Beranda Ide Bisnis 15 Usaha Sampingan Untuk Karyawan Pabrik Dengan Modal Kecil

15 Usaha Sampingan Untuk Karyawan Pabrik Dengan Modal Kecil

1692
0
ide bisnis 2018, peluang usaha 2018
image credit : pexels.com

Apakah anda mencari usaha sampingan untuk karyawan pabrik dengan modal kecil? jika ya teruskan membaca, dibawah ini kami memberikan ide usaha sampingan yang bisa anda coba dengan kesibukan sebagai karyawan.

Seorang karyawan pabrik biasanya mempunyai gaji yang stabil dan jam kerja yang relatif tetap. Namun dibalik kestabilan dan tetapnya jam kerja profesi sebagai karyawan pabrik banyak sekali yang mengalami kesulitan keuangan dan butuh penghasilan tambahan.

Kebutuhan akan penghasilan tambahan tersebut biasanya muncul karena peningkatan kebutuhan untuk menikah, menyekolahkan anak, membeli rumah, atau untuk kesehatan.

Disisi lain, gaji seorang karyawan yang relatif tetap tersebut biasanya sulit untuk mencukupi tuntutan kebutuhan yang semakin berat. Selain itu karir karyawan pabrik biasanya sangatlah terbatas jika tidak dibarengi dengan peningkatan kapasitas pribadi dengan pelatihan atau sekolah sarjana.

Dengan kondisi tersebut memulai usaha sampingan merupakan langkah paling produktif dan solutif untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan mendapat tambahan penghasilan.

Namun mengingat kondisi karyawan pabrik yang harus kerja dari pagi hingga sore dan mempunyai modal terbatas banyak yang bingung apa usaha sampingan untuk karyawan pabrik dengan modal kecil?

Untuk inspirasi anda berikut 9 usaha sampingan untuk karyawan pabrik dengan modal kecil yang bisa anda jalankan.

 

1. Usaha Sampingan Kerajinan Tangan

usaha sampingan karyawan, ide bisnis sampingan
Photo by Kaboompics // Karolina from Pexels https://www.pexels.com/photo/close-up-of-girl-hands-coloring-eggs-for-easter-ii-6435/

Membuat kerajinan tangan dan menghasilkan uang dari hasilnya. Kenapa tidak? Keuntungan dari bisnis kerajinan tangan tangan cukup menguntungkan. Selain itu usaha kerajinan tangan juga mempunyai prospek pengembangan bisnis yang baik.

Usaha kerajinan tangan sangat cocok untuk usaha sampingan karyawan karena dapat dilakukan disela-sela waktu luang sebagai karyawan. Kemudian setelah mendapatkan beberapa pelanggan anda bisa mencari karyawan yang anda ajarkan untuk kemudian membantu anda membuat kerajinan tangan tersebut dengan sistem gaji ataupun bagi hasil.

Anda bahkan dapat menjual hasil kerajinan tangan anda keluar negeri dengan menggunakan Etsy.com. Sebagai salah satu macam-macam usaha sampingan di rumah usaha kerajinan tangan juga termasuk usaha yang telah menghasilkan banyak sekali pengusaha sukses.

Andre misalnya berawal dari iseng-iseng membuat 10 buah kerajinan berupa bumerang saat ini telah sukses berbisnis kerajinan tangan dan dapat mempekerjakan 20 orang.

Terkait : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Handmade Dalam 4 Langkah

 

2. Usaha Sampingan Toko Online

ide bisnis sampingan, usaha sampingan karyawan
image credit : pexels.com

Jika anda adalah orang yang menyukai berjualan produk, bisnis sampingan toko online dapat menjadi ide bisnis sampingan karyawan pilihan anda.

Berjualan dengan toko online adalah ide bisnis sampingan untuk karyawan yang dapat dimulai dengan modal kecil. Anda juga bebas terikat dari tempat kerja dan bisa dijalankan dimanapun. Anda bisa mencari sendiri supplier dengan harga murah dihari-hari libur secara grosir untuk kemudian anda jual di toko online.

Saat ini membuka toko online sudah jauh lebih mudah dibandingkan dulu. Anda bisa memulai berjualan dengan bergabung di marketplace gratis seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan Carousell.

Anda juga bisa memanfaatkan social media anda yang mempunyai cukup banyak pengikut untuk menawarkan barang yang anda jual.

