Beranda Ide Bisnis 9 Macam-Macam Usaha Kreatif Yang Menjanjikan Dan Unik

9 Macam-Macam Usaha Kreatif Yang Menjanjikan Dan Unik

933
1
usaha dekorasi rumah, bisnis kreatif, usaha kreatif, macam-macam usaha kreatif
bisnis dekorasi rumah : macam-macam usaha kreatif - credit : pexels.com

Apakah anda seorang pengusaha yang mempunyai jiwa kreativitas yang tinggi? Macam-macam Usaha Kreatif Yang Menjanjikan dan Unik berikut perlu anda pertimbangkan!

Kreativitas dapat menjadi salah satu modal yang berharga untuk menjadi seorang pengusaha sukses dan membangun bisnis yang besar.

Bahkan kreativitas yang tinggi memberi peluang bagi seorang pengusaha yang ambisius untuk membangun bisnisnya dari nol dengan modal yang terbatas.

Jika anda adalah seorang pengusaha kreatif, berikut 9 macam-macam usaha kreatif yang menjanjikan dan unik yang bisa anda pertimbangkan.

 

1. Perhiasan

bisnis perhiasan, macam-macam usaha kreatif, usaha kreatif, usaha perhiasan
bisnis perhiasan : macam-macam usaha kreatif – credit : pexels.com

Merancang, membuat dan menjual perhiasan manik-manik, kayu, sampai perak dan emas termasuk salah satu usaha kreatif yang sangat menjanjikan. Selain itu untuk memulai usaha kreatif yang satu ini dapat anda lakukan dengan modal kecil.

Sebagai contoh Manjusha Nusantara yang didirikan oleh Ria W. Glenn dan 3 orang temannya didirikan dengan modal Rp. 5 juta. Dengan modal tersebut usaha kreatif perhiasan replika dan etnik sudah dapat merih omset ratusan juta setiap bulan.

2. Tas Handmade

bisnis tas handmade, usaha kreatif, bisnis kreatif
usaha tas handamade : macam-macam usaha kreatif

Tidak dapat dipungkiri bahwa tas merupakan salah satu kebutuhan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Selain itu, tas juga menjadi salah satu media untuk menunjukkan kepribadian dan gaya fashion seseorang.

Usaha tas handmade saat ini masih mempunyai peluang yang baik, terutama bagi pengusaha yang dapat membuka tas dengan desain yang menarik. Usaha tas handmade juga merupakan salah satu macam-macam usaha kreatif yang dapat dimulai dengan modal kecil.

David Yuwono pendiri tas berbahan denim Dry Bag adalah salah satu contohnya. Dengan modal awal 800 ribu untuk membuat beberapa contoh tas, David Yuwono telah berhasil membangun bisnis tas handmade dengan mereka Tas Dry Denim yang menghasilkan omzet Rp 800 juta.

Terkait : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Handmade

3. Web Designer

bisnis web design, usaha kreatif, bisnis kreatif, macam-macam usaha kreatif
bisnis web design : macam-macam usaha kreatif

Membuat suatu website memang membutuhkan beberapa keahlian teknis dengan sedikit memahami programming dan menguasai Adobe photoshop. Tetapi keahlian teknis tersebut dapat dipelajari secara otodidak baik secara gratis melalui berbagai website yang ada di internet atau juga melalui Youtube.

Keahlian teknis tersebut tidak ubahnya seperti dibutuhkanya kemampuan menjahit untuk dapat membuat suatu pakaian yang menarik. Nilai tambah terbesar dari web designer tetap pada kreativitas untuk membuat suatu desain website yang menarik.

Untuk memulai bisnis ini modal utama anda adalah kreativitas tersebut. Selain itu anda membutuhkan sebuah laptop dengan spesifikasi menengah atas atau PC yang mempunyai spesifikasi mumpuni untuk menjalankan program Adobe Photoshop.

 

4.  Fotografi

usaha kreatif, bisnis kreatif, usaha fotografi
bisnis fotografi – bisnis kreatif : credit : pexels.com

Bisnis fotografi membutuhkan keahlian untuk menangkap gambar dengan baik dan merekam emosi yang ada dari objek foto tersebut. Hal tersebut membutuhkan kreativitas, imajinasi, dan juga kemampuan teknis yang tidak sedikit.

Memulai bisnis fotografi dapat dilakukan dengan sebuah kamera DSLR, lensa-lensa pelengkap, aksesoris lainnya dan website untuk memamerkan portofolio foto-foto anda. Awalnya mungkin anda tidak dapat mengenakan harga yang tinggi untuk jasa yang anda berikan.

Tetapi seiring dengan semakin meningkatnya keahlian anda dan banyaknya portofolio yang anda bangun bayaran yang anda kenakan bisa menjadi jauh lebih tinggi dari saat anda baru memulai.

