Beranda Ide Bisnis 15 Usaha Kecil-Kecilan Yang Menjanjikan dan Menguntungkan

15 Usaha Kecil-Kecilan Yang Menjanjikan dan Menguntungkan

204
0
usaha kecil kecilan, bisnis agen jasa pengiriman
usaha kecil kecilan bisnis agen jasa pengiriman

Memulai usaha kecil kecilan merupakan salah satu solusi untuk kamu yang membutuhkan penghasilan tambahan dari pekerjaan utama.

Selain dapat memberikan penghasilan tambahan memulai usaha kecil kecilan juga merupakan cara merintis bisnis dengan risiko yang kecil.

Memulai usaha kecil kecilan mempunyai risiko yang relatif lebih kecil karena modalnya yang kecil berarti kalaupun bisnis gagal kerugiannya tidak akan mengakibatkan kebangkrutan keuangan pribadi kamu.

Jika kamu mencari inspirasi peluang usaha kecil kecilan kami telah mengumpulkan beberapa ide bisnis yang tepat. Berikut ini 15 contoh usaha kecil kecilan yang menjanjikan dan menguntungkan.

 

Usaha Kecil-Kecilan Bidang Jasa

1. Usaha Agen Pengiriman 

bisnis agen jasa pengiriman, usaha kecil kecilan
bisnis agen jasa pengiriman – usaha kecil kecilan

Bisnis agen logistik tengah berkembang pesat dengan bertumbuhnya aktivitas pengiriman dari bisnis toko online. Diprediksi pada tahun 2018 pertumbuhan jasa pengiriman ekspress mencapai 15%, jauh lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan ekonomi yang hanya 5%.

Dengan prospek pertumbuhan tersebut, bisnis agen pengiriman masih menjadi usaha kecil-kecilan yang menjanjikan. Bisnis agen pengiriman termasuk sebagai usaha kecil-kecilan karena untuk menjadi agen anda hanya memerlukan modal antara Rp. 5-7 juta rupiah untuk menjadi agen.

 

2. Usaha Les Privat

bisnis les privat, usaha kecil kecilan
image credit : pexels.com

Apakah kamu pintar dalam suatu mata pelajaran tertentu seperti matematika, fisika, kimia? atau kamu ahli bahasa asing? atau kamu pintar memainkan suatu alat musik?

Jika kamu mempunyai salah satu keahlian tersebut, salah satu usaha kecil-kecilan yang dapat kamu coba adalah usaha les privat. Bisnis yang satu ini bisa kamu mulai dengan modal dengkul.

Walaupun hanya modal dengkul, usaha les privat berpotensi memberikan penghasilan yang tidak sedikit. Misalnya untuk les matematika tingkat SMA kamu dapat mengenakan biaya mulai dari Rp. 150 ribu untuk setiap sesi selama 1-2 jam.

 

3. Usaha Web Design

bisnis web design, usaha kecil kecilan
image credit : pexels.com

Website merupakan media promosi yang sangat penting bagi bisnis. Saat ini kebanyakan orang mencari informasi tentang suatu perusahaan, penyedia produk atau jasa melalui mesin pencari dan website untuk membantu dalam mengambil keputusan.

Oleh karena itu jasa pembuatan website yang professional dengan harga terjangkau merupakan salah satu usaha kecil-kecilan yang menjanjikan.

Usaha kecil-kecilan ini dapat dimulai dari rumah atau disela-sela waktu pekerjaan utama kamu dengan memanfaatkan laptop dan jaringan internet.

Untuk mencari pekerjaan web design kamu dapat memasarkannya melalui promosi kepada teman, keluarga, dan kenalan kamu. Kamu juga bisa mencoba mencari pekerjaan dari situs-situs freelance seperti Freelancer, Sribulancer, Sribu.com, Fiverr dan banyak lagi.

Setelah mempunyai portofolio yang cukup kamu bisa membuat website yang memamerkan website hasil desain kamu untuk membantu kamu memasarkan jasa kamu.

