Beranda Mengembangkan Bisnis 8 Kebiasaan Orang Sukses Yang Harus Kamu Lakukan

8 Kebiasaan Orang Sukses Yang Harus Kamu Lakukan

176
0
kebiasaan orang sukses, cara menjadi orang sukses, orang sukses
image credit : pexels.com

Semua orang pasti menginginkan kesuksesan, termasuk anda. Besarnya keinginan untuk meraih kesuksesan tidak terlepas dari pandangan bahwa kesuksesan merupakan kunci untuk dapat menikmati hidup secara penuh. Berbeda dengan yang digambarkan dalam film dan buku, kesuksesan tidak diraih begitu saja dan dalam waktu yang singkat.

Selain itu, jarang sekali kesuksesan dapat diraih semata-mata karena keberuntungan. Walaupun keberuntungan mungkin mempunyai peran, tetapi biasanya “keberuntungan” tersebut merupakan buah dari kerja keras dan kegagalan yang telah dijalani oleh orang tersebut selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Kesuksesan dengan demikian merupakan hasil dari suatu perjalanan yang panjang, kerja keras, dan komitmen untuk melakukan apa yang harus dilakukan setiap hari untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Oleh karena itu, sebagian besar orang sukses memiliki kebiasaan yang mereka lakukan setiap hari. Kebiasaan orang sukses yang terus dilakukan tersebut tentu bermanfaat untuk dilakukan bagi anda yang juga ingin sukses.

Berikut 8 kebiasaan orang sukses yang harus kamu lakukan.

 

1. Gunakan Waktu Secara Bijak

Orang sukses dan orang gagal sama-sama memiliki 24 jam setiap hari. Waktu tersebut tidak dapat dikurangi dan juga ditambah. Waktu yang sudah lewat juga tidak dapat diputar kembali. Waktu juga merupakan sumber daya yang sangat penting dalam semua hal, tidak terkecuali untuk meraih kesuksesan.

Kenyataan tersebut disadari sepenuhnya oleh orang sukses. Oleh karena itu salah satu kebiasaan orang sukses adalah menggunakan waktu secara bijak. Orang sukses tidak membuang-buang waktu untuk hal-hal yang tidak memberikan manfaat dan memaksimalkan waktu yang mereka punya untuk hal-hal yang membawa mereka selangkah lebih dekat kepada tujuan mereka.

Bayangkan berapa banyak waktu yang anda habiskan untuk menonton TV, mengecek HP atau bergosip. Mungkin anda bisa menghabiskan lebih dari 3 jam sehari untuk melakukan hal-hal tersebut yang berarti dalam satu bulan anda telah membuang waktu 90 jam dengan sia-sia.

Bagaimana jika anda menggunakan waktu tersebut untuk belajar cara melakukan pemasaran dengan lebih baik, atau untuk melatih kemampuan anda membuat produk yang lebih berkualitas? Dalam waktu 3 bulan anda telah menghabiskan 270 jam untuk meningkatkan kemampuan anda. Dan 270 jam tersebut pasti meningkatkan efektifitas dan kapabilitas anda dalam melakukan kegiatan yang anda latih atau pelajari tersebut.

Baca Juga : 30 Cara dan Tips Untuk Menjadi Orang Kaya

 

2. Bangun Lebih Pagi

Pasti begitu banyak dari kita yang menggunakan waktu sebanyak yang kita bisa di pagi hari untuk tidur sampai kita benar-benar harus bangun. Kebiasaan tersebut harus anda ubah.

Salah satu kebiasaan orang sukses adalah mereka menggunakan pagi sebagai waktu untuk menyelesaikan sesuatu. Satu survei menunjukkan bahwa hampir setengah dari individu kaya dalam penelitian ini terbangun tiga jam sebelum mereka benar-benar harus bekerja. Ini memberi mereka cukup waktu untuk mencuci, makan sarapan pagi, dan mempersiapkan diri secara mental dan fisik untuk hari di depan mereka.

Terkait : 7 Mindset Pengusaha Sukses dan Cara Membangunnya

 

3. Rencanakan Hari Anda

Kebiasaan orang sukses untuk bangun bagi tidak digunakan untuk melakukan hal-hal yang tidak berguna. Sebaliknya, mereka menggunakan waktu pagi hari tersebut untuk merencanakan hari mereka sehingga hari yang mereka jalani bisa berjalan secara lebih produktif.

Orang sukses membuat rencana untuk setiap hari dalam kehidupan mereka. 81% orang kaya yang disurvei melaporkan bahwa mereka membuat daftar tugas sebelum tidur setiap malam, atau segera setelah bangun tidur setiap pagi.

Orang-orang ini juga cenderung mengisi daftar mereka dengan padat, jadi mereka tidak membiarkan diri mereka untuk melakukan terlalu sedikit hal-hal produktif. 67% orang kaya yang mengatakan bahwa mereka membuat daftar tugas melaporkan bahwa mereka menyelesaikan rata-rata lebih dari 70% item dalam daftar mereka.

Jika Anda seperti saya, Anda merasa lega saat akhirnya Anda melepaskan item terakhir itu dalam daftar tugas Anda sehingga Anda bisa meletakkan kaki Anda untuk sementara waktu. Di sisi lain, orang kaya lebih suka memiliki terlalu banyak hal yang harus dilakukan, dan bisa menghabiskan waktu mereka untuk memperbaiki diri dengan cara tertentu.

Baca Juga : 7 Karakter Pengusaha Sukses Yang Harus Kamu Contoh

 

4. Membaca

Apakah anda tahu bahwa 3 dari 3 orang terkaya di dunia, Jeff Bezos, Bill Gates dan Warren Buffet mempunyai kebiasaan membaca yang sangat kuat?

