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Shop Untuk Pemula

 

8. Bisnis Salon

bisnis salon, bisnis modal tempat usaha, ide bisnis modal tempat

Masih terkait dengan kecantikan, usaha untukibu rumah tangga yang satu ini sangat menjanjikan dan tidak membutuhkan modal besar jika dilakukan dengan benar. Bisnis salon tidak selamanya harus dimulai dengan menyewa tempat atau memiliki tempat berupa toko yang mahal. Jika anda mempunyai modal terbatas anda dapat membuka bisnis salon rumahan, atau dengan menerima order panggilan.

Untuk bisnis salon rumahan anda bisa memulai dengan modal Rp 3 jutaan sampai Rp 6 jutaan. Keperluan modal tersebut untuk membeli perlengkapan salon seperti kursi potong rambut, tempat cuci rambut, cermin dan lain-lain.

Sedangkan untuk salon panggilan, anda bisa memulai dengan modal Rp. 2 jutaan sampai 3 jutaan untuk membeli perlengkapan salon standar dan make up.

 

9. Bisnis Les Privat

Apakah anda mempunyai kemampuan akademik yang mumpuni untuk memberikan pelajaran matematika, bahasa inggris, fisika atau pelajaran yang sulit lainnya? Jika ya usaha untuk ibu rumah tangga yang menguntungkan untuk anda adalah bisnis les privat.

Anda bisa membuka kelas privat dirumah anda atau dengan panggilan. Dari bisnis les privat anda bisa mendapatkan ratusan ribu rupiah perkedatangan untuk mata pelajaran kelas SMA. Bahkan untuk guru privat yang berpengalaman dan sudah mempunyai kisah sukses dapat menghasilkan lebih dari 10 jutaan rupiah per bulan.

 

10. Usaha Sambal Kemasan

Jika anda pintar membuat sambal pedas yang enak, atau sering mendapatkan pujian dari teman atau keluarga untuk sambal yang anda buat, usaha sambal kemasan dapat menjadi bisnis yang menguntungkan.

Sambal bu Rudy, adalah contoh bisnis yang sukses berjualan usaha sambal kemasan. Sambal gurih dan nikmat yang dipelopori oleh Lany Siswadi tersebut merupakan sambal yang sering dijadikan oleh-oleh dari kota Surabaya. Dengan penjualan ribuan botol setiap bulan, bisnis bu Lany menghasilkan omzet ratusan juta rupiah setiap bulannya.

 

11. Usaha Jasa Jahit

Apakah anda mempunyai keahlian menjahit? Jika ya salah satu usaha untuk ibu rumah tangga yang cocok untuk anda adalah usaha jasa jahit. Menjahit merupakan keterampilan khusus yang tidak semua orang memilikinya.

Menjahit dapat menjadi bisnis yang serius jika anda mempunyai keahlian menjahit baju-baju pesta seperti kebaya, jas dan baju adat lain. Modalnya untuk membuka usaha jahit tidaklah besar, mesin jahit berkualitas second dapat anda beli dengan harga Rp. 3 jutaan, dengan perlengkapan lain anda cukup mempunyai modal Rp. 5 jutaan untuk memulai bisnis ini.

 

12. Usaha Agen Travel

Senang mengatur perjalanan? mempunyai pengetahuan tentang hotel dan tempat wisata? Jika ya, anda bisa memulai usaha agen travel kecil-kecilan untuk saudara, teman-teman, dan pelanggan lain yang membutuh jasa pemesanan tiket, perencanaan liburan, dan pemesanan hotel.

Walaupun sekarang sudah terdapat berbagai macam situs pemesanan hotel dan tiket pesawat tetapi tidak semua orang dapat menggunakannya. Selain itu masih banyak juga mereka yang tidak mengetahui bagaimana cara yang efektif untuk mendapatkan tiket yang benar-benar murah.

Untuk itu anda bisa menawarkan jasa agen travel untuk mempermudah mereka yang tidak dapat melakukan pengaturan perjalanan sendiri dengan baik. Anda dapat memulai menjadi agen travel dengan mendaftar program affilate Tiket.com yang menyediakan jasa pemesanan tiket murah dan hotel murah.

Baca Juga : 4 Ide Bisnis Yang Tepat Untuk Anda Yang Mempunyai Passion Traveling

 

13. Usaha Jus Buah

Siapa yang tidak suka dengan jus buah yang segar dan menyehatkan? Jus buah adalah minuman yang digemari oleh anak-anak sampai orang tua. Dengan pasar yang luas tersebut usaha jus buah dapat menjadi usaha untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan.

Jika anda berlokasi ditempat yang tepat, usaha jus buah dapat menghasilkan jutaan rupiah perbulan secara konsisten. Untuk memulai bisnis ini anda memerlukan modal yang tidak besar, anda hanya memerlukan blender, etalase dan kulkas. Selebihnya anda memerlukan buah-buahan yang segar untuk bahan baku jus.

 

14. Youtuber

Apakah anda senang membuat video yang menarik, menghibur atau membagi pengetahuan? Jika ya anda dapat memulai channel youtube untuk menghasilkan uang. Menjadi Youtuber bukan hanya untuk anak muda saja, ibu rumah tangga juga dapat menjadi Youtuber yang sukses, misalnya dengan membuat video Youtube parenting atau memasak.

Walaupun menjaminan anda akan sukses dalam bisnis ini, bisnis channel youtube mempunyai potensi besar untuk menghasilkan pendapatan yang luar biasa. Bahkan terdapat Youtuber Indonesia yang dapat menghasilkan sampai lebih dari Rp. 50 juta perbulan dari Google Adsense Youtube saja!

 

15. Jasa Daycare / Tempat Penitipan Anak

Jika anda dapat mengasuh anak dengan baik, dekat dengan anak lain, dan mempunyai kesabaran, bisnis yang cocok untuk anda adalah usaha jasa daycare. Usaha daycare merupakan salah satu usaha yang banyak dibutuhkan dan berkembang di daerah kota.

Bisnis daycare juga merupakan bisnis yang sangat menjanjikan karena untuk bisnis daycare dengan segmen menengah ke atas bisa memberikan margin sampai 45%. Sedangkan untuk segmen menengah bawah margin usahanya sekitar 20%. Untuk memulai bisnis ini anda membutuhkan beberapa pengasuh dan juga rumah yang cukup luas untuk tempat bermain anak-anak.

16. Bisnis Perancang Interior

Bisnis perancang interior memberikan jasa untuk mendesain dan penataan suatu ruang agar terlihat menarik tanpa melupakan aspek fungsional. Jika anda senang membuat suatu ruang terlihat cantik dan apik ini bisnis yang cocok untuk anda. Layanan perancang interior dibutuhkan oleh pemilik rumah, pemilik toko ritel, pengusaha sewa kos-kosan dan apartemen dan beragam properti lainnya.

Untuk memulai bisnis perancang interior anda perlu mempelajari aspek-aspek estetika suatu ruangan. Selain itu anda juga perlu mengetahui trend-trend dalam penataan suatu ruang untuk penggunaan tertentu. Untuk bisa mendapatkan order anda perlu membangun hubungan dengan kontraktor-kontraktor untuk mendapatkan referensi klien dari mereka.

17. Usaha Merangkai Bunga 

Bunga yang dirangkai dengan apik biasanya menjadi bagian dekorasi yang banyak digunakan di rumah, kantor atau untuk sebuah acara. Terdapat pasar dan permintaan yang besar untuk bunga yang dirangkai dengan baik dan berkualitas.

Memulai usaha bunga rangkaian tidak membutuhkan modal yang besar. Anda dapat memulai usaha bunga dengan memanfaatkan momen-momen tertentu seperti wisuda, dan dengan fokus kepada pemasaran melalui social media.

Salah satu contoh pengusaha yang sukses dari bisnis ini adalah Yosefine, pendiri Lanushky Bouguet yang memulai usaha ini dengan modal Rp 100 ribu saja. Dengan modal awal Rp 100.000, dia lalu merangkai dan menghias bunga tersebut menggunakan kotak beragam bentuk.

 

18. Agen Jasa Pengiriman

Jika rumah anda berlokasi ditempat yang mudah dicapai dan strategis bisnis agen jasa pengiriman dapat menjadi pilihan peluang usaha untuk ibu rumah tangga untuk anda. Agen jasa pengiriman cocok untuk ibu rumah tangga karena jika lokasi rumah anda cukup ramai anda bisa membukanya dirumah dengan modal meja dan 2 orang pegawai.

Selain cocok untuk ibu rumah tangga, bisnis agen jasa pengiriman juga termasuk sebagai salah satu dari 7 Bisnis UKM Paling Menguntungkan. Lebih lanjut bisnis agen jasa pengiriman berprospek cerah  karena di tahun 2016 bisnis jasa pengiriman tumbuh sebesar 30%. Bisnis e-commerce yang mempunyai pengaruh besar pada bisnis jasa pengiriman juga masih akan mempunyai pertumbuhan tinggi sehingga bisnis agen jasa pengiriman juga diprediksi akan terus bertumbuh.

 

19. Penulis eBook

Apakah anda lebih senang membuat tulisan yang menarik atau informatif? tulis dan sampaikan pengetahuan anda secara menarik dalam sebuah ebook yang membantu pembaca anda mempelajari suatu keahlian baru, mengembangkan karir mereka, menyelesaikan suatu masalah atau meningkatkan kehidupan pribadi mereka.

Selain membuat buku non-fiksi, anda juga dapat menulis cerita fiksi jika anda lebih senang membuat suatu cerita yang menarik dan menghibur pembaca anda. Memulai menjadi penulis eBook tidaklah membutuhkan modal besar, modal utama anda adalah kreativitas. JK Rowling merupakan contoh ibu rumah tangga yang kemudian sukses menjadi penulis buku.

