usaha modal kecil yang akan booming image credit : pixabay

Apa usaha modal kecil yang akan booming di tahun 2021? Tahun yang baru merupakan kesempatan baru untuk menetapkan target atau cita-cita yang baru atau untuk mewujudkan tujuan yang belum terpenuhi.

Memulai usaha kecil-kecilan adalah salah satu target atau cita-cita yang patut diperjuangkan jika anda mempunyai minat untuk menjadi seorang pengusaha. Memulai usaha kecil-kecilan menjadi langkah awal untuk mencicipi dunia bisnis sebelum mengembangkannya menjadi bisnis yang lebih besar.

Dengan cepatnya perkembangan saat ini anda mungkin bertanya-tanya apa usaha modal kecil yang akan booming di tahun 2021. Melihat perkembangan dunia usaha pada tahun 2020 terdapat beberapa usaha modal kecil yang akan booming di tahun 2021 sebagai berikut:

Usaha Yang Booming di 2021

1. Bisnis Kuliner Kekinian

usaha kuliner yang menjanjikan, usaha kuliner yang unik, pisang goreng nugget
usaha kuliner yang menjanjikan dan unik – pisang goreng nugget

Bisnis kuliner tetap menjadi salah satu usaha modal kecil yang akan booming di tahun 2021. Walaupun tetap booming, tetapi sejatinya akan terjadi perubahan mengenai jenis makanan yang sebelumnya booming menjadi lebih menurun, dan sebaliknya akan terdapat makanan baru yang tidak begitu dikenal luas menjadi populer.

Salah satu bisnis kuliner yang dapat menurun trennya adalah bisnis ayam geprek. Bisnis ayam geprek dapat menurun trennya akibat perkembangannya yang sangat cepat dan semakin banyaknya saingan yang tidak mempunyai banyak perbedaan antara satu dengan yang lain, sehingga berpotensi membuat pasar jenuh dengan ayam geprek. Hal itulah yang terjadi di bisnis martabak yang juga sempat meledak.

Sedangkan, beberapa bisnis kuliner yang dapat berpotensi menjadi semakin populer adalah bisnis rice bowl versi menengah kebawah, bisnis bakso dan mie ayam yang lebih kreatif.

Baca Juga : 20 Usaha Makanan Yang Laris – Inspirasi Bisnis Kuliner Modal Kecil

 

2.  Bisnis Travel Blog

bisnis travel blogger, usaha booming 2019
image credit : stocksnap.io

Terlepas dari pandemi COVID-19 yang tengah terjadi bisnis travel blog diprediksi akan menjadi salah satu ide usaha modal kecil yang akan booming ditahun 2021.

Hal tersebut karena saat ini sudah berjalannya program vaksinasi COVID-19 dan dukungan kuat pemerintah untuk segera mendukung berjalannya ekonomi pariwisata maka minat orang untuk berwisata juga akan naik.

Bisnis travel blog disini mencakup blog berupa tulisan, gambar, ataupun video yang dapat diposting diberbagai media seperti website sendiri ataupun akun sosial media anda.

Bisnis travel blog membahas berbagai destinasi wisata, rekomendasi hotel, rekomendasi travel, itinerary dan berbagai aspek dari travel yang lain seperti tips-tips dan trik traveling.

Travel adalah salah satu topik yang sangat menguntungkan untuk blog karena banyaknya peluang monetisasi untuk topik blog. Anda dapat menghasilkan uang dari affiliate marketing, iklan, atau bahkan menjual paket travel anda sendiri.

Memulai bisnis travel blog juga tidak membutuhkan modal yang besar karena anda bisa bekerja sama dengan teman anda yang sering traveling untuk menyumbangkan pengalaman dan ilmunya.

Baca Juga : 9 Contoh Hobi Yang Dapat Menghasilkan Uang

Sponsored

 

3. Bisnis Kosmetik Organik

usaha kosmetik, usaha make up, ide bisnis ibu rumah tangga, peluang usaha ibu rumah tangga
image via pexels.com

Apakah anda tau jika bisnis kosmetik organik adalah salah satu niche dengan pertumbuhan tertinggi? Berdasarkan data Statista.com nilai pasar global untuk bisnis kosmetik organik meningkat hampir 100% sejak tahun 2008.

Pada tahun 2008 nilai pasar secara global hanya sebesar US$ 7,5 miliar, namun pada tahun 2017 nilainya sudah mencapai US$ 15 miliar.

Pertumbuhan pesat bisnis kosmetik organik tersebut juga diprediksi masih akan terus berlanjut dimana nilai pasar bisnis kosmetik organik diprediksi akan bertumbuh 2 kali lipat dalam 8 tahun kedepan (sumber).

Dengan pesatnya perkembangan tersebut, bisnis kosmetik organik layak dikategorikan sebagai salah satu usaha modal kecil yang akan booming di tahun 2021.

Memulai bisnis kosmetik organik dapat dilakukan dengan modal kecil. Anda dapat memulainya dengan menjadi mitra atau reseller produk-produk kosmetik organik untuk mengumpulkan modal dan membangun basis pelanggan sebelum mencoba membuat merek sendiri.

