Beranda Ide Bisnis 15 Peluang Usaha Untuk Orang Tua Yang Cocok Untuk Anda

15 Peluang Usaha Untuk Orang Tua Yang Cocok Untuk Anda

1443
0
peluang usaha untuk orang tua, ide bisnis, peluang usaha

Apakah anda orang tua yang mencari cara untuk tetap produktif dan menghasilkan uang? Jika ya, artikel berikut akan memberikan 15 inspirasi peluang usaha untuk orang tua yang bisa anda coba.

Menjadi orang tua bukan berarti anda harus berdiam diri dan bergantung kepada orang lain dalam mendapatkan penghasilan yang cukup.

Terdapat berbagai peluang usaha untuk orang tua yang dapat dijalankan dengan baik terlepas dari semakin banyaknya anak muda yang memulai bisnis.
Memulai bisnis sebagai orang tua mempunyai kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki oleh anak muda. Misalnya, jaringan yang luas, pengalaman yang mendalam, dan keahlian yang sudah terasah.

Bahkan sebenarnya jumlah orang tua yang sukses menjadi pengusaha jauh lebih tinggi dibandingkan dengan anak muda. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Kauffman Foundation pengusaha sukses cenderung berusia paruh baya, yaitu 40 tahun atau lebih.

Oleh karena itu jika anda sudah tidak muda lagi jangalah berkecil hati dan ragu untuk memulai bisnis yang anda inginkan. Sebagai inspirasi anda, berikut 15 peluang usaha untuk orang tua yang cocok untuk anda.

 

1. Usaha Kue

ide bisnis untuk orang tua, peluang usaha untuk orang tua, bisnis, wirausaha
image credit : pexels.com

Membuat kue yang enak tidak hanya soal kreativitas dan kemampuan mengolah adonan. Dibutuhkan pengalaman dan keahlian yang sudah terasah.
Kedua karakteristik tersebut dipunyai oleh orang yang lebih tua dan dapat jauh mengungguli anak muda.

Jika anda mempunyai hobi membuat kue disaat muda, peluang usaha untuk orang tua yang cocok untuk anda adalah usaha kue rumahan. Modal yang anda butuhkan tidaklah besar. Anda hanya membutuhkan dapur anda dan beberapa peralatan memanggang seperti oven, kompor, blender, dan perlengkapan lainnya.

 

2. Usaha Daycare

usaha daycare, peluang usaha untuk orang tua, bisnis orang tua, ide bisnis, wirausaha
image credit : pexels.com

Merupakan sebuah fakta bahwa orang tua pada umumnya lebih sabar dan hebat dalam memberikan pengasuhan kepada anak. Pengalaman yang sudah terasah dalam memberikan pengasuhan juga menjadi modal yang penting dalam memulai usaha daycare.

Selain merupakan usaha yang cocok untuk orang tua, bisnis daycare juga termasuk usaha rumahan yang menjanjikan dan menguntungkan. Hal tersebut karena saat ini jumlah penduduk usia produktif yang muda sedang meningkat. Dan pada akhirnya akan menimbulkan jumlah anak-anak yang lebih banyak dibandingkan dulu.

 

3. Usaha Jasa Konsultasi

peluang usaha untuk orang tua, bisnis jasa konsultasi, wirausaha, ide bisnis
jasa konsultasi, peluang usaha untuk orang tua image credit : pexels.com

Sebagai orang yang sudah berusia tidak muda, anda mungkin telah bekerja puluhan tahun dalam suatu industri tertentu. Pengalaman kerja anda selama puluhan tahun tersebut pasti telah memberikan anda suatu keahlian dan keunggulan tersendiri di industri tersebut.

Manfaatkan pengalaman tersebut dengan memulai bisnis jasa konsultasi. Usaha bisnis jasa konsultasi termasuk peluang usaha untuk orang tua yang cocok anda jalankan karena dalam bisnis konsultasi yang dicari adalah keahlian dan pengalaman yang sudah teruji.

 

4. Usaha Pembukuan UKM

usaha pembukuan ukm, bisnis untuk orang tua, peluang usaha untuk orang tua
usaha pembukuan UKM, ide bisnis untuk orang tua (image via pexels.com)

Jika anda mempunyai pengalaman dibidang akuntasi atau pembukuan perusahaan usaha pembukuan UKM dapat menjadi peluang usaha untuk orang tua yang cocok bagi anda.

Usaha pembukuan UKM memberikan jasa untuk mencatatkan dan menyiapkan pembukuan keuangan mereka. Pembukuan keuangan yang rapi dan cermat sangatlah penting untuk memastikan suatu bisnis mendapatkan untung.

Tanpa pembukuan yang cermat suatu bisnis dapat jatuh bangkrut karena tidak mengetahui seberapa besar pengeluaran dan pendapatan mereka secara pasti. Selain itu usaha pembukuan UKM juga penting dalam menyiapkan laporan keuangan untuk mendapatkan pendanaan dari lembaga keuangan seperti Bank.

 

5. Usaha Merangkai Bunga 

usaha merangkai bunga, ide bisnis untuk orang tua, peluang usaha untuk orang tua
usaha merangkai bunga ide bisnis untuk orang tua

Merangkai bunga merupakan salah satu peluang usaha untuk orang tua. Hal tersebut karena merangkai bunga tidak memerlukan tenaga yang besar dan menghabiskan energi.
Yang diperlukan dalam usaha merangkai bunga adalah kejelian dan kreativitas untuk membuat rangkaian bunga yang indah.

Selain itu usaha merangkai bunga juga termasuk usaha yang dapat dimulai dengan modal kecil. Memulai usaha merangkai bunga dengan modal kecil tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan sistem preorder.

 

6. Usaha Penulis Lepas

Menulis tidak hanya dapat menghilangkan kepenatan dan menjadi sarana untuk berkreasi dengan kata. Menulis juga dapat menghasilkan uang yang tidak sedikit. Saat ini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan materi-materi untuk content marketing berupa artikel, blog post, eBook, dan berbagai konten tertulis lainnya.

Untuk memulai anda bisa membuat contoh-contoh tulisan anda dan mencari pekerjaan di situs-situs freelance seperti Sribulancer, Upwork, Freelancer.com, dan lainnya.

 

7. Usaha Sarang Burung Walet

Jika anda berlokasi di pedesaan atau pinggiran kota kecil salah satu peluang usaha untuk orang tua yang cocok bagi anda adalah usaha sarang burung walet.

Sarang burung walet merupakan komoditas langka yang bernilai tinggi untuk diekspor ke Singapura, Hongkong, Cina, dan Amerika. Harga perkilo dari sarang burung walet yang berkualitas bisa mencapai lebih dari USD 2,000 (sekitar Rp. 26 juta).

Untuk memulai bisnis ini anda harus mempunyai tanah dan bangunan yang dirancang khusus untuk menarik burung walet membuat sarang dibangunan yang anda punya.

 

8. Usaha Budidaya Jamur

Jamur saat ini sudah dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang digunakan dalam berbagai masakan ataupun olahan makanan.

Permintaan akan jamur di Indonesia sendiri cukup tinggi dan prospeknya masih bagus. Oleh karena itu, budidaya jamur merupakan salah satu peluang usaha untuk orang tua yang dapat anda coba jalankan.
Untuk memulai bisnis budidaya jamur anda harus mempunyai ruangan yang cukup untuk menaruh baglog (gelondongan kayu untuk bibit jamur) dan menciptakan kelembapan dan suhu yang cocok untuk tumbuh jamur.

Peluang dari bisnis ini tergolong sangat baik karena banyak sekali pelaku usaha jamur yang dapat menghasilkan puluhan juta rupiah dari bisnis jamur. Namun untuk mencapai tingkatan tersebut diperlukan keahlian untuk menciptakan kondisi ruangan, antisipasi hama, dan pemilihan bibit yang baik.

 

9. Bisnis Event Organizer

Jika anda termasuk orang yang memperhatikan detail, terorganisir, dan cermat maka salah satu peluang usaha yang cocok untuk anda adalah bisnis event organizer.

Bisnis event organizer sangat membantu dalam membuat suatu acara spesial berjalan dengan baik dan sesuai harapan. Untuk memastikan hal tersebut diperlukan persiapan yang memakan waktu dan tenaga yang tidak sedikit.

Oleh karena itu tidak sedikit mereka yang memiliki kesibukan memilih untuk menggunakan event organizer untuk membantu persiapan acara-acara yang akan mereka langsungkan.

 

10. Bisnis Laundry

Hampir setiap orang memerlukan baju yang bersih dan wangi untuk beraktivitas sehari-hari. Namun, mencuci dan mensetrika baju adalah pekerjaan yang cukup memakan waktu.

Tidak sedikit orang yang tidak bisa mencuci baju mereka sendiri atau tidak bisa mencuci baju mereka karena masalah keterbatasan waktu, tidak praktis dan berbagai alasan lainnya.

Untuk itu selalu terdapat permintaan untuk jasa laundry. Terutama di daerah perkotaan yang mempunyai ritme kerja yang cepat dan sibuk bisnis laundry dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan.
Usaha laundry juga termasuk peluang usaha yang cocok untuk orang tua karena relatif sederhana dan tidak memerlukan keahlian khusus.

 

11. Bisnis Furnitur

Indonesia kaya dengan kayu-kayu yang berkualitas dan keahlian pengrajin furnitur yang tidak perlu diragukan lagi keahliannya. Jika anda hobi membuat desain furnitur yang menarik, dan mempunyai keahlian pemasaran yang baik bisnis furnitur dapat memberikan keuntungan yang menggiurkan.

Bisnis furniture mempunyai pasar yang luar biasa besar. Tidak hanya pasar domestik, pasar ekspor untuk bisnis furniture Indonesia juga besar dan mempunyai peluang yang besar. Tercatat pada tahun 2017 nilai ekspor Indonesia sebesar USD 1,6 miliar. Nilai tersebut masih jauh dibawah nilai ekspor dari negara-negara tetangga, seperti nilai ekspor mebel Vietnam tahun 2015 mencapai USD 6,9 miliar dan Malaysia sebesar USD 2,4 miliar.

