image credit : pexel

Jika anda bercita-cita menjadi pengusaha atau ingin mempunyai bisnis sendiri salah satu masalah yang paling sering muncul adalah bagaimana caranya memulai usaha dari nol sampai sukses.

Banyaknya yang mempertanyakan hal tersebut tidak terlepas dari risiko berwirausaha yang cukup tinggi. Berbeda dengan menjadi pegawai yang mempunyai gaji tetap dan tanggung jawab yang jelas, cara menjadi seorang pengusaha sukses lebih sulit untuk diketahui.

Walaupun begitu kita dapat mempelajari beberapa pengusaha yang sukses memulai bisnis dari nol untuk mengetahui apa saja kunci untuk memulai usaha dari nol sampai sukses.

Belajar dari kisah-kisah pengusaha sukses dari nol seperti Bob Sadino, Elang Gumilang, Yasa Singgih, Warren Buffet, Yuka Harlanda, dan banyak lagi berikut 9 kunci memulai usaha dari nol sampai sukses yang dapat kami rangkum.

 

1. Memulai Dari Yang Kecil

UKM, cara membuat usaha ramai
image credit : pexel.com

Chairul Tanjung memulai bisnisnya dari berjualan buku dan fotokopi di kampusnya. Elang Gumilang pertama kali memulai usaha dengan berjualan donat di sekolahnya.

Banyak pengusaha yang berhasil mengembangkan usaha dari nol sampai sukses memulai usaha dari yang kecil. Mereka tidak langsung membuka suatu bisnis yang membutuhkan modal besar, kebanyakan mereka memulai dari bisnis yang sederhana dan skala mikro.

Memulai usaha dari yang kecil tersebut memberikan kontribusi dalam meraih kesuksesan karena dari usaha yang kecil tersebut banyak pengalaman dalam bisnis dan dunia usaha yang membantu mereka meraih sukses saat menjalankan usaha yang lebih besar.

 

2. Cari dan Evaluasi Peluang Baru

Salah satu kunci memulai usaha dari nol sampai sukses adalah selalu mencari dan mengevaluasi peluang baru yang anda temukan.

Mencari dan mengevaluasi peluang baru sangat penting untuk meraih sukses. Hal tersebut karena setelah memulai dari yang usaha yang kecil anda perlu mengembangkan bisnis anda menjadi usaha yang lebih besar atau setelah mengalami kegagalan di bisnis yang lama.

Salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan bisnis anda adalah dengan mencari peluang yang baru. Tengok saja Yasa Singgih yang sukses menjalani bisnis fashion setelah gagal di bisnis cafe, atau Chairul Tanjung yang mencoba peruntungan dibisnis perbankan setelah sukses di bisnis sepatu.

 

3. Kerja Keras

strategi bisnis yang baik
image credit : pexels

Elon Musk mengungkapkan salah satu rahasia bagaimana dia dapat membangun perusahaan yang sukses walaupun berhadapan dengan persaingan yang ketat adalah dengan bekerja lebih keras dari saingannya. Kerja keras merupakan kunci utama memulai usaha dari nol sampai sukses. Kerja keras memungkinkan anda untuk mengalahkan saingan bisnis yang bekerja lebih sedikit dan berkembang lebih pesat.

Hampir semua pengusaha yang sukses dari nol mempunyai etos kerja yang luar biasa. Mereka dapat mulai bekerja sejak kebanyakan orang masih terlelap dan bekerja lebih dari 10 jam sehari.

4. Buat dan Eksekusi Strategi Bisnis

Masih terkait dengan kunci sukses memulai usaha dari nol sampai sukses yang sebelumnya, kerja keras semata seringkali tidak cukup jika tidak didukung dengan strategi bisnis yang jelas.

Strategi bisnis penting untuk memberikan arah yang jelas kemana anda ingin membawa bisnis anda berkembang, dan bagaimana cara anda ingin meraih tujuan tersebut.

Anda tidak bisa hanya berharap kepada keberuntungan semata untuk membesarkan bisnis anda. Anda perlu mengambil alih tanggung jawab atas kesuksesan anda sendiri dengan menerapkan dan menjalankan strategi bisnis yang tepat.

Strategi bisnis harus bersifat dinamis dan disesuaikan dengan kondisi bisnis. Anda dapat memulai dengan membuat suatu hipotesa dan berekperimen, kemudian evaluasi bagaimana hasil dari strategi tersebut, pertanyakan apakah ada yang perlu diperbaiki atau apakah anda perlu mengubah strategi bisnis anda.

