Beranda Mengembangkan Bisnis 8 Cara Untuk Membesarkan Usaha Kecil Menjadi Usaha Besar

8 Cara Untuk Membesarkan Usaha Kecil Menjadi Usaha Besar

274
0
cara mengembangkan usaha kecil menjadi usaha besar, ukm, wirausaha, strategi bisnis
image credit : pexels.com

Memulai bisnis baru tidaklah mudah, diperlukan keahlian, modal dan kemauan yang besar untuk bisa memulai bisnis. Setelah memulai bisnis anda harus mencari cara agar dapat meraih pasar dan menghasilkan pendapatan yang cukup untuk bisa bertahan.

Setelah melewati tahap tersebut, anda mungkin dapat mengambil nafas lega. Namun kemudian timbul pertanyaan, apa langkah selanjutnya? bagaimana cara untuk membesarkan usaha kecil menjadi usaha besar?

Mengembangkan usaha kecil menjadi usaha besar memang merupakan sebuah tantangan yang tidak kalah besar. Salah mengambil strategi bisa berakibat pada kebangkrutan anda.

Namun, mengembangkan usaha anda adalah tujuan yang layak dan penting untuk setiap pengusaha. Tanpa ambisi untuk mengembangkan bisnis, cepat atau lambat bisnis anda akan tertinggal dan menjadi terhapus oleh perkembangan zaman.

Untuk itu berikut 8 cara mengembangkan usaha kecil menjadi usaha besar yang dapat anda terapkan.

 

1. Tingkatkan Jangkauan Pasar 

Cara mengembangkan usaha kecil menjadi usaha besar yang pertama adalah tingkatkan jangkauan pasar anda. Terdapat beberapa cara untuk melakukan strategi ini.

Cara yang paling umum adalah membuka lokasi toko baru. Atau jika anda selama ini berjualan secara offline anda bisa meningkatkan jangkauan pasar dengan menjual secara online.
Cara lain yang biasa digunakan adalah dengan membuka program reseller dan mitra.

 

2. Tingkatkan Penjualan Dari Pelanggan Lama

Salah satu cara mengembangkan usaha kecil menjadi usaha besar yang sering dilupakan adalah meningkatkan nilai penjualan dari pelanggan lama atau pelanggan tetap anda.

Saat anda memikirkan bagaimana cara mengembangkan bisnis anda, hal pertama yang mungkin muncul dalam pikiran adalah bagaimana cara mendapatkan pelanggan baru.

Tapi taukah anda jika lebih mudah dan lebih hemat biaya untuk membuat orang yang sudah membeli dari Anda untuk membeli lebih banyak daripada mencari pelanggan baru dan membujuk mereka untuk membelinya dari Anda.

Untuk meningkatkan nilai penjualan dari pelanggan lama anda, anda dapat menawarkan bundling atau paket, produk yang lebih premium atau terbaik anda, atau dengan memberikan potongan khusus untuk pembelian dengan jumlah tertentu.

 

3. Mengikuti Pameran Dagang

Pengunjung suatu pameran dagang biasanya sudah memiliki rencana atau ketertarikan untuk membeli produk atau jasa yang terkait dengan pameran tersebut. Selain itu pameran dagang juga diikuti oleh pelaku usaha lain yang bergerak di bidang usaha tersebut. Oleh karena itu pameran dagang dapat menjadi kesempatan yang menarik untuk mendapatkan pelanggan baru atau membangun relasi dengan pelaku usaha di bidang yang sama.

Namun anda harus mempertimbangkan dengan cermat apakah pameran dagang tersebut cocok untuk anda dan apakah pengunjung pameran dagang tersebut sesuai dengan profil pelanggan anda. Jika anda memilih dengan cermat, mengikuti pameran dagang dapat menjadi cara mengembangkan usaha kecil menjadi usaha besar yang sangat efektif.

 

4. Kuasai Ceruk Pasar 

Apakah anda mempunyai posisi kuat di ceruk pasar tertentu? Menguasai ceruk pasar adalah strategi yang penting dalam mengembangkan bisnis. Ceruk pasar adalah suatu kelompok pelanggan yang khusus dan didefinisikan secara sempit.

Menguasai ceruk pasar tertentu jauh lebih mudah dibandingkan menyasar secara umum, dengan membuat target pasar yang khusus anda dapat menyesuaikan penawaran produk atau jasa secara lebih baik dan sesuai dengan ceruk tersebut.

Jasa katering makanan tradisional pernikahan adat sumatera utara misalnya merupakan ceruk pasar yang lebih sempit dibandingkan jasa katering pernikahan.

 

5. Kembangkan Produk atau Jasa Anda

Produk atau jasa yang anda tawarkan adalah salah satu pilar utama bisnis anda. Tidak peduli sebagus apapun promosi anda jika tidak didukung dengan produk atau jasa yang berkualitas maka akan sangat sulit untuk bisa mengembangkan usaha kecil anda menjadi besar.

Oleh karena itu selalu carilah jalan atau inovasi baru untuk meningkatkan kualitas atau kegunaan baru dari produk atau jasa yang anda tawarkan.

 

6. Mintalah Rekomendasi Pelanggan Lama

Mencari pelanggan baru tidaklah mudah. Tetapi dengan rekomendasi dari pelanggan lama anda kepada teman atau keluarga mereka mendapatkan pelanggan baru dapat menjadi lebih mudah.
Anda mungkin mengasumsikan jika anda memberikan pelayanan dan produk yang berkualitas pelanggan lama anda akan merekomendasikan usaha anda kepada teman dan keluarga anda. Sebaliknya, jika anda tidak mendorong mereka untuk melakukannya sangat sedikit yang akan merekomendasikan bisnis anda kepada orang lain.

Anda bisa menanyakan orang lain yang dapat direkomendasikan oleh pelanggan lama anda setelah pelanggan lama anda puas mendapatkan pelayanan dari anda. Kemudian sebagai imbalannya anda bisa memberikan potongan harga khusus untuk pembelian selanjutnya.

 

 

7. Kendalikan Pengeluaran Anda

Apakah anda telah mengatur pengeluaran usaha anda dengan baik? Jika belum, mengendalikan pengeluaran usaha anda dan mengurangi pengeluaran yang tidak penting dapat menjadi cara mengembangkan usaha kecil anda yang efektif.
Dengan mengendalikan pengeluaran anda dapat meningkatkan laba bersih anda, dan dengan jumlah laba bersih yang lebih besar tersebut anda dapat berinvestasi untuk membuka cabang baru, meremajakan peralatan anda, atau berekspansi. Dibanding meminjam uang ke bank, menanam kembali keuntungan anda ke bisnis anda lebih baik dan aman. Untuk itulah mempunyai pengeluaran yang terkendali sangat penting untuk bisa menumbuhkan keuntungan anda.

 

 

8. Membangun Kemitraan

Kisah-kisah pengusaha yang telah menjadi terkenal dan sukses karena membangun kemitraan atau franchise usaha kecil mereka sangatlah banyak. Dan hal tersebut tidak hanya sekedar cerita. Jika Anda memiliki usaha kecil yang sukses dan memberikan keuntungan, anda dapat mengembangkan sistem yang memastikan orang lain untuk menduplikat kesuksesan Anda dengan sistem waralaba atau kemitraan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here