Beranda Ide Bisnis 20 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Paling Top

20 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Paling Top

817
0
BERBAGI
ide bisnis untuk mahasiswa, ide bisnis, bisnis kaos distro
ide bisnis untuk mahasiswa : bisnis kaos distro

Dalam artikel Bagaimana Memulai Bisnis Untuk Mahasiswa kami menunjukkan memulai bisnis saat anda mahasiswa memberikan berbagai macam keuntungan. Mulai dari waktu luang yang lebih banyak, waktu pembelajaran bisnis yang lebih panjang, sampai kesempatan yang lebih luas untuk mendapat pendanaan dari lomba wirausaha adalah salah satu dari keuntungan dalam memulai usaha saat masa kuliah.

Salah satu kendala klasik bagi yang ingin memulai bisnis adalah mencari ide bisnis yang tepat. Terlebih untuk mahasiswa yang mempunyai keterbatasan modal, pengalaman atau bahkan ruang untuk berbisnis. Untuk itu kami mengumpulkan 20 ide bisnis untuk mahasiswa yang dapat dimulai dengan mempertimbangkan batasan-batasan tersebut.

 

1. Menjadi Seorang Blogger/Publisher

ide bisnis, ide bisnis untuk mahasiswa
ide bisnis untuk mahasiswa : menjadi blogger

Ide bisnis untuk mahasiswa yang pertama adalah memulai blog. Anda bisa menghasilkan uang dari Google Adsense, program afiliasi (affiliate marketing), pay per click, iklan banner, promoted blog dan lainnya jika blog anda sudah mempunyai banyak pengunjung.

Untuk menghasilkan uang sebagai blogger atau publisher modal utamanya adalah waktu, konsistensi dan kualitas konten anda. Karena anda baru menghasilkan uang setelah blog anda mempunyai cukup banyak pengikut.

Dengan panjangnya waktu yang tersedia, tidak ada waktu yang lebih tepat untuk memulai blog seperti masa kuliah. Selain itu anda juga bisa menambah pengetahuan anda mengenai topik yang anda suka.

Sebagai tips, tentukan tema dari blog anda. Blog yang mempunyai tema spesifik mempunyai kemungkinan lebih tinggi untuk menghasilkan uang.

Modal :

Total Biaya : Rp. 3.280.000 untuk tahun pertama

 

2. Bisnis Jasa Penulisan

ide bisnis untuk mahasiswa, ide bisnis
ide bisnis untuk mahasiswa : jasa penulisan

Salah satu ide bisnis untuk mahasiswa yang tepat adalah membuka jasa penulisan. Sekarang ini banyak sekali proyek-proyek freelance menulis di internet. Anda bisa menemukan proyek freelance tersebut di Sribulancer.com, Upwork.com dan Freelancer.com.

Selain menghasilkan uang anda juga bisa melatih kemampuan menulis anda dengan memulai bisnis jasa menulis. Bayarannya bervariasi mulai dari $ 10/jam untuk pekerjaan di Upwork.com dan Rp. 50.000 di Sribulancer.com.

Selain itu dengan reputasi yang cemerlang jasa menulis freelance bisa memberikan uang yang tidak sedikit. Penulis yang mempunyai reputasi dapat mengenakan biaya lebih dari $ 100/jam.

Modal :

  • Rp. 2.500.000 untuk laptop bekas
  • Rp. 50.000/bulan untuk koneksi internet.

Total Biaya : Rp. 3.100.000 untuk tahun pertama

 

3. Bisnis Jasa Pengajar

Sebagai mahasiswa anda pasti mempunyai satu atau dua mata pelajaran yang benar-benar anda kuasai. Sedangkan tidak semua murid dapat menguasai mata pelajaran tersebut dengan mudah. Disinilah peranan anda untuk membantu mereka belajar sekaligus mendapatkan uang.

Untuk menjadi pengajar anda mempunyai beberapa pilihan. Anda bisa mengajar di pusat-pusat bimbingan belajar yang mempunyai jam tentu dengan bayaran tentu, atau menjadi guru privat jika anda mempunyai keahlian untuk memasarkan jasa anda. Anda juga bisa menawarkan jasa anda dengan mendaftar di situs guru privat seperti ruangguru.com.

