Beranda Strategi 4 Faktor Sukses Kepemimpinan Dari Startup Senilai Rp3 Triliun

4 Faktor Sukses Kepemimpinan Dari Startup Senilai Rp3 Triliun

9
0
4 faktor sukses kepemimpinan dari startup
4 faktor sukses kepemimpinan dari startup

Modal ventura dapat menjadi sumber modal yang terbaik sekaligus yang terburuk. Bergantung di mana Anda berada dalam empat tahap pertumbuhan bisnis anda apakah masih di tahap ide atau sudah bernilai $10 miliar. Modal ventura bisa menjadi sumber modal yang bagus saat Anda melakukan sprint ke penawaran umum perdana.

Meski begitu, VC dapat membantu atau merugikan pemimpin bisnis. Jika VC berinvestasi pada CEO dan merangkul visi startup, modal dan koneksi VC dapat sangat membantu. Jika tidak, VC dapat dan mungkin akan menggantikan CEO segera setelah perusahaan meleset dari ekspektasi pertumbuhan VC.

Hal ini terlintas dalam pikiran SonarSource yang berbasis di Jenewa, Swiss, penyedia teknologi yang memungkinkan pengembang untuk menulis kode dengan bersih dan memperbaiki kode yang sudah ada.

SonarSource yang berdiri tahun 2008 mempunyai pendapatan mencapai $200 juta. Startup ini tumbuh lebih cepat dari 50 persen per tahun, dan menguntungkan. Baru-baru ini SonarSource mendapatkan modal $412 juta dengan valuasi $4,7 miliar dan pelanggannya termasuk 80 perusahaan Fortune 100 termasuk IBM, Siemens, Microsoft, Barclays, dan Alphabet.

Salah satu pendiri dan CEO SonarSource adalah Olivier Gaudin. Dalam wawancara tanggal 19 April, dia membagikan empat faktor sukses kepemimpinan yang berkontribusi pada kesuksesan perusahaan.

1. Memecahkan masalah menyakitkan yang diabaikan orang lain.

Membeli layanan dari startup seringkali menjadi pengalaman buruk bagi pelanggan potensial. Itu karena meskipun produk startup cukup baik, namun mereka dapat kehabisan uang dan membuat Anda bergantung dengan perusahaan yang tidak memiliki sumber daya untuk mendukung Anda. Oleh karena itu, pelanggan potensial seringkali mengabaikan startup jika perusahaan besar menyediakan solusi masalah mereka.

Oleh karena itu, salah satu faktor sukses kepemimpinan yang dapat diambil adalah anda harus menawarkan pelanggan potensial solusi untuk masalah menyakitkan yang diabaikan oleh semua perusahaan besar di industri ini. Sebagian besar pendiri startup mengalami suatu masalah dan memutuskan untuk memulai sebuah perusahaan untuk menyelesaikannya.

Itulah yang dilakukan SonarSource. Setelah bertahun-tahun sebagai pengembang perangkat lunak, Gaudin menjadi manajer TI di sebuah perusahaan pemasaran di Prancis. Dia tidak bisa meyakinkan developer junior mengenai pentingnya memeriksa kode untuk membersihkan error sebelum merilisnya ke pengguna. SonarSource “membangun perangkat lunak untuk mengotomatiskan tinjauan kode menggunakan metodologi pengembangan perangkat lunak yang disebut CMMI 3. Kami merilisnya sebagai program sumber terbuka dan mulai sukses”.

2. Sesuaikan model bisnis Anda dengan modal terbatas.

Seorang pendiri harus menolak modal ventura dan menggunakan modal sendiri saat sebuah perusahaan berada pada tahap mencoba membangun produk yang akan digunakan secara antusias oleh pelanggan. Dengan demikian, pemimpin startup memiliki fleksibilitas yang jauh lebih besar untuk bereksperimen, dapat melakukan lebih banyak hal, dan memperbaiki apa yang tidak berhasil.

Keputusan SonarSource untuk menggunakan modal sendiri menekan mereka untuk menemukan cara murah untuk menambah pelanggan.

“VC akan mendorong kami untuk menjual produk yang belum dibuat. Sejak kami melakukan bootstrap, kami harus pergi ke pasar tanpa mempekerjakan banyak tenaga penjualan dan pemasaran.Dengan model open source, pelanggan dapat mengunduh perangkat lunak kami tanpa biaya. Kami sekarang memiliki 450.000 perusahaan yang menggunakan produk ini dan hanya 22.000 yang merupakan pelanggan komersial.”

Berdasarkan hal itu salah satu faktor sukses kepemimpinan yang dapat digunakan adalah sesuaikan model bisnis anda untuk memaksimalkan modal sendiri yang anda miliki.

Baca Juga:Bagaimana Memulai Bisnis Dengan Bootstrapping

3. Memberikan pelanggan solusi terbaik industri.

Perusahaan harus menyesuaikan strategi pemasarannya dengan berbagai kebutuhan pelanggan setelah mendapatkan pelanggan pertamanya. Disamping itu, perusahaan juga perlu membangun produk baru yang memecahkan masalah baru yang dihadapi pelanggan.

SonarSource memiliki empat “gerakan menuju pasar”. Yang pertama adalah penjualan yang dipimpin produk di mana pelanggan menggunakan produk dan menelepon perusahaan untuk membeli versi yang lebih kuat. Gerakan lain adalah mandat top-down dari kepala pengembangan aplikasi atau keamanan perusahaan, jelas Gaudin.

Sponsored

SonarSource memenangkan pelanggan karena produknya cepat, tepat, terintegrasi dengan baik dengan alat pengembangan, dan gratis untuk sebagian besar pelanggan. SonarSource mendapatkan umpan balik pelanggan dengan mengomunikasikan visinya dan bersikap autentik dengan komunitasnya.

Berdasarkan hal itu salah satu faktor sukses kepemimpinan yang dapat digunakan adalah memberikan pelanggan solusi terbaik yang belum ada di industri anda.

4. Bangun kekuatan Anda dan atasi kelemahan Anda.

Untuk meningkatkan skala dari ide menjadi bisnis bernilai miliaran, para pemimpin harus beradaptasi dengan perubahan persyaratan pekerjaan dan jujur dengan diri mereka sendiri tentang kekuatan dan kelemahan mereka.

Gaudin membangun kekuatannya. “Saya adalah programmer, bukan pebisnis. Saya memiliki intuisi yang kuat dan berhenti mempercayainya berdasarkan data. Saya melihat perusahaan dari perspektif pelanggan, karyawan, dan investor. Saya memahami motivasi mereka yang berbeda dan memberi mereka nilai, ” dia berkata.

Dia suka menjadi kontributor individu tetapi mundur untuk fungsi di mana dia tidak unggul. “Saya seharusnya tidak melakukan keuangan. Untuk fungsi seperti itu, saya membahas mengapa ada nilai dalam memecahkan masalah, berkontribusi dalam menentukan solusi, dan mendelegasikan implementasinya.”

Berdasarkan hal itu salah satu faktor sukses kepemimpinan yang dapat digunakan adalah bangun kekuatan anda dan atasi kelemahan anda.

Baca Juga:6 Strategi Membangun Merek Dengan Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Sponsored

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini