Beranda Ide Bisnis 7 Macam-Macam Usaha Sampingan Di Rumah

7 Macam-Macam Usaha Sampingan Di Rumah

493
0
macam-macam usaha sampingan di rumah
Photo by Kaboompics // Karolina from Pexels https://www.pexels.com/photo/close-up-of-girl-hands-coloring-eggs-for-easter-ii-6435/

Menjalankan usaha sampingan bukanlah sesuatu yang dapat anda anggap remeh. Tidak sedikit ibu rumah tangga, mahasiswa dan karyawan yang menjadi pengusaha sukses setelah menjalankan macam-macam usaha sampingan dengan tekun. Memulai usaha sampingan juga dapat membuka pintu-pintu kesempatan baru yang tidak pernah ada di benak anda sebelumnya.

Tim Ferriss, penulis “The 4 Hour Work-Week” adalah contohnya. Buku Tim tersebut memuncaki New York Times Best Seller selama 4 tahun. Tim dalam bukunya menceritakan perjalanannya sebagai pengusaha sukses dimulai dari usaha sampingan menjual supplemen secara online. Usaha sampingan tersebut dikerjakan disela-sela kesibukannya sebagai karyawan bagian penjualan di perusahaan penyimpanan data. Setelah memulai dan mengembangkan usaha sampingan tersebut, Tim Ferriss berhasil menemukan suatu kebebasan yang baru dan melakukan berbagai petualang seperti menjelajahi dunia, mempelajari beladiri, belajar bahasa asing, dan lain-lain.

Untuk anda yang ingin meningkatkan taraf hidup, penghasilan atau menemukan kebebasan, memulai usaha sampingan adalah langkah yang nyata untuk mewujudkannya. Keterbatasan modal tidak menjadi penghalang lagi, karena saat ini terdapat berbagai macam-macam usaha sampingan di rumah yang hanya membutuhkan modal kecil.

Berikut daftar 7 macam-macam usaha sampingan di rumah dengan modal kecil untuk referensi anda dalam memulai wirausaha.

 

1. Usaha Snack Kemasan

Snack kemasan adalah salah satu produk makanan yang digemari di Indonesia. Tidak sedikit kisah sukses pengusaha muda Indonesia yang bermula dari bisnis snack kemasan seperti Maicih, Karuhun, dan Makaroni Ngehe.

Selain mempunyai peluang bagi anda yang mempunyai ide untuk cemilan yang menarik dan enak, usaha snack kemasan ini juga merupakan salah satu macam usaha sampingan yang dapat dimulai di rumah.

Anda dapat memproduksi snack yang akan anda jual pada malam hari dan kemudian memanfaatkan sistem reseller. Selain lebih menghemat waktu, sistem reseller juga membuka peluang bagi anda untuk membangun jaringan guna mengembangkan bisnis dengan lebih cepat.

 

 

2. Jasa Menulis Freelance

Melakukan pekerjaan menulis secara freelance termasuk salah satu macam-macam usaha sampingan yang dapat dikerjakan dirumah.

Banyak sekali permintaan untuk penulis yang dapat membuat tulisan berkualitas. Anda bisa menawarkan jasa pembuatan tulisan untuk blog dan website, menulis eBook, menulis esai, personal statement, proposal, dan masih banyak lagi dari usaha ini.

Anda bisa memulai usaha ini dengan mencari pekerjaan freelance dari website-website marketplace seperti Fiverr, Freelancer, Sribulancer, dan Upwork. Untuk meningkatkan kemungkinan anda mendapatkan pekerjaan anda bisa membuat contoh-contoh tulisan anda di blog pribadi di medium.com, blogspot, atau wordpress.

 

3. Jasa Desain Grafis

Mendesain logo, baliho, company profile, flyer, banner dan brosur dapat menjadi usaha sampingan yang sangat menguntungkan. Selain itu usaha jasa desain grafis juga dapat anda mulai di rumah dengan modal laptop atau PC dan sambungan internet.