Kebiasaan orang sukses yang satu ini juga dilakukan oleh mayoritas orang super sukses lainnya seperti Mark Cuban, Mark Zukerberg, dan masih banyak lagi.

Selain mempunyai kebiasaan membaca, orang sukses juga mempunyai kebiasaan untuk membaca dengan selektif. Mereka membaca untuk belajar, meningkatkan diri sendiri, dan mencari ide-ide baru.

Hal tersebut berbeda dengan kebanyakan orang yang membaca untuk kesenangan semata. Jika anda ingin menjadi orang sukses kebiasaan membaca buku-buku yang menambah pengetahuan sangatlah penting untuk anda terapkan.

5. Tetap Fokus

Fokus bekerja, fokus kepada jangka panjang  merupakan kebiasaan orang sukses yang membedakan mereka dengan orang kebanyakan.

Di era penuh dengan gangguan dan informasi yang tiada henti ini sulit untuk bisa mempertahankan fokus kepada hal-hal yang penting. Padahal fokus merupakan unsur penting untuk bisa meraih kesuksesan di bidang apapun.

Dengan fokus yang kuat anda dapat mencapai hal-hal yang hebat, mewujudkan keinginan anda dan mencapai kesuksesan. Oleh karena itu jika anda ingin sukses maka anda harus sanggup untuk bisa fokus kepada apa yang harus anda kerjakan dan apa visi jangka panjang anda.

 

6. Bekerja Lebih Cerdik

¬†“Berikan aku 6 jam untuk menebang pohon, dan aku akan menghabiskan 4 jam pertama untuk menajamkan kapakku” – Abraham Lincoln

Salah satu kebiasaan orang sukses dalam bekerja adalah mereka melakukan pekerjaan mereka dengan lebih cerdik dibandingkan orang kebanyakan.

Orang sukses bekerja dengan suatu sistem yang dirancang untuk terus memberikan perbaikan terhadap cara kerja dan hasil yang diperoleh.

Dalam sistem bekerja orang sukses, mereka biasanya menetapkan suatu tujuan yang terukur dan strategi untuk mencapainya. Hasil yang diperoleh dari strategi tersebut kemudian diukur untuk mengetahui apakah hasilnya sudah sesuai harapan atau tidak.

Jika tidak sesuai dengan harapan maka mereka akan mencari strategi lain dengan mempertimbangkan apa yang menjadi masalah dari strategi sebelumnya.

Sistem kerja tersebut memberikan kemampuan bagi orang sukses untuk mengetahui apa yang memberikan hasil dan mana yang tidak. Sedangkan orang yang gagal terus melakukan sesuatu tindakan yang sama dan mengharapkan hasil yang berbeda.

7. Networking

“Kamu adalah rata-rata dari 5 orang yang paling sering bersama anda” – Jim Rohn

Anda pasti pernah mendengar peribahasa berteman dengan tukang parfum akan memberikan anda wangi, berteman dengan pandai besi anda akan terpercik api.

Peribahasa tersebut mempunyai makna mendalam bahwa dengan siapa kita berteman akan mempengaruhi siapa kita. Jika anda berteman dengan orang yang mempunyai niat besar serta bekerja keras untuk sukses maka anda juga akan memperoleh pengaruh yang baik dan meningkatkan kemungkinan bagi anda untuk sukses.

Orang sukses mengetahui hal tersebut, oleh karena itu salah satu kebiasaan orang sukses adalah mereka senang melakukan networking.

Networking tidak hanya bertujuan menambah kenalan. Networking juga dapat memberikan ide-ide baru, dan peluang-peluang baru. Baik ide dan peluang adalah sumber daya yang penting untuk orang sukses. Oleh karena itu semakin berkualitas network yang anda punya akan semakin baik juga potensi anda untuk sukses.

 

8. Berinvestasi 

Kebiasaan orang sukses yang terakhir adalah mereka gemar berinvestasi. Investasi yang mereka lakukan tidak hanya mengenai masalah uang tetapi juga pengembangan diri. Misalnya, berinvestasi kepada kemampuan diri anda dengan berlatih skill dan keahlian yang penting dalam bidang anda, atau mengikuti kursus keahlian untuk mempelajari keahlian baru.

Berinvestasi kepada peningkatan kemampuan diri sendiri merupakan faktor kesuksesan dari berbagai atlit professional, seperti Michael Jordan, Christiano Ronaldo, Lionel Messi dan masih banyak lagi. Walaupun mereka mempunyai bakat, tanpa berinvestasi lebih lanjut untuk mengasah kemampuan mereka, mereka tidak akan dapat mencapai tingkatan yang memungkinkan bagi mereka untuk mendapatkan kesuksesan.

Selain berinvestasi pada kemampuan diri sendiri, orang sukses juga bijak dalam membelanjakan uang mereka. Mereka selalu mencari peluang untuk menginvestasikan uang mereka untuk hal-hal yang produktif. Baik untuk menghasilkan penghasilan tambahan, mengurangi pengeluaran yang tidak penting dan/atau mengurangi risiko.

 

Penutup

Menjadi orang sukses tidaklah dapat dicapai dalam waktu semalam. Anda mungkin harus bekerja selama bertahun-tahun untuk mendapatkannya. Tetapi hal tersebut dapat anda capai dengan lebih cepat dan pasti jika anda mempunyai kebiasaan orang sukses yang meningkatkan kemungkinan bagi anda untuk mencapai kesuksesan.
Bagaimana menurut anda? apa kebiasaan orang sukses lain yang perlu diterapkan? bagikan ide anda dalam kolom komentar dibawah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here