 

3. Usaha Sampingan Snack Kemasan

maicih, entrepreneur indonesia, usaha sampingan karyawan
image credit : maicih.co.id

Snack kemasan adalah salah satu produk makanan yang digemari di Indonesia. Tidak sedikit kisah sukses pengusaha muda Indonesia yang bermula dari bisnis snack kemasan seperti Maicih, Karuhun, dan Makaroni Ngehe.

Selain mempunyai peluang bagi anda yang mempunyai ide untuk cemilan yang menarik dan enak, usaha snack kemasan ini juga merupakan salah satu macam usaha sampingan yang dapat dimulai di rumah.

Anda dapat memproduksi snack yang akan anda jual pada malam hari dan kemudian memanfaatkan sistem reseller. Selain lebih menghemat waktu, sistem reseller juga membuka peluang bagi anda untuk membangun jaringan guna mengembangkan bisnis dengan lebih cepat.

 

4. Usaha Sampingan Menulis Buku/Ebook

Apakah anda mempunyai imajinasi dan dapat menulis? atau anda mempunyai pengetahuan mengenai hal-hal tertentu yang diperlukan orang dan dapat menuliskannya dengan menarik? Jika salah satu dari dua jawaban tersebut adalah ya maka anda dapat menulis buku atau membuat ebook sebagai bisnis sampingan anda.

Anda dapat menulis buku atau ebook fiksi dan mencoba menciptakan franchise buku baru seperti Harry Potter, Lord of The Ring, Hunger Game dan lainnya. Anda juga dapat menulis buku non-fiksi yang berisi informasi spesifik yang dituliskan secara menarik.

 

5. Usaha Sampingan Bubur Ayam

usaha kuliner yang menjanjikan dan unik, usaha sampingan karyawan, ide bisnis sampingan
usaha bubur ayam, usaha sampingan karyawan

Usaha bubur ayam adalah usaha yang dapat anda mulai dengan modal kecil bahkan cukup modal 1 juta saja untuk memulai usaha bubur ayam.

Selain hanya membutuhkan modal kecil, usaha bubur ayam juga dapat dimulai sebagai usaha sampingan untuk karyawan pabrik dengan menjual bubur hanya di pagi-pagi sebelum shift bekerja dimulai atau pada malam hari setelah shift bekerja selesai.

 

6. Usaha Sampingan Agen LAKU PANDAI

Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan semakin meningkatnya aktivitas keuangan masyarakat akses keuangan yang dapat dijangkau dengan mudah telah menjadi sebuah kebutuhan baik masyarakat kota maupun pelosok.

Hal ini terlihat dari seringnya kita mencari ATM untuk bertransaksi atau sekedar menarik uang. Namun tidak semua daerah sudah dijangkau dengan ATM dan tidak semua orang juga dapat menggunakan ATM. Masih banyak orang yang lebih suka bertransaksi dengan orang secara langsung.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut berbagai bank BUMN seperti BRI, BNI, Mandiri dan beberapa bank swasta lain telah meluncurkan program Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (LAKU PANDAI).

Sebagai seorang agen LAKU PANDAI anda akan melayani “nasabah” yang anda ajak untuk menabung, menarik uang, atau bertransaksi lainnya melalui anda. Sebagai agen dari bank yang menjadi mitra anda, anda kemudian akan mendapatkan komisi dari transaksi tersebut.

 

7. Usaha Sampingan Jasa Fotografi

usaha sampingan untuk karyawan, ide bisnis sampingan
image credit : stocksnap.io

Jika anda yang senang dalam mengabadikan dan menangkap momen-momen spesial atau menangkap keindahan suatu objek bisnis fotografi dapat menjadi usaha sampingan yang tepat bagi anda.

Usaha jasa fotografi dapat menjadi sebuah usaha sampingan karena anda dapat berspesialisasi di acara-acara yang dilakukan di hari libur atau mengatur jadwal foto dihari saat anda tidak bekerja.

Selain itu salah satu pasar yang paling besar dalam usaha fotografi yaitu fotografi pernikahan memang paling banyak dilakukan pada akhir pekan disaat karyawan pabrik libur.

 

8. Usaha Affiliate Marketing

Apa itu affiliate marketing? Bagi anda yang sudah mendengar tentang affiliate marketing pasti mengetahui bahwa affiliate marketing termasuk dalam usaha sampingan yang dapat dikerjakan dari rumah.