Baca Juga : 25 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan

 

4. Bisnis Custom Fashion

Never Too Lavish, usaha kreatif dan inovatif
Never Too Lavish – usaha kreatif dan inovatif

Jaket lukis, sneaker lukis, dan berbagai produk fashion buatan tangan lainnya seperti tas dan jam tangan sedang naik daun akhir-akhir ini.

Nevertoolavish adalah salah satu pelaku usaha produk custom yang terkenal dan sukses di bisnis ini. Nevertoolavish dimulai dari reseller barang-barang branded, tetapi karena melihat peluang usaha bisnis kustomisasi yang bagus akhirnya mereka fokus ke bisnis tersebut.

Bisnis kustomisasi sendiri masih sangat terbuka peluangnya karena masih banyak ceruk-ceruk pasar yang belum digali, misalnya kustomisasi untuk wanita dan anak.

Bisnis kustomisasi ini juga dapat dimulai dengan modal yang kecil, anda bisa memulai dengan menggunakan keahlian anda sendiri dan menggunakan sepatu yang murah di awal memulai.

Terkait : 7 Usaha Kreatif dan Inovatif Indonesia Yang Menginspirasi

 

5. Bisnis Kursus Programming

Programming dan ilmu komputer saat ini merupakan keahlian yang semakin dibutuhkan dan dicari oleh banyak perusahaan.

Selain banyak dicari oleh perusahaan, keahlian programming dan ilmu komputer juga dapat digunakan untuk mencari uang dengan menciptakan aplikasi, software, game atau dengan mencari order freelance.

Namun saat ini keahlian programming yang semakin dicari tersebut tidak diikuti dengan penyedian pendidikan programming yang mumpuni.

Hal yang sama terjadi di berbagai negara-negara maju seperti Amerika Serikat. Kondisi tersebut kemudian mendorong munculnya berbagai lembaga kursus programming yang bertujuan untuk mengajarkan kemampuan programming dan ilmu komputer kepada khalayak umum.

Melihat perkembangan tersebut tidak heran jika hal yang sama kemudian terjadi di Indonesia. Oleh karena itu bisnis kursus programming menurut kami termasuk dalam salah satu usaha modal kecil yang akan booming di tahun 2021.

Baca Juga : 11 Contoh Usaha Jasa Modal Kecil Yang Menguntungkan

 

6. Usaha Frozen Food

Usaha frozen food memang bukan usaha yang baru ada. Usaha yang satu ini sudah ada sejak lama. Tetapi melihat di Google Trend minat untuk frozen food cenderung meningkat sejak 2017 sampai 2020.

Meningkatnya minat masyarakat untuk frozen food memang didukung berbagai faktor. Beberapa diantaranya meningkatnya pendapatan masyarakat, semakin sibuknya kehidupan sehari-hari dan pentingnya kepraktisan.

 

7. Usaha Hadiah/Suvenir Unik

Satu lagi usaha booming 2021 yang berkaitan dengan kreatifitas. Usaha hadiah unik diprediksi akan semakin populer di tahun 2021 karena semakin dihargainya hadiah dan suvenir unik dibandingkan sekedar barang secara umum untuk dijadikan sebagai kado.

Salah satu contoh bisnis hadiah unik yang sedang berkembang adalah bisnis suvenir unik untuk kawinan yang seringkali menjadi viral di sosial media dan instagram.

 

8. Usaha Jasa Titip

Ya, usaha jasa titip tidak diragukan lagi masih termasuk usaha booming 2021. Usaha yang sedang berkembang pesat sejak 3 tahun terakhir ini diprediksi masih akan terus berkembang.

Terdapat berbagai faktor yang mendukung pertumbuhan bisnis yang satu ini. Salah satu faktor utamanya adalah semakin meningkatnya minat belanja online masyarakat, meningkatnya kepercayaan untuk usaha bisnis jasa titip dan juga semakin dihargainya kepraktisan dalam berbelanja.

Meskipun saat ini pemerintah telah membatasi gerak usaha jasa titip yang membelikan barang dari luar negeri namun untuk usaha jasa titip domestik masih mempunyai prospek yang cukup baik.

Terutama karena adanya pandemi COVID-19 banyak orang yang membatasi gerakan mereka keluar rumah dan lebih suka berbelanja lewat online saja.

Baca Juga : 10 Usaha Tanpa Modal yang Menjanjikan

 

Penutup

Demikian beberapa contoh usaha yang akan booming di tahun 2021. Selain usaha diatas tentu masih ada juga berbagai contoh usaha lain yang mempunyai prospek cerah di tahun 2021.

Jika anda mempunyai ide apa saja usaha yang akan booming di tahun 2021 jangan ragu untuk membagikan ide anda dikolom komentar dibawah ini. Terima kasih sudah membaca dan salam sukses.

Sponsored
Artikulli paraprakDefinisi Business Model Canvas, Peranan dan Contohnya
Artikulli tjetër15 Ide Bisnis Anak Kuliahan Modal Kecil dan Menguntungkan
Firman adalah dosen manajemen di Fakultas Ekonomi & Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, internet entrepreneur,dan investor keuangan. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini