bingung mau usaha apa ya
image credit : pexels.com

Bagi seorang calon pengusaha yang baru ingin memulai bisnis, salah satu masalah yang sering muncul adalah bingung mau bisnis apa.

Memilih bisnis yang tepat memang dapat membingungkan karena banyak orang tidak mengetahui apa saja bisnis yang menjanjikan atau cocok untuk mereka.

Selain itu juga ada faktor-faktor lain seperti keterbatasan modal usaha, keahlian dan juga pengalaman yang dibutuhkan untuk berbagai bisnis.

Nah untuk kamu yang sedang bingung mau usaha apa kami akan membagikan 4 tips untuk membantu kamu memilih apa usaha yang tepat dan setelahnya kami akan membagikan 7 ide bisnis dan usaha yang bisa kamu coba dan menjawab kebingungan kamu untuk memilih usaha.

 

Bingung Mau Usaha Apa? Ini 4 Tips Untuk Memilih Usaha Yang Tepat

bingung mau usaha apa ya, tips mencari ide bisnis yang tepat
image credit : pexels.com

Untuk menghilangkan kebingunan kamu dalam memilih usaha yang tepat kamu dapat melakukan beberapa tips sebagai berikut:

1. Mulai Dari Minat Kamu

Motivasi yang kuat dalam bidang bisnis kamu merupakan salah satu modal penting dalam sukses tidaknya bisnis kamu. Memulai bisnis tidaklah mudah dan kamu mungkin akan menemui banyak tantangan dalam bisnis kamu.

Untuk mengatasi tantangan-tantangan dan kegagalan yang mungkin terjadi kamu harus mempunyai minat yang kuat dibidang tersebut.

Jika kamu mempunyai minat terhadap fotografi maka mulailah dengan mencari-cari ilmu sedalam-dalamnya tentang fotografi dan kamu mungkin akan menemukan masalah yang dapat kamu pecahkan dan jadikan suatu bisnis.

2. Pertimbangan Keahlian Kamu

Setiap bisnis yang sukses didukung oleh keahlian dari orang-orang yang terlibat didalamnya yang membentuk suatu kompetensi inti (core competence).

Kompetensi inti merupakan komponen utama dari setiap bisnis, usaha nasi padang misalnya mempunyai kompetensi inti berupa kemampuan tukang masak untuk membuat masakan padang yang enak.

Sebagus apapun rumah makan padang tentu tidak akan sukses jika tidak didukung oleh kompetensi inti tersebut. Sebaliknya walaupun rumah makan padang tersebut sederhana tetapi jika dapat menyajikan masakan yang enak maka lebih besar kemungkinannya untuk sukses.

3. Memilih Bisnis Dari Masalah

Salah satu cara menemukan peluang usaha yang menjanjikan adalah dengan mencari masalah dan membuat solusi untuk masalah tersebut.

Terdapat berbagai cara untuk menemukan masalah yang dapat menjadi dasar ide bisnis anda. Anda bisa memulai dari masalah anda sendiri, masalah keluarga atau teman anda atau bahkan dari masalah yang ada dimasyarakat.

Nadiem Makarim pendiri Go-Jek merupakan salah satu contoh pengusaha yang mendapatkan ide bisnis dari pengamatan masalah. Nadiem mempunyai ide bisnis pemesanan ojek melalui aplikasi karena dia melihat ojek merupakan salah satu potensi solusi kemacetan di Jakarta.

4. Mengamati Trend

Jika kamu bingung mau usaha apa kamu dapat mengamati trend untuk menemukan jawabannya. Dengan mengamati trend kamu dapat menemukan peluang yang sedang bertumbuh dan menghindari peluang usaha yang sedang suram.

Untuk mengamati trend kamu perlu melakukan pengamatan secara cermat dari sosial media, atau bertanya kepada target pasar anda. Selain itu kamu juga dapat mencari perkembangan trend yang ada dengan menggunakan Google Trend.

cara menemukan ide bisnis yang menjanjikan, google trend
cara menemukan ide bisnis yang menjanjikan google trend

 

8 Contoh Bisnis Menjanjikan Untuk Yang Bingung Mau Usaha Apa

cara memulai usaha tas rumahan, bingung mau usaha apa ya
image credit – pexel.com

Kami sebelumnya telah membagikan beberapa tips untuk membantu kamu dalam menemukan ide bisnis yang tepat. Namun, jika kamu masih bingung mau bisnis apa berikut kami berikan 8 contoh bisnis yang menjanjikan.

 

1. Usaha Cuci Motor

Bisnis cuci motor merupakan salah satu usaha yang dapat kamu lakukan jika kamu bingung mau usaha apa. Hal tersebut karena bisnis cuci motor tergolong sederhana, mudah dipahami dan modal untuk memulainya relatif terjangkau.