 

4. Usaha Jasa Cuci Kasur

Kasur adalah barang yang terdapat disemua rumah. Walaupun setiap hari digunakan, kasur termasuk salah satu barang yang jarang dicuci rutin. Padahal kasur merupakan salah satu barang yang rawan kotor dan menjadi sumber alergi.

Untuk orang yang sensitif hal tersebut dapat mengakibatkan terganggunya kesehatan tubuh dan kemampuan untuk beraktivitas sehari-hari.

Memang untuk mencuci kasur dengan bersih membutuhkan usaha dan waktu yang tidak sedikit. Terlebih jika tidak mempunyai alat yang memudahkan proses pembersihan kasur.

Oleh karena itu jika kamu mempunyai modal 4-5 juta untuk membeli alat pembersih kasur salah satu usaha kecil-kecilan yang menjanjikan untuk kamu adalah usaha jasa cuci kasur.

 

5. Usaha Pembukuan UKM

Pembukuan usaha yang rapi dan benar merupakan pondasi penting bisnis yang sehat. Tanpa pembukuan, tidak mungkin untuk mengetahui data-data keuangan yang diperlukan untuk mengambil keputusan bisnis dengan hati-hati dan tepat.

Oleh karena itu adanya pembukuan usaha merupakan salah satu syarat yang sering diterapkan oleh Bank atau lembaga pembiayaan lainnya untuk usaha yang ingin memperoleh pinjaman atau kredit.

Walaupun pembukuan usaha penting untuk setiap bisnis dan UKM namun tidak semua UKM dapat mempekerjakan orang yang professional karena terkendala masalah biaya yang diperlukan untuk mempekerjakan seorang akuntan sendiri.

Solusi bagi masalah minimnya anggaran UKM namun pentingnya pembukuan usaha tersebut adalah jasa pembukuan UKM. Jasa pembukuan UKM memberikan layanan pembuatan pembukuan dan laporan keuangan secara profesional tanpa kepada bisnis-bisnis lain dengan alokasi waktu tertentu per bulan.

Usaha jasa pembukuan UKM tidak memerlukan modal yang besar dan termasuk sebagai usaha kecil-kecilan. Hal tersebut karena dalam usaha jasa pembukuan UKM, modal utama yang diperlukan adalah keahlian dalam akuntansi dan keahlian kamu untuk memasarkan jasa tersebut kepada pelaku usaha lainnya.

 

Usaha Kecil-Kecilan Bidang Bisnis Online

6.Bisnis Blogging

blogging, usaha kecil kecilan
blogging – usaha kecil kecilan

Apakah kamu orang yang suka menulis? Jika ya salah satu usaha kecil kecilan yang dapat kamu lakukan disela-sela waktu pekerjaan utama kamu adalah dengan membangun bisnis blogging kamu sendiri.

Membangun blog untuk menghasilkan uang bukan suatu hal yang mudah dan instan. Kamu tidak akan menjadi kaya dengan blogging dalam waktu singkat, terkadang dibutuhkan tahunan untuk bisa menghasilkan uang yang besar dari blogging.

Bisnis blogging dapat menghasilkan uang dari iklan, sponsored post, review, affiliate marketing, dan masih banyak lagi. Untuk blog yang sudah besar, bisnis blogging dapat menghasilkan puluhan juta rupiah untuk blog lokal dan puluhan ribu dollar US per bulannya untuk blog internasional.

 

7. Bisnis Dropship

Bisnis dropship salah satu usaha kecil kecilan di bidang bisnis online yang tidak membutuhkan modal besar namun memberikan keuntungan yang cukup lumayan.

Bisnis dropship dilakukan dengan membuat toko online, berjualan di online marketplace, atau bahkan social media dan menjual suatu barang atau produk yang dikirimkan langsung oleh supplier kepada pembeli kamu. Dengan skema tersebut kamu tidak memerlukan persediaan barang untuk memulai bisnis online.