Affiliate marketing secara sederhana dapat didefinisikan sebagai suatu skema pembagian keuntungan untuk setiap penjualan yang berasal dari promosi pemasar/marketer  yang bersangkutan. Pembagian keuntungan yang diberikan oleh penjual atau pemilik produk berupa komisi yang dapat berupa nilai tetap atau persentase dari nilai transaksi pembeli.

Affiliate marketing dapat dijadikan bisnis sampingan dengan membuat website yang menghasilkan traffic yang tertarget dan mempunyai relevansi tinggi dengan produk yang anda promosikan. Setelah anda mempunyai website dengan jumlah traffic yang cukup dan mempunyai profil pengunjung yang tepat maka website anda akan menghasilkan uang dari hasil promosi yang anda lakukan melalui website tersebut.

 

9. Usaha Sampingan Katering

usaha sampingan untuk karyawan, ide bisnis sampingan
image credit : pexels.com /bagaimana cara memulai bisnis katering

Dengan semakin sibuknya kehidupan perkotaan dan mahalnya biaya makan diluar, jasa katering harian untuk karyawan saat ini semakin berkembang dan meningkat permintaannya.

Usaha katering juga merupakan usaha sampingan untuk karyawan pabrik karena anda bisa menyiapkan makanan pesanan pelanggan anda pada pagi-pagi hari sebelum berangkat kerja.

Selain tidak membutuhkan modal yang besar, usaha jasa katering harian juga mempunyai potensi yang besar dengan kemungkinan bagi anda untuk mengembangkannya menjadi katering acara. Untuk memulai peluang usaha rumahan yang satu ini anda hanya memerlukan dapur, keahlian memasak dan semangat kerja keras untuk memasarkan jasa katering anda.

 

10. Usaha Nasi Goreng

Nasi goreng termasuk makanan yang sangat laris di Indonesia. Makanan populer ini memang mempunyai rasa yang enak dan sesuai dengan selera lidah orang Indonesia. Nasi goreng juga populer sebagai makanan disaat malam. Karena nasi goreng cenderung lebih laris saat malam dibandingkan siang hari, usaha nasi goreng merupakan salah satu peluang usaha sampingan karyawan pabrik yang mempunyai shift pagi atau siang.

Selain faktor popularitas dan waktu tersebut, usaha nasi goreng juga cocok sebagai usaha sampingan karyawan pabrik karena modalnya yang kecil. Anda bisa memulai bisnis ini dengan modal dari 1-2 juta saja dengan memanfaatkan tempat di depan rumah anda atau membeli gerobak bekas untuk berjualan di malam hari.

 

11. Usaha Sampingan Desain Grafis

Jika kamu mempunyai jiwa seni dan kreativitas maka usaha sampingan yang cocok untuk karyawan pabrik seperti kamu adalah usaha desain grafis. Desain grafis saat ini semakin banyak permintaannya dan mudah mendapatkan pekerjaan karena semakin banyaknya situs-situs freelance untuk mendapatkan pekerjaan desain grafis seperti Upworks, Fiverr, Freelancer, Sribulancer, dan masih banyak lagi.

Jika anda belum memiliki keahlian desain grafis anda dapat mempelajarinya secara otodidak atau jika anda punya uang lebih bisa belajar kursus desain grafis yang mendapatkan sertifikat untuk memberikan nilai lebih kepada klien anda. Dengan memperoleh pekerjaan desain grafis secara online atau lepasan kamu bisa mengerjakannya di luar shift atau di hari libur.

 

12. Usaha Mitra Bukalapak

agen bukalapak
menjadi agen bukalapak adalah salah satu bisnis anak muda yang dapat kamu coba tanpa modal

Jika kamu mempunyai jiwa berdagang yang baik (tidak ragu menawarkan barang atau jasa ke orang lain) namun terkendala di masalah modal, usaha sampingan untuk karyawan pabrik yang bisa kamu jalankan adalah bisnis Mitra Bukalapak.

Mitra Bukalapak adalah program dari salah satu perusahaan eCommerce terkemuka di Indonesia untuk mereka yang ingin berbisnis tanpa modal. Dengan menjadi Mitra Bukalapak kamu dapat melayani pelanggan yang membutuhkan berbagai produk digital seperti:

  1. Pulsa dan paket data;
  2. Token dan Pascabayar PLN;
  3. Tiket Kereta dan Pesawat;
  4. Voucher Game;
  5. PDAM;
  6. BPJS Kesehatan;
  7. Investasi Emas (Bukaemas).