 

20. Usaha Jasa Desain Grafis

Bisnis besar maupun kecil selalu membutuhkan jasa desain grafis untuk membantu mereka menyampaikan informasi secara visual, melalui logo, iklan, poster, situs web, dan sejenisnya. Meskipun dimungkinkan untuk menjadi seorang desainer grafis yang sepenuhnya otodidak, kebanyakan penyedia jasa desain grafis memiliki sertifikasi atau gelar. Selain biaya software untuk desain grafis dan sebuah laptop untuk desain, bisnis ini memiliki biaya operasional yang sangat sedikit dan bisa dilakukan dimana saja dengan sambungan internet.

 

21. Usaha Event Planner

Bisnis event planner merupakan salah satu bisnis yang dapat anda mulai dengan modal kecil. Anda tidak memerlukan modal karena anda dapat menggunakan uang panjar dari klien untuk menutup biaya operasional dalam merencanakan suatu acara.

Memulai bisnis event planner tanpa modal ini sudah dibuktikan oleh 4 sekawan Putri Andina, Cindy Indriyan, Nindy Amalia, serta Deisy Sumampouw. Dengan modal minim, mereka sukses merintis bisnis party planner yang bernama Vier Party Planner sejak tahun 2015 silam.

Walaupun tidak membutuhkan modal besar, bisnis event planner mempunyai potensi yang sangat besar karena banyak sekali potensi-potensi pasar untuk bisnis event planner. Mulai dari event personal seperti ulang tahun, anniversary, romantic dinner, bridal shower sampai event publik seperti seminar dan workshop dapat dijalankan oleh bisnis event planner.

Untuk event personal saja, bisnis event planner dapat meraih keuntungan kotor sebesar Rp. 1 juta sampai Rp. 3 juta. Oleh karena itu bisnis event planner termasuk dalam daftar ide bisnis modal 1 juta yang paling menguntungkan ini.

 

22. Menjadi Selebgram

Tidak dapat dipungkiri jika social media telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari dimasyarakat. Pada saat ini terdapat lebih dari 1,97 milyar pengguna aktif Facebook diseluruh dunia. Sedangkan di Indonesia sendiri terdapat lebih dari 88 juta orang pengguna Facebook. Dengan besarnya jumlah pengguna tersebut, social media menjadi salah satu media yang efektif untuk melakukan marketing.

Jika anda mempunyai banyak pengikut di Facebook atau Instagram anda bisa menghasilkan uang yang serius dari menjadi seorang selebgram. Selebgram dapat menghasilkan sampai jutaan rupiah untuk posting berbayar, atau anda juga bisa bermitra dengan pengusaha yang membuat produk yang relevan dengan pengikut anda untuk menghasilkan uang.

 

23. Jasa Laundry

Mencuci baju bukanlah pekerjaan yang menyenangkan dan memakan waktu. Oleh karena itu selalu terdapat permintaan untuk jasa laundry yang bersih, cepat dan dapat diandalkan. Namun, bisnis laundry termasuk usaha untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan karena keuntungan yang bisa didapat dari bisnis ini bisa mencapai jutaan rupiah bahkan puluhan juta rupiah.

Baca Lebih Lanjut : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Laundy Untuk Pemula

 

24. Bisnis Bubur Ayam

Apakah anda dapat membuat bubur ayam yang enak? Jika ya, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis bubur ayam. Bubur ayam merupakan salah satu makanan favorit bagi banyak orang untuk sarapan sehingga pasarnya besar. Selain itu, profit dari menjual bubur ayam tidak sedikit dan termasuk dalam ide bisnis modal 1 juta yang menjanjikan. Bubur Ayam Palapa di Pasar Minggu contohnya sanggup membukukan keuntungan bersih sekitar Rp. 1,75 juta per hari atau sekitar Rp. 50 juta per bulan.

 

25. Bisnis Pembukuan UKM

Jika anda mempunyai ketelitian yang baik, bisnis pembukuan UKM dapat menjadi ide bisnis ibu rumah tangga yang cocok untuk anda. Tidak butuh modal besar dalam bisnis ini modal utama anda dalam bisnis pembukuan UKM adalah keahlian serta pengetahuan dalam menyusun pembukuan yang rapi, teliti dan mudah dibaca bagi pelaku bisnis.

Jika anda tidak mempunyai keahlian sebelumnya anda dapat belajar dari kursus dan mencari pengalaman dengan magang sebagai bagian pembukuan di UKM.

Bisnis pembukuan UKM mempunyai prospek yang cerah karena UKM adalah penggerak ekonomi di Indonesia dengan jumlah mencapai 49 juta dan kontribusi Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang mencapai 60,34 persen di tahun 2016. Dengan besarnya jumlah UKM dan kontribusinya terhadap PDB Indonesia tersebut, jasa atau produk yang melayani UKM adalah bisnis yang menjanjikan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here