Beranda Ide Bisnis 15 Ide Bisnis 2018 Terbaru dan Menjanjikan

15 Ide Bisnis 2018 Terbaru dan Menjanjikan

1748
0
ide bisnis 2018, peluang usaha 2018
image credit : pexels.com

Apa trend ide bisnis 2018 terbaru?

Tahun yang baru merupakan salah satu momentum untuk membawa perubahan dan membuka peluang-peluang baru. Tidak terkecuali untuk tahun 2018 terdapat berbagai ide bisnis yang baru untuk dapat dicoba.

Jika anda memikirkan untuk memulai bisnis di tahun 2018 dan sedang mencari ide bisnis 2018 terbaru, anda berada ditempat yang tepat. Kami akan membantu anda menemukan ide bisnis 2018 yang tepat untuk anda. Berikut 20 Ide Bisnis 2018 Terbaru dan Menjanjikan yang dapat anda coba.

 

1. Internet Marketing Agency

ide bisnis 2018, peluang usaha 2018
image credti : pexels.com

Internet semakin memegang peranan penting. Berdasarkan Tetra Pak Index 2017, Indonesia memiliki 132 juta pengguna internet di mana 40% dari jumlah tersebut merupakan pengguna aktif media sosial.

Jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena jumlahnya masih dibawah rata-rata Asia (48%) dan jauh dibawah Eropa (88%).

Disisi lain pilihan media pemasaran di Internet juga semakin banyak dengan adanya berbagai platform social media dan website sendiri.

Kondisi tersebut semakin meningkatkan kompleksitas dalam memilih media pemasaran di Internet yang tepat dan efisien. Karena setiap platform mempunyai fitur dan karakter pengguna yang berbeda-beda.

Internet Marketing Agency adalah bisnis yang memberikan jasa pemasaran digital atau dengan internet kepada bisnis atau orang yang mengalami kesulitan untuk melakukan pemasaran melalui internet.

Oleh karena itu dengan perkembangan saat ini, jasa internet marketing agency termasuk sebagai peluang usaha 2018 yang sangat menjanjikan.

 

2. Videographer

ide bisnis 2018, peluang usaha 2018

Statistik dari Wordstream menunjukkan bahwa Video semakin populer di Internet dan efektif sebagai media pemasaran:

  • Pemirsa memahami 95% pesan saat mereka menonton video dibandingkan dengan 10% saat membacanya dalam teks;
  • Lalu lintas video internet akan mencapai 69% dari seluruh lalu lintas Internet konsumen global pada tahun 2017.
  • Pada tahun 2019, lalu lintas video internet menyumbang 80% dari semua lalu lintas Internet konsumen.
  • Rata-rata pengguna menghabiskan waktu 88% lebih banyak di situs web dengan video.

Tidak heran kemudian jika anda menemukan semakin banyak video yang muncul di Facebook, Instagram dan website lainnya.

Video sangat efektif tetapi membutuhkan keahlian untuk membuat video yang cukup bagus dan memberikan pesan yang tepat kepada pemirsa.
Bisnis videographer memberikan solusi atas permasalahan tersebut. Dengan keahlian menggunakan kamera video, membuat konsep video, dan mengedit, anda bisa menghasilkan uang yang besar dari setiap proyek yang anda dapatkan.

Dengan tingginya permintaan akan video untuk pemasaran saat ini, dapat dipastikan bahwa bisnis videographer sangat menjanjikan sebagai salah satu peluang usaha tahun 2018.

 

3. Vlogger

ide bisnis 2018, peluang usaha 2018

Masih terkait dengan semakin trendnya penggunaan video, salah satu ide bisnis yang menjanjikan di 2018 adalah menjadi Vlogger.

Vlogger professional bukan merupakan bisnis baru, sudah banyak orang yang menjadi kaya dengan menjadi Vlogger di Youtube, Instagram atau platform lainnya.

Bahkan di Indonesia sendiri sudah ada beberapa Youtuber yang dapat menghasilkan miliaran rupiah per bulannya.

Jika anda termasuk orang yang ekspresif dan senang membuat video yang menarik, atau informatif maka menjadi Vlogger dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi anda.

