usaha sampingan di desa dan kampung
image credit: pexels.com

Apa contoh usaha sampingan di desa yang menjanjikan atau menguntungkan? Pertanyaan tersebut beberapa kali muncul di email penulis. Lokasi memang menjadi salah satu faktor penting dalam banyak bisnis.

Lokasi usaha dapat menentukan sukses tidaknya berbisnis. Hal ini karena lokasi sedikit banyak menentukan pasar yang dapat dijangkau, target pelanggan ideal, bahkan dapat mempengaruhi peluang untuk mendapatkan pendanaan yang baik.

Desa atau kampung dengan tingkat kepadatan penduduk yang lebih jarang serta aktivitas ekonomi yang lebih lambat dibandingkan daerah perkotaan memang bukan menjadi lokasi ideal untuk bisnis yang membutuhkan dukungan jumlah penduduk yang besar.

Tetapi disisi lain, terdapat juga usaha yang lebih cocok dijalankan di desa dengan karakteristiknya yang berbeda dengan daerah perkotaan tersebut. Nah sebagai referensi anda yang ingin memulai bisnis sampingan berikut 9 usaha sampingan di desa terbaik yang dapat anda coba.

1. Usaha Kerajinan Kayu

Berbagai kerajinan kayu dapat menjadi peluang usaha sampingan di desa yang menjanjikan. Salah satu contoh suksesnya Helmi yang menjual kerajinan radio kayu. Dengan bisnisnya tersebut Helmi dapat meraup omset mencapai Rp. 300 juta per tahun atau sekitar Rp. 25 juta perbulan.

Bisnis usaha kerajinan kayu termasuk usaha sampingan di desa yang menguntungkan karena lebih mudah mencari bahan baku yang diperlukan untuk membuat kerajinan. Selain itu biaya untuk membuat workshop juga akan lebih murah karena lokasi di desa cenderung lebih murah.

2. Usaha Ternak Ayam Kampung

Ayam kampung saat ini semakin laris dipasaran karena rasanya yang khas dan reputasinya yang baik sebagai alternatif yang lebih sehat dari ayam negeri. Selain itu harga ayam kampung cenderung lebih tinggi dan stabil dibandingkan harga ayam negeri yang lebih fluktuatif.

Melihat karakteristik harga dan permintaan pasar ayam kampung tersebut terdapat peluang bisnis yang cukup menjanjikan untuk menjalankan usaha ternak ayam kampung.

Usaha ini cocok sebagai usaha sampingan di desa karena lahan di desa yang lebih murah untuk dipergunakan sebagai lahan budidaya ayam kampung dan biaya pakan yang lebih murah apabila terdapat koperasi desa yang cukup aktif dalam bidang budidaya.

3. Usaha Minyak Atsiri

Minyak atsiri atau essential oil merupakan salah satu bahan penting dalam membuat berbagai obat tradisional seperti salep dan minyak gosok, parfum, pengharum, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya pengunaan minyak atsiri sebagai bahan baku produk lain atau untuk pemakaian sebagai pengharum, permintaan minyak atsiri cukup tinggi dan tergolong memberikan peluang keuntungan yang menjanjikan.

Pembuatan minyak atsiri membutuhkan suplai bahan baku yang cukup dengan kualitas yang segar. Jika anda berlokasi di desa yang mempunyai suplai bahan baku pembuatan minyak atsiri seperti cengkeh, mint, sereh, dan lainnya maka usaha minyak atsiri dapat menjadi pilihan usaha sampingan di desa anda.

Anda bisa membeli mesin destilasi portable yang dijual dengan harga 5 jutaan untuk mempermudah proses pembuatan minyak atsiri anda. Untuk penjualan anda bisa menjualnya melalui media online atau mencari pembeli melalui portal penjualan bisnis ke bisnis.

4. Usaha Budidaya Jamur

Jamur saat ini sudah menjadi konsumsi banyak orang dan dengan mudah ditemukan diberbagai supermarket dan pasar-pasar tradisional. Hal ini menunjukkan bahwa jamur sudah diterima dan memiliki pasar tersendiri.

Dengan perkembangan tersebut, usaha budidaya jamur menjadi salah satu usaha sampingan di desa yang menguntungkan. Tidak sedikit pengusaha yang meraih sukses dari bisnis budidaya jamur. Contohnya, Ahmad Sulton pemilik Bukit Jamur di Blitar yang sukses berbisnis jamur dengan merintisnya dari skala kecil bermodal 700 baglog dengan hasil panen 3-5 kg per hari menjadi bisnis dengan omset Rp 30 juta perbulan.

Jika desa anda memiliki iklim yang cocok untuk budidaya jamur maka bisnis ini dapat menjadi pilihan anda untuk mendapatkan rezeki.

5. Usaha Jualan Online

Majunya teknologi saat ini memungkinkan seorang pengusaha untuk menjual barang dan jasa keseluruh negeri dengan media online. Jika anda berlokasi di kampung atau desa yang tidak terlalu jauh dari kota atau kabupaten besar di Jawa maka memulai usaha jualan online dari desa anda dapat menjadi peluang usaha sampingan didesa yang patut dicoba.

Anda dapat mencoba berjualan produk-produk khas daerah anda atau menjual barang-barang dari sentra produksi disekitar desa anda. Beberapa contoh produk dari desa yang cukup laris dijual seperti obat herbal, produk kerajinan, produk fashion kulit, sepatu, tas etnik, dan barang-barang perlengkapan rumah tangga.

6. Jasa Programming

Jika anda mempunyai laptop yang cukup bagus dan koneksi internet yang bisa diandalkan di desa maka salah satu usaha sampingan di desa yang sangat menjanjikan adalah usaha jasa programming.

Dengan modal laptop dan internet anda bisa mempelajari berbagai bahasa pemprograman populer yang banyak dibutuhkan seperti Phyton, C++, Swift, Java dan Javascript.

Jika anda bisa menguasai salah satu atau beberapa bahasa pemprogramman tersebut anda bisa menawarkan jasa freelance kepada perusahaan-perusahaan luar. Adapun penghasilan dari jasa programming tersebut bisa mencapai ratusan juta.

7.  Blogging

Sama seperti usaha jasa programming, usaha blogging juga dapat anda mulai dengan modal laptop dan internet. Menjadi blogger cocok untuk anda yang suka menulis dan mempunyai ketertarikan yang kuat pada suatu bidang tertentu.

Memulai bisnis blog di tahun 2020 bukanlah lagi suatu hal yang baru dan sudah banyak sebenarnya yang sukses dari menjalankan blog. Anda bisa menghasilkan uang dari blog dengan memasang iklan adsense, aktif dalam affiliate marketing atau dengan menjual produk anda sendiri di blog anda.

8. Usaha Desain Grafis

Usaha sampingan di desa yang berikutnya ini cocok jika kamu mempunyai jiwa yang kreatif, dan suka membuat gambar. Seperti usaha jasa programming, usaha desain grafis dapat kamu mulai dengan modal internet dan laptop. Keuntungan yang bisa didapat dari bisnis yang satu ini juga cukup menjanjikan jika kamu bisa mendapat order dari situs-situs freelance luar negeri seperti Upwork dan Freelancer.com.

 

9. Usaha Budidaya Kambing

Bisnis sampingan di desa dan kampung yang terakhir ini tidak asing lagi. Bisnis ternak kambing dapat menjadi pilihan anda jika anda mempunyai modal 10 jutaan untuk membeli indukan dan pakan agar kambing anda tetap sehat. Usaha budidaya kambing ini mungkin terasa lambat perkembangannya diawal tetapi jika sudah beranak cukup banyak keuntungan yang dapat diperoleh juga tidak dapat diremehkan karena tidak sedikit peternak yang memperoleh ratusan juta dari bisnis budidaya kambing.

Baca Juga: Usaha Ternak Kambing – Rincian Modal dan Analisisnya

Please follow and like us:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here