Apakah anda ingin memulai bisnis makanan ringan? Tetapi anda bingung cara memulai bisnis makanan ringan? Jangan khawatir karena disini kami akan berbagi langkah memulai bisnis makanan ringan dengan modal kecil.

Namun, sebelum membahas cara memulai bisnis makanan ringan ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis makanan ringan serta apa kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis makanan ringan tersebut.

 

Jenis Makanan Ringan

1. Makanan Ringan Basah

Makanan ringan basah adalah makanan ringan yang dibuat secara rumahan dan biasanya dihidangkan dengan segera dengan daya tahan antara 1 sampai 3 hari saja. Jenis makanan ringan basah sendiri sangatlah beragam, mulai dari kue-kue kecil seperti dadar gulung, apem, kue mangkuk, getuk, sampai gorengan seperti risoles.

Kelebihan Bisnis Makanan Ringan Basah

  • Tidak bersaing secara langsung dengan makanan ringan yang ada di minimarket dan toko modern lain.
  • Potensi pasar lokal yang bagus
  • Dapat memperoleh pesanan dalam jumlah besar untuk acara
  • Dapat menggunakan sistem pesanan

Kelemahan Bisnis Makanan Ringan Basah

  • Daya tahan makanan pendek
  • Relatif lebih sulit untuk ekspansi
  • Relatif lebih sulit untuk branding

 

2. Makanan Ringan Kering

Makanan ringan kering adalah makanan ringan yang umumnya digoreng dan dipangang sampai kering, dikemas dalam suatu kemasan kedap udara dan lebih tahan lama. Berbagi jenis keripik, biskuit, sale pisang, makaroni, stick keju, seblak goreng, stick talas, dan ciki-cikian adalah beberapa contoh makanan ringan kering yang populer dan mudah ditemukan dipasaran.

Kelebihan Bisnis Makanan Ringan Kering

  • Daya tahan makanan yang lama
  • Relatif lebih mudah untuk ekspansi
  • Relatif lebih mudah untuk branding

Kelemahan Bisnis Makanan Ringan Kering

  • Persaingan yang relatif lebih ketat
  • Trend yang cepat berubah

 

Cara Memulai Bisnis Makanan Ringan

bagaimana cara memulai bisnis makanan ringan dengan modal kecil
bagaimana cara memulai bisnis makanan ringan dengan modal kecil – image credit : pexels.com

Setelah mengetahui beberapa jenis makanan ringan serta kelebihan dan kekurangannya ini saatnya untuk membahas langkah memulai bisnis makanan ringan dengan modal kecil. Berikut ini cara memulai bisnis makanan ringan:

 

1.Tentukan Jenis Makanan Ringan Yang Akan Dijual

Pertama, tentukan apa jenis makanan ringan yang dijual. Hal ini akan mempengaruhi berbagai aspek bisnis terutama strategi pemasaran dan kebutuhan modal anda. Sebagai tips, pilih makanan ringan yang bisa anda buat dengan baik dan sesuai dengan kepribadian anda serta dapat mendorong anda untuk bisa memasarkannya secara semangat dan aktif.

 

2. Lakukan Tes Produk Makanan Ringan Anda

Langkah kedua dalam cara memulai bisnis makanan ringan dengan modal kecil adalah lakukan tes produk makanan ringan yang akan anda jual. Anda perlu melakukan tes produk kepada orang lain untuk mengetahui apakah produk yang akan anda jual cukup enak untuk membuat orang mau membayar makanan ringan tersebut.

Untuk mendapatkan hasil penilaian yang akurat anda perlu meminta pendapat orang dengan jujur dan tidak memberikan pendapat yang baik karena memikirkan perasaan anda. Setidaknya anda perlu mendapatkan hasil 8 dari 10 orang yang menyukai untuk bisa sukses dalam bisnis makanan ringan

Jika anda memperoleh hasil yang tidak memuaskan jangalah menyerah, cari cara untuk memperbaiki rasa makanan ringan yang anda buat dan cobalah kembali.

 

3. Buat Rencana Bisnis Makanan Ringan Anda

Setelah anda merasa cukup yakin bahwa makanan ringan yang anda buat cukup enak untuk dibeli orang maka saatnya membuat rencana bisnis. Rencana bisnis untuk bisnis makanan ringan modal kecil tidak perlu kompleks dan membingungkan.

Anda cukup menjabarkan berapa modal yang anda perlukan, berapa harga jual yang anda rencanakan dan berapa biaya pokok penjualannya untuk mengetahui berapa banyak makanan ringan yang perlu anda jual untuk meraih keuntungan yang anda targetkan.

Selain itu anda juga perlu membuat strategi pemasaran anda secara singkat. Misalnya anda berencana untuk memasarkan makanan ringan kepada teman-teman dan keluarga terlebih dahulu dan meminta mereka untuk memberikan sampel kepada kenalan mereka untuk dicoba. Atau anda juga berencana untuk memakai suatu konsep tertentu pada brand makanan ringan anda.

Baca Juga : Bagaimana Cara Membuat Rencana Bisnis Lengkap

 

4. Siapkan Produksi Pertama Anda

cara memulai bisnis makanan ringan dengan modal kecil, bisnis makanan ringan
kemasan makanan ringan sangat penting untuk branding bisnis anda

Jika anda sudah memiliki rencana bisnis tertulis maka kemungkinan besar anda sudah mengetahui apa saja yang anda perlukan untuk memulai bisnis makanan ringan anda. Untuk itu saatnya mempersiapkan produksi pertama anda dengan melengkapi peralatan yang diperlukan. Mengingat anda memulai bisnis makanan ringan dengan modal kecil maka kemungkinan besar anda akan membuat produksi pertama dirumah anda.

Sebelum memulai produksi pertama anda ada baiknya anda mulai melakukan pemasaran terlebih dahulu seperti mencari toko-toko yang mau menerima titip jual makanan ringan anda. Selain itu pada tahap ini juga anda harus sudah mempunyai nama dagang dan logo agar anda bisa mulai memperkenalkan bisnis makanan ringan anda kepada orang-orang.

 

5. Marketing, Marketing, dan Marketing

cara memulai bisnis makanan ringan dengan modal kecil, cara memasarkan makanan ringan
marketing adalah langkah penting dalam cara memulai bisnis makanan ringan — image credit : pexels.com

Jika produk anda cukup baik maka faktor penentu apakah bisnis makanan ringan anda akan sukses atau gagal adalah apakah anda telah melakukan marketing dengan cukup baik atau tidak.

Pada tahap inilah banyak sekali pengusaha makanan ringan yang gagal. Mereka tidak cukup melakukan kegiatan marketing dan hanya mengharapkan pembeli berdatangan dengan sendirinya kepada mereka.
Lakukan promosi, kenalkan produk anda dengan sampel kepada orang-orang, dan bangun jaringan pemasaran yang kuat dengan program reseller atau kemitraan. Jika anda melakukan marketing dengan benar dan giat maka cepat atau lambat bisnis makanan ringan anda akan meraih kesuksesan.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memasarkan Bisnis Makanan Ringan

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here