Beranda Entrepreneur 5 Kisah Sukses Dari Karyawan Menjadi Pengusaha

5 Kisah Sukses Dari Karyawan Menjadi Pengusaha

885
1
BERBAGI
kiki gumelar, kisah sukses dari karyawan menjadi pengusaha
kiki gumelar pendiri chocodot

Berpindah dari karyawan menjadi pengusaha merupakan impian sebagian orang. Bagi beberapa orang tersebut, kebebasan untuk menentukan jam kerja, potensi pendapatan yang jauh lebih besar, dan passion biasanya menjadi alasan mengapa seseorang karyawan menjadi pengusaha. Selain itu, tidak sedikit kisah sukses dari karyawan menjadi pengusaha yang membakar motivasi dan mimpi mereka yang sudah bosan menjadi karyawan.

Sebagai contohnya, Rido Adityawarman pendiri Ayam Gepuk Pak Gembus adalah seorang mantan karyawan MNC Skyvision. Rido menjadi pengusaha muda sukses di bidang kuliner setelah keluar dari pekerjaannya dan merintis bisnis dengan modal 26 juta.

Selain Rido Adityawarman tentu masih banyak kisah sukses dari karyawan menjadi pengusaha yang dapat menjadi inspirasi anda. Mempunyai motivasi dan inspirasi yang kuat dapat menjadi modal yang penting. Oleh karena itu untuk mendorong anda juga menjadi pengusaha berikut 5 Kisah Sukses Dari Karyawan Menjadi Pengusaha untuk anda:

 

1. Kiki Gumelar – Chocodot

kiki gumelar, kisah sukses dari karyawan menjadi pengusaha
kiki gumelar pendiri chocodot

Jika anda pernah berkunjung ke kota Garut tentu anda kenal dengan Chocodot oleh-oleh kota Garut yang mengkombinasikan dodol dengan cokleat.

Kiki Gumelar pendiri Chocodot menceritakan bahwa sebelum memulai bisnis cokleat yang unik ini dirinya adalah seorang karyawan.

“Dulu saya pegawai, tahun 2009 saya memutuskan untuk keluar kerja. Modalnya kartu kredit dan satu orang karyawan,”

Kiki bercerita saat di acara Chocotober Fest di Mal Taman Anggrek, (19/10/2017).

Kiki Gumelar menceritakan kisah sukses dari karyawan menjadi pengusaha dimulai dari kejadian yang tidak disengaja saat dodol yang dibawanya tercebur kecoklat yang sedang dibuatnya.

“Saya nggak sengaja nyemplungin dodol ke cokelat, saya bawa ke Garut, jualan. Beberapa nolak karena dianggap aneh kenapa ada cokelat isi dodol,” cerita Kiki.

Penolakan juga tidak hanya muncul dari pelanggan, orang tua Kiki bahkan sempat tidak merestui usahanya. Orang tua Kiki tidak melihat peluang yang baik untuk berjualan coklat di Garut. Namun, dia tidak menyerah dan terus mempelajari seluk-beluk usaha cokelat serta rajin mengikuti pameran di luar kota.

Usahanya tidak sia-sia karena secara perlahan Chocodot mulai naik dan dikenal masyarakat. Saat ini setelah melalui delapan tahun dengan segala hambatan serta suka-dukanya, Chocodot kini telah mempekerjakan 200 orang pegawai dan mengolah 20-30 ton cokelat dalam sebulan dan tersebar diseluruh Indonesia.

Kiki juga telah mengembangkan Chocodot tidak hanya sebagai perusahaan cokelat. Kiki juga mengembangkan wisata kota Garut dengan menyediakan wisata khusus cokelat, merintis kafe dan bakery khusus cokelat, serta mendirikan museum cokelat di Garut.

Baca Juga : Kisah Sukses Pengusaha Memulai Bisnis Dari Nol

 

2. William Tanuwijaya – Tokopedia

william tanuwijaya tokopedia, pengusaha indonesia sukses yang pernah gagal

Apakah anda mengetahui bahwa William Tanuwijaya adalah seorang karyawan swasta selama 10 tahun sebelum mendirikan Tokopedia.com?

Saat ini William Tanuwijaya memang dikenal sebagai CEO dan Co-Founder dari salah satu pemain utama bisnis eCommerce Indonesia melalui Tokopedia.com. Namun, kesuksesan William Tanuwijaya tersebut tidaklah datang secara instan. William tidak berasal dari keluarga yang kaya raya, dia berasal dari keluarga yang sederhana di kota Pematang Siantar, Sumatera Utara. Kemudian dia merantau ke Jakarta untuk kuliah di Universitas Bina Nusantara (BINUS).

