Beranda Entrepreneur 10 Pengusaha Paling Berpengaruh Di Dunia

10 Pengusaha Paling Berpengaruh Di Dunia

415
1
jack ma, 10 entrepreneur paling berpengaruh, entrepreneur

Apa yang membuat seseorang dapat disebut sebagai pengusaha / entrepreneur? Mengutip dari wikipedia.com. Pengusaha atau entrepreneur adalah mereka yang memulai dan mengatur suatu perusahaan, khususnya bisnis dengan inisiatif dan risiko yang besar.

Mereka, alih-alih bekerja sebagai karyawan, menjalankan suatu bisnis dan mengambil alih semua risiko dan hadiah dari suatu usaha, ide, atau jasa bisnis. Pengusaha atau Entrepreneur biasanya dipandang sebagai pemimpin bisnis dan inovator yang melakukan perubahan-perubahan terhadap status quo.

Dari inovasi entrepreneur itulah lahir suatu creative dectruction. Creative Destruction adalah proses revolusi terhadap struktur ekonomi dari dalam, yang menghancurkan tatanan ekonomi lama dan menggantikannya dengan yang baru.

Proses Creative Dectruction tidak hanya merubah tatanan ekonomi, tetapi juga social dan bahkan politik. Contohnya, Facebook yang punya peranan penting terjadinya gelombang revolusi di Afrika dan Timur Tengah awal tahun 2011. Dimana pada gelombang revolusi yang populer disebut Arab Spring tersebut Facebook disebut-sebut sebagai sarana komunikasi para revolusioner.

Selain itu bagaimana smartphone telah merubah perilaku manusia sehari-hari dalam berinteraksi, mencari informasi dan membagikan informasi.

Dari hal itu dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa perusahaan atau produk yang dihasilkan dari entrepreneur memberikan dampak yang luar biasa pada tatanan nasional bahkan global.

Entrepreneur yang terhebat adalah mereka yang memberikan dampak luar biasa. Dan banyak sekali hal yang dapat dipelajari dari mereka yang terbaik dibidangnya.

Pertanyaannya, siapa saja pengusaha paling berpengaruh didunia? Untuk itu kami mengumpulkan daftar 10 pengusaha paling berpengaruh. Daftar ini tidak memberikan rangking atau urutan tertentu karena pencapaian dan industri mereka bervariasi.

 

#1 William Henry “Bill” Gates III

bill gates, 10 entrepreneur paling berpengaruh, entrepreneur paling berpengaruh

Lahir : 28 Oktober 1955 (umur 62)

Kekayaan : US$88 miliar

Industri : Informasi Teknologi, Ilmu Komputer, Software

Pengaruh : Mengubah penggunaan komputer dan produktifitas kerja (melalui Microsoft). Gerakan filantropi miliuner global (melalai Bill & Melinda Gates Foundation).

 

Alasan masuk dalam daftar pengusaha paling berpengaruh di dunia

Bill Gates pada saat tulisan ini dibuat adalah orang paling kaya di dunia dengan kekayaan mencapai US$ 90 miliar. Dengan pencapaiannya membesarkan Microsoft dan kontribusinya terhadap ilmu komputer, Bill Gates layak masuk dalam daftar entrepreneur paling berpengaruh.

Bill mulai berkutat dengan komputer dan membuat program komputer pada usia 13 tahun. Pada tahun 1975, diusianya yang ke 20 Bill meninggalkan kuliahnya di Harvard University untuk membangun bisnis software komputer bersama Paul Allen. Mereka kemudian menarik minat Direktur MIT  dengan mengatakan mereka telah menciptakan sebuah emulator pada komputer mikro untuk mensimulasikan komputer untuk menunjukkan kepada Ed Roberts (MIT).

Mereka menerima kesepakatan dari MIT dan mulai bekerja pada bisnis baru mereka pada tahun 1975 dengan nama perusahaan “Micro-Soft”. Pada tahun 1976 mereka berubah menjadi Microsoft.

Sepanjang tahun Bill dan Allen membuat beberapa kemajuan yang luar biasa dalam teknologi komputer dan bermitra dengan beberapa perusahaan besar untuk mendapatkan modal yang mereka butuhkan untuk memulai pembuatan produk dan software mereka sendiri.

IBM mendekati Microsoft pada tahun 1980 meminta mereka untuk mengembangkan kode untuk BASIC (bahasa programming) komputer mereka IBM PC. Dari kemitraan tersebut MS DOS diciptakan dan ini membuat Microsoft pemain yang sangat besar dalam industri komputer.

Pada tahun 1985 satu dekade setelah mulai bisnis mereka Mereka meluncurkan versi yang pertama dari MS Windows. Seperti kita ketahui Microsoft menjadi standar dalam teknologi komputer dan sekarang telah menjadi yang terbesar informasi komputer dan teknologi bisnis di dunia.

Pada tahun 2015, Bill Gates berada diurutan nomor 6 orang paling berkuasa di dunia sedangkan untuk kategori entrepreneur dia berada di peringkat 1.

 

Pelajaran Yang Bisa Diambil

  • Kerja Keras :Banyak orang melihat kesuksesan Bill Gates karena kejeniusan dan pandangan visioner Bill Gates. Namun tidak semua orang mengetahui Bill Gates menghabiskan hampir semua waktu luangnya dari usia 13 tahun untuk memprogram komputer.Pada tahun dimulainya Microsoft, Bill Gates telah menghabiskan 7 tahun dalam membuat program komputer. Dia juga tetap dikenal sebagai seorang pekerja keras saat perannya berubah menjadi seorang eksekutif perusahaan.
  • Strategi Perusahaan : Selain itu Bill Gates sebenarnya merupakan seorang eksekutif perusahaan yang hebat. Salah satu strateginya yang membuat Microsoft besar adalah memperluas penawaran produk Microsoft dengan memanfaatkan posisi dominan sebagai sistem operasi paling banyak digunakan.
  • Berani Mengambil Risiko : Pada waktu itu bisnis komputer belumlah seperti sekarang, bisnis komputer hanya terbatas kepada kalangan tertentu saja. Nilainya juga tidak besar, Bill Gates berani keluar dari kuliah untuk memulai bisnisnya karena melihat lompatan teknologi komputer yang dapat terjadi.

 

#2 Larry Page

Larry Page
By Stansfield PLWikimedia Commons, CC BY-SA 3.0,

Lahir : 26 Maret 1973 (umur 44)

Kekayaan : US$46,6 miliar (2017)

Industri : Informasi Teknologi, Ilmu Komputer, Internet

Pengaruh : Merevolusi teknologi search engine internet, periklanan dan media

 

 

Alasan masuk dalam daftar pengusaha paling berpengaruh di dunia

Larry Page adalah salah satu dari pendiri Google, perusahaan search engine yang paling populer di dunia. Google sebagai search engine menguasai lebih dari 65% pangsa pasar pencarian internet. Dengan dominannya posisi Google sebagai search engine tidak heran Google mempunyai pengaruh besar terhadap peredaran informasi di Internet. Selain itu Google juga merupakan salah satu pemimpin dari pengembangan sistem operasi smartphone terpopuler yaitu Android.

Larry adalah seorang mahasiswa Phd di Stanford University pada saat dirinya bertemu dengan Sergey Brin yang menjadi Co-founder Google. Sebagai proyek peneliatian, Page dan Brin menciptakan search engine yang membuat daftar hasil pencarian berdasarkan popularitas dari suatu halaman. Mereke menemukan bahwa hasil yang paling populer umumnya paling berguna.

Mereka kemudian menamakannya search engine tersebut sebagai “Google” dari istilah matematika “googol” yang mewakili angka 1 diikuti 100 angka nol mencerminkan misi mereka untuk mengorganisasi jumlah informasi yang luar biasa banyak di internet. Google mendapat investastor pertama dari Andy Bechtolsheim, salah satu pendiri Sun Microsystem dengan jumlah $100,000.

Pada titik itulah “Web Crawler” yang menelusuri halaman-halaman website mulai menelusuri internet. Untuk menilai tingkat  relevansi suatu halaman website dengan pencarian mereka mengembangkan algoritma kompleks yang dinamakan PageRank. Dengan hasil pencarian yang berkualitas, Google kemudian dengan cepat menyebar dan menjadi populer.

Pada tahun 1999 hanya dalam 3 tahun setelah memulai, Google mendapat investasi sebesar $25 juta dari Kliener Perkins dan Sequoia Capital. Tahun berikutnya, Google mulai menjual iklan yang relevan dengan pencarian tanpa mengganggu hasil pencarian dengan memisahkan hasil pencarian dan iklan. Pada tahun itu juga Google mendapatkan keuntungan lebih dari $ 100 juta dan meningkat menjadi $960 juta hanya dalam 2 tahun. Kemudian, maju ke tahun 2015 Google menjadi salah satu perusahaan raksasa dengan nilai perusahaan $543 miliar.

Selain mendirikan Google yang merupakan raksasa informasi teknologi dan media internet, Larry Page juga berperan penting dalam upaya pengembangan teknologi masa depan seperti rekayasa genetik dan artificial intellegence. Dengan pengaruh dan kekayaannya Larry Page layak masuk dalam daftar entrepreneur paling berpengaruh.

Pada tahun 2015, Larry Page berada diurutan nomor 10 orang paling berkuasa di dunia sekaligus nomor 2 untuk kategori entrepreneur.

 

Pelajaran Yang Bisa Diambil

  • Fokus kegunaan yang dinikmati pengguna: Larry Page dan Brin membuat “Web Crawler” dan “Pagerank” untuk memberikan hasil yang paling berguna bagi pertanyaan terkait, dengan berfokus kepada hal tersebut mereka bisa menemukan formula yang sempurna untuk search engine. Walaupun pada saat itu sudah terdapat beberapa search engine lain, Google bisa mengalahkan mereka semua karena kegunaan yang diberikan sangatlah jauh berbeda.
  • Pekerjakan Orang Yang Tepat : Larry page tidak menyukai manajemen tradisional. Dia lebih tertarik untuk mempekerjakan orang yang fantastis yang hanya secara alami melakukan hal yang benar bagi perusahaan. Untuk waktu yang lama Page bersikeras untuk terlibat dalam hampir setiap keputusan perekrutan. Hasilnya? mayoritas orang-orang yang direkrut Page dipromosikan menjadi orang yang penting di Google.

