cara mengembangkan umkm yang efektif, mengembangkan umkm
image credit : pixabay

Bagaimana cara mengembangkan UMKM? Pertanyaan tersebut selalu muncul, tidak hanya dari pengusaha UMKM namun juga pemerintah dan pembuat kebijakan.

Potensi dari UMKM di Indonesia memang sangat besar. UMKM menyumbang 60% pendapatan ekonomi nasional dan menyerap 97% tenaga kerja. UMKM juga lebih tahan krisis dibandingkan dengan usaha besar, sehingga pengembangan terhadap UMKM sangat penting untuk ketahanan ekonomi nasional.

Disisi lain, UMKM saat ini masih belum mencapai potensi terbaiknya karena berbagai permasalahan yang menghambat perkembangan mereka. Untuk mengatasi masalah tersebut terdapat berbagai cara mengembangkan UMKM. Sebagai contoh berikut 10 cara mengembangkan UMKM yang paling ampuh versi IDNtrepreneur.

 

Strategi dan Cara Mengembangkan UMKM 

1. Branding Produk dan Bisnis

apple, branding, cara mengembangkan umkm
Apple sukses karena branding mereka – image credit : pixabay

Mempunyai branding yang kuat dan dikenal luas adalah salah satu cara mengembangkan UMKM menjadi usaha yang besar. Branding produk atau bisnis yang kuat dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, loyalitas jangka panjang, serta meningkatkan penjualan.

Membangun branding tidaklah mudah, anda perlu investasi waktu, biaya dan juga strategi yang tepat. Branding dimulai dengan mempunyai logo bisnis, desain kemasan, website, dan berbagai media promosi yang unik dan menarik.

Mendesain media promosi tersebut dulu tidaklah mudah ataupun murah. Untungnya saat ini Internet memungkinkan anda untuk melakukannya dengan lebih murah dan mudah.

Anda dapat memperoleh berbagai konsep logo bisnis, desain kemasan, website dan kebutuhan media promosi yang unik dan menarik dengan harga sangat terjangkau dengan harga mulai USD 5 menggunakan Fiverr.

Setelah mempunyai beberapa konsep desain dari Fiverr atau desainer lainnya anda harus terlebih dahulu melakukan survey pasar sebelum memproduksinya dalam bentuk fisik.

Untuk survey pasar tersebut anda dapat mengetes konsep desain promosi seperti apa yang benar-benar tepat untuk bisnis anda dengan menggunakan Facebook dan memposting konsep tersebut di beberapa grup Facebook relevan yang cukup aktif dan mempunyai jumlah anggota cukup banyak.

 

2. Mengikuti Pameran Bisnis

pameran dagang, cara mengembangkan UMKM
image credit : pixabay

Pameran bisnis merupakan kesempatan yang bagus untuk bertemu dengan calon-calon pelanggan baru yang dapat meningkatkan penjualan anda.

Tidak hanya itu, pameran bisnis juga dapat mempertemukan anda dengan calon mitra yang mungkin dapat membantu anda menembus pasar-pasar baru. Misalnya pameran bisnis skala internasional atau regional dapat membuka kesempatan anda untuk menembus pasar ekspor.

Untuk mengikuti pameran bisnis anda dapat mencari informasi di Dinas Koperasi dan UMKM setempat. Anda dapat mendatangi kantor mereka secara langsung ataupun melalui website. Selain itu anda juga dapat mencari informasi dari majalah-majalah wirausaha.

3. Aktif Dalam Komunitas Bisnis

Terdapat berbagai manfaat positif dari networking untuk UMKM. Manfaat-manfaat tersebut mempunyai pengaruh yang cukup signifikan untuk kemajuan bisnis UMKM anda.

Dengan membangun jaringan yang luas anda dapat memperluas dan membuka kesempatan-kesempatan yang baru. Anda mungkin dapat memperoleh pelanggan, mitra bisnis, atau bahkan investor dari jaringan anda.