Modal :

  • Pengetahuan dan skill mengajar
  • Waktu

Total Biaya : Rp. 0

 

4. Bisnis Jasa Kursus Online

ide bisnis untuk mahasiswa, kursus online

Jika anda merasa tidak cocok untuk mengajar materi akademik mungkin anda lebih cocok untuk mengajarkan hobi atau pengetahuan non akademik anda. Misalnya, anda handal dan menguasai teknik-teknik fotografi atau videografi. Anda bisa membuat materi mengenai belajar fotografi dan videografi dan mengupload video materi pengajaran tersebut di Udemy.com.

Dengan biaya kursus terendah $ 20/murid dan rata-rata kursus yang berhasil dapat menarik lebih dari 1000 murid maka untuk satu kursus tersebut anda bisa mendapat $ 20.000. Untuk kursus dengan tingkat kesulitan lanjut atau pedoman lengkap dan komprehensif biaya kursusnya bisa mencapai $ 200.

Modal :

  • laptop bekas yang cukup kuat untuk memproses video editing (intel i7 + ram 8 gb) perkiraan Rp. 4.500.000.
  • koneksi internet mulai dari Rp. 50.000/bulan.
  • Peralatan rekam dan pencahayaan. mulai dari Rp. 50.000 untuk microphone dan Rp 500.000 untuk camcorder.

Total Biaya : Rp. 5.650.000 untuk tahun pertama

 

5. Bisnis Jasa Manajemen dan Pemasaran Social Media

ide bisnis untuk mahasiswa, ide bisnis, social media manajer

Hobi bermain social media? pandai berinteraksi dengan follower atau friends anda? memahami bagaimana membuat konten yang menarik dan bagaimana memancing interaksi? Jika ya, ide bisnis untuk mahasiswa seperti anda adalah bisnis jasa manajemen dan pemasaran social media.

Tidak semua orang pandai mengatur dan berinteraksi dalam social media. Keahlian anda dapat membantu para pemilik bisnis tradisional yang tidak mengerti bagaimana memakai social media dengan efektif.

Tawarkan keahlian anda kepada pemilik bisnis lokal yang mempunyai banyak pelanggan tetapi belum mempunyai akun social media. Sebagai permulaan anda mungkin tidak dapat mengenakan bayaran tetap atas jasa anda, tetapi anda bisa menegosiasikan bayaran berbasis komisi. Dimana untuk setiap penjualan yang berasal dari akun social media yang anda atur anda berhak mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.

Modal :

Total Biaya: Rp. 1.780.000 untuk tahun pertama

 

6. Bisnis Retail Online atau Toko Online

online-marketplace

Memulai bisnis toko online saat ini sebagai pengecer/retailer tidaklah sulit dan tidak membutuhkan modal yang besar. Selain bisa dikerjakan pada waktu diluar kuliah, anda juga tidak memerlukan toko fisik untuk berjualan. Dengan demikian membuka toko online termasuk sebagai salah satu ide bisnis untuk mahasiswa yang tepat.

Anda dapat menjual produk-produk populer, atau produk lokal yang ada di daerah anda. Jika bingung memilih produk apa yang harus anda jual, anda dapat melihat berbagai produk di Amazon.com dan Alibaba.com sebagai referensi.

Sebagai tips carilah barang yang tidak mempunyai berat lebih dari 2 kg setiap unitnya dan tidak mempunyai dimensi yang terlalu besar (sehingga untuk pengiriman volumetrik tetap tidak lebih dari 2 kg).

Modal :

  • laptop bekas mulai dari Rp. 2.500.000.
  • koneksi internet mulai dari Rp. 50.000/bulan .
  • stok barang seperlunya ( 0 rupiah jika memulai menjadi Dropshipper)
  • Rp. 180.000 untuk domain dan hosting setahun (opsional, bisa mencoba membuat toko online gratis dari Wix, Weebly atau daftar di online marketplace)

Total Biaya : Rp. 3.100.000 untuk tahun pertama (minimum, dengan menjadi dropshipper)

Sebagai tambahan kita akan membahas mengenai bagaimana memulai menjadi dropshipper di artikel selanjutnya.

 

7. Bisnis Pembuatan Website

Dengan semakin terkoneksinya orang-orang dengan internet semakin besar juga pentingnya keberadaan website. Terlebih E-Commerce di Indonesia masih dalam tahap tingkat pertumbuhan super tinggi. Dimana diprediksi pada tahun 2020 transaksi Ecommerce di Indonesia dapat mencapai $ 150 miliar. Dengan tingkat pertumbuhan 50% setiap tahun dari tahun 2014-2020.

Tidak semua bisnis kecil dan menengah mempunyai budget yang cukup untuk membuat website dari jasa agensi terkenal. Jika anda adalah seorang mahasiswa teknologi informatika atau komputer maka bisnis pembuatan website ini adalah ide bisnis untuk mahasiswa yang tepat.

Untuk anda yang tidak mengerti bagaimana cara membuat website, anda bisa mempelajarinya dengan mempelajari dari kursus-kursus pembuatan website atau memanfaatkan resources gratis di Internet seperti W3schools.com. Jika anda membutuhkan instruksi lebih lanjut anda bisa mempelajarinya dari kursus di Udemy.com.

Dengan mempelajari dasar-dasar coding untuk website design seperti HTML, CSS, PHP serta platform CMS terutama WordPress anda sudah bisa membuat website yang cukup professional (walaupun tidak dengan fitur-fitur tercanggih).

Pembuatan website dapat memberikan keuntungan yang besar, mengingat biaya jasa untuk pembuatan website yang tergolong murah saja bisa lebih dari Rp. 1.500.000.

Modal :

  • Skill dan pengetahuan coding HTML, CSS dan PHP serta CMS (minimal WordPress)
  • Laptop workstation bekas Rp. 4 juta (intel i5 ram 4 gb) + mouse
  • Biaya koneksi internet mulai dari Rp. 50.000/bulan.

Total Biaya : Rp. 4.600.000 untuk tahun pertama

 

8. Bisnis Jasa Reparasi Handphone

Jumlah pengguna handphone di Indonesia saat ini berjumlah 281,9 juta (melebihi jumlah populasi). Dengan jumlah tersebut dapat diasumsikan jumlah pengguna handphone yang membutuhkan bantuan dalam memperbaiki handphonenya yang rusak tidaklah sedikit.

Apalagi mengingat walaupun jumlah pengguna handphone di Indonesia sebanyak itu tetapi mayoritas penggunanya tidak memiliki keahlian yang cukup untuk memperbaiki HP sendiri bahkan jika yang terjadi hanya kerusakan ringan pada software.

Rata-rata jasa service handphone mengenakan biaya sebesar Rp. 50.000 untuk biaya jasa, sedangkan untuk penggantian sparepart biasanya dikenakan lagi biaya dari harga sparepart.

Modal :

  • Skill dan pengetahuan software dan hardware berbagai tipe handphone
  • Peralatan reparasi handphone minimal 500.000 untuk peralatan dasar
  • Laptop untuk service software Rp. 2.500.000

Total Biaya : Rp. 3.000.000

 

9. Bisnis Jasa Fotografi dan Videografi

ide bisnis untuk mahasiswa, ide bisnis, bisnis fotografi, bisnis videografi
ide bisnis untuk mahasiswa : jasa fotografi dan videografi

a picture worth a thousand word dalam banyak hal kata-kata tersebut benar adanya. Gambar atau foto sangat membantu dalam menyampaikan maksud secara lebih baik. Video bahkan lebih baik lagi daripada sekedar gambar, hal ini terbukti dengan semakin populernya konten video untuk pemasaran website.

Dengan meningkatnya permintaan akan konten website yang baik berupa gambar/foto dan video maka jasa fotografi dan videografi juga semakin cerah peluangnya. Ide bisnis untuk mahasiswa ini dapat dijalankan diwaktu senggang anda seperti akhir pekan atau saat hari tidak ada kuliah.

Untuk memulai anda perlu membangun portofolio hasil karya anda dan menunjukkannya secara menarik di  blog atau website anda dan di channel Youtube anda. Memulailah membangun portofolio anda dengan menawarkan jasa secara gratis kepada keluarga atau teman anda dan mintalah umpan balik dari mereka.

Namun, anda juga perlu mempelajari terlebih dahulu teknik-teknik fotografi, videografi, dan editing yang cukup untuk bisa memberikan jasa professional. Anda bisa mendapatkan pengetahuan tersebut dari tutorial gratis di Internet, buku ataupun di kursus online.