 

#3 Sergey Brin

sergey brin, entrepreneur paling berpengaruh, entrepreneur

Lahir : 21 Agustus 1973 (umur 44) 

Kekayaan : US$45,5 miliar (2017)

Industri : Informasi Teknologi, Ilmu Komputer, Internet

Pengaruh : Merevolusi teknologi search engine internet, periklanan dan media

 

 

Alasan masuk dalam daftar pengusaha paling berpengaruh di dunia

Seperti yang Anda akan sudah tahu (setidaknya jika anda membaca tentang Larry Page, di atas) Sergey Brin adalah salah satu co-pendiri Google Inc.

Brin aslinya berasal dari Rusia dan berimigrasi ke Amerika Serikat bersama keluarganya pada usia 6 tahun. Dia lulus dari Universitas Maryland dengan gelar dalam matematika dan ilmu komputer, ia kemudian meninggalkan dan mulai mengambil Phd Ilmu Komputer di Stanford University, topik yang menarik bagi Sergey untuk dieksplorasi lebih lanjut. di Stanford University Sergey bertemu Larry Page, mahasiswa lain dari ilmu komputer.

Pada bulan September 2016, Brin menduduki peringkat No 12 terkaya pada daftar milliuner Bloomberg, dan nomor 6 terkaya dari sektor teknologi. Saat ini Sergey Brin memimpin divisi khusus dari Alphabet Inc, bernama X (dahulu Google X) yang mempunyai berbagai proyek rahasia seperti  self driving car, smart conctact lens, dan turbin angin diudara.

 

Pelajaran Yang Bisa Diambil

  • Co-founder Harus Saling Melengkapi : Sergey Brin terkenal sebagai ahli matematika dan teknologi di Google. Sementara Larry Page adalah seorang visioner yang menentukan arah perusahaannya di masa depan. Kedua Co-Founder Google melengkapi satu sama lain.
  • Terus berinovasi dan bekerja: Brin selalu tertarik untuk mengembangkan teknologi baru. Hal tersebut dicerminkan pada posisinya sebagai pemimpin X, walaupun dirinya sudah kaya tetapi dia tidak berhenti bekerja.

 

#4 Steve Jobs

steve jobs, 10 entrepreneur paling berpengaruh, entrepreneur

Lahir : 24 Februari 1955 (meninggal pada umur 56) 

Kekayaan : US$10,2 miliar (2011)

Industri : Informasi Teknologi, Ilmu Komputer, Software.

Pengaruh : Menghasilkan produk-produk yang inovatif dan mengubah industri media

 

 

Alasan masuk dalam daftar pengusaha paling berpengaruh di dunia

Steve Jobs adalah seorang entrepreneur sejati, dari tangannya banyak sekali produk-produk luar biasa yang dihasilkan. Ipod, Iphone, Itunes, Mac, dan Ipad adalah contoh dari inovasi yang dihasilkan Steve Jobs. Selain itu Steve Jobs juga merupakan salah satu pembesar industri film animasi dengan mendirikan Pixar Studio. Melalui Itunes, Steve Jobs juga telah merubah industri musik dengan membuat jalan distribusi musik digital secara resmi.

Steve Jobs adalah salah satu pendiri Apple Computer yang didirikan pada tahun 1976 bersama dengan temannya Steve Wozniak. Mereka memulai Apple Computer di garasi keluarga Jobs, dibiayai dengan hasil penjualan Volkwagen Jobs dan kalkulator ilmiah Steve.Hanya dalam 4 tahun, Apple Computer berkembang besar dan menjadi perusahaan terbuka. 3 tahun setelahnya yaitu pada tahun 1983, Jobs memperkenalkan komputer Macintosh versi pertama.

Perjalanan Jobs tidaklah selalu berjalan mulus, pada tahun 1985 dirinya terdepak dari dewan Direksi Apple Computer setelah konflik internal perusahaan. Dikeluarkan dari perusahaan yang didirikannya tidak membuat Jobs patah semangat. Dia kemudian membentuk perusahaan komputer lain yang dinamakan NeXT dan pada tahun 1986 ia membeli “The Graphics Group” yang kemudian diberi nama Pixar Animation.

Pada tahun 1996 Apple Computer memutuskan untuk membeli NeXT untuk sekitar $ 429.000.000, membawa Steve Jobs kembali ke Apple sebagai CEO interim perusahaan. Pada tahun 2000 Apple mengumumkan secara terbuka bahwa Steve Jobs adalah menjadi CEO permanen perusahaan. Pada tahun 2007 Apple mengubah nama menjadi Apple Inc. Pada periode itulah Steve Jobs melahirkan banyak produk-produk inovatif seperti Iphone, Ipod, Itunes dan Ipad.

 

Pelajaran Yang Bisa Diambil

  • Jangan kalahkan kompetitor, definisikan ulang industri : Dua dari terobosan terbaik Apple yaitu Ipod dan Itunes yang menyelamatkan Apple dari kebangkrutan sangat berbeda dari kompetitor pembuat mesin pemutar musik lain. Jobs fokus kepada bagaimana mengatur musik dengan baik dalam suatu pemutar musik. Selain itu bertentangan dengan tren membuat pemutar musik yang lebih kecil, Jobs memulai lini Ipod dalam ukuran yang besar untuk penyimpanan lebih besar. Begitu juga dengan Iphone yang tidak mempunyai keyboard fisik, pada saat itu pemimpin pasar smartphone mempunyai keyboard fisik.
  • Kegigihan : Adalah penting untuk menyadari bahwa keberhasilan dalam hidup bukanlah tujuan, tapi sebuah proses melelahkan, dan dipenuhi dengan hambatan. Steve Jobs mengalaminya dengan dikeluarkan dari perusahaan yang didirikannya, namun hal tersebut justru mendorongnya untuk terus berkarya dan menjadi lebih baik.

