bisnis blogging islami, usaha halal, usaha islami dan syariah
image credit : pexels.com

Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar didunia. Berdasarkan laporan Pew Research pada tahun 2010 terdapat 209,1 juta jiwa penduduk muslim di Indonesia.

Besarnya jumlah penduduk muslim dan semakin meningkatnya kesadaran akan gaya hidup yang islami di masyarakat Indonesia mendukung pertumbuhan berbagai peluang usaha islami dan syariah.

Salah satu gambaran besarnya potensi bisnis halal dan syariah tercermin dari potensi industri keuangan syariah di Indonesia yang diakui oleh Bank Indonesia (BI) cukup besar. Bahkan, jika dilihat secara global potensi industri halal dan keuangan syariah global diprediksi tembus US$ 6,38 triliun di 2021.

Trend serupa juga terlihat dari semakin banyaknya negara-negara yang mengakomodir kebutuhan pemeluk muslim dengan menawarkan wisata halal, seperti Korea Selatan dan Jepang yang pemerintahnya mendukung pengembangan wisata halal.

Melihat besarnya peluang usaha islami dan syariah, pengusaha yang baik harus dapat memanfaatkan peluang tersebut. Pertanyaannya, apa saja peluang usaha islami dan syariah yang menjanjikan? