desain grafis, hobi yang dapat menghasilkan uang
desain grafis - hobi yang dapat menghasilkan uang

Apa ada hobi yang dapat menghasilkan uang? Bagi sebagian orang hal tersebut mungkin hanya merupakan sebuah mimpi, namun bagi sebagian lainnya hal tersebut merupakan sebuah kenyataan yang mereka jalani.

Kamu juga bisa menghasilkan uang dari hobi, bahkan mungkin menjadikannya sebagai mata pencaharian utama. Duncan Titmarsh adalah salah satu contohnya. Siapa sangka dari hobinya bermain LEGO dia kemudian bisa menghasilkan uang dan mendirikan Bright Block perusahaan yang berspesialisasi untuk membuat model dari LEGO.

duncan titmarsh
duncan titmarsh – dari hobi menjadi uang dengan LEGO

Untuk kamu yang juga ingin menjalankan hobi yang menghasilkan uang berikut 8 contoh hobi yang menghasilkan uang versi IDNtrepreneur.

 

1. Hobi Blogging

peluang bisnis online, blogging, membuat blog, bisnis blogging, memulai blog

Blogging saat ini tidak hanya menjadi sekedar hobi, cukup banyak blogger yang menjadikannya sebagai bisnis dan profesi utama. Salah satunya, Darren Rowse yang menjadi salah satu blogger terkaya, Darren menghasilkan ratusan ribu dolar per bulan dari blog Problogger dan DigitalPhotographySchool.

Untuk menghasilkan uang dari hobi yang satu ini kamu harus rajin membuat tulisan di blog yang menarik banyak pembaca. Kemudian setelah mendapatkan banyak pembaca secara rutin kamu dapat menghasilkan uang dari iklan, affiliate marketing, membuat ebook, menjual online course atau bahkan menjual produk fisik.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog di Tahun 2018

 

2. Hobi Videografi

bisnis anak muda, bisnis videografi

Apakah kamu senang merekam dan membuat video? Videografi saat ini telah menjadi salah satu hobi yang menghasilkan uang yang cukup besar.

Hobi videografi  dapat menghasilkan uang dengan membuat channel Youtube dan mengupload video kreasi anda ke Youtube dan mendapatkan penghasilan dari iklan jika anda sudah memenuhi syarat untuk menjadi partner Youtube.

Selain dari Youtube anda juga dapat menghasilkan uang dari hobi yang satu ini dengan membuat jasa pembuatan video untuk acara-acara seperti kawinan, pre-wedding, lamaran, atau untuk materi promosi.

 

3. Hobi Fotografi

Hobi fotografi merupakan salah satu hobi yang menghasilkan uang yang paling banyak diketahui secara umum. Permintaan untuk fotografer yang bagus memang selalu saja ada.

Anda dapat menghasilkan uang dari hobi yang satu ini dengan memberikan jasa fotografi kepada perorangan atau perusahaan untuk prewedding, kawinan, cosplay, atau event-event perusahaan.

Selain dari jasa fotografi anda juga dapat menghasilkan uang dengan menjual stock foto ke website-website seperti iStock, Shutterstock, dimana anda akan mendapatkan uang setiap ada orang yang membeli foto anda.

 

4. Hobi Desain Grafis

desain grafis, hobi yang dapat menghasilkan uang
desain grafis – hobi yang dapat menghasilkan uang

Untuk anda yang kreatif dan suka membuat gambar yang menarik, desain grafis dapat menjadi hobi yang menghasilkan uang bagi anda.

Untuk menghasilkan uang dari hobi yang satu ini anda dapat menawarkan jasa untuk mendesain logo, brosur, banner, dan berbagai materi promosi lainnya.

Saat ini menghasilkan uang dari desain grafis menjadi lebih mudah karena banyaknya website yang membantu untuk mendapatkan order desain grafis seperti Fiverr, Sribulancer, Upwork, Freelancer, dan masih banyak lagi.

 

5. Hobi Sosial Media

Sosial media saat ini tidak hanya untuk berkomunikasi dan terhubung orang lain, bermain sosial media saat ini dapat menjadi hobi yang menghasilkan uang.