 

#5 Mark Zuckerberg

mark zuckerberg, 10 entrepreneur paling berpengaruh, entrepreneur

Lahir : 14 Maret 1984 (umur 33) 

Kekayaan : US$72,4 miliar (2017)

Industri : Informasi Teknologi, Social Media

Pengaruh : Mengubah cara orang berbagi dan menyebarkan informasi

 

Alasan masuk dalam daftar pengusaha paling berpengaruh di dunia

Mark Zuckerberg adalah entrepreneur yang terkenal di seluruh dunia. Mark Zuckerberg adalah pendiri “Facebook”, situs jejaring sosial yang paling banyak digunakan. Zuckerberg saat ini masih menjabat sebagai CEO dari Facebook Inc. Situsnya telah membuatnya sangat populer sehingga kisahnya di buat film Hollywood berjudul ‘The Social Network’, yang dibintangi Jesse Eisenberg.

Pada usia yang sangat muda, dia diajarkan bagaimana menulis program komputer oleh ayahnya, dan David Newman. Di sekolah tinggi, ia mengembangkan pemutar musik, ‘Synapse’, dan saat dia masih mahasiswa di ‘Harvard University’, ia meluncurkan website-nya ‘Facebook’, bersama dengan rekan kuliah Chris Hughes, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, dan Dustin Moskovitz.

Meskipun ia awalnya dituduh oleh beberapa mahasiswa senior, telah mencuri ide mereka, popularitas situs nya tidak terpengaruh. ‘Facebook’ melihat peningkatan yang stabil dalam jumlah pengguna aktif per bulan. Pendiri terus menambah platform dengan layanan seperti ‘wirehog’, ‘Beacon’ dan ‘Connect’. website dimulai sebagai platform jaringan hanya untuk ‘Harvard University’, dan kemudian dibuka untuk perguruan tinggi lainnya. Tidak lama kemudian Facebook juga dibuka untuk masyarakat umum.

Saat ini Facebook telah menjadi sebuah perusahaan publik yang bernilai sangat tinggi. Nilai pasar Facebook pada September 2016 mencapai lebih dari US$ 360 miliar. Selain itu Facebook juga melakukan berbagai akuisisi high profile dan bernilai tinggi untuk startup teknologi. Contohnya, Whatsapp penyedia layanan messanger, Instagram yang merupakan aplikasi berbagi foto dan Oculus Rift, perusahaan pembuat alat Virtual Reality.

Mark Zuckerberg mempunyai visi masa depan yang radikal, dengan Virtual Reality dan Artificial Intellegence sebagai masa depan. Dirinya aktif mengembangkan kedua teknologi tersebut dan bermaksud untuk mengadopsi kedua teknologi tersebut untuk mengubah cara manusia berinterksi dan terhubung.

Zuckerberg termasuk sebagai orang paling berkuasa di dunia versi Forbes pada tahun 2015, dengan berada di peringkat 19.

 

Pelajaran Yang Bisa Diambil

  • Bergerak Cepat, Hancurkan Sesuatu :filosofi unik yang membuat Facebook dapat melakukan inovasi dengan cepat.Sementara kebanyakan perusahaan berjuang untuk mempertahankan status quo, Zuckerberg mempunyai gagasan bahwa ‘melanggar hal-hal’ penting untuk melakukan transformasi.
  • Berpikir besar, memulai dari yang kecil : Zuckerberg meluncurkan Facebook dengan target pasar yang sangat kecil dan mudah dicapai: mahasiswa. Dia kemudian berkembang pasar early adopter tersebut ketika ia telah mencapai skala, dan membukanya secara luas – ini adalah langkah kontroversial dan jelas penting dalam membuat Facebook menjadi social media yang digunakan secara luas. Mengikuti filosofi ‘berpikir besar, mulai dari kecil’ dapatkan momentum dari sekelompok pengadopsi awal dan kemudian perluas pasar anda.

 

#6 Jeff Bezos

jeff bezos, 10 entrepreneur paling berpengaruh, entrepreneur

Lahir : 12 Januari 1964 (umur 53)

Kekayaan : US$84,4 miliar (2017)

Industri : Ecommerce, Cloud Computing, Mobile Devices

Pengaruh : Mengubah cara orang berbelanja, membaca dan mendapatkan hiburan

 

 

Alasan masuk dalam daftar pengusaha paling berpengaruh di dunia

Pada tahun 1994, Jeff Bezos sudah mencapai kesuksesan luar biasa. Dia menjadi Vice Presiden termuda senior di bank investasi Wall Street D.E. Shaw & Co. Bezos  yang saat itu berumur 30 tahun mempunyai penghasilan enam digit dan diharapkan untuk naik lebih jauh di jajaran perusahaan.