 

5. Video Agency

bisnis kreatif, bisnis videografi, macam-macam usaha kreatif
usaha kreatif bisnis videografi

Video marketing saat ini sedang meledak. Statistik dari Wordstream menunjukkan bahwa penggunaan video untuk pemasaran mempunyai efektifitas yang tinggi dan juga semakin disukai oleh pengguna.

Trend-trend positif tersebut pada akhirnya akan meningkatkan permintaan untuk jasa pembuatan video pemasaran yang berkualitas dengan harga bersaing.

Untuk sukses di bisnis video marketing anda harus mempunyai kreativitas dan imajinasi yang tinggi untuk menghasilkan video yang menarik serta efektif untuk pemasaran.

 

6. Blogging dan Menulis eBook

bagaimana cara membuat rencana bisnis
image credit : pexels

Menulis merupakan salah satu kegiatan yang membutuhkan kreatifitas untuk bisa dilakukan dengan baik dan menghasilkan tulisan yang menarik.

Kemampuan untuk membuat tulisan yang menarik tersebut dapat anda jadikan aset untuk menghasilkan uang dan membangun bisnis.

Salah satu cara untuk menghasilkan uang dengan menulis tersebut adalah dengan blogging. Blogging atau menulis di website merupakan salah satu cara menghasilkan uang di internet yang sudah banyak dijalankan orang.

Bahkan tidak sedikit mereka yang berhasil membangun bisnis besar dari blogging. Pat Flynn adalah contohnya, mantan arsitek tersebut sukses menjadi seorang pengusaha berkat usahanya membuat blog tentang ujian sertifikasi arsitek dan menjual eBook yang dia tulis melalui blognya tersebut. Siapa sangka jika dari awal blog tersebut Pat dapat membangun bisnis yang menghasilkan ratusan ribu US$ (milyaran rupiah) perbulan.

 

7. Youtuber

ide bisnis untuk mahasiswa, ide bisnis, bisnis channel youtube

Sudah bukan rahasia lagi jika menjadi seorang Youtuber saat ini dapat menghasilkan uang yang tidak sedikit. Bayu Skak misalnya, salah satu Youtuber Indonesia yang mempunyai lebih dari satu juta subscriber tersebut mengaku bahwa pendapatan dari Google Adsense saja rata-rata mencapai Rp. 26 juta sebulan.

Disamping pendapatan dari Adsense, Youtuber juga dapat menghasilkan uang yang lebih banyak dari proyek-proyek dengan brand atau dari paid promote di video-video yang dibuat.

 

8. Perancang Grafis

Membuat logo, materi-materi promosi, tipografi, ilustrasi dan desain-desain lainnya adalah jasa yang diberikan oleh bisnis perancang grafis. Dengan layanan-layanan tersebut, hampir semua industri bisnis tentu membutuhkan layanan perancang grafis yang berkualitas untuk membuat promosi yang menarik.

Oleh karena itu tidak heran jika bisnis perancang grafis termasuk macam-macam usaha kreatif yang menjanjikan. Bisnis perancang grafis dapat anda mulai dengan modal laptop, website dan keinginan yang kuat untuk memasarkan bisnis anda.

 

9. Dekorasi Rumah

usaha dekorasi rumah, bisnis kreatif, usaha kreatif, macam-macam usaha kreatif
bisnis dekorasi rumah : macam-macam usaha kreatif – credit : pexels.com

Dekorasi rumah disini adalah bisnis membuat berbagai macam pernak-pernik dekorasi rumah seperti gorden, taplak meja, jam dinding custom, lampu hias, vas bunga dan masih banyak lagi.

Membuat dekorasi rumah yang unik dan menarik tentu membutuhkan kreativitas. Bisnis dekorasi rumah termasuk salah satu macam-macam usaha kreatif yang unik karena banyak sekali kreasi yang dapat dihasilkan dari bisnis ini.

Jika anda dapat membuat barang-barang untuk dekorasi rumah yang unik tersebut anda bisa memulainya dirumah dengan bahan-bahan yang sederhana dahulu sebagai percobaan. Kemudian anda bisa memasarkannya melalui media internet seperti Tokopedia atau Qlapa.com.

Baca Juga :  50 Ide Usaha Rumahan Yang Menjanjikan dan Menguntungkan

1 KOMENTAR

  1. Hai. Secara kebetulan saya mampir ke blog anda, ternyata postingan-postingannya sangat
    informatif dan banyak konten yang sangatlah banyak manfaatnya untuk saya.
    Nummpang izin komen ddan share beberapa tulisan ke socmed
    sqya ya sekalian biar blog ini tambah banyak visitornya.
    Mudah mudahan selalu di tambah tulisan baru terus ya blognya.Terima Kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here