Beranda Ide Bisnis 10 Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar Terbaru

10 Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar Terbaru

312
0
peluang usaha rumahan, usaha rumahan modal kecil, ide bisnis rumahan
peluang usaha rumahan modal kecil untung besar berikut dapat memberikan inspirasi untuk anda

Apakah anda mencari inspirasi usaha rumahan modal kecil untung besar? Jika ya teruslah membaca artikel ini. Memulai usaha rumahan adalah salah satu solusi bagi mereka yang membutuhkan penghasilan tambahan. Selain untuk menghasilkan penghasilan tambahan, alasan yang umum dimiliki oleh pengusaha rumahan untuk memulai bisnis adalah mereka ingin menjadi seorang pengusaha sukses dan mereka hanya memiliki modal kecil.

Tidak dapat dipungkiri bahwa usaha rumahan adalah solusi yang tepat bagi mereka yang ingin memulai usaha dengan modal yang terbatas. Dengan memulai bisnis dirumah, seorang pengusaha pemula dapat menghemat banyak sekali pengeluaran operasional seperti sewa tempat, listrik, air, dan biaya waktu.

Baca Juga : 5 Cara Karyawan Menjadi Pengusaha Dengan Risiko Kecil

Namun kelebihan dari segi modal kecil tersebut perlu diperkuat juga dengan modal non materiil seperti semangat bekerja, pantang menyerah, kreativitas, dan ketekunan. Jika tidak usaha rumahan yang anda jalani tidak akan dapat berkembang. Jika anda sudah mengembangkan karakteristik penting untuk menjadi pengusaha sukses maka peluang anda sukses dengan peluang usaha rumahan modal kecil untung besar yang kami bagikan akan jauh lebih besar.

Berikut 10 usaha rumahan modal kecil untung besar terbaru untuk inspirasi anda memulai usaha.

 

1. Bisnis Toko Online

atelier theme, usaha rumahan modal kecil untung besar, peluang usaha rumahan, ide bisnis
toko online : ide bisnis rumahan modal kecil

Peluang usaha rumahan modal kecil untung besar yang pertama adalah bisnis toko online. Terdapat banyak sekali contoh bisnis yang dimulai dengan modal kecil yang kemudian menjadi sebuah bisnis yang sukses seperti bisnis Men’s Republic yang didirikan Yasa Singgih.

Untuk memulai bisnis toko online anda harus menentukan terlebih dahulu apa yang ingin anda jual. Untuk memilih produk yang anda jual anda harus memperhatikan karakteristik barang yang laku dijual di toko online seperti berat yang ringan, variasi yang besar, dan peluang pasar yang masih terbuka.

Untuk memulai bisnis toko online dengan modal kecil anda bisa membuka toko online di online marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lainnya. Anda juga bisa memanfaatkan social media seperti Instagram dan Facebook sebagai media untuk berjualan. Alternatif lainnya anda bisa mengkombinasikan keduanya dengan menggunakan website sendiri sebagai “markas utama” untuk membangun pelanggan setia.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Shop Untuk Pemula

 

2. Bisnis Bubur Ayam

bisnis bubur, usaha rumahan modal kecil untung besar, peluang usaha rumahan
bisnis bubur ayam : peluang usaha rumahan modal kecil

Bisnis bubur ayam termasuk peluang usaha rumahan modal kecil untung besar yang sederhana untuk dimulai. Anda dapat memulai bisnis bubur ayam rumahan jika lokasi rumah anda cukup mendukung. Misalnya berlokasi dijalan yang ramai dilalui orang atau padat penduduk.

Keuntungan dari bubur ayam juga cukup menggiurkan, margin laba kotor dari bubur ayam dapat mencapai 60%. Lebih tinggi dari rata-rata usaha kuliner yang berkisar antara 40%-50%.

Namun karena usaha bubur ayam hanya membutuhkan modal kecil dan relatif sederhana terdapat persaingan yang tinggi dalam bisnis ini. Untuk bisa sukses anda harus memberikan pelayanan yang terbaik dan inovasi rasa. Misalnya level kepedasan, racikan sambal baru, topping keju kornet dan lain-lain.

 

3. Bisnis Vlogger / Youtuber

vlogger, peluang usaha rumahan, usaha rumahan modal kecil
vlogger : peluang usaha rumahan modal kecil

Vlog bukan hanya sekedar hobi, anda dapat menghasilkan uang yang serius dari vlog. Dalam bisnis menjadi vlogger/youtuber konten yang dihasilkan adalah modal utama.