Tapi Jeff punya rencana lain. Dipicu oleh ketertarikannya dengan bisnis Ecommerce yang masih prematur saat itu, Jeff bermimpi untuk menciptakan perusahaan sendiri. Bagi kebanyakan orang, hal tersebut tidak masuk akal dan berisiko tinggi. Selama hampir satu tahun, Bezos dan lima karyawannya bekerja di garasi, belajar bagaimana mendapatkan buku dan menyiapkan sebuah sistem komputer membuat Amazon.com mudah dinavigasi.

Selain menciptakan website yang user-friendly dirinya juga ingin mempermudah proses pencarian judul buku. Bezos juga ingin membangun “komunitas maya” di mana pengunjung bisa “bergaul.” Untuk mencapai tujuan ini, ia dan timnya menciptakan sejumlah program inovatif, termasuk salah satu yang akan membiarkan pelanggan menambahkan review buku mereka sendiri ke situs dan fitur yang merekomendasikan buku berdasarkan pembelian sebelumnya pelanggan.

Sukses dengan menjual buku secara online, Amazon dengan cepat menambah penawaran produk yang dijual disitusnya. Sekarang hampir Amazon menjadi salah satu situs Ecommerce dengan penawaran terlengkap dan bahkan menawarkan juga lini tablet dan telepon sendiri.

Amazon juga menjadi salah satu perusahaan dominan dalam bisnis cloud computing dengan Amazon Web Servicenya (AWS). AWS adalah produk cloud computing yang sangat sukses dan digunakan oleh berbagai situs-situs populer didunia seperti Netflix dan Instagram.

Pada tahun 2015, Jeff Bezos menduduki peringkat 17 orang paling berkuasa didunia versi Forbes. Dengan pencapaian dan pengaruhnya sebagai CEO Amazon tersebut maka Jeff Bezos tentu layak masuk dalam daftar entrepreneur paling berpengaruh.

 

Pelajaran Yang Bisa Diambil

  • Terobsesilah Kepada Pelanggan, Bukan Pesaing : Bezos membuat poin bahwa banyak perusahaan teknologi terobsesi dengan pesaing: Mereka menunggu dan melihat apa yang saingan perkenalkan, kemudian mencoba untuk meniru dan tingkatkan. Jeff memikirkan sebaliknya, Amazon Web Services (AWS) adalah bisnis yang dirancang untuk memecahkan masalah hosting dan open-source produk yang terlalu mahal bagi perusahaan independen.
  • Ambil Risiko Untuk Menjadi Pemimpin Pasar : Bezos terkenal strateginya yang mengesampingkan keuntungan untuk membangun nilai merek yang kuat dan mencoba berbagai pendekatan dalam inovasi terhadap pelayanan konsumen. Contohnya adalah

Baca Juga : Kisah Sukses Jeff Bezos Founder Amazon

 

#7 Warren Buffet

tips memulai bisnis warren buffet
image credit: popsugar.com

Lahir : 30 Agustus 1930 (umur 87)

Kekayaan : US$80 miliar (2017)

Industri : Investasi, Terdiversifikasi.

Pengaruh : Salah satu investor paling sukses sepanjang sejarah, mengubah pandangan dan metode investasi dan manajemen perusahaan

 

 

Alasan masuk dalam daftar pengusaha paling berpengaruh di dunia

Warren Buffet atau dikenal juga sebagai “Oracle dari Omaha” adalah investor legendaris dan salah satu figur paling disegani didunia bisnis. Dikenal sebagai seorang value investor, Warren Buffet sebenarnya adalah entrepreneur sejati. Buffet memulai bisnis pertamanya pada umur 13 tahun sebagai seorang pengantar koran dan penjual soda, permen karet dan tips pacuan kuda.

Pada masa remaja dia dengan beberapa temannya membeli mesin pinball seharga $25. Mesin tersebut kemudian di tempatkan di barbershop untuk disewakan kepada pengunjung yang menunggu. Dari keuntungan yang dihasilkan oleh bisnis tersebut, mereka menghasilkan keuntungan yang cukup untuk membeli mesin pinball lain dalam beberapa bulan. Mereka mempunyai mesin pinball di 3 lokasi berbeda sebelum kemudian menjual bisnis tersebut dengan harga $ 1200.

Buffett kemudian kuliah di University of Pennsylvania pada usia 16 untuk belajar bisnis. Dia tinggal dua tahun, dan pindah ke University of Nebraska untuk menyelesaikan gelar. Selesai dari kuliah pada usia 20, Buffet telah mengumpulkan hampir $ 10.000 dari bisnis masa kecilnya (setara dengan $100.000 pada tahun 2014).

Filosofi investasi Buffet mengambil banyak pengaruh dari buku Benjamin Graham, The Intelligent Investor. Dari keinginan untuk belajar dari Benjamin Graham, Buffet mendaftar di Columbia Business dimana Benjamin Graham mengajar. Setelah mendapatkan gelar master pada tahun 1951, ia menjual sekuritas untuk Buffett-Falk & Company selama tiga tahun, kemudian bekerja untuk mentornya selama dua tahun sebagai seorang analis di Graham-Newman Corp.

Buffet kemudian membentuk 3 kemitraan investasi “Buffet Partnership Ltd”. Menggunakan filosofi value investing, Buffet Partnership Ltd meraih kesuksesan menjadikan Buffet seorang milioner. Salah satu perusahaan yang dibeli pada saat itu adalah Berkshire Hathaway, perusahaan tekstil yang mengalami kesulitan. Buffet kemudian menjual aset-aset operasional tekstil Berkshire untuk membiayai investasi-investasi lain di perusahaan media dan insuransi

Pada saat ini, Berkshire Hathaway merupakan perusahaan dengan aset $ 552.25 miliar dollar, pendapatan senilai $ 210 miliar dan karyawan sebanyak 330 ribu orang. Perusahaan yang dimiliki Berkshire Hathaway sangat bervariasi seperti Dairy Queen (Dessert). General Re (asuransi), Netjets (penyewaan jet pribadi), Coca-Cola, Kraft-Heinz, IBM, Well Fargo, dan American Express.

Kesuksesannya sebagai value investor telah memberikan pengaruh terhadap banyak filosofi investor. Selain itu dirinya juga seorang aktivis yang menyumbangkan sebagian besar hartanya untuk amal. Sebagian besar amalnya tersebut akan disalurkan melalui yayasan Bill & Melinda Gates yang fokus di isu kesehatan global.

 

Pelajaran Yang Bisa Diambil

  • Tetaplah rendah hati : sebagai salah satu orang terkaya didunia Warren Buffet terkenal rendah hati dengan tidak bergaya hidup mewah. Dia tetap tinggal dirumah yang dibelinya 50 tahun lalu dengan harga $ 31.500.
  • Integritas dan Etika Bisnis : Warren Buffet terkenal dengan integritas dan etika bisnisnya. Dia mengatakan bahwa kepercayaan adalah suatu hal yang paling penting dan kepercayaan yang dipupuk bertahun-tahun dapat rusak hanya karena satu kesalahan.

Baca Juga : 5 Tips Memulai Bisnis Dari Warren Buffet

 

#8 Jack Ma (Ma Yun)

jack ma, pengusaha paling berpengaruh di dunia, entrepreneur

Lahir : 10 September 1964 (umur 53)

Kekayaan : US$39,2 miliar (2017)

Industri : Ecommerce, Internet.

Pengaruh : Pionir Ecommerce di Asia, mengembangkan platform Business to Business terbesar di dunia.

 

 

Alasan masuk dalam daftar pengusaha paling berpengaruh di dunia

Jack Ma adalah salah satu contoh manifestasi dari semangat entrepreneurship dan cerita dari miskin menjadi kaya. Dibesarkan secara miskin di Cina, gagal dalam ujian masuk universitas 2 kali dan ditolak dalam melamar pekerjaan lebih dari 30 kali. Gagal mendapatkan pekerjaan yang mapan, Jack Ma mengandalkan kemampuan bahasa Inggrisnya untuk mengajar di niversitas lokal dan memulai bisnis layanan penerjemah.

Dari bisnis penerjemahnya tersebut dia mengunjungi Amerika Serikat untuk pertama kalinya pada tahun 1995. Disitulah dia diperkenalkan kepada Internet dan kaget begitu melihat mudahnya mencari berbagai produk dan informasi dari Internet, tapi tidak ada satupun informasi produk dari Cina.

Jack Ma melihat peluang bisnis dari internet dan setelah pulang dari kunjungannya Jack Ma terobsebsesi untuk membuka bisnis Cina kepada dunia. Ma dan teman-temannya kemudian memutuskan untuk membuat website tentang Cina dan produk-produk dari Cina, yang pada saat itu disebut sebagai “Chinapage”. Dalam hari yang sama dia mulai menerima email dari orang-orang dari seluruh dunia yang menanyakan mengenai produk yang terdaftar dan untuk bermitra. Pengalaman tersebut mengajarkan Ma tentang kekuatan konektivitas dari internet dan bagaimana internet nantinya akan mempengaruhi perdagang global.

Jack Ma sadar untuk bisa sukses dia membutuhkan dukungan yang cukup dari sisi pendanaan dan juga pemerintah. Jack Ma kemudian bermitra dengan badan dari pemerintah, namun dari situ dia belajar bagaimana kakunya birokrasi pemerintah dan frustasi dengan hal tersebut. Pada akhirnya Jack Ma meninggalkan proyek tersebut.

Pada tahun 1999, Jack Ma mengambil kesempatan kedua ke bisnis internet, dengan mengumpulkan 18 orang (termasuk dia dan istrinya) di rumahnya (yang kemudian dijual) untuk mendirikan Alibaba. Pada tahap awal, Jack Ma mencoba mendapatkan pendanaan dari Silicon Valley. Usahanya disambut dengan banyak penolakan, sampai akhirnya dia berhasil mendapatkan pendanaan $ 5 juta dari Goldman Sachs (perusahaan keuangan berbasis di New York) dan $ 20 juta dari Softbank (perusahaan telekomunikasi berbasis di Tokyo).

Pada tahun 2003, disaat Alibaba yang masih mengalami kerugian. Ma dan timnya meluncurkan situs lelang online bernama “Taobao.com”, untuk menantang raksasa e-commerce multinasional, eBay. eBay saat itu tengah mencoba mengambil pasar Cina dengan mengakusisi perusahaan internet lokal.

