Beranda Memulai Bisnis 7 Kelebihan Memulai Bisnis Saat Masih Mahasiswa

7 Kelebihan Memulai Bisnis Saat Masih Mahasiswa

285
0
BERBAGI
memulai bisnis saat masih mahasiswa, bisnis mahasiswa, memulai bisnis mahasiswa
image credit : pixabay.com

memulai bisnis saat masih mahasiswa, bisnis mahasiswa, memulai bisnis mahasiswa

Apakah anda ingin mempunyai penghasilan sendiri disaat anda kuliah? atau anda memiliki keinginan menjadi pengusaha? Jika anda menjawab “Ya!” pada salah satu pertanyaan itu maka anda harus mempertimbangkan untuk memulai usaha saat masih mahasiswa.

Mengapa? bukankah banyak mahasiswa yang bahkan untuk makan saja pas-pasan, apalagi untuk memikirkan menanamkan modal dan memulai usaha? dan bukankah lebih baik memulai usaha disaat sudah mempunyai pengalaman yang cukup dibidang yang anda pilih?

Kenyataannya, kesuksesan memulai usaha bukan semata-mata ditentukan oleh kecukupan modal dan pengalaman.  Bahkan banyak dari pengusaha paling sukses didunia sudah mulai berbisnis memulai bisnis saat masih mahasiswa. Sebagai pertimbangan anda perlu mengetahui 7 keuntungan  memulai bisnis saat masih mahasiswa dibawah ini:

 

1. Tidak Ada Waktu Yang Lebih Tepat

memulai bisnis saat masih mahasiswa, bisnis mahasiswa, memulai bisnis mahasiswa

Memulai bisnis saat masih mahasiswa dapat dibayangkan sebagai suatu hal yang sangat sulit dan hanya bisa bermimpi saja. Terutama saat anda merasa keuangan pribadi anda sendiri dalam kondisi pas-pasan dan harus makan di warteg setiap hari atau anda kesulitan dengan mata kuliah tertentu.

Betul, keuangan kamu pas-pasan dan tidak punya pengalaman. Tapi begitu anda lulus kuliah dan mendapatkan pekerjaan, anda akan mempunyai alasan lain untuk tidak memulai bisnis anda. Mulai dari anda sedang sibuk meniti karir, modal yang tidak cukup, tanggungan keluarga bahkan alasan untuk tidak memulai justru akan semakin kuat pada saat anda mempunyai karir yang bagus. Anda akan merasa tidak tahu apakah sepadan untuk mempertaruhkan karir anda yang sedang menanjak untuk memulai bisnis yang sudah anda bayangkan sejak kuliah.

Terlebih lagi, kehidupan sebagai mahasiswa sebenarnya memberikan anda keuntungan untuk memulai usaha yaitu waktu luang. Mungkin hal tersebut tidak terasa saat masa ujian dan anda sibuk bersosialisasi, tapi jika anda pikirkan lebih jauh kemungkinan besar anda bisa meluangkan waktu dengan mengurangi hal-hal yang tidak terlalu penting.

 

2. Memulai Bisnis Adalah Cara Terbaik Memperoleh Pengalaman

Cara terbaik untuk mempelajari sesuatu adalah dengan melakukannya – Richard Branson

Semua orang menerima bahwa cara terbaik untuk belajar adalah dengan melakukannya. Memulai bisnis dapat menjadi cara yang hebat untuk mendapatkan pengalaman di bidang yang anda pilih. Mulai dari mahasiswa manajemen, pemasaran, ilmu komputer bahkan sastra dapat mengaplikasikan apa yang anda pelajari dalam memulai bisnis.

Terlebih lagi memulai bisnis akan menuntut anda untuk mengaplikasikan dan memperoleh berbagai soft skill yang akan sangat berharga bagi anda di masa depan. Mulai dari problem solving, kerjasama tim, manajemen waktu, komunikasi, pemasaran dan keuangan dapat anda peroleh dengan memulai bisnis.

 

3. Keuntungan Status Mahasiswa

Status sebagai mahasiswa dapat memberikan anda keuntungan dalam memulai bisnis. Mulai dari program-program pendampingan, akses terhadap riset universitas, kemudahan mendapat data dari instansi pemerintah sampai akses koneksi ke dosen dan alumni adalah salah satu keuntungan yang dapat diberikan dari status anda sebagai mahasiswa.

Kemudahan-kemudahan tersebut dapat anda manfaatkan untuk menyelesaikan masalah utama anda dalam memulai bisnis. Misalnya jika anda mengalami hambatan dana, maka solusinya manfaatkan program pendampingan usaha dari universitas yang biasanya memberikan modal awal untuk memulai  usaha. Contoh lainnya, anda kesulitan mencari supplier untuk produk yang ingin anda jual anda bisa mencari informasi dari instansi pemerintah setempat yang menangani industri terkait.

 

4. Kemudahan Mencari Mentor

mentor memulai bisnis, mentor bisnis, memulai bisnis

Mentor adalah entrepreneur yang sudah berpengalaman dan expert di bidangnya. Dengan pengalaman dan pengetahun yang dimiliki sang mentor, memiliki mentor yang tepat dapat membantu anda menghindari kesalahan bisnis yang fatal. Selain itu mentor juga memberikan pengetahuan yang dibutuhkan untuk memulai sehingga mengurangi waktu yang anda butuhkan untuk belajar.