Memang untuk menghasilkan video yang berkualitas tinggi diperlukan modal yang tidak sedikit untuk membeli perlengkapan seperti video camera, komputer, mic dan aksesoris lainnya. Tetapi anda juga bisa memulai dengan hanya menggunakan smartphone yang sudah mempunyai kamera bagus.

Terlebih perkembangan smartphone saat ini sudah semakin murah dan berkualitas maka dengan smartphone harga 4-5 juta saja sudah cukup baik untuk membuat vlog yang bagus.

Bagiamana potensi keuntungannya? Jika anda berhasil mengumpulkan subscriber setia dan views anda dapat menghasilkan puluhan juta rupiah dari bisnis ini.

 

4. Usaha Kerajinan Tangan

bisnis rumahan, peluang usaha rumahan, usaha rumahan modal kecil
bisnis kerajinan tangan adalah salah satu peluang usaha rumahan modal kecil yang menguntungkan

Apakah anda lebih senang membuat kreasi barang fisik? Jika ya usaha rumahan modal kecil untung besar yang cocok untuk anda adalah usaha kerajinan tangan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Kerajinan Tangan Untuk Pemula

Membuat kreasi kerajinan tangan membutuhkan kreativitas, imajinasi dan kemampuan untuk membaca selera pasar. Buatlah kerajinan tangan yang banyak disukai oleh orang lain, hal ini sangat penting dalam kesuksesan usaha kerajinan tangan.

Selain itu kualitas juga harus menjadi perhatian besar. Dimasa mudahnya mendapatkan barang yang murah yang dibuat dipabrik, bisnis kerajinan tangan harus dapat memberikan nilai tambah berupa kualitas tinggi yang tidak bisa didapatkan dari barang buatan pabrik.

 

5. Usaha Rumahan Snack 

usaha rumahan modal kecil, bisnis rumahan, peluang usaha rumahan
bisnis snack peluang usaha rumahan modal kecil yang menjanjikan

Peluang usaha rumahan modal kecil berikutnya adalah usaha snack. Snack atau makanan ringan sangat populer dan laris di Indonesia, bisnis snack merupakan bisnis yang besar.

Besarnya peluang usaha bisnis snack ini terlihat dari banyaknya pengusaha yang kemudian sukses berbisnis snack. Contohnya Reza Nurhilman dengan Maicih, Ali Muharram dengan Makaroni Ngehe, Yana Hawi Arifin dengan Keripik Karuhun.

Bisnis snack termasuk bisnis yang menjanjikan sehingga persaingan pasar di bisnis snack terbilang cukup keras dan ketat. Oleh karena itu untuk bisa sukses dalam bisnis snack diperlukan kreativitas dalam meracik rasa yang sesuai selera pasar, mengembangkan jaringan pemasaran dengan kreatif dan kerja keras serta ketekunan.

 

6. Bisnis Salon Rumahan

usaha salon, bisnis rumahan, usaha rumahan modal kecil, peluang usaha rumahan
bisnis salon rumahan sebagai peluang usaha rumahan modal kecil

Bisnis salon rumahan merupakan ide bisnis rumahan modal kecil yang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak? Layanan salon rumahan dapat mengenakan harga Rp 30 ribu untuk potong rambut dan creambath. Sedangkan untuk layanan yang lebih tinggi seperti make-up bisa mendapatkan Rp. 150 ribu sampai Rp. 250 ribu.

Dengan harga tersebut keuntungan yang bisa diraih dari bisnis salon bisa mencapai 60% bahkan 80% dari omzet. Namun untuk sukses bisnis salon diperlukan keahlian dan kemampuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Jika tidak dapat dipastikan anda akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan pelanggan.

Jika anda baru memulai bisnis salon rumahan, anda juga dapat mempertimbangkan untuk bergabung sebagai mitra Go-Glam untuk memperluas jaringan anda dan mendapatkan order sebelum mempunyai pelanggan tetap.

 

7. Bisnis Reparasi HP

ide bisnis dengan modal smartphone, bisnis modal hp, ide bisnis modal kecil, bisnis dengan modal smartphone
image credit : pexels.com

Sebagian besar orang saat ini mempunyai HP. Bahkan banyak anak-anak SD saja sudah mempunyai HP sendiri. Semakin terjangkaunya harga HP memang telah membuat penggunaan HP dimasyarakat meledak.