Bertekad untuk menang melawan eBay, Taobao menerapkan kebijakan bebas komisi bagi jutaan pedagang online, dan tidak menempatkan Alibaba dalam tekanan keuangan yang signifikan. Untuk tetap bertahan sambil mempertahankan kebijakan bebas komisi, Ma dan timnya mulai menawarkan perangkat layanan dukungan nilai tambah (misalnya halaman web kustom untuk pedagang online) untuk biaya kecil. Ma dan timnya memenangkan pasar Cina dalam waktu kurang dari lima tahun, dan eBay kemudian menarik diri dari Cina.

Suatu kemenangan yang luar biasa bagi Jack Ma dan timnya karena begitu besarnya perbedaan keuangan kedua perusahaan yang bertarung tersebut. Namun, Jack Ma mengetahui bagaimana caranya memenangkan pertarungan tersebut dengan memahami karakter konsumen Cina.

 

Pelajaran Yang Bisa Diambil

  • Berani Mengejar Mimpi : Visi Jack Ma mendirikan Alibaba tidak diterima dengan baik oleh kebanyakan orang pada saat itu. Dari 18 orang yang dikumpulkan di rumahnya saat mendirikan Alibaba, hanya satu orang yang tidak memperingatkannya bahwa hal tersebut sangat berisiko dan untuk memikirkan kembali hal tersebut. Namun, Jack Ma tetap pada pendiriannya untuk mengejar mimpinya dan dengan hal itu lahirlah Alibaba.
  • Pahami Konsumen : Kemenangan Taobao.com yang didirikan oleh Jack Ma tidak terlepas dari strateginya untuk menerapkan kebijakan bebas komisi dan mengedepankan interaksi antar penjual dan pembeli yang dinamis dalam platform Taobao.com. Penerapan platform tersebut lebih cocok bagi karakter konsumen Cina yang menyukai komunitas.

Baca Juga : Kisah Sukses Jack Ma : Pendiri Alibaba Raksasa Ecommerce Dunia

 

#9 Ma Huateng

ma huateng, pengusaha paling berpengaruh di dunia

Lahir : 29 Oktober 1971 (umur 45 tahun)

Kekayaan : US$ 39.6 miliar

Industri : Teknologi, Internet

Pengaruh : Pendiri Tencent, penyedia jasa pesan singkat, pembayaran dan konten terbesar di Asia

 

 

Alasan masuk dalam daftar pengusaha paling berpengaruh di dunia

Ma Huateng adalah pendiri dari Tencent Holding, salah satu perusahaan teknologi terbesar di Asia dengan nilai pasar lebih dari US$ 430 miliar. Tencent adalah perusahaan penyedia layanan konten, aplikasi, dan game.

Layanan utama dari Tencent Holding mencakup WeChat,  game online, Tenpay, QQ, Tencent Weibo dan masih banyak lagi.

Ma Huateng mendirikan Tencent pada 1998 saat usianya 26 tahun. Produk pertamanya adalah QQ yang merupakan layanan pesan instan. Saat itu dirinya harus berjuang keras agar perusahaannya bisa bertahan dengan melakukan berbagai pekerjaan seperti memberikan jasa desain website dan bahkan menjadi petugas kebersihan.

Seiring berjalannya waktu, Tencent terus berkembang dengan menggenjot produk berbasis game yang laku keras di pasaran. The Economist dalam bahkan menyebut Tescent berhasil menciptakan “model bisnis yang lebih baik dibanding rekan-rekannya Barat.”

 

Pelajaran Yang Bisa Diambil

  • Kerja Keras dan Hilangkan Gengsi : Ma Huateng mengembangkan Tencent dengan penuh perjuangan dan dengan bekerja sangat keras. Untuk mendukung perusahaannya bahkan dia rela untuk mengambil pekerjaan sampingan yang tidak bergensi seperti petugas kebersihan.
  • Adaptasi : Kesuksesan Tencent tidak terlepas dari adaptasi yang dilakukan oleh Ma Huateng terhadap berbagai layanan yang populer di barat. Eksekusi yang baik dengan memberikan sentuhan lokal menjadi resep sukses Tencent di ranah layanan daring.

 

#10 Elon Musk

elon musk, 10 entrepreneur paling berpengaruh, entrepreneur

Lahir : 12 Januari 1964 (umur 53)

Kekayaan : US$20.8 miliar (2017)

Industri : Mobil Listrik, Energi Terbarukan, Industri Luar Angkasa

Pengaruh : Inovator dalam teknologi mobil listrik, energi terbarukan dan penerbangan luar angkasa privat.

 

 

Alasan masuk dalam daftar pengusaha paling berpengaruh di dunia

Elon musk lahir dan dibesarkan di Afrika Selatan. Elon mulai tertarik dengan komputer pada usia 10 tahun, dan di usia 12 tahun dia menjual program komputer pertamanya. Sebuah game yang dia ciptakan dan beri nama Blastar. Pada usia 17 tahun dia pindah ke Kanada untuk kuliah, dengan pemikiran untuk bisa berada di pusat perkembangan komputer dirinya harus berada di Amerika Serikat.