 

5. Pantang Menyerah

alasan untuk menjadi entrepreneur untuk melewati tantangan
Perjalanan entrepreneur seperti mendaki gunung dibutuhkan kesabaran dan alasan yang kuat untuk bisa melewati perjalanan yang berat

Selalu terdapat risiko dalam memulai dan menjalankan bisnis, risiko tersebut dapat mengakibatkan anda menemui kegagalan atau kemunduran sementara.

Kegagalan memang seringkali menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari bisnis. Bahkan perusahaan sebesar dan sekelas Google, Apple dan Microsoft sekalipun pernah mengalami kegagalan.

Begitu juga dengan pengusaha-pengusaha sukses yang memulai bisnis mereka dari nol. Rustono, raja tempe yang sukses mendirikan usaha tempe di Jepang misalnya berkali-kali mengalami kegagalan mulai dari proses produksi yang gagal, sampai selalu ditolak saat menawarkan tempe yang dibuatnya ke restoran atau hotel.

Baca Juga : 7 Mindset Pengusaha Sukses dan Cara Membangunnya 

 

6. Bangun Passion di Bisnis Anda

Terus bekerja keras dari hari ke hari, bangkit di saat gagal dan terus mencoba tidaklah mudah. Mempunyai passion di bisnis anda dapat membantu anda melalui kesulitan tersebut. Dengan mempunyai passion di bisnis anda, anda dapat belajar mencintai proses bekerja keras dan bangkit kembali tersebut.

Membangun passion di bisnis dapat dilakukan dengan melihat bisnis anda tidak sebatas cara anda mendapatkan uang atau meraih kesuksesan, anda harus menumbuhkan pandangan bagaimana bisnis anda membantu orang lain, dan bagaimana anda memberikan pengaruh positif kepada hidup orang lain.

 

7. Bangun Kemitraan

Membangun kemitraan merupakan kunci memulai usaha dari nol sampai sukses yang sering dilupakan oleh pengusaha pemula. Membangun kemitraan sangat krusial dalam kesuksesan suatu bisnis karena dengan membangun jaringan kemitraan yang kuat anda dapat berkolaborasi dengan orang lain, memanfaatkan sumber daya yang mereka miliki, sehingga anda dapat berkembang lebih pesat.

Membangun kemitraan disini dapat berupa membuka peluang reseller, mitra, membangun jaringan dengan calon supplier atau pembeli, sampai membangun hubungan dengan investor baru untuk mengembangkan bisnis anda.

 

8. Investasikan Keuntungan 

Mengembangkan usaha kecil menjadi usaha besar membutuhkan dukungan modal yang cukup. Salah satu sumber modal terbaik untuk mengembangkan bisnis adalah sisa keuntungan dari operasional bisnis atau laba ditahan.

Laba ditahan merupakan modal terbaik untuk bisnis kecil karena anda tidak perlu membayar bunga atau memberikan bagi hasil untuk memakainya.

Selain diinvestasikan kembali di bisnis anda untuk mengembangkan bisnis, prioritaskan untuk menyisihkan sebagian laba ditahan untuk membentuk dana cadangan yang diinvestasikan di instrumen investasi yang aman seperti deposito atau obligasi pemerintah.

Pembentukan dana cadangan tersebut diperlukan karena dalam bisnis risiko rugi atau gagal selalu ada, dan untuk melewati masa yang sulit tersebut dan membangun kembali bisnis anda akan memerlukan dana cadangan yang cukup.

 

9. Berpikir Kreatif

Kunci memulai usaha dari nol sampai sukses yang terakhir adalah bangun dan gunakan kemampuan anda untuk berpikir kreatif dan menemukan solusi-solusi atau ide-ide baru.

Seorang pengusaha yang sukses jarang menemukan jalan yang berhasil untuk bisnisnya hanya dengan satu metode, seringkali dibutuhkan beberapa kali percobaan dengan ide-ide yang kreatif sampai akhirnya bisnis tersebut dapat berjalan sesuai harapan.

Contohnya, Brian Chesky pendiri AirBnB yang merupakan salah satu startup bernilai paling tinggi di dunia baru menemui masalah saat baru memulai AirBnB. Saat itu tidak ada yang mau memesan AirBnB, Brian melihat bahwa foto-foto yang diupload oleh pemilik properti banyak yang tidak cukup bagus dan seadanya. Sebagai solusinya Brian menyewa fotografer untuk memfoto ulang properti-properti yang potensial dan hal tersebut mendorong pertumbuhan pesanan di AirBnB.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here