Beranda Ide Bisnis Kreatif! 5 Usaha Kuliner Yang Menjanjikan dan Unik

Kreatif! 5 Usaha Kuliner Yang Menjanjikan dan Unik

1326
2
usaha kuliner yang menjanjikan, usaha kuliner yang unik, mie pelangi
usaha kuliner yang unik - mie pelangi

Apakah anda sedang mencari peluang usaha kuliner yang menjanjikan dan kreatif? Dalam artikel ini kami akan membagikan 5 usaha kuliner yang menjanjikan dan kreatif.

Peluang usaha kuliner di Indonesia sangatlah besar. Peluang bisnis kuliner yang besar tersebut didukung oleh budaya orang Indonesia yang suka makan, serta selera pasar orang Indonesia yang terbuka dengan usaha kuliner yang kreatif dan unik. Buktinya dalam 5 tahun terakhir, industri makanan dan minuman tumbuh rata-rata 14 persen pertahun. Angka tersebut jauh lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional dikisaran 5% pertahun.

Tidak heran kemudian banyak pengusaha yang meraih kesuksesan dalam bisnis makanan dan minuman. “Ayam Gepuk Pak Gembus” adalah salah satu contohnya, franchise warung makan ayam pedas yang didirikan oleh Rido Nurul Adityawan tersebut berkembang dengan sangat pesat. Dimulai pada tahun 2013, dalam waktu 4 tahun Ayam Gepuk Pak Gembus dapat meraih omzet Rp 8 miliar perbulan dan menjual 4,6 ton ayam per hari.

Namun, tidak semua usaha kuliner dapat bertahan. Bisnis makanan adalah salah satu bisnis yang mempunyai tingkat persaingan yang tinggi. Untuk bisa bertahan dan berkembang dalam persaingan yang ketat di bisnis kuliner, mempunyai keunikan dapat menjadi keunggulan yang kuat. Hal tersebut karena dengan mempunyai keunikan usaha kuliner anda akan lebih menonjol dibandingkan dengan usaha kuliner yang tidak mempunyai keunikan.

Memilih ide dan peluang usaha kuliner yang tepat dengan demikian sangatlah penting. Oleh karena itu untuk inspirasi anda, berikut 5 usaha kuliner yang menjanjikan dan kreatif yang dapat anda contoh.

 

1. Bubur Ayam Kreasi Topping

Usaha Kuliner Yang Menjanjikan dan Unik. Anda tau Bubur Ayam Barito? atau Bubur Ayam Sinar Garut Bogasari di Depok? Kedua bubur ayam tersebut sangat laku dan terkenal dengan keunikannya menyajikan bubur ayam dengan topping yang lengkap.

Bubur Ayam Sinar Garut Bogasari misalnya memberikan pilihan menu dengan berbagai macam topping seperti cheese stick, ati ampela, sate usus, telur ayam kampung, kornet, dan keju.

usaha kuliner yang menjanjikan dan unik, bubur ayam topping

Kreasi bubur juga menjadi salah satu ciri khas restoran Ta-Wan yang menawarkan bubur bergaya oriental dengan beragam topping.

Kesuksesan Ta-Wan, Bubur Ayam Barito dan Sinar Garut Bogasari menjadi salah satu bukti bahwa bisnis bubur ayam dapat menjadi salah satu usaha kuliner yang menjanjikan dan unik.

 

2. Pizza Bentuk “Es-Krim”

Anda tentu tau dengan makanan khas Italia yang satu ini. Bentuknya yang bundar dan dimakan dengan bentuk potongan slice segitiga ini terkenal dengan rasanya yang enak dan praktis dimakan.

Selain itu, Pizza mempunyai potensi besar bagi koki yang kreatif dalam meracik suatu pizza baik dengan menggunakan topping-topping atau keju tertentu. Namun, selain kreasi topping tersebut Pizza juga dapat dikreasikan dalam bentuk yang berbeda.

Salah satu bentuk yang berbeda tersebut adalah Pizza dalam bentuk seperti es krim cone seperti yang disajikan oleh Crown Cones Pizza.

image courtesy of Crown Cones Pizza

Selain tampilannya yang unik, rasa dari Pizza bentuk ice krim cone tersebut juga enak karena dibuat dengan keju yang berkualitas dan meleleh dimulut. Terlebih didalam Pizza tersebut sudah diisi dengan topping-topping yang lezat seperti daging dan sayuran.

 

3. Cireng Mozarella

Makanan yang asalnya dari Bandung ini adalah jajanan pinggir jalan yang kenyal dan populer. Nama cireng sendiri berasal dari singkatan “aci yang di goreng”. Walaupun sudah lama dikenal masyarakat tetapi baru-baru ini muncul inovasi baru untuk Cireng.

usaha kuliner yang menjanjikan dan unik, cireng mozarella

Inovasi tersebut adalah Cireng Mozarella! Keunikan dari Cireng Mozarella sebenarnya sederhana saja. Adonan aci biasa di isi dengan keju didalamnya. Lalu setelah digoreng Cireng tersebut dipadukan dengan kombinasi lelehan keju mozarella dan saus. Hasilnya? Kenyalnya cireng dengan rasa gurih dari keju mozarella.

 

4. Pisang Goreng Nugget

Apa jadinya jika pisang goreng dikreasikan dengan tepung yang tebal seperti untuk nugget ayam serta ditambahkan dengan berbagai topping? Hasilnya adalah Pisang Goreng Nugget yang sedang populer saat ini.

usaha kuliner yang menjanjikan, usaha kuliner yang unik, pisang goreng nugget
usaha kuliner yang menjanjikan dan unik – pisang goreng nugget

Pisang goreng sendiri bukanlah kudapan yang asing dimasyarakat Indonesia. Gorengan yang gurih dan manis tersebut seringkali disantap sebagai teman minum kopi, bersantai dan saat nongkrong.

Salah satu yang menjual pisang goreng yang unik ini adalah Raja Pisang Nugget. Raja Pisang Nugget menawarkan berbagai kreasi pisang nugget. Beberapa pilihan rasanya adalah Choco, Choco Cheese, Vanilla Oreo, Milk Cheese hingga Strawberry Cheese. Variasi rasa tersebut bisa di mix 2 dan mix 3 topping dalam satu kotak.

Saking populernya kreasi pisang goreng ini tidak jarang pembeli harus menunggu lama untuk bisa mendapatkannya.

 

5. Mie Ayam Pelangi

Mie ayam biasa dikenal dengan warna putih kekuningan. Akan tetapi, sekarang ini ada kreasi mi ayam yang lebih unik dengan menambahkan warna pada mie ayam.

usaha kuliner yang menjanjikan, usaha kuliner yang unik, mie pelangi
usaha kuliner yang unik – mie pelangi

Ada mie ayam dengan warna merah, hijau, oranye bahkan hitam. Mie warna-warni ini dibuat dengan berbagai macam bahan alami seperti bayam, sawi hijau, pak choy, wortel hingga bit. Untuk warna hitam, charcoal atau bubuk arang dan tinta cumi juga sering dijadikan bahan tambahan.

Dengan digunakannya sayuran-sayuran tersebut sebagai bahan mie maka tentu mie ayam ini juga lebih sehat. Tampilannya yang menarik dan unik juga menjadikan mie pelangi ini instagrammable. Untuk menambah keunikannya, anda juga bisa berkreasi lebih lanjut dengan menambahkan berbagai macam topping seperti cheese stick, keju parut, dan lain-lain.

 

Penutup

Bagaimana? apakah anda sudah mendapatkan ide apa bisnis kuliner unik yang akan anda jalankan? Dari beberapa contoh usaha kuliner yang menjanjikan dan unik diatas sebenarnya terlihat bahwa untuk membuat suatu bisnis makanan unik yang diperlukan bukanlah membuat sesuatu yang benar-benar baru. Yang anda perlukan hanyalah membuat suatu kreasi yang menambah rasa atau tampilan dari makanan tersebut.

Membuat suatu variasi dari makanan yang sudah dikenal secara luas memang lebih mudah dan lebih kecil risikonya karena sebenarnya sudah banyak orang yang mengetahui makanan tersebut.

Bagaimana menurut anda? Apa usaha kuliner yang menjanjikan dan unik yang belum disebutkan disini? Bagikan komentar anda dibawah ini.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here