Untuk penjualan produk-produk digital tersebut kamu akan mendapatkan potongan harga langsung atau komisi hingga 4,5% dari nilai transaksi.

Selain itu kamu juga bisa memperoleh keuntungan sebesar 5% jika kamu mendapatkan transaksi pelanggan untuk membeli barang fisik seperti laptop, handphone, dan bahkan barang sehari-hari seperti popok dan susu anak dari Bukalapak.

Jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut kunjungi tautan berikut ini Mitra Bukalapak.

 

13. Bisnis Laundry Kiloan

Jika anda berlokasi ditempat yang banyak kos-kosan, apartemen masyarakat kelas menengah atau hotel, salah satu usaha sampingan yang dapat anda lakukan adalah bisnis laundry kiloan.

Bisnis laundry kiloan tergolong bisnis yang menguntungkan dan sederhana untuk dijalankan. Anda dapat menjalankan bisnis laundry sebagai usaha sampingan dengan memanfaatkan skema agen untuk mendapatkan komisi dari order laundry yang anda dapatkan. Kemudian setelah mengumpulkan modal lebih kamu dapat menyewa tempat khusus dan menggaji pegawai untuk untuk mendapatkan order laundry lebih banyak.

 

14. Budidaya Jamur

Permintaan akan jamur di Indonesia cukup tinggi karena semakin populer digunakan rumah tangga dan rumah makan untuk berbagai jenis masakan. Selain itu terdapat potensi pasar ekspor yang masih cukup besar untuk digarap dalam bidang bisnis budidaya jamur.

Jamur relatif lebih mudah dirawat dibandingkan ikan atau ternak lainnya sehingga cocok untuk dimulai sebagai suatu usaha sampingan. Untuk memulai bisnis ini kamu memerlukan ruangan untuk menaruh gelondongan kayu untuk bibit jamur dan membeli bibit jamur yang berkualitas.

Potensi dari bisnis jamur tergolong baik, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya pengusaha jamur yang menghasilkan puluhan juta rupiah perbulannya dari bisnis jamur. Mencapai angka tersebut tidaklah mudah, anda harus mengetahui berbagai seluk beluk budidaya jamu dengan baik serta menguasai aspek pemasaran bisnis agri yang baik.

 

15. Peer To Peer Lending

Usaha sampingan yang cocok untuk karyawan pabrik dengan shift yang panjang adalah usaha yang tidak membutuhkan waktu yang banyak untuk dijalankan namun memberikan imbal hasil yang baik.

Salah satu caranya adalah dengan menginvestasikan sebagian tabungan anda untuk memberikan pinjaman kepada bisnis-bisnis lain yang membutuhkan dana segar melalui Peer to Peer Lending.

Peer to Peer Lending adalah kegiatan meminjamkan uang kepada bisnis atau orang yang membutuhkan dana untuk menjalankan usaha mereka secara langsung melalui platform website, aplikasi atau platform tertentu.

Dengan meminjamkan secara langsung tersebut kamu dapat memperoleh imbal hasil yang besar, mulai dari 15% sampai 22% pertahun. Jauh lebih tinggi dari bunga deposito yang hanya sebesar 4-6% atau bahkan obligasi pemerintah yang sebesar 7-8%.

Salah satu platform P2P Lending yang sangat cocok untuk karyawana pabrik adalah Koinworks. Koinworks mempunyai sistem yang mudah dimengerti dan mempunyai modal awal yang sangat kecil. Anda bisa mencoba dengan modal mulai dari Rp. 100.000.

Dengan sistem investasi kelipatan Rp. 100.000 yang diterapkan Koinworks anda dapat menyebar dana pinjaman tanpa harus mempunyai modal yang besar sehingga uang anda akan lebih aman.

Selain itu keamana dari segi penyebaran risiko, Koinworks juga dilengkapi dengan dana proteksi yang menjamin modal anda jika terjadi gagal bayar (100% untuk kredit skor A, 80% untuk kredit skor B, 60% untuk kredit skor C).Jika anda ingin mempelajari lebih lanjut anda bisa mengunjungi website Koinworks.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here