 

4. Kuliner “Kekinian”

ide bisnis 2018, peluang usaha 2018
usaha kuliner yang menjanjikan dan unik – pisang goreng nugget

Salah satu trend yang tengah naik sejak beberapa tahun belakangan ini adalah semakin populernya kuliner “kekinian”.

Kuliner kekinian adalah bisnis kuliner yang memberikan inovasi suatu sajian kuliner tradisional dengan penyajian, rasa, atau konsep gerai yang lebih modern dan sesuai dengan anak muda.

Dengan semakin trendnya social media di semua kalangan kuliner kekinian juga semakin tinggi permintaannya, terutama untuk daerah-daerah yang masih sedikit pilihan kulinernya bisnis kuliner kekinian dapat menjadi peluang usaha 2018 terbaik yang bisa anda coba.

 

5. Peer to Peer Lending

Amartha Passive Income, ide bisnis 2018, peluang usaha 2018
Amartha Peer to Peer Lending

Walaupun lebih kearah investasi Peer to Peer atau P2P Lending merupakan salah satu bisnis yang harus dipertimbangkan untuk anda yang menginginkan uang tambahan tanpa harus menghabiskan waktu.

P2P Lending juga merupakan salah satu cara terbaik menghasilkan passive income melalui Internet saat ini. P2P Lending memberikan potensi untuk mendapatkan imbal hasil 15%-20% per tahun yang jauh lebih tinggi dari deposito dan bahkan obligasi.

Anda dapat mempelajari lebih jauh mengenai P2P Lending di website Amartha. Amartha merupakan platform P2P Lending yang terdaftar di OJK dan telah menyalurkan pinjaman lebih dari 200 milyar dengan 99,73% pembayaran tepat waktu. Selain itu Amartha juga menggunakan akad syariah yang bebas dari riba dan halal.

Baca Juga : 8 Cara Menghasilkan Passive Income

 

6. Bisnis Online Course

Apakah anda mempunyai suatu keahlian yang bisa diajarkan? Jika ya anda bisa mengubah keahlian tersebut menjadi bisnis dengan membuat online course yang mengajarkan orang lain untuk mempelajari keahlian anda tersebut.

Semakin meluasnya dan cepatnya akses internet saat ini memberi peluang usaha baru untuk memberikan layanan berupa online course di Indonesia. Saat ini tidak banyak online course yang menggunakan Bahasa Indonesia sebagai pengantar dan modul pembelajaran.

Selain itu saat ini sudah banyak bermunculan perusahaan edukasi digital seperti Ruangguru, Squiline, Harukaedu yang menunjukkan bahwa trend bisnis edukasi digital akan semakin berkembang.

 

7. Adventure / Experience Agent

Millenials atau generasi Y yang merupakan salah satu generasi terbesar saat ini mempunyai prioritas yang lebih tinggi untuk memperoleh pengalaman dibandingkan membeli barang. Hal tersebut berbeda dengan generasi sebelumnya yang cenderung menyukai barang dan kestabilan.

Tidak heran jika kemudian pariwisata, rekreasi dan kuliner tengah mengalami pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan ekonomi secara keseluruhan.

Didorong trend tersebut salah satu ide bisnis 2018 yang bisa anda coba adalah membuat agen perjalanan yang fokus kepada memberikan suatu pengalaman yang menarik seperti travel dengan sistem open trip atau membuka program tour yang unik.

8. Travel Blogger

Peluang usaha 2018 yang satu ini masih berkaitan erat dengan traveling. Travel blogger menjadi salah satu ide bisnis yang menarik di tahun 2018 dengan semakin meningkatnya minat masyarakat untuk traveling.

Travel Blogger yang berhasil mengumpulkan pengikut setia dapat menghasilkan uang cukup banyak. Goatsontheroad misalnya sebagai salah satu travel blogger yang berhasil bisa menghasilkan sekitar USD 10,000 sebulan.

Travel Blogger dapat menghasilkan uang dengan berbagai cara. Dari cara yang sederhana seperti Google Adsense, juga terdapat cara-cara lain seperti Affilate Marketing dengan situs-situs travel agent nasional dan internasional seperti Pegipegi atau Booking.com.

Baca Juga : Cerita Inspiratif Entrepreneur Muda Membangun Bisnis dengan Travelling Keliling Dunia

 

9. Konsultan Cyber Security

Saat ini serangan cyber semakin meluas dan sering terjadi. Pada tahun 2017 misalnya terjadi serangan masal ransomware WannaCry yang melumpuhkan banyak sekali infrastruktur IT perusahaan.

Selain semakin sering, serangan cyber juga semakin menimbulkan kerugian yang semakin besar. Hal tersebut karena saat ini infrastruktur IT perusahaan menjadi semakin penting untuk kelancaran operasional perusahaan tersebut.

Hal yang sama diprediksi akan berlanjut di tahun 2018 dan seterusnya. Dengan trend tersebut jasa konsultasi cyber security menjadi salah satu ide bisnis 2018 yang banyak dibutuhkan dan dicari.

 

10. eCommerce

Bisnis eCommerce mengalami pertumbuhan yang kuat di tahun 2017. Di Indonesia pada tahun 2017 eCommerce tumbuh dari sebesar 39,6% per tahun, dengan nilai mencapai Rp 561,8 trilliun.

Pertumbuhan tersebut jauh lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan ekonomi 2017 sebesar 5,1%. Diyakini bahwa eCommerce masih menjanjikan ditahun 2018 dengan trend-trend positif seperti meningkatnya penggunaan sistem pembayaran digital dan penetrasi internet di Indonesia.

Oleh karena itu bisnis eCommerce merupakan salah satu ide bisnis 2018 yang menjanjikan dan dapat anda coba.

Baca Juga : 10 Inspirasi Bisnis Online Dengan Modal Kecil

 

11. Affiliate Marketing

Peluang usaha 2018 yang satu ini masih berkaitan erat dengan bisnis online. Affiliate marketing bukan bisnis baru untuk menghasilkan uang di Internet. Terutama mengingat Amazon Associate sebagai affiliate program yang paling populer sudah ada sejak awal 2000an.

Tetapi di Indonesia perkembangan affiliate marketing masih relatif baru dan sedang berkembang. Jika sebelumnya pemain affiliate marketing hanya bisa menggarap program-program affiliate internasional seperti Amazon Associate, CJ Affiliate, dan Share A Sale, sekarang sudah mulai banyak program-program affiliate lokal.

Sebut saja Lazada Affiliate, Mataharimall Affiliate, Pegipegi affiliate, dan bahkan sudah ada marketplace affiliate Indonesia di Accestrade.

Bisnis affiliate marketing di Indonesia masih mengalami perkembangan dan akan semakin berkembang dengan meningkatkan trend positif bisnis online. Oleh karena itu bisnis affiliate marketing termasuk salah satu ide bisnis 2018 yang mempunyai prospek cerah.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Affiliate Marketing Untuk Pemula

 

12. Virtual Assistant

Jika anda menjalankan sebuah bisnis tidak perlu waktu lama untuk menyadari begitu sempitnya waktu yang ada untuk melakukan semuanya.

Mengatur social media bisnis saja dapat mengambil waktu yang tidak sedikit. Belum lagi untuk membuat strategi pemasaran, membuat konten, menghubungi calon pembeli dan melayani pertanyaan pelanggan.

Virtual Assistant merupakan solusi untuk masalah tersebut. Dengan menyewa virtual assistant anda dapat fokus kepada pekerjaan yang memberikan dampak signifikan tanpa melupakan aspek operasional bisnis anda.

Dengan semakin banyaknya bisnis online skala kecil dan menegah semakin tinggi juga permintaan untuk layanan virtual assistant. Oleh karena itulah bisnis virtual assistant termasuk peluang usaha 2018 yang menjanjikan.

 

13. Bisnis Properti Menengah Bawah

Berdasarkan hasil riset Rumah.com pasar properti tahun 2018 diprediksi akan lebih baik dibandingkan dengan tahun 2017.

Perbaikan pasar properti di tahun 2018 didukung dengan berbagai kebijakan penting pemerintah seperti berbagai pembangunan infrastruktur yang sudah selesai dan berjalan, FLPP, suku bunga yang stabil, dan relaksasi LTV KPR.

Adapun hunian yang paling banyak dicari diprediksi adalah rumah dengan harga dibawah Rp. 700 juta yang merupakan segmen menengah.

Perkembangan tersebut tidak terlepas dari meningkatnya kebutuhan akan perumahan yang terjangkau untuk keluarga muda. Dimana kebutuhan tersebut akan semakin meningkat dimasa depan karena bonus demografi Indonesia masih terus berlangsung dan akan mencapai puncaknya pada tahun 2025.

Oleh karena itu jika anda memiliki cukup modal untuk memulai bisnis properti menengah kebawah tahun 2018 dapat menjadi awal memulai yang tepat untuk anda.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Properti Untuk Pemula

 

14. Bisnis Content Marketer

Content is the king” itulah kunci kesuksesan pemasaran utama. Tidak heran konten menjadi bagian penting dari keberhasilan pemasaran karena tanpa diisi dengan pesan yang tepat untuk calon pelanggan yang tepat biaya iklan yang dikeluarkan hanyalah sia-sia.

Sebaliknya dengan konten yang padat dan tepat sasaran suatu pemasaran dengan biaya yang relatif kecil dapat memberikan dampak yang luar biasa.

Contoh paling sukses dari penerapan membuat konten sebaik-baiknya ini adalah DollarShaveClub. DolarShaveClub berhasil membuat video yang sangat menarik, dan mempunyai pesan yang tepat tanpa mengeluarkan biaya besar.

Hasilnya? 22 juta views video legendaris tersebut, 1,1 juta subscriber Youtube, dan USD 1 juta akuisisi dari Unilever dibayar cash!

Tidak semua konten pemasaran memberikan hasil seperti itu. Namun satu hal yang pasti pemasaran dengan konten yang baik hasilnya jauh lebih baik daripada pemasaran dengan konten yang buruk.

Bisnis Content Marketing dalam hal ini berkonsentrasi dalam memberikan jasa pembuatan konten yang tepat untuk berbagai media pemasaran suatu perusahaan. Mulai dari kampanye social media, katalog, brosur, publikasi, artikel di website dan lainnya.

Baca Juga : 30 Ide Bisnis Untuk Anak Muda Dengan Modal Kecil

 

15. Bisnis Daycare

Bisnis daycare atau jasa penitipan anak adalah salah satu bisnis yang mempunyai peluang cerah di tahun 2018. Bisnis daycare saat ini semakin dibutuhkan karena kehidupan masyarakat perkotaan yang semakin sibuk dan juga semakin meningkatnya partisipasi perempuan dalam bekerja.

Berbeda dengan dulu dimana hanya sedikit orang tua yang kedua-duanya bekerja. Saat ini menjadi suatu hal yang semakin biasa jika kedua orang tua sama-sama aktif bekerja dan berkarir.

Selain itu mengingat Indonesia saat ini tengah mengalami bonus demografi maka dapat dipastikan kebutuhan akan jasa pengasuhan anak yang dapat diandalkan dan dipercaya juga akan semakin meningkat.

Bisnis daycare juga merupakan bisnis yang sangat menjanjikan karena untuk bisnis daycare dengan segmen menengah ke atas bisa memberikan margin sampai 45%. Sedangkan untuk segmen menengah bawah margin usahanya sekitar 20%. Dengan prospek yang cerah tersebut jelas jika bisnis daycare termasuk ide bisnis 2018 yang dapat anda coba.

Baca Juga : 25 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan

 

Penutup

Tahun 2018 membawa berbagai peluang baru untuk memulai bisnis. Terdapat banyak sekali ide bisnis yang sebenarnya dapat dilakukan di tahun 2018 yang belum disebutkan diatas. Namun peluang usaha diatas merupakan beberapa peluang usaha yang mempunyai trend positif dan diperkirakan akan terus berkembang di tahun 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here