Beranda Bisnis Online 8 Tips dan Cara Menjadi Vlogger Sukses

8 Tips dan Cara Menjadi Vlogger Sukses

50
0
bisnis anak muda, bisnis videografi

Meledaknya Vlogging adalah sebuah kenyataan. Vlogging yang lahir dari gabungan kata-kata “Video” dan “logging (mencatat)” sebenarnya bukanlah suatu fenomena yang baru. Bahkan sebelum Youtube yang menjadi platform Vlogging terbesar lahir sudah banyak Content Creator yang rajin membuat Video untuk pemirsa mereka.

Walaupun sudah lama ada, penggunaan video di Internet baru meledak besar-besaran karena semakin luasnya penggunaan internet dan semakin murahnya internet. Tidak heran jika kemudian muncul banyak sekali Vlogger-vlogger yang kaya raya karena mereka mempunyai jumlah pengikut dan pemirsa yang luar biasa.

Daniel Middleton (DanTDM) misalnya yang merupakan salah satu vlogger tersukses di dunia (dan mendapat ranking nomor satu di Youtube tahun 2017) meraih pendapatan lebih dari US$ 16,5 juta pada tahun 2017!!

Youtuber Indonesia juga tidak sedikit yang sukses, Gen Halilintar, Ria Ricis, Raditya Dika, dan Reza Oktavian  misalnya dapat menghasilkan ratusan juta per bulan dari Vlognya.

Dengan potensi pendapatan yang besar tersebut tidak heran jika banyak sekali yang bertanya-tanya bagaimana sih cara menjadi Vlogger sukses. Untuk menjawab pertanyaan tersebut IDNtrepreneur telah melakukan riset terhadap vlogger-vlogger sukses dan rahasia mereka.

Tanpa panjang lebar lagi berikut 8 tips dan cara menjadi Vlogger sukses!

1. Pilih Tema Yang Menarik dan Memiliki Potensi Pemirsa Yang Besar

Sudah jelas jika memilih tema yang menarik dan memiliki potensi pemirsa yang besar memang tidak mudah. Tetapi hal ini merupakan salah satu cara menjadi Vlogger yang paling penting.

Pastikan jika tema yang anda pilih tidak hanya menarik bagi anda, tetapi juga terdapat banyak orang diluar sana yang mempunyai ketertarikan yang sama dengan anda.

Untuk mendapatkan tema yang menarik anda bisa memulai dari hal-hal yang anda sukai terlebih dahulu, dan kemudian melakukan pengamatan atau survey singkat mengenai berapa banyak orang yang mempunyai ketertarikan yang sama dengan anda.

 

2. Gunakan Peralatan Profesional

Anda mungkin berpikir jika anda dapat memulai vlogging dengan kamera smartphone. Anggapan tersebut memang benar, saat memulai yang menjadi prioritas anda adalah melihat apakah terdapat ketertarikan publik yang cukup terhadap vlog yang anda buat.

Tetapi setelah mendapatkan validasi yang cukup (misalnya, tidak sedikit orang yang menonton video anda memuji konten yang anda buat) maka saatnya untuk meningkatkan tingkat vlog yang anda buat.

Untuk menjadi vlogger sukses anda memerlukan peralatan vlogging yang professional. Peralatan vlogging profesional anda perlukan untuk membuat video yang berkualitas tinggi dan meningkatkan pengalaman positif pemirsa anda.

Setidak-tidaknya anda akan membutuhkan satu videocam, tripod, microphone, beberapa alat pencahayaan dan sebuah komputer untuk mengedit video.

 

3. Buat Video Yang Interaktif 

Dibalik setiap Vlogger yang sukses terdapat penggemar setia yang menonton video yang telah dibuat. Tanpa penggemar tersebut seorang vlogger bukanlah siapa-siapa. Oleh karena itu sangat penting bagi vlogger untuk membangun suatu hubungan dengan penggemar.

Untuk membangun hubungan dengan penggemar anda harus membuat konten yang interaktif. Sapalah penggemar anda dengan sebutan yang keren dan unik, bertanyalah kepada meraka dan mintalah pendapat mereka.

 

4. Kuasai Keahlian Bercerita

Setiap orang senang mendengar atau menonton cerita yang menarik. Dapat membuat cerita yang menarik atau menceritakan sesuatu dengan menarik merupakan salah satu elemen penting dalam cara menjadi Vlogger yang sukses.

Membungkus sesuatu dengan cerita yang menarik membuat materi yang disampaikan menjadi lebih mudah diingat dan berkesan oleh mereka yang menontonnya. Dengan menguasai keahlian bercerita anda dapat membedakan diri anda dari vlogger-vlogger yang lain karena pemirsa anda akan lebih mengingat apa yang anda sampaikan.

 

5. Lakukan Interaksi Dengan Penggemar 

Salah satu cara menjadi vlogger sukses yang sering dilupakan adalah melakukan interaksi dengan penggemar secara rutin. Interaksi dengan penggemar tidak hanya penting untuk membuat para penggemar anda merasa penting dan berarti. Berinteraksi dengan penggemar juga memberikan kesempatan yang unik untuk memahami karakteristik penggemar anda secara lebih mendalam.

Pengetahuan tersebut sangatlah positif bagi seorang vlogger yang ingin sukses. Karena anda dapat mempunyai hubungan yang lebih baik dan lebih mudah berkomunikasi dengan para penggemar anda jika anda mengetahui penggemar anda dengan lebih baik.

Untuk berinteraksi dengan penggemar anda bisa membuat sesi video tanya jawab dan berbincang dengan salah satu penggemar anda, anda juga bisa berbicara dengan mereka melalui media social anda.

 

6. Optimalkan Video Anda Untuk Mudah Ditemukan

Salah satu unsur penting dalam cara menjadi vlogger yang sukses adalah dengan mempermudah video anda ditemukan. Mengoptimalisasi video untuk mudah ditemukan dapat anda lakukan dengan memastikan judul video, deksripsi video, tags, nama file memuat kata kunci yang relevan dengan topik yang anda bahas.

 

7. Buat Video Yang Berkualitas

Tidak peduli sepintar apapun anda memilih topik, bercerita, dan berinteraksi dengan penggemar jika video yang anda buat tidak mempunyai kualitas yang baik (misalnya suara tidak jelas, terlalu singkat, atau gelap) maka akan sangat sulit untuk membuat orang tertarik menonton video yang telah anda buat.

Oleh karena itu, ungkapan jika “Konten adalah Raja” merupakan salah satu hukum yang juga berlaku untuk bisa menjadi Vlogger yang sukses.

 

8. Terus Bereksperimen

Anda mungkin gagal mendapatkan views yang memuaskan dalam suatu video yang telah anda buat. Walaupun begitu jangan mudah menyerah, teruslah mencoba sesuatu hal yang baru dan lihatlah apakah perubahan yang anda lakukan membawa perkembangan yang positif. Terus berekperimen dengan berbagai topik, cara berbicara, dan kreatifivitas adalah salah satu tips sukses yang sering diberikan oleh berbagai Vlogger sukses, misalnya PewDiePie.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here