usaha modal 1 juta di kampung
image credit : pexels.com

Memulai usaha di desa dan kampung dengan modal 1 juta? Apakah bisa dilakukan? Tentu saja bisa! Di zaman yang semakin modern ini dan penuh dengan peluang semakin banyak peluang usaha modal 1 juta di desa dan kampung yang menjanjikan.

Banyak orang yang bingung membuka usaha apa di kampung atau desa karena melihat desa atau kampung mereka yang sepi, tidak ada sumber daya alam yang dapat dijadikan bahan baku atau kurangnya akses pasar.

Tetapi pada kenyataannya tidak sedikit mereka yang sukses berbisnis di desa dan kampung. Contohnya Mita yang sukses berbisnis di desa dengan bisnis sapi perah, dan Idah yang sukses berbisnis batako di Cianjur.

 

Usaha Modal 1 Juta Di Desa dan Kampung 

Melihat banyaknya pebisnis yang sukses di kampung tersebut anda harus membangun motivasi anda untuk memulai berbisnis meskipun dimulai dari usaha yang kecil-kecilan.

Anda juga tidak perlu membatasi dengan modal yang kecil karena sejatinya modal dapat anda cari dari orang lain asalkan anda mau berusaha dan jujur.

Untuk memupuk rasa percaya orang lain tersebut anda bisa memulai bisnis kecil-kecilan yang kemudian menjadi bukti bahwa anda merupakan pebisnis yang gigih dan jujur. Nah sebagai referensi untuk anda berikut 10+ peluang usaha modal 1 juta di desa dan kampung yang menjanjikan.

 

1. Usaha Hadiah Unik

usaha hadiah unik, usaha modal 1 juta di kampung yang menjanjikan
usaha hadiah unik – usaha modal 1 juta di kampung yang menjanjikan

Anda gemar membuat kerajinan tangan dan kreatif? Jika ya maka tidak ada salahnya anda mencoba peluang usaha hadiah unik untuk dijalankan di kampung anda.

Anda dapat memulai usaha yang satu ini dengan modal 1 juta saja karena bahan-bahan untuk membuat hadiah unik tidaklah mahal. Meskipun harga bahan bakunya tidak mahal tetapi nilai jualnya sangatlah tinggi karena nilai tambah kreativitas dari usaha hadiah unik sangatlah besar.

Beberapa contoh hadiah unik yang dapat anda tawarkan seperti scrapbook, miniatur room in frame, explosion box, lukisan potret, dan masih banyak lagi.

Anda cukup membuat satu sample sebagai contoh berjualan dan kemudian anda dapat mengenakan sistem preorder untuk mendapatkan modal membeli bahan-bahan yang diperlukan. Sedangkan untuk pemasaran dan distribusi anda dapat memanfaatkan Instagram, Tokopedia dan Bukalapak yang tidak membutuhkan biaya.

 

2. Usaha Makanan Kemasan

usaha snack, usaha modal 1 juta di kampung
usaha makanan kemasan – usaha modal 1 juta di kampung

Anda mungkin pernah mendengar tentang rendang, dendeng, sambal atau makanan jadi lain yang dijual dalam kemasan melalui media online.

Berkembangnya usaha makanan kemasan seperti rendang, dendeng dan lainnya menunjukkan bahwa terdapat pasar untuk bisnis tersebut yang sedang berkembang. Oleh karena itu usaha makanan kemasan termasuk salah satu peluang usaha di desa dan kampung yang menjanjikan.

Anda dapat mencari apa makanan khas di kampung anda yang mempunyai rasa unik dan enak untuk kemudian dijual dalam bentuk kemasan. Untuk mengemas makanan anda memerlukan suatu mesin sealing dan vacuum yang dapat anda beli dengan harga beberapa ratus ribu.

 

3. Menjadi Youtuber

Jika anda sudah mempunyai HP yang cukup mumpuni untuk membuat video FullHD maka tidak ada salahnya untuk memulai usaha dengan modal HP tersebut, kreativitas dan investasi waktu anda.

Menjadi Youtuber yang sukses memang tidaklah mudah, anda harus membuat konten yang menarik secara konsisten dan gigih dalam meningkatkan jumlah subscriber. Anda mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama hingga bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan sebagai seorang Youtuber.

Tetapi jika anda sukses mengumpulkan subscriber dalam jumlah yang mencapai ratusan ribu atau bahkan jutaan maka pendapatan yang anda dapat akan sepadan dengan perjuangan yang anda lakukan.