Ada dua cara untuk mendapatkan uang dari hobi bersosial media, yang pertama anda dapat fokus membuat konten yang menarik banyak orang menjadi pengikut. Kemudian setelah pengikut anda sudah cukup banyak anda dapat menghasilkan uang dari kerjasama dan paid post sebagai seorang influencer.

Cara yang kedua anda dapat menawarkan jasa manajemen dan promosi social media kepada perusahaan dengan memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan anda dalam menggunakan social media sebagai media promosi yang efektif.

 

6. Hobi Traveling

Traveling saat ini menjadi salah satu hobi yang tengah naik daun. Semakin terjangkaunya harga tiket pesawat, hotel dan startup yang memudahkan traveling merupakan salah satu faktor pendukung selain adanya perubahan gaya hidup di generasi milenial.

Untuk kebanyakan orang traveling merupakan cara terbaik untuk menikmati hidup dan melepaskan stress setelah bekerja keras. Namun dibalik itu hobi traveling sebenarnya dapat menjadi hobi yang menghasilkan uang.

Untuk menghasilkan uang dari traveling anda harus kreatif. Anda dapat membuat blog yang memuat review destinasi wisata, review hotel, review maskapai dan menghasilkan uang dari affiliate marketing atau iklan.

Anda juga dapat membuat profil sosial media yang banyak diikuti orang dan menjual jasa anda sebagai influencer. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan jasa titip untuk menghasilkan uang dari hobi traveling anda.

 

7. Hobi Belanja

Mungkin terdengar aneh tetapi hobi belanja juga dapat menghasilkan uang loh. Caranya dengan memberikan jasa personal shopper. Personal shopper biasanya bertugas mencari suatu barang tertentu untuk klien mereka yang tidak punya waktu untuk mencari barang tersebut sendiri.

Selain menjadi personal shopper anda juga bisa menghasilkan uang dari hobi belanja dengan menerima jasa titip untuk berbagai produk dan barang yang banyak dicari orang namun sulit ditemukan atau hanya tersedia dalam waktu yang terbatas.

 

8. Hobi Ngegame

hobi game, hobi yang dapat menghasilkan uang

Dulu banyak orang tua yang melarang anaknya bermain game karena hanya membuang-buang waktu dan uang. Namun saat ini game tidak sekedar cara untuk bersenang-senang dan membuang-buang waktu, hobi game sekarang dapat menjadi hobi yang menghasilkan uang.

Contohnya, PewDiePie yang membangun channel Youtubenya dari hobi ngegame. Dari bermain video game dan menguploadnya di Youtube PewDiePie kemudian menjadi salah satu Youtuber terkaya dan menghasilkan jutaan dolar Amerika pertahunnya.

Tidak hanya menjadi Youtuber, sekarang anda juga dapat menghasilkan uang dengan menjadi gamer profesional. Saat ini semakin banyak turnamen game yang menawarkan ratusan ribu dolar atau bahkan jutaan dolar.

The International 2018 misalnya, event Dota 2 yang diadakan setiap tahun tersebut mempunyai total hadiah sebesar US$25,532,177  dimana tim RedBull OG mendapatkan US$ 11 juta sebagai juara pertama.

9. Hobi Menulis

 

Jika anda hobi menulis banyak cara untuk menghasilkan uang dari hobi anda. Anda dapat menghasilkan uang dari hobi menulis anda dengan membuat blog, menawarkan jasa menulis artikel kepada orang lain melalui online.

Anda juga bisa menulis artikel di platform menulis seperti Nulis.com, IDNtimes.com, UCnews, dan lainnya. Platform-platform tersebut memberikan bayaran kepada anda untuk setiap view yang diperoleh oleh tulisan anda.

Tidak hanya itu anda juga bisa menghasilkan uang dari hobi yang satu ini dengan menerbitkan eBook dan kemudian menjualnya.

 

Penutup

Selain dari contoh hobi yang dapat menghasilkan uang diatas sebenarnya masih banyak hobi-hobi lainnya yang juga produktif dan dapat menambah penghasilan anda. Kunci untuk menghasilkan uang dari hobi adalah kemauan anda untuk menambahkan sisi bisnis dari hobi tersebut dengan melihat apa permintaan pasar yang bisa anda layani dari hobi anda tersebut.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here