Seperti jasa menulis freelance, awalnya anda bisa memulai mencari klien dengan memanfaatkan situs-situs marketplace freelance seperti yang telah disebutkan diatas.

 

4. Usaha Cake dan Kue 

Apakah anda senang memasak dan menciptakan kreasi makanan yang manis dan membuat momen istimewa orang lain menjadi lebih berwarna? jika ya usaha cake dan kue dapat menjadi pilihan usaha sampingan di rumah untuk anda.

Walaupun dimulai sebagai usaha sampingan, usaha cake dan kue mempunyai peluang yang sangat menjanjikan. Bahkan jika anda sudah mempunyai pelanggan yang cukup, penghasilan yang anda hasilkan bisa melebihi gaji sebagai seorang pegawai. Nora, pendiri Dapurnora Uky Cake & Cookies adalah salah satu contoh pengusaha cake yang sukses menjalankan usaha sampingan ini.

 

5. Usaha Toko Online

Sudah bukan rahasia lagi jika usaha toko online termasuk macam-macam usaha sampingan di rumah yang dapat anda jalankan dengan modal kecil.

Langkah pertama untuk memulai bisnis toko online adalah mencari produk yang bisa anda jual. Skenario yang terbaik adalah jika anda sudah mempunyai keahlian untuk membuat produk sendiri yang berkualitas dengan demikian anda menjual produk yang unik dan margin laba anda pun lebih tebal dibandingkan hanya sebagai reseller. Tetapi jika tidak pun anda bisa mencari produk-produk yang unik. Hal ini bisa anda lakukan dengan mencari ide barang-barang unik di Aliexpress.

Terkait : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Shop Untuk Pemula

 

6. Usaha Kerajinan Tangan

Membuat karya dengan tangan dan menghasilkan uang. Kenapa tidak? Keuntungan yang dapat diperoleh dari usaha kerajinan tangan cukup menguntungkan dan mempunyai prospek pengembangan bisnis yang baik.

Anda bahkan dapat menjual hasil kerajinan tangan anda keluar negeri dengan menggunakan Etsy.com. Sebagai salah satu macam-macam usaha sampingan di rumah usaha kerajinan tangan juga termasuk usaha yang telah menghasilkan banyak sekali pengusaha sukses.

Andre misalnya berawal dari iseng-iseng membuat 10 buah kerajinan berupa bumerang saat ini telah sukses berbisnis kerajinan tangan dan dapat mempekerjakan 20 orang.

Terkait : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Handmade Dalam 4 Langkah

 

7. Usaha Affiliate Marketing

Apa itu affiliate marketing? Bagi anda yang sudah mendengar tentang affiliate marketing pasti mengetahui bahwa affiliate marketing termasuk dalam usaha sampingan yang dapat dikerjakan dari rumah.

Affiliate marketing secara sederhana dapat didefinisikan sebagai suatu skema pembagian keuntungan untuk setiap penjualan yang berasal dari promosi pemasar/marketer  yang bersangkutan. Pembagian keuntungan yang diberikan oleh penjual atau pemilik produk berupa komisi yang dapat berupa nilai tetap atau persentase dari nilai transaksi pembeli.

Affiliate marketing dapat dijadikan bisnis sampingan dengan membuat website yang menghasilkan traffic yang tertarget dan mempunyai relevansi tinggi dengan produk yang anda promosikan. Setelah anda mempunyai website dengan jumlah traffic yang cukup dan mempunyai profil pengunjung yang tepat maka website anda akan menghasilkan uang dari hasil promosi yang anda lakukan melalui website tersebut.

Terkait : Bagaimana Cara Memulai Affiliate Marketing Untuk Pemula

 

Penutup

Selain 7 usaha sampingan diatas sebenarnya masih sangat banyak macam-macam usaha sampingan di rumah yang dapat anda coba.

Menurut anda, apa usaha sampingan yang menjanjikan dan  dapat dijalakan dirumah? Bagikan ide anda di kolom komentar dibawah ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here