Bisnis cuci motor termasuk usaha yang menjanjikan karena motor merupakan moda transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Disisi lain masyarakat perkotaan sekarang makin sibuk dan terkadang tidak mempunyai waktu atau lebih menyukai kepraktisan, sehingga bisnis cuci motor dapat berkembang dengan baik.

Baca Juga : Rincian Modal Usaha Cuci Motor Sederhana dan Tips Suksesnya

2. Usaha Kerajinan Tangan

Jika kamu mempunyai jiwa yang kreatif dan gemar membuat sesuatu dari tangan sendiri usaha kerajinan tangan dapat menjadi jawaban bingung mau usaha apa untuk kamu.

Usaha kerajinan tangan dapat dimulai dengan modal kecil, dan potensi pasarnya juga cukup menjanjikan. Kerajinan tangan yang unik dapat dijual untuk pasar ekspor. Dimana pada tahun 2018 diprediksi ekspor kerajinan tangan mencapai USD 776 juta.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Handmade Dalam 4 Langkah

3. Usaha Blogging

Apakah kamu mempunyai ketertarikan mendalam dalam suatu bidang atau hobi? dan apakah kamu gemar menulis serta berkutat dengan teknologi?

Jika jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah ya maka usaha blogging dapat menjadi solusi bingung mau usaha apa untuk kamu.

Usaha blogging dapat kamu pilih karena bisnis yang satu ini hanya membutuhkan modal yang relatif kecil. Contohnya Rp. 450 ribu sudah cukup untuk langganan hosting dan domain di Dewaweb selama satu tahun.

Dengan hosting dan domain tersebut kamu kemudian dapat membuat konten-konten yang menarik sesuai dengan minat dan bakat kamu. Setelah blog kamu mendapatkan pengunjung cukup banyak kamu dapat menghasilkan uang dari iklan Google Adsense, MGID, bisnis affiliate atau bahkan dari berjualan produk sendiri di blog anda.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog di Tahun 2019

4. Usaha Agen Jasa Pengiriman

Tidak dapat dipungkiri lagi jika bisnis jasa pengiriman sedang berkembang dengan cukup pesat karena pertumbuhan bisnis toko online yang luar biasa di Indonesia.

Dengan potensi pertumbuhan yang masih sehat tersebut usaha agen jasa pengiriman dapat kamu pilih jika kamu bingung mau usaha apa. Hal tersebut karena usaha agen jasa pengiriman tidak memerlukan modal yang besar.

Modal usaha untuk bisnis agen jasa pengiriman adalah tempat yang strategis dan memiliki potensi pasar yang bagus. Selain itu kamu juga mungkin membutuhkan modal antara 5 juta sampai 10 juta untuk bergabung dengan perusahaan jasa pengiriman seperti JNE, TIKI dan lainnya.

5. Usaha Kuliner 

Ya, usaha kuliner dapat menjadi pilihan kamu dalam memulai usaha baru karena banyak sekali usaha kuliner yang dapat dimulai dengan modal kecil. Bisnis bubur ayam misalnya dapat dimulai dengan modal 1 juta.

Usaha kuliner memang tidak ada matinya karena orang Indonesia sangat gemar makan makanan yang enak dan jajan diluar. Selain itu usaha kuliner di Indonesia termasuk salah satu sektor usaha yang mempunyai perkembangan cukup pesat. Setiap tahunnya usaha kuliner tumbuh lebih cepat dibandingkan ekonomi secara keseluruhan.

Baca Juga : 20 Usaha Makanan Yang Laris : Inspirasi Bisnis Kuliner Modal Kecil

6. Usaha Frozen Food

Usaha frozen food merupakan salah satu usaha yang trendnya terus meningkat dari tahun ketahun melihat dari grafik Google Trend.

Tumbuhnya trend frozen food tidak mengherangkan mengingat saat ini masyarakat perkotaan semakin sibuk dan semakin menghargai kepraktisan. Frozen food merupakan salah satu solusi yang hemat dan praktis untuk masyarakat perkotaan yang malas menghabiskan waktu untuk memasak.

Selain itu usaha frozen food juga dapat dimulai dengan modal kecil. Kamu dapat memulai dengan menjadi reseller dengan modal freezer ukuran sedang dan membeli frozen food secara grosir dari distributor. Kemudian kamu dapat menjualnya dari pintu ke pintu untuk mencari pembeli.

 

7. Usaha Service AC

Saat ini AC semakin banyak digunakan dirumah-rumah ataupun perkantoran karena semakin panas udara perkotaan dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat di Indonesia.

Meningkatnya penggunaan AC membuka peluang usaha service AC menjadi salah satu usaha yang sangat menjanjikan di kota-kota besar.

Memulai usaha service AC juga tidak memerlukan modal yang besar, modal utama anda adalah keahlian untuk membersihkan AC, menambah freon serta mengganti sparepart yang rusak.

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here