Tidak hanya itu, aktif dalam komunitas bisnis memberikan pengaruh positif dalam perkembangan pribadi anda dan membuka wawasan anda. Jim Rohn seorang entrepreneur, penulis dan motivator sukses yang juga menjadi mentor bagi Tony Robbins mengatakan bahwa “anda adalah rata-rata dari 5 orang yang paling banyak bersama dengan kamu”.

Jika anda dapat memperluas jaringan dan membuat anda dikelilingi oleh orang-orang yang mempunyai tekad kuat untuk mengembangkan bisnis mereka maka anda juga akan memperoleh dorongan dan dukungan yang baik dari jaringan anda.

4. Menerapkan Akuntansi Manajemen

Akuntasi manajemen adalah salah satu cabang bidang akuntansi yang fokus kepada pengumpulan, analisa dan penyajian informasi untuk keperluan internal bisnis dalam mengambil sebuah keputusan.

Akuntansi manajemen termasuk salah satu cara mengembangkan UMKM yang ampuh, karena anda dapat mengambil keputusan yang lebih baik, menghindari risiko yang tidak layak, mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi dan juga meningkatkan efisiensi operasional bisnis anda.

Untuk menerapkan akuntansi manajemen anda dapat mempekerjakan seorang ahli dibidang tersebut. Jika anda tidak mempunyai biaya untuk itu anda bisa mengikuti online course singkat dari Udemy untuk mempelajari akuntansi manajemen.

 

5. Implementasi Standar Prosedur Operasi

Standarisasi prosedur merupakan hal yang lazim dilakukan diperusahaan-perusahaan besar. Standarisasi prosedur lazim diterapkan karena hal tersebut mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap efisiensi pekerjaan dan produktivitas.

Standarisasi prosedur dapat meningkatkan kualitas pelayanan, kualitas produk, mengurangi pemborosan bahan baku, dan meningkatkan potensi keuntungan anda. Oleh karena itu, implementasi standar prosedur operasi atau SOP merupakan salah satu cara mengembangkan UMKM yang efektif.

Untuk melakukannya anda terlebih dahulu harus mengidentifikasi langkah-langkah yang diperlukan dalam setiap proses produksi atau pemberian layanan. Kemudian anda menerapkan standar baku dalam setiap proses tersebut, mulai dari kegiatan yang dilakukan, berapa lama waktu yang dibutuhkan, apa saja bahan baku yang diperlukan dan bagaimana proses pengendalian kualitas yang diterapkan.

6. Maksimalkan Kekuatan Internet

Era digital membuka berbagai kesempatan yang sebelumnya tidak dapat diakses kecuali dengan anggaran yang besar. Anda dapat menjangkau pelanggan dengan jumlah besar dari daerah atau bahkan negara lain tanpa harus investasi besar untuk infrastruktur atau tenaga kerja.

Dengan terbukanya kesempatan-kesempatan tersebut, menggunakan fasilitas internet adalah salah satu cara mengembangkan UMKM yang paling efektif.

Terdapat beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk memaksimalkan internet dalam mengembangkan UMKM anda. Pertama, Anda dapat membuat website profil perusahaan anda untuk memperkenalkan bisnis anda kepada masyarakat.

Saat ini sangat mudah dan relatif murah untuk membuat website perusahaan. Sebagai contoh, Anda bisa mendapat hosting dan domain berkualitas untuk website perusahaan anda dari Dewaweb selama 1 tahun dengan harga mulai dari Rp. 480.000. Lalu untuk desainnya anda dapat menggunakan theme WordPress gratis.

Selain itu anda juga dapat menggunakan social media untuk promosi dan berinteraksi dengan pelanggan anda. Anda juga dapat membuka akun di berbagai online marketplace untuk menjajakan produk anda.