Dua tahun kemudian dia pindah ke Amerika Serikat untuk kuliah di University of Pennsylvania. Dia lulus dengan gelar sarjana ekonomi dan melanjutkannya dengan program pasca sarjana jurusan fisika. Selesai dari University of Pennsylvania dia mengejar Phd di Stanford University untuk jurusan fisika. Tidak lama kemudian dia menyaksikan booming internet dimulai, dan dia keluar dari program Phd untuk membuat perusahaan pertamanya yaitu Zip2.

Zip2 sebagai situs pedoman kota online dengan cepat mempunyai konten yang berkualitas untuk dipakai oleh website baru dari New York Times dan Chicago Tribune. Tidak lama kemudian pada tahun 1999, Zip2 dibeli oleh Compaq Computer dengan harga $307 juta uang kas plus opsi saham senilai $ 34 juta.

Pada tahun yang sama, Elon mendirikan perusahaan keduanya yaitu X.com. Perusahaan pembayaran online yang kemudian diakusisi dan bergabung menjadi Paypal. Paypal kemudian pada tahun 2002 dibeli oleh eBay seharga $ 1.5 miliar dengan saham eBay, sebelum penjualan Elon memiliki 11.7% saham Paypal. Penjualan tersebut memberikan Elon kekayaan sebesar $ 165 miliar.

Memiliki jumlah uang yang cukup untuk pensiun muda, Elon justru menanamkan uang $100 miliar ke bisnis yang sangat berisiko. Dia pada tahun 2002 mendirikan Space Exploration Technologies (SpaceX). Dengan tujuan jangka panjang mewujudkan mimpi umat manusia menjadi peradaban penjelajahan luar angkasa yang sebenarnya.

Setelah melalui beberapa kali kegagalan peluncuran dan terancam bangkrut, SpaceX saat ini telah meraih beberapa pencapaian penting seperti:

  • Perusahaan swasta pertama yang mencapai orbit dengan roket berbahan bakar cair (Falcon 1) (28 September 2008);
  • Perusahaan swasta pertama yang berhasil dalam peluncuran (Falcon 9) dan mengambil kembali pesawat luar angkasa (Dragon) (9 September 2010);
  • Perusahaan swasta pertama yang mengirim pesawat luar angkasa ke International Space Station (25 Mei 2012);
  • Perusahaan swasta pertama yang mengorbitkan satelit ke orbit geosynchronous (3 Desember 2013);
  • Pendaratan roket orbit tingkat 1 yang pertama (mendarat ulang setelah terbang ke orbit pertama) (22 Desember 2015);
  • Pendaratan roket orbit tingkat  1 di perairan yang pertama (8 April 2016)

Selain pencapainnya di Space X, Elon Musk juga berperan penting dalam pengembangan mobil listrik melalui Tesla Motor. Elon bergabung ke Tesla Motor pada tahun 2004 dengan memimpin pendanaan seri A Tesla Motor. Tesla motor kemudian menjadi perusahaan mobil listrik yang sanggup membangun mobil listrik bertenaga dengan jarak tempuh 250 mil lebih dalam sekali pengisian.

Saat ini Tesla Motor telah menjadi perusahaan publik dan kebangkitan Tesla menjadi perusahaan mobil listrik yang disegani. Tesla juga mempunyai peran besar dalam mendorong pengembangan mobil listrik. Dimana pada saat peluncuran mobil listrik pertama Tesla yang dinamakan Tesla Roadster, General Motor dan Toyota menganggap mobil listrik lithium ion masih membutuhkan 10 tahun lagi sebelum terwujud.

Dengan visi untuk mempercepat transisi era energi terbarukan, Elon Musk juga mempunyai peran penting dalam pembentukan konsep dan modal awal perusahaan installasi panel tenaga surya yang dinamakan “Solar City”. Musk sampai saat ini merupakan pemegang saham terbesar Solar City yang didirikan bersama dengan sepupunya Lyndon dan Peter Rive. Solar City saat ini telah menjadi penyedia sistem panel surya terbesar kedua di Amerika Serikat.

Pada tahun 2016 Solar City telah melakukan merger dengan Tesla Motor menjadi Tesla Inc. Pada tahun 2017, Tesla Inc telah mengirimkan Model 3 yang telah memecahkan rekor pre-order dengan skala yang setara dengan iPhone, 1 juta pemesanan saat peluncuran.

Dengan pencapaian dan peranan Elon Musk dalam kemajuan teknologi yang vital bagi keberlangsung masa depan umat manusia tersebut Elon Musk tentu layak masuk dalam daftar entrepreneur paling berpengaruh.

 

Pelajaran Yang Bisa Diambil

  • Menantang Realitas : Membuat dan menerbangkan roket ke luar angkasa adalah suatu hal yang sangat mahal. Kebanyakan orang pasti menerima realitas tersebut. Tapi tidak bagi Elon Musk, dengan menelusuri pada saja komponen yang dibutuhkan dalam membuat roket dan bahan bakarnya, dirinya menemukan bahwa dengan bahan mentah hanya memakan 3% dari harga roket. Sehingga dengan menerapkan integrasi vertikal dan pendekatan modular, SpaceX bisa memotong biaya peluncuran sampai 1/10 dan masih mendapat 70% laba kotor.

Baca Juga : Kisah Sukses Elon Musk:Miliuner dan Inovator Teknologi Masa Depan

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here