Modal :

  • Laptop bekas yang cukup kuat untuk memproses foto & video editing (intel i7 + ram 8 gb) perkiraan Rp. 4.500.000.
  • Kamera DSLR used mulai dari Rp 4.000.000
  • Koneksi internet mulai dari Rp. 50.000 per bulan

Total Biaya : Rp. 9.100.000 untuk tahun pertama / Rp. 600.000 jika anda bisa mengajak teman anda yang mempunyai DSLR dan Laptop

 

10. Bisnis Kaos Distro

ide bisnis untuk mahasiswa, ide bisnis, bisnis kaos distro
ide bisnis untuk mahasiswa : bisnis kaos distro

Bisnis kaos distro adalah salah satu ide bisnis untuk mahasiswa yang sudah ada sejak lama. Walaupun sudah ada sejak lama bukan berarti bisnis ini tidak mempunyai prospek.

Jika anda bisa membuat desain kaos distro yang berkualitas anda bisa meraup keuntungan yang tidak sedikit dari bisnis ini. Dengan menggunakan sistem preorder (ada di Tokopedia) anda bisa memulai bisnis ini dengan bermodalkan laptop saja untuk mendesain kaos yang akan dibuat.

Jika anda kemudian sudah mempunyai modal yang cukup anda bisa mengembangkan bisnis anda menjadi usaha distro sungguhan atau mencoba mendesain kaos di situs-situs internasional seperti Teespring.com.

Modal :

  • Laptop bekas yang cukup kuat untuk program image editing dan vectoring seperti adobe photoshop dan adobe illustrator (intel i3 ram 4 gb) mulai dari Rp. 2.500.000.

Total Biaya : Rp. 2.500.000

 

11. Bisnis Perhiasan Handmade

ide bisnis untuk mahasiswa, ide bisnis, bisnis perhiasan handmade
image credit : etsy.com

Ide bisnis untuk mahasiswa yang ini cocok bagi anda yang terampil membuat suatu kerajinan tangan yang indah. Dengan bahan-bahan seperti manik-manik, anda tidak memerlukan keahlian membuat perhiasan kelas dunia yang menggunakan emas, perak dan bahan-bahan mewah lainnya.

Biaya untuk memulai sangatlah kecil, yang anda butuhkan adalah bahan-bahan yang sesuai dengan ide perhiasan yang mau anda buat. Untuk penjualan anda bisa memasarkan di online marketplace atau instagram secara gratis.

 

12. Bisnis Katering

ide bisnis untuk mahasiswa, ide bisnis
image credit : mxmhouse.exblog.jp

Dengan semakin sibuknya dan sempitnya waktu beraktifitas maka kebutuhan akan makanan secara praktis juga meningkat. Jangan membayangkan bisnis katering itu hanya katering untuk acara-acara  saja.

Anda juga bisa membuka bisnis katering yang memberikan jasa menyiapkan makanan sehari-hari seperti sarapan atau bekal. Bisnis ini populer untuk makanan untuk diet tetapi bukan berarti diluar makanan diet anda tidak bisa melakukannya.

Untuk memulai bisnis ini anda bisa memasarkannya ke lingkungan sekitar anda. Jika sudah memiliki cukup pelanggan anda bisa merekrut orang lain sebagai tukang masak dan mengembangkannya dengan meningkatkan jumlah pelanggan.

 

13. Menjadi Agen Properti

Jika anda adalah seorang yang mempunyai kemauan keras dan ingin belajar marketing maka salah satu ide bisnis untuk mahasiswa yang cocok adalah menjadi agen properti. Selain dapat memberikan penghasilan yang tidak sedikit, anda akan belajar mengenai bagaimana cara networking dan marketing dengan baik.

Selain itu pengalaman marketing dari menjadi agen properti dapat menjadi modal bagi anda dalam peluang bisnis lainnya. Tantangan utamanya adalah agen properti baru mendapatkan bayaran pada saat berhasil menyelesaikan transaksi. Hal tersebut berarti anda harus siap mental dan tidak bisa berharap cepat mendapatkan penghasilan jika baru saja memulai.

Modal :

  • Motor untuk transportasi – asumsi motor bekas Rp. 4.000.000
  • Training agen Rp 1.000.000 (untuk Ray White, ada juga yang gratis)

Total Biaya : Rp. 5.000.000

 

14. Bisnis Jasa Search Engine Optimization

seo

Anda sudah tau tentang Search Engine Optimization atau “SEO” ?