Baca Juga : Panduan Cara Ekspor Barang Ke Luar Negeri Untuk Pemula

 

12. Usaha Bubur Ayam

Apakah anda suka dengan bubur ayam? Kebanyakan orang suka makan bubur ayam. Tidak heran jika usaha bubur ayam termasuk usaha kuliner yang menjamur di masyarakat Indonesia.

Walaupun terdapat banyak saingan, terdapat banyak sekali bisnis bubur ayam yang sukses. Terutama usaha bubur ayam yang membawa inovasi dan menonjolkan suatu keunikan tertentu. Contohnya bubur ayam barito yang mempunyai keunikan dengan topping cheese stick dan telor ayam kampung setengah matang.

 

13. Bisnis Desain Interior

Desain interior sangatlah berpengaruh terhadap atmosfir dan keindahan suatu ruang. Selain itu desain interior tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan keindahan dari suatu ruang, desain interior juga penting dalam memaksimalkan aspek fungsionalitas terhadap ruang.

Sebagai contoh, desain rencana lantai (floor plan) dari suatu café mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap kesuksesan dari café tersebut. Hal tersebut karena desain interior dari café mempunyai pengaruh yang kuat terhadap atmosfir yang ditimbulkan dari café tersebut. Dimana hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kemampuan café untuk menarik calon pelanggan. Selain itu, desain interior dari café juga mempengaruhi jumlah meja dan kursi maksimal dari café yang mempunyai pengaruh kuat terhadap potensi pendapatan maksimal dari suatu café.

Nah jika anda mempunyai kemampuan untuk merancang ruang untuk memberikan fungsionalitas maksimal dan menimbulkan atmosfir yang diinginkan oleh klien, bisnis desain interior dapat menjadi peluang usaha yang cocok untuk anda.

 

14. Bisnis Pembuatan dan Perawatan Taman

Jika anda mempunyai hobi berkebun dan menata taman, ini peluang usaha untuk orang tua yang bisa anda jalankan. Keberadaan taman di suatu rumah atau gedung memberikan kesegaran, nuansa sejuk dan alami yang tidak ternilai harganya. Bahkan taman yang indah dari suatu rumah atau gedung dapat mempengaruhi nilai sewa atau jual dari properti tersebut.

Dari segi bisnis, peluang usaha yang satu ini mempunyai potensi keuntungan yang tidak bisa diremehkan. Pelaku usaha di bisnis ini bisa meraup omzet lebih dari Rp 40 juta per bulan. Contohnya, Guntoro Nugroho pelaku usaha taman di Semarang ini menekuni bisnis tersebut sejak tahun 1996.

Dari pengakuannya Guntoro mematok tarif jasa pembuatan taman rata-rata Rp 5 juta untuk taman perumahan. Sedangkan untuk gedung perkantoran, tarifnya bisa mencapai Rp 100 juta.
Tidak hanya membuat taman, Guntoro juga menyediakan jasa perawatan taman dengan tarif yang dipatok berkisar Rp 100.000-Rp 400.000 per kunjungan. “Jika ada kerusakan dan diperlukan pergantian tanaman ataupun perawatan intensif biayanya bisa lebih besar,” katanya.

Guntoro mengatakan, rata-rata omzetnya setiap bulan sekitar Rp 25 juta hingga Rp 40 juta. Untuk mengatasi ketatnya persaingan di bisnis ini, Guntoro melakukan inovasi dengan membuat klasifikasi jenis order, yakni dari grade A sampai C. “Grade menentukan besaran biaya dan kualitas tanaman,” ujarnya.

 

15. Bisnis Kursus Online

Saat ini belajar melalui media internet bukanlah suatu hal yang asing dilakukan. Sudah banyak sekali universitas yang menawarkan kuliah jarak jauh dengan online baik secara penuh maupun sebagian.

Trend belajar secara online tersebut tidak hanya untuk pendidikan formal, pendidikan non formal seperti kursus juga semakin banyak yang dilakukan secara online. Mulai dari menjahit, fotografi, desain grafis, menulis, bahkan memulai toko online dapat dipelajari secara online.

Meledaknya bisnis kursus online tersebut tidak terlepas dari perkembangan internet yang semakin maju dan munculnya marketplace yang mengumpulkan berbagai kursus disatu tempat seperti Udemy dan Linkedin Learning.

Oleh karena itu jika anda mempunyai suatu keahlian yang dapat diajarkan melalui media video, tulisan atau suara secara online maka anda dapat membangun suatu bisnis kursus online dengan modal keahlian tersebut dan kemampuan anda untuk membuat konten pelajaran yang informatif dan menarik. Setelah membuat konten pelajaran tersebut anda bisa bergabung di Udemy dan Linkedin Learning untuk mulai memperoleh murid dan penghasilan tambahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here