 

7. Investasi Di Sumber Daya Manusia

Dibalik setiap bisnis yang sukses selalu terdapat sumber daya manusia yang produktif dan berbakat dalam menjalankan berbagai aspek operasi bisnis tersebut.

Restoran yang sukses misalnya pasti membutuhkan koki yang pandai memasak, pelayan yang ramah dan cekatan melayani pelanggan dan manajer yang cermat mengawasi kelancaran operasi.

Pentingnya sumber daya manusia dalam UMKM mengharuskan suatu UMKM berinvestasi dalam pengembangan pekerja mereka jika ingin berkembang lebih jauh.

Berinvestasi disini tidak berarti anda harus menambah jumlah pegawai. Anda juga dapat berinvestasi dengan membuat program pelatihan yang lebih baik dan komprehensif sehingga mereka lebih produktif dan efisien.

 

8. Membuka Peluang Franchise atau Kemitraan

Salah satu cara untuk mengembangkan UMKM yang terbukti ampuh adalah dengan membuka peluang franchise atau kemitraan.

Membuka peluang franchise dapat membuat UMKM anda berkembang dengan memperluas pasar, meningkatkan nilai brand anda, dan meningkatkan volume produksi tanpa investasi baru dari sisi anda.

Begitu juga dengan kemitraan, anda dapat membuka berbagai pasar baru, mendapatkan pelanggan baru dan mendapatkan tambahan tenaga pemasar tanpa harus menanamkan uang anda sendiri.

Namun sebelum membuka peluang usaha franchise atau kemitraan pastikan anda sudah mempunyai konsep yang matang, serta berkonsultasi dengan profesional untuk memastikan anda dilindungi secara hukum untuk menghindari terjadinya pencurian rahasia dagang anda.

 

9. Kembangkan Program Member

Mendapatkan pelanggan baru membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Anda tidak bisa hanya mengandalkan pelanggan baru untuk mengembangkan UMKM anda.

Anda harus mempertahankan pelanggan lama anda untuk terus berbelanja di tempat anda agar UMKM anda bisa berkembang.

Salah satu cara untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan menggunakan program member atau loyalty.

Oleh karena itu program member atau loyalty termasuk salah satu cara mengembangkan UMKM yang ampuh.

Anda bisa memberikan promo khusus bagi pelanggan setia anda. Misalnya potongan sebesar Rp. 50 ribu untuk belanja kedua dengan minimal pembelian Rp. 200 ribu.

 

10. Investasikan Keuntungan Anda

Setiap bisnis membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya. UMKM juga tentu membutuhkan modal untuk membeli persediaan barang yang baru, mengembangkan produk baru, atau membuka cabang baru.

Tetapi berbeda dengan bisnis besar yang relatif UMKM terkadang sulit untuk mendapatkan pinjaman. Selain itu pinjaman juga tentu dapat membebani kesehatan keuangan UMKM karena biaya bunga yang cukup tinggi.

Oleh karena itu sumber modal terbaik adalah sisa keuntungan dari operasional usaha anda. Karena anda tidak perlu membayar bunga dan tidak terdapat biaya lain seperti provisi atau administrasi.

Untuk memaksimalkan penggunaan sisa keuntungan dalam berinvestasi di UMKM anda, anda harus melakukan perencanaan dan analisa sebelumnya. Pastikan pembelian persediaan baru, mesin baru atau membuka cabang baru dapat meningkatkan keuntungan anda dan bukannya hanya menambah pengeluaran.

Selain itu anda juga dapat menginvestasikan sisa keuntungan yang jumlah belum cukup untuk mengembangkan bisnis anda disarana investasi lain. Misalnya di deposito atau surat utang negara yang relatif aman.

Atau jika anda ingin mendapatkan keuntungan lebih anda bisa berinvestasi melalui Peer to Peer lending yang terpercaya seperti Koinworks untuk mendapatkan keuntungan mulai dari 14% per tahun dengan jaminan uang pokok sesuai grade yang berlaku.

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here