Seperti barang lainnya HP juga dapat rusak baik karena penggunaan atau karena kecelakaan seperti tercebur atau terjatuh. Dan berbeda dengan barang elektronik lain, HP selalu dibawa kemana-mana dan tingkat penggunaannya juga sangat tinggi. Hal tersebut meningkatkan kemungkinan kerusakannya menjadi lebih tinggi.

Dalam hal HP mengalami kerusakan salah satu solusi yang diambil jika tidak memiliki uang untuk membeli HP baru atau dibawa ke servis resmi adalah membawa HP tersebut ke jasa service HP non resmi.

Bisnis HP non resmi memberikan solusi kepada pelanggannya untuk memperbaiki HPnya dengan harga yang terjangkau. Memulai bisnis reparasi HP juga tidak harus dengan menyewa counter di mall atau ITC. Anda dapat membuka usaha reparasi HP dirumah dengan pemasaran yang lebih aktif di lokasi sekitar rumah anda untuk mendapatkan pelanggan.

 

8. Usaha Katering Diet

Peluang usaha rumahan yang satu ini tidak hanya menguntungkan, anda juga membantu orang lain untuk mewujudkan keinginan mereka untuk menurunkan berat badan dan hidup lebih sehat.

Salah satu cara paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengontrol makanan yang sehat dan sesuai dengan program diet. Misalnya diet keto yang benar-benar menghindari karbohidrat dan memperbanyak protein serta lemak dalam makanan. Program diet keto tersebut terbukti ampuh menurunkan berat badan dalam waktu yang relatif cepat dan sehat.

Namun keberhasilan diet tersebut membutuhkan usaha untuk membuat rencana menu harian serta membuat makanan yang sesuai. Hal tersebut menimbulkan salah satu permasalahan bagi para pekerja yang sibuk dan/atau mereka yang tidak bisa memasak.
Bisnis katering diet disini menjadi solusinya dengan memberikan layanan penyediaan makanan yang sesuai dengan program diet tersebut untuk pelanggannya. Bisnis katering diet sangatlah menguntungkan karena harga yang bisa dikenakan lebih tinggi dari rata-rata makanan katering biasa.

 

9. Usaha Rumahan Jus 

Siapa yang tidak suka minum jus buah yang segar dan kaya vitamin? Selain kaya akan manfaat untuk kesehatan, bisnis jus buah juga termasuk usaha rumahan modal kecil untung besar yang dapat anda lakukan jika lokasi rumah anda memungkinkan.

Bergantung dari harga jual yang anda kenakan, usaha jus buah dapat memberikan keuntungan sekitar 50%-60% dari omzet bisnis anda. Margin tersebut cukup besar dan menjanjikan untuk sebuah usaha rumahan.

Untuk memulai bisnis jus buah anda tidak memerlukan modal yang besar, anda hanya memerlukan etalase sederhana, blender buah, kulkas, dan cup sealer.

 

10. Usaha Event Planner

Usaha event planner atau event organizer adalah salah satu usaha rumahan modal kecil untung besar. Anda tidak memerlukan modal besar karena usaha ini lebih menekankan pada kreativitas, dan jaringan dibandingkan modal materiil. Selain itu anda dapat menggunakan downpayment / DP dari klien untuk menutup biaya operasional dalam merencanakan suatu acara.

Kisah sukses memulai bisnis event planner dengan modal kecil sudah berhasil dilakukan oleh 4 sekawan Putri Andina, Cindy Indriyan, Nindy Amalia, serta Deisy Sumampouw. Dengan modal kecil, mereka sukses merintis bisnis event planner yang bernama Vier Party Planner sejak tahun 2015 silam.

Walaupun usaha event planner dapat dimulai dengan modal kecil, bisnis event planner mempunyai potensi yang sangat besar terdapat banyak sekali potensi pasar untuk yang bisa digarap dan dikembangkan. Contohnya event personal seperti ulang tahun, anniversary, romantic dinner, bridal shower kemudian event publik seperti seminar dan workshop juga dapat dijalankan oleh usaha event planner.

Untuk event personal saja, bisnis event planner dapat meraih keuntungan kotor sebesar Rp. 1 juta sampai Rp. 3 juta. Oleh karena itu bisnis event planner termasuk dalam usaha rumahan modal kecil untung besar.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here