Beranda Bisnis UKM Bagaimana Cara Memasarkan Bisnis Makanan Ringan

Bagaimana Cara Memasarkan Bisnis Makanan Ringan

1701
0
bagaimana memasarkan bisnis makanan ringan, cara memasarkan bisnis makanan ringan, marketing makanan ringan, marketing makanan
image credit : pexels.com

Kisah sukses pendiri Reza Nurhilman yang merintis bisnis makanan ringan dengan merek “Maicih” menjadi bukti bahwa bisnis makanan ringan mempunyai peluang yang besar. Keberhasilannya merintis usaha dengan modal kecil memberikan pelajaran bahwa pemasaran bisnis yang tepat sangatlah penting. Kesuksesan “Maicih” Reza Nurhilman tersebut tidak terlepas dari bagaimana cara memasarkan bisnis makanan ringan yang dilakukan olehnya.

 

maicih, entrepreneur indonesia
image credit : maicih.co.id

 

Masalah pemasaran adalah salah satu alasan mengapa UKM sulit naik kelas. Bahkan masalah pemasaran adalah masalah yang paling banyak menjadi kendala bagi UKM setelah masalah terkait modal usaha. Padahal pemasaran produk secara tepat sangat penting untuk mendorong pertumbuhan suatu bisnis. Sayangnya banyak pelaku usaha yang masih bingung mengenai bagaimana cara memasarkan produk makanan ringan mereka.

Oleh karena itu, untuk menambah pengetahuan entrepreneur, berikut 5 kiat bagaimana cara memasarkan bisnis makanan ringan yang efektif:

 

1. Tonjolkan Keunikan Rasa Produk Makanan Ringan Anda

Untuk memasarkan produk makanan ringan dengan efektif cara paling dasar adalah tonjolkan keunikan rasa produk makanan ringan anda. Tanpa menonjolkan keunikan rasa produk makanan ringan anda, akan sulit untuk menarik orang agar mau mencoba makanan ringan anda. Hal ini dilakukan dengan sangat baik oleh Maicih yang menonjolkan rasa pedas yang enak. Begitu juga dengan Richesee yang pada saat itu menonjolkan rasa keju di makanan ringannya.

Bagaimana cara menonjolkan keunikan rasa produk makanan ringan? bisa dengan menyusun slogan yang menarik dengan keunikan rasa sebagai fokusnya. Selain itu anda juga bisa membuat desain logo dan kemasan yang sesuai dengan keunikan rasa makanan ringan anda, misalnya jika rasa pedas maka gunakan desain dengan warna merah menyala.

2. Rekrut Teman dan Keluarga Untuk Menjadi Duta Pemasaran

Setelah menonjolkan keunikan rasa produk makanan ringan, langkah selanjutnya untuk memasarkan produk makanan ringan anda adalah rekrut teman dan keluarga untuk menjadi duta pemasaran. Teman dan keluarga biasanya berperan sebagai alpha dan beta tester dari rasa makanan ringan anda, sehingga mereka adalah orang-orang pertama yang mengetahui bagaimana keunggulan rasa makanan ringan yang anda buat.

Pemahaman terhadap keunggulan rasa makanan ringan yang anda buat adalah modal pertama untuk pemasaran yang efektif oleh karena itu mereka juga adalah orang pertama yang dapat menjadi tenaga pemasaran anda. Untuk lebih mengefektifkan hal ini akan sangat baik jika anda memberikan sampel kepada mereka untuk dibagikan kepada kenalan-kenalan mereka.

 

3. Maksimalkan Penggunaan Social Media Marketing

Kesuksesan dari pemasaran sangat bergantung kepada pembangunan kesadaran target pasar terhadap merek bisnis anda. Sebelum mereka mengetahui merek bisnis anda dan apa kelebihan makanan ringan yang anda tawarkan maka kecil kemungkinan mereka untuk melakukan pembelian.

Social media marketing dalam hal ini sangat efektif untuk memperkenalkan merek bisnis dan produk makanan ringan anda. Selain karena potensinya untuk membangun basis pelanggan yang loyal, social media marketing yang efektif memungkinan anda untuk mendorong pelanggan anda untuk mempromosikan produk anda kepada teman-temannya.

Promosi dari orang dekat adalah promosi yang paling efektif, oleh karena itu mendorong pelanggan untuk membagikan pengalamannya dengan merek bisnis dan produk makanan ringan anda dapat memberikan dorongan yang dibutuhkan dalam mengenalkan produk anda kemasyarakat. Caranya? berilah apresiasi kepada mereka yang membagikan momennya dengan produk dan merek makanan ringan anda, berikan potongan harga atau ekstra.

Baca Juga Panduan Belajar Social Media Marketing Untuk Pemula

 

4. Berpartisipasi Dalam Event Lokal

Event lokal seperti event olahraga, musik, dan bazaar adalah kesempatan yang bagus untuk mengenalkan merek dan produk makanan ringan anda ke orang banyak secara langsung. Di event lokal orang-orang cenderung lebih terbuka untuk mencoba makanan ringan yang belum begitu mereka kenal, oleh karena itu event lokal sangat ideal untuk memasarkan produk makanan ringan.

Tetapi perlu diingat, pastikan bahwa event yang anda ikuti mempunyai banyak pengunjung yang sesuai dengan target pasar anda dan profil pelanggan ideal anda. Misalnya jika anda menyasar pasar anak-anak ikutilah bazaar sekolah sekitar atau jika target pasar anda adalah orang dewasa peduli kesehatan maka yang cocok adalah event lomba olahraga.

 

5. Kerjasama Dengan Koperasi Sekolah dan Karyawan

Strategi bagaimana cara memasarkan bisnis makanan ringan yang terakhir adalah membangun kerjasama dengan koperasi sekolah dan karyawan. Koperasi sekolah dan karyawan biasanya mempunyai pasar yang mudah diprediksi dan fleksibel untuk menentukan syarat dan kondisi kerjasama. Hal ini berbeda dengan mini market waralaba atau supermarket yang mempunyai standar yang ketat, selain itu beragamnya pilihan di kedua jalur pemasaran tersebut akan menyulitkan bagi produk makanan ringan UKM untuk bisa bersaing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here