Selama kuliah, tepatnya saat semester II, William bekerja sebagai penjaga warnet untuk menambah uang saku dan mendapat akses internet gratis. Dari sinilah William Tanuwijaya mengenal lebih dalam mengenai internet.

Setelah lulus kuliah, William sempat bekerja di beberapa perusahaan software developer dan game developer, bahkan di perusahaan jual beli online KafeGaul. William menjadi seorang karyawan swasta selama 10 tahun.

Melihat adanya permasalahan di dunia jual beli online pada tahun 2007 yang sarat dengan penipuan, William merasa terdapat peluang untuk membangun suatu situs jual beli yang aman terhadap penjual maupun pembeli. Akhirnya William memutuskan untuk membuat dan mewujudkan idenya tersebut.

Tetapi jalannya William untuk mewujudkan ide tersebut tidak mulus. William tidak memiliki modal dan dia menghabiskan waktu 2 tahun untuk mencari investor yang mau memberikan modal. Pada waktu itulah William menerima begitu banyak penolakan dan diragukan oleh calon investor.

William bahkan pernah dikatakan mempunyai mimpi yang terlalu tinggi dan disarankan untuk mengejar sesuatu yang lebih realistis. Namun dia tidak begitu saja menyerah. Pada akhirnya dia mendapatkan modal awal dari bos tempatnya sendiri bekerja.

Di tahun 2017, Tokopedia telah menjadi perusahaan eCommerce yang dikenal secara luas dan menjadi perusahaan dengan nilai lebih dari USD 1 milyar setelah mendapatkan pendanaan sebesar USD 1.1 milyar dari Alibaba.

 

3. Cecilia Wirawan – Kiddy Cuts

Cecilia Wirawan, kisah sukses dari karyawan menjadi pengusaha

Kiddy Cuts adalah merek salon anak-anak kelas premium yang cukup dikenal oleh orang. Saat ini di daerah Jabodetabek, Cikarang, Bandung, Surabaya, Bali dan Medan telah terdapat 32 gerai-gerai Kiddy Cuts yang biasanya menempati unit di mall-mall kelas menengah atas.

Cecilia Wirawan adalah salah satu pendiri dari Kiddy Cuts bersama dengan Rudy Hadisuwarno dan tiga orang sahabatnya. Sebelum memulai Kiddy Cuts, Cecilia bekerja di Jakarta di sejumlah perusahaan antara lain perusahaan konsultan properti. Namun, Cecilia memutuskan berhenti dari pekerjaannya pada 2001 dan memulai kisah sukses dari pegawai menjadi pengusaha.

Kisah sukses Cecilia bermula dari kesulitannya mencari salon khusus anak-anak. Cecilia bercerita bahwa anaknya yang berumur 6 tahun seringkali menangis ketika potong rambut di salon. Dia pun mencari salon khusus anak-anak di pusat perbelanjaan yang mungkin dapat menangani anaknya dengan lebih baik. Tetapi hasilnya nihil.

Menemukan suatu masalah dengan tidak adanya solusi yang memuaskan Cecilia mendapatkan inspirasi untuk membuka salon khusus anak-anak. Setelah keluar dari pekerjaannya, Cecilia berkonsultasi dengan Rudi Hadisuwarno yang merupakan pakar tata rambut kelas atas.

Tidak lama kemudian Cecilia bersama dengan Rudi dan tiga orang sahabatnya membuka Kiddy Cuts yang pertama di Plaza Senayan di tahun 2001. Tak disangka-sangka, antusiasme konsumen melampaui ekspektasi. Sebab, antrian pelanggan sampai mengular di depan outlet Kiddy Cuts, Plaza Senayan.

Saat ini Cecilia telah menjadi salah satu contoh kisah sukses dari karyawan menjadi pengusaha dengan membesarkan Kiddy Cuts. Kiddy Cuts sendiri terus berkembang dan  telah menerima sejumlah penghargaan, seperti penghargaan Most Recognized Brand Award 2010, ASEAN Outstanding Business Award 2011, Museum Rekor Indonesia (MURI), Indonesia Digital Popular Brand Award 2017 dan Top Brand Award 2017.

 

4. Billy Boen – Young On Top

billy boen, kisah sukses dari karyawan menjadi pengusaha

Billy Boen dikenal luas sebagai pendiri dan penggagas gerakan Young On Top. Young On Top  atau YOT sendiri berawal dari buku yang ditulis oleh Billy Boen dan berkembang menjadi komunitas dan gerakan untuk memotivasi atau mendorong anak muda untuk berani mengejar sukses baik melalui karir ataupun bisnis.

YOT bukan hanya sekedar gerakan atau komunitas, YOT juga merupakan sebuah bisnis yang terdiri dari 2 divisi yaitu PT Top Karir Indonesia (website job portal) dan PT YOT Inspirasi Nusantara yang membawahi bisnis event, pernak pernik YOT, program dan konten, serta workshop.