Untuk menjadi Youtuber di kampung anda membutuhkan akses internet yang cukup baik untuk mengupload video dan kemudian menyebarkan video itu di dunia internet. Usaha yang satu ini dapat anda jalankan jika sudah ada akses internet unlimited yang terjangkau seperti Desa Digital Kominfo atau Warung Wifi yang murah.

 

4. Usaha Reparasi Handphone

ide bisnis dengan modal smartphone, bisnis modal hp, ide bisnis modal kecil, bisnis dengan modal smartphone
image credit : pexels.com

Saat ini sudah banyak orang di kampung dan di desa yang mempunyai dan menggunakan handphone setiap harinya. Dengan semakin terjangkaunya handphone dan banyaknya orang yang menggunakan handphone maka usaha reparasi handphone saat ini juga dapat dijalankan di kampung.

Untuk usaha reparasi handphone kamu sebelumnya memerlukan perlengkapan reparasi handphone yang dapat kamu temukan dengan mudah di Tokopedia, Bukalapak dan marketplace lainnya dengan harga sangat murah.
Anda juga membutuhkan PC rakitan murah yang dapat digunakan untuk memperbaiki sistem operasi dan software dari suatu handphone.

Untuk menghemat modal anda juga dapat memulai usaha yang satu ini dirumah dan kemudian memasarkan jasa reparasi handphone tersebut dengan mengirimkan Whatsapp ke setiap orang yang anda kenal dan meminta mereka mempromosikan bisnis anda. Anda juga dapat membuat beberapa brosur dan menempelkannya ditempat-tempat strategis yang ramai di kampung anda.

Baca Juga : 7 Ide Bisnis Dengan Modal Smartphone Yang Bisa Kamu Coba

 

5. Usaha Bubur Ayam

Jika anda tinggal di kampung atau desa yang sudah cukup berkembang dan ramai maka usaha bubur ayam dapat menjadi salah satu usaha modal 1 juta di kampung yang menjanjikan.

Usaha bubur ayam sejatinya tidak membutuhkan modal yang besar karena hanya membutuhkan perlengkapan masak yang sederhana, dan tidak membutuhkan bahan masakan yang rumit.

Anda dapat membeli gerobak bekas dengan harga murah. Jika anda tidak bisa menemukan gerobak bekas murah maka tidak ada salahnya untuk berjualan di depan rumah anda jika lokasi rumah anda dekat dengan keramaian atau dengan mencari mitra usaha yang bisa menyediakan gerobak atau tempat.

 

6. Usaha Konsultan Kosmetik

Jika kamu mempunyai ketertarikan dalam bidang tata rias dan kosmetik maka salah satu usaha modal 1 juta yang menjanjikan di kampung atau desa adalah usaha konsultan kosmetik. Usaha ini cukup menjanjikan di desa yang sudah cukup maju atau berkembang dan dihuni oleh warga yang mempunyai minat tinggi untuk merias diri.

Saat ini sangat banyak perusahaan yang membuka peluang usaha untuk menjadi konsultan kosmetik independen yang dapat memberikan keuntungan cukup besar sebesar 20-30%. Beberapa contohnya yang terkesal seperti Oriflame dan Jafra.

Baca Juga : 9 Peluang Usaha Yang Cocok Di Desa dan Menguntungkan

 

7. Usaha Kopi Keliling

Jika kampung anda mempunyai tempat wisata yang cukup ramai dikunjungi wisatawan maka salah satu usaha modal 1 juta di kampung yang menjanjikan yang dapat anda jalankan adalah usaha kopi keliling.

Usaha ini mengharuskan anda membawa termos, puluhan renceng kopi sachet, teh, minuman sachet lain serta cemilan kecil lain dengan sepeda  anda. Kemudian anda dapat menjajakan kopi, minuman ringan lain dan cemilan kecil tersebut di tempat wisata yang cukup ramai tersebut.

Meskipun usaha yang satu ini terlihat tidak menjanjikan dan skalanya yang sangat kecil tetapi sebenarnya banyak pengusaha mikro ini yang mempunyai penghasilan diatas UMP dan cukup untuk menghidupi mereka.

8. Jasa Menulis Freelance

Jika anda senang menulis dan dapat menghasilkan tulisan yang menarik maka salah satu usaha di desa dan kampung yang dapat anda lakukan adalah menawarkan jasa menulis freelance.

Anda dapat menghasilkan uang dengan membuka jasa penulisan artikel untuk blog, news release perusahaan, membuat konten, ghostwriting atau pekerjaan penulisan lainnya. Anda bisa memanfaatkan platform marketplace freelance seperti Sribulancer.com, Freelancer.com, Upwork.com dan berbagai marketplace freelance lainnya.

Untuk memulai menawarkan jasa menulis freelance anda memerlukan sebuah laptop, anda dapat membeli laptop bekas dengan harga 1 jutaan dan sisanya untuk membeli paket data untuk sambungan internet. Dengan modal sambungan internet dan laptop tersebut anda bisa mulai menawarkan jasa menulis anda secara online dan bekerja dari manapun anda mau.

 

9. Usaha Perhiasan Buatan Tangan

Salah satu peluang usaha di desa dan kampung modal 1 juta yang menjanjikan dalam bidang kerajinan adalah usaha perhiasan buatan tangan atau handmade.

Bisnis perhiasan dan aksesoris adalah pasar yang besar yang pembelinya mencakup pasar domestik dan pasar internasional. Apalagi menurut Kementerian Perindustrian pasar ekspor perhiasan buatan tangan potensinya masih terbuka lebar.

Anda bisa menawarkan perhiasan perak, besi berlapis emas, ataupun bahan lain seperti manik-manik, renda, kayu dan lainnya. Untuk membantu anda dalam menjual produk anda, anda dapat menjualnya di marketplace khusus seperti Qlapa.com untuk pasar lokal dan Etsy.com untuk pasar internasional.

 

10. Membuat Blog

Membuat dan menulis di blog sejak lama termasuk salah satu bisnis online yang menjanjikan dan dapat dimulai dengan modal kecil dimanapun anda berada. Bahkan tidak sedikit blogger yang menghasilkan penghasilan yang fantastis dari bisnis yang satu ini melalui iklan, penjualan produk digital atau melalui affiliate marketing.

Anda dapat memulai bisnis ini dengan modal Rp. 1 jutaan dengan membeli laptop bekas dan untuk membeli hosting yang berkualitas, domain, serta theme wordpress yang menarik. Jika anda ingin memulai bisnis blog anda bisa membaca artikel kami di Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Dengan Blog.

 

11. Bisnis Affiliate Marketing

Jika anda ingin menghasilkan uang dengan merekomendasikan sesuatu produk atau jasa yang menurut anda bagus atau berguna kepada orang lain maka anda bisa mencoba untuk menjalani bisnis affiliate marketing.

Dalam bisnis affiliate marketing anda harus mempromosikan suatu produk dan jasa kepada orang lain dan jika orang lain tersebut membeli produk atau jasa tersebut melalui suatu link khusus yang diberikan oleh perusahaan maka anda akan memperoleh komisi atas penjualan tersebut. Dengan skema kerjasama tersebut anda tidak perlu memikirkan stok barang, menghadapi komplain pelanggan, mengatur pengiriman dan lainnya.

Saat ini banyak sekali perusahaan yang menawarkan peluang untuk menjadi affiliate, beberapa diantaranya Tokopedia ByMe, Bukalapak, Tiket.com, perusahaan-perusahaan hosting website, dan masih banyak lagi.

 

12. Bisnis Budidaya Ikan

Jika anda mempunyai lahan yang dapat dimanfaatkan untuk membuat kolam ikan dengan terpal anda bisa mencoba bisnis budidaya ikan. Bisnis budidaya ikan lele khususnya termasuk usaha modal 1 juta di desa dan kampung yang menjanjikan karena pertumbuhan lele yang pesat dan nilai jualnya yang juga tinggi.

Untuk sukses berbudidaya ikan dengan modal terbatas anda harus mempunyai modal pengetahuan yang cukup dan mumpuni, khususnya terkait dengan bagaimana meningkatkan tingkat kemampuan bertahan hidup bibit lele, serta pengaturan pakan dan vitamin yang efektif.

 

Penutup Usaha Di Desa dan Kampung

Memulai usaha di desa dan kampung tidaklah mudah, terdapat tantangan dan hambatan yang harus dihadapi untuk bisa sukses berusaha di desa dan kampung yang terkadang memiliki akses pasar, keterbatasan infrastruktur dan sumber daya keuangan yang terbatas.

Dengan berbagai kondisi unik di daerah desa dan kampung tersebut tidak semua usaha cocok dijalankan di desa dan kampung. Memilih usaha yang tepat dalam hal ini sangat mempengaruhi kemungkinan untuk bisa sukses. 12 peluang usaha di desa dan kampung yang menjanjikan diatas tersebut hanya sebagian contoh untuk inspirasi anda dalam memulai usaha dan masih banyak peluang usaha lain yang dapat anda jalankan di desa anda sesuai dengan kondisi dan kemampuan di desa atau kampung anda.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here