Bagi yang belum tau SEO adalah aktifitas untuk meningkatkan Search Engine Rangking Page (“SERP”) dari suatu website atau konten. Untuk meningkatkan SERP seseorang SEO Expert harus memahami prinsip-prinsip SEO dan perkembangan SEO. Karena SEO bukanlah suatu ilmu yang statis, SEO selalu berubah dengan update-update kebijakan dan formula penentu SERP yang ditentukan oleh mesin pencari seperti Google.

Untuk memulai bisnis ini yang diperlukan adalah pengalaman anda dalam melakukan SEO dan hasil yang diperlihatkan oleh SEO yang anda lakukan. Untuk sarana berlatih anda bisa mencoba membuat blog dengan tema tertentu secara gratis dengan menggunakan blogspot. Setelah berhasil meningkatkan rangking blog anda menjadi halaman 1 di Google barulah anda bisa menawarkan jasa anda sebagai SEO Expert.

Modal :

  • Laptop dengan asumsi harga Rp. 3.000.000
  • Koneksi internet perbulan Rp. 50.000.

Total Biaya : Rp. 3.600.000

 

15. Bisnis Jasa Desain Grafis

Menguasi adobe photoshop dan illustrator? mempunyai kreativitas? jika jawaban anda ya untuk keduanya, ide bisnis untuk mahasiswa yang ini sangat tepat bagi anda.

Pembuatan logo, promosi kreatif, desain spanduk, banner, mock up desain, hanyalah salah satu dari jenis proyek yang bisa anda lakukan dalam bisnis jasa desain grafis. Keuntungan yang dapat diperoleh dari bisnis ini cukup banyak, untuk satu desain logo dengan harga murah dapat dikenakan biaya Rp. 100.000.

Tidak sedikit mahasiswa yang kemudian menjadi desainer grafis paruh waktu saat kuliah yang kemudian setelah lulus dapat membuat agensi kreatifnya sendiri.

Seperti bisnis jasa desain website dan SEO, untuk memulai bisnis ini anda perlu membangun portofolio anda terlebih dahulu. Anda bisa membuat konsep desain anda sendiri sebagai prototype atau menawarkan jasa anda secara gratis kepada pemilik bisnis lokal dengan bayaran anda boleh menaruh nomor kontak anda di desain yang anda buat.

Modal :

  • Laptop dengan asumsi harga Rp. 3.000.000
  • Koneksi internet perbulan Rp. 50.000.

Total Biaya : Rp. 3.600.000

 

16. Bisnis Jasa Editing dan Proofreading

Bisnis jasa editing dan proofreading adalah salah satu ide bisnis untuk mahasiswa yang mempunyai ketekunan dan ketelitian.

Selain dapat dimulai dengan modal minimal dan bahkan tanpa modal anda bisa mengambil pekerjaan editing dan proofreading secara jarak jauh. Anda dapat mencari berbagai pekerjaan editing dan proofreading dari situs-situs freelancer seperti Sribulancer.com, Fiverr.com, Elance.com, Freelancer.com dan Upwork.com.

Modal :

  • Laptop dengan asumsi harga Rp. 3.000.000 (opsional)
  • Koneksi internet perbulan Rp. 50.000. (opsional)

Total Biaya : Rp 0 – Rp. 3.600.000

 

17. Membuat Aplikasi Smartphone

ide bisnis untuk mahasiswa, ide bisnis, bisnis aplikasi mobile

Dengan semakin tingginya pemakaian smartphone maka kebutuhan akan aplikasi smartphone juga semakin meningkat. Tercatat saat ini terdapat lebih dari 2 miliar pengguna smartphone diseluruh dunia. Sedangkan total pendapatan global dari bisnis aplikasi di estimasi mencapai $ 46 miliar pada tahun 2016.

Perlu dicatat bahwa tidak semua aplikasi bisa menghasilkan uang banyak. Hanya aplikasi-aplikasi yang mempunyai ide bagus dan dieksekusi secara bagus yang dapat menghasilkan uang. Jika ide anda brillian dan beruntung bukannya tidak mungkin nantinya aplikasi anda akan dibeli oleh perusahaan raksasa teknologi dengan nilai miliaran dolar seperti akuisisi Whatsapp oleh Facebook yang bernilai $ 18 miliar.