Keuntungan dari bisnis dropship biasanya berkisar antara 5%-20%. Namun terdapat juga toko dropship yang menghasilkan keuntungan sampai 50% atau bahkan lebih dengan membuat toko online sendiri dengan tema yang unik dan menjual barang dari Aliexpress dengan skema dropship.

 

8. Bisnis Jasa Search Engine Optimization

Apakah anda mempunyai pengalaman dan pengetahuan tentang bagaimana cara membuat suatu website berada di peringkat atas Google, Bing dan search engine lainnya?

Jika ya maka salah satu usaha kecil kecilan bidang bisnis online yang dapat kamu coba adalah bisnis jasa seach engine optimization atau SEO.

Jasa SEO banyak dibutuhkan oleh bisnis yang ingin memperoleh pelanggan dan ditemukan oleh calon pembeli melalui mesin pencarian. Hal tersebut karena pengunjung yang dihasilkan dari mesin pencari bisanya mempunyai kualitas yang lebih baik karena mereka secara aktif mencari informasi yang terkait dengan kata kunci tertentu.

Jasa SEO dapat memberikan penghasilan yang menguntungkan dimana, rata-rata proyek SEO dapat memberikan penghasilan jutaan rupiah untuk satu proyek.

Bisnis jasa SEO tidak membutuhkan modal besar, yang kamu perlukan hanyalah laptop, sambungan internet dan pengetahuan kamu. Bagaimana jika kamu belum mengetahui bagaimana cara SEO yang baik? Kamu bisa belajar dari online course yang komprehensif tentang memulai bisnis Jasa SEO tanpa pengalaman hanya dengan harga USD  9,99-11,99 di Start and Run a Successful & Profitable Home SEO Business di Udemy.

 

9. Bisnis Toko Online

toko online, ecommerce, online store
toko online dan ecommerce

Bisnis toko online merupakan salah satu cara usaha kecil kecilan dan cara menghasilkan uang dari internet yang sudah diketahui oleh banyak orang dan sudah banyak sekali orang sukses dengan cara ini.

Contohnya, Yasa Singgih pendiri men’s republic, Yukka Harlanda pendiri Brodo, dan ribuan Top seller Tokopedia. Dari bisnis online mereka dapat memperoleh omzet ratusan juta rupiah.

Untuk memulai toko online dengan kecil kecilan kamu bisa membuka toko online di website marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee atau Lazada. Kamu juga bisa memulai dengan berjualan di social media dan whatsapp kepada teman-teman kamu.

Kemudian jika kamu sudah mempunyai penghasilan yang lumayan dari bisnis tersebut, kamu Anda juga bisa membuat website sendiri. Membuat website terpisah sendiri diperlukan dalam hal terjadinya hal-hal yang diluar kontrol anda seperti perubahan syarat dan ketentuan website, akun anda di ban atau menurunnya peringkat anda.

 

10. Bisnis Affiliate Marketing

Bisnis affiliate marketing termasuk sebagai usaha kecil-kecilan karena kamu dapat memulai bisnis affiliate dengan bahkan hanya dengan website gratisan dari blogspot, akun social media, atau mailing list .

Bisnis affiliate marketing mengharuskan kamu untuk mempromosikan suatu produk atau jasa kepada pengunjung website, pengikut social media, atau mailing list kamu dengan link unik yang akan memberikan komisi kepada kamu jika pengunjung link unik tersebut melakukan pembelian.

Bisnis affiliate marketing dapat dilakukan untuk hampir semua tema, bahkan kemungkinan besar kamu hanya perlu mempromosikan sesuatu yang sudah sering kamu gunakan sendiri.

Jika kamu masih asing dengan affiliate marketing kamu dapat mempelajarinya lebih lanjut di artikel kami ini.