Permasalahan utama dalam mencari mentor yang tepat adalah akses. Untuk mahasiswa mencari mentor jauh lebih mudah dibandingkan jika anda sudah bekerja, yang perlu anda lakukan adalah menghubungi pengajar, jaringan alumni atau lembaga inkubator universitas anda. Kemudian mintalah kontak orang yang mempunyai pengalaman di bidang yang ingin anda dalami tersebut.

Terlebih lagi pengusaha sukses biasanya senang untuk memberikan saran kepada pengusaha muda. Mereka akan melihat anda sebagai seorang murid dan mereka akan berbicara lebih terbuka dengan Anda daripada orang lain karena mereka tidak melihat Anda sebagai ancaman atau seseorang dengan motif tersembunyi.

 

5. Lebih Cepat Meraih Sukses

Tidak bisa dipungkiri bahwa secara statistik kebanyakan bisnis berakhir dengan kegagalan. Faktanya, sebagian besar dari entrepreneur sukses pernah mengalami kegagalan dalam berbisnis sebelum mencapai titik sukses mereka. Namun, setelah melewati kegagalan tersebut seorang entrepreneur sukses belajar dari kesalahan yang dilakukan dan tidak menyerah. Mereka menjadi lebih kuat dan mempunyai tekad yang lebih kuat untuk sukses.

Persepsi kegagalan merupakan suatu proses pembelajaran – dan bukan suatu noda adalah salah satu pembentuk mental startup founder di Silicon Valley.Ssebenarnya ‘kegagalan’ sangat penting tidak hanya untuk pertumbuhan individu yang terlibat, tetapi juga pasar yang lebih luas. Jika anda mempunyai keinginan yang kuat untuk menjadi seorang entrepreneur, kemungkinan besar anda cenderung perlu melalui beberapa tahapan pembelajaran – jadi semakin cepat anda mulai gagal, semakin cepat anda akan mendapatkan kesuksesan anda.

 

6. Kemudahan Networking/Mencari Co Founder

memulai bisnis saat masih mahasiswa, bisnis mahasiswa, memulai bisnis mahasiswa

Kampus dipenuhi dengan berbagai komunitas dan kegiatan. Entrepreneurship adalah salah satunya, komunitas atau organisasi entrepreneurship kemungkinan besar ada di kampus anda. Jika ada bergabunglah dengan mereka, latih kemampuan networking anda, jangan lupa walaupun saat ini mereka masih mahasiswa yang mungkin hanya berbisnis sampingan, di masa depan mereka dapat menjadi pemimpin besar suatu grup perusahaan.

Contohnya? Chairul Tandjung sudah mulai berbisnis pada saat dia kuliah, dengan menjual buku dan membuka jasa fotokopi dia kemudian mengumpulkan modal untuk membuka usaha yang lebih besar.

Mencari Co Founder juga lebih mudah saat anda kuliah. Jangan lupa banyak sekali startup yang co-foundernya adalah teman atau kenalan disaat kuliah, seperti Larry Page dan Sergey Brin yang bertemu saat kuliah di Stanford. Mungkin saja Co Founder yang tepat untuk ide bisnis anda berada di salah satu kelas yang anda ikuti.

 

7. Membuka Peluang

Anda mungkin hanya ingin memulai bisnis saat masih mahasiswa untuk mendapatkan uang tambahan dan tetap berkeinginan mencari pekerjaan setelah lulus. Tetapi dengan persaingan kerja yang semakin ketat, ada kemungkinan yang cukup besar anda kesulitan mencari kerja. Terlebih jika anda lulus disaat yang tidak tepat, misalnya pada saat krisis ekonomi yang dapat berlangsung cukup lama.

Selain itu, ada juga kemungkinan anda mendapatkan pekerjaan yang tidak begitu anda sukai, atau karir anda kemudian stagnan. Jika demikian, anda akan berpikir untuk memulai bisnis sendiri. Jika anda sudah memulai bisnis dimasa kuliah, anda telah memperoleh pengalaman dan pengetahuan yang sangat berguna untuk kembali merintis jalan sebagai entrepreneur.

 

Kesimpulan

Memulai bisnis saat masih mahasiswa memberikan anda keuntungan yang tidak sedikit, dan dapat dilihat sebagai sebuah investasi jangka panjang kepada diri anda sendiri dengan menambah pengetahuan, pengalaman dan koneksi yang sangat berharga nantinya.

Memang terdapat risiko dalam memulai bisnis, anda mungkin kehilangan uang, atau kehilangan waktu bersenang-senang. Tetapi dengan kerja keras anda, semua hal itu akan terbayarkan.

Kami harap artikel ini bisa membantu anda mempertimbangkan untuk menjadi seorang entrepreneur (atau semakin bertekad jika sudah punya keinginan) dan kemudian mengambil langkah nyata untuk menjadi entrepreneur.

Jika anda mempunyai pertanyaan atau ingin berkonsultasi jangan ragu-ragu untuk menghubungi kami, baik melalui kolom komentar dibawah ini ataupun melalui social media kami.

Catatan: Merasa artikel ini membantu anda atau teman anda? bagikan manfaatnya dengan menggunakan share di social media anda


Mencari Ide Bisnis Yang Tepat Untuk Mahasiswa? Cek Artikel ini:

Mencari Tips Memulai Bisnis? Cek artikel kami : Bagaimana Cara Memulai Usaha Untuk Mahasiswa

>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here