Untuk memulai membuat aplikasi smartphone anda harus mempelajari berbagai bahasa pemprograman Java dan Android SDK (untuk apps android) serta Swift (untuk applikasi iOS). Anda bisa mencari arahan lebih lanjut di situs-situs di Internet seperti Codeacademy, Udemy.com dan lain-lain.

 

Modal :

  • Laptop dengan asumsi harga Rp. 4.000.000 (opsional)
  • Koneksi internet perbulan Rp. 50.000. (opsional)

Total Biaya : Rp. 4.600.000

 

18. Bisnis Jasa Virtual Assistant

Apa itu Virtual Assistant? Sebagaimana dilansir dari Entrepreneur.com

Virtual assistant adalah entrepreneur independen yang bekerja dari jarak jauh dan menggunakan teknologi untuk memberikan pelayanan kepada klien secara global.

Virtual assistant biasanya memberikan pelayanan seperti administrasi, support IT, translation, editing dan proofreading kepada klien mereka. Namun ada juga Virtual Assistant yang memberikan pelayanan asistensi lain seperti marketing, customer support, berbagai riset dan pengaturan pembayaran.

Modal :

  • Laptop dengan asumsi harga Rp. 3.000.000
  • Smartphone dengan asumsi harga Rp. 1.000.000
  • Koneksi internet perbulan Rp. 50.000.

Total Biaya : Rp. 4.600.000

 

19. Bisnis Hadiah Kustom/Personal

ide bisnis untuk mahasiswa, ide bisnis, bisnis hadiah
image credit : etsy.com

Pernahkah anda bingung mencari ide hadiah yang cocok? banyak orang yang merasa kesulitan mencari ide hadiah yang cocok untuk diberikan. Selain itu mencari hadiah juga bisa memakan waktu yang tidak sedikit.

Sebagai solusinya anda bisa menawarkan jasa membuat hadiah kustom atau personal bagi klien anda. Anda akan membutuhkan kreatifitas dalam bisnis ini. Mulailah dengan memfokuskan pada jenis hadiah tertentu, misalnya boneka untuk wisuda, boneka untuk hadiah kelahiran dan lain-lain.

Bisnis ini adalah ide bisnis untuk mahasiswa yang dapat dimulai tanpa modal, dimana dalam jasa ini anda bisa meminta down payment terlebih dahulu untuk modal membeli bahan yang untuk membuat hadiah tersebut.

 

20. Bisnis Membuat Channel Youtube

ide bisnis untuk mahasiswa, ide bisnis, bisnis channel youtube

Sudah bukan rahasia lagi jika Youtuber yang sukses bisa mendapatkan pundi-pundi uang yang tidak sedikit. Dengan skema biaya iklan 60% untuk anda dan 40% untuk Google jika video anda bisa mendapatkan uang dengan jumlah yang serius.

Untuk memulai anda bisa membuat video amatir yang membahas hal-hal kontroversional atau viral. Dengan membahas kedua hal tersebut dan memanfaatkan social media maka sangat mungkin bagi anda untuk meraih penonton secara cepat.

Untuk memulai bisnis ini setidak-tidaknya anda harus menguasai teknik-teknik dasar video editing.

Modal :

  • Laptop dengan asumsi harga Rp. 3.000.000
  • Smartphone dengan asumsi harga Rp. 1.000.000
  • Koneksi internet perbulan Rp. 50.000.

Total Biaya : Rp. 4.600.000

 

Penutup

Memulai suatu bisnis tidaklah selalu memerlukan uang banyak atau memiliki pengalaman yang luas. Komponen paling penting dalam memulai bisnis adalah kemauan yang keras dan tindakan yang konsisten dari hari ke hari untuk memulai bisnis anda.

Jika anda ingin berdiskusi anda bisa menghubungi kami melalui bagian komentar di artikel ini atau melalui akun-akun social media IDNtrepreneur.


Artikel Terkait :

  1. 7 Kelebihan Memulai Bisnis Saat Masih Mahasiswa
  2. Bagaimana Cara Memulai Usaha Untuk Mahasiswa
  3. 9 Cara Mendapatkan Modal Usaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here