Sebelum mendirikan YOT, Billy juga telah menjadi pengusaha sebelumnya dengan mendirikan Jakarta International Management bersama rekannya Rudhy Buntaram yang bergerak dalam banyak bidang fashion dan konsultasi.

Namun sebelum menjadi pengusaha Billy adalah seorang karyawan yang bekerja selama 10 tahun dalam berbagai posisi di beberapa perusahaan seperti PT Berca Sportindo (distributor merek Nike), Oakley Indonesia dan terakhir di MRA Group.

Walaupun Billy sudah pernah menduduki jabatan yang tinggi dan gaji besar sebagai General Manager di Oakley Indonesia (GM termuda), dan Kadiv Food & Beverage di MRA tetapi Billy tetap memilih untuk mengambil risiko dan menjadi pengusaha.

Keberanian Billy untuk mengambil risiko tersebut tidak sia-sia karena saat ini YOT telah menjadi brand yang dikenal secara luas dan menginspirasi banyak orang. Oleh karena itu, jelas jika cerita Billy Boen termasuk dalam kisah sukses dari karyawan menjadi pengusaha yang memberikan inspirasi.

 

5. Afit Dwi Purwanto – Holycow! by Chef Afit

afit holycow, pengusaha indonesia sukses yang pernah gagal

Jika anda adalah seorang penggemar steak sapi yang lezat, nama Holycow! by Chef Afit tentu bukanlah nama yang asing bagi anda. Gerai steak yang terkenal dengan harga terjangkau dan tagline Wagyu For Everyone.
Perjalanan Afit dalam kisah sukses dari karyawan menjadi pengusaha tidak terjadi dalam secara instan. Bahkan dia sempat ditentang oleh orang tuanya. Ayahnya menginginkan dia untuk menjadi seorang profesional dengan gaji yang pasti.

Walaupun ditentang niat Afit untuk menjadi pengusaha tidaklah redup. Sejak kuliah di Fakultas Hukum Universitas Trisakti, Afit sudah berpikir tidak ingin menjadi karyawan bagi orang lain. Namun setelah lulus, Afit tidak langsung menjadi pengusaha. Afit terlebih dahulu bekerja sebagai karyawan di beberapa perusahaan media dan sempat menjadi manager.

Setelah menikah dengan Lucy Wiryono, ia makin mantap berbisnis. Pada tahun 2009 mereka memutuskan untuk menjajal bisnis steak Wagyu dengan harga terjangkau. Karena memiliki modal terbatas kemudian mereka memutuskan untuk membuka warung pertama dengan bentuk tenda yang terletak di Jalan Radio Dalam, Jakarta. Konsep yang dibawa Afit pun populer penikmat steak mengantri dan dalam waktu enam bulan, Holycow membuka gerai permanennya di Senopati berkat kredit investasi yang diperoleh dari perbankan.

Setelah itu, Afit kembali menghadapi tantangan yang tidak kalah besar pada tahun 2012. Dimana pada saat itu Afit pecah kongsi dengan rekannya karena perbedaan visi dan misi.Pada Mei 2012, pihak Afit dan mitra bisnisnya sepakat untuk tidak lagi melanjutkan kerja sama, dan kedua belah pihak membesarkan merek ‘Holycow’ nya masing-masing.

Akibatnya, Afit mesti menanggung biaya pinalti dari ditutupnya gerai pertama Holycow di Singapura. Afit juga mesti membayar utang ke suplier. Selain itu Afit juga harus beban 28 pegawainya yang memutuskan untuk ikut bersama dirinya. Namun setelah tahun yang berat tersebut, Afit pun berhasil melakukan rebranding dengan nama Holycow! by Chef Afit sebagai pembeda dari Holycow saingannya. Selain itu, Afit juga berhasil menarik Angel Investor dan membuka gerai baru di Kelapa Gading.

Lompat ke tahun 2017, Afit telah berhasil membesarkan brand Holycow! by Chef Afit menjadi salah satu restoran steak yang dikenal luas serta telah mempunyai cabang yang tersebar di Jabodetabek, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Malang dan Bali.

Baca Juga : Kisah Pengusaha Yang Pernah Gagal

Penutup

Demikian 7 kisah sukses dari karyawan menjadi pengusaha yang semoga dapat menginspirasi bagi anda. Cerita mereka tentu patut dijadikan contoh bagi anda yang ingin menjadi pengusaha. Nah, sekarang giliran anda untuk mulai mengambil tindakan yang nyata untuk mencapai mimpi anda menjadi pengusaha!

Apa pelajaran penting dari kisah sukses dari karyawan menjadi pengusaha sukses diatas? bagikan pikiran anda dalam kolom komentar dibawah, atau bagikan artikel ini ke teman anda.

>

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here