 

Usaha Kecil-Kecilan Bidang Kuliner 

11. Usaha Snack

usaha snack, usaha kecil kecilan
usaha kecil kecilan – usaha snack

Usaha snack rumahan termasuk usaha kecil kecilan yang mempunyai potensi besar untuk dikembangkan menjadi bisnis yang serius.
Widayati, mantan karyawan di sebuah perusahaan swasta di Pontianak adalah contoh karyawan yang sukses menjadi pengusaha dengan usaha kecil kecilan ini.

Widayati memulai usaha snack rumahannya dengan modal Rp. 50 ribu dan menitipkan hasil produksinya ke Megamall Pontianak dan warung-warung lainnya. Hasilnya positif, bisnisnya berkembang dan sudah dapat menghasilkan lebih dari 50 juta sebulan.

Untuk memulai usaha kecil kecilan ini kamu membutuhkan dapur, perlengkapan memasak dan sebuah sealer plastik dengan harga Rp. 118 ribu.

 

12. Usaha Frozen Food

Saat ini semakin banyak orang yang sibuk dan tidak sempat memasak. Sehingga membeli dan memasak frozen food menjadi salah satu solusi yang cukup populer terutama di daerah perkotaan atau desa yang mempunyai tingkat kesejahteraan cukup baik sehingga banyak yang sudah memiliki kulkas dengan freezer.

Usaha frozen food dapat dimulai sebagai sebuah usaha kecil kecilan dengan menggunakan chest freezer murah dengan harga kurang dari 2 jutaan, bahan-bahan baku berkualitas, serta alat pengolah seperti mixer, cetakan dan lainnya.

Peluang bisnis frozen food juga dinilai masih potensial dengan dominasi pemain besar yang fokus kepada pasar menengah atas dengan harga relatif cuku mahal.

 

13. Bisnis Katering

Apakah kamu senang memasak dan sering dipuji masakan kamu enak? jika ya, salah satu usaha kecil kecilan yang menjanjikan untuk kamu tekuni adalah bisnis katering.

Dalam bisnis katering modal utama untuk dapat sukses adalah rasa masakan yang enak dan kualitas yang terjaga. Oleh karena itu jika masakan kamu enak kamu sudah mempunyai modal yang penting tersebut.

Untuk memulai bisnis katering sebagai usaha kecil kecilan kamu dapat memulai dengan dapur sendiri dan perlengkapan yang sudah ada. Kamu kemudian dapat memasarkan jasa katering kamu ke kos-kosan, apartemen, pabrik, kantor dengan brosur katalog dan website gratisan.

 

14. Bisnis Martabak

 

usaha kecil kecilan

Martabak termasuk salah satu usaha makanan yang paling laris dijual saat ini. Selain itu, bisnis martabak juga tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulainya. Kamu dapat memulai bisnis martabak dengan modal 5 jutaan saja.

Dengan modal 5 jutaan tersebut, bisnis martabak dapat dimulai sebagai usaha kecil kecilan dengan bekerjasama dengan toko-toko yang tutup pada malam hari sebagai tempat untuk berjualan. Selain itu bisnis martabak juga termasuk bisnis yang menguntungkan karena marginnya yang cukup tinggi di bisnis kuliner.

 

15. Usaha Bubur Ayam

Banyak orang yang mencari bubur ayam untuk sarapan, untuk makan malam ringan atau disaat sakit. Populernya bubur ayam membuka peluang usaha kecil kecilan yang dapat kamu coba jika di sekitar daerah kamu tidak terdapat bubur ayam yang terkenal enak.

Kamu dapat memulai usaha bubur ayam dengan modal yang sangat terjangkau, jika merintis dengan berjualan dari rumah di pagi hari dan malam hari kamu bahkan dapat memulai usaha bubur ayam dengan modal 1 jutaan saja. Tidak hanya dapat dimulai dengan modal kecil, bisnis bubur ayam juga sangat menguntungkan dimana margin kotor dari bisnis ini dapat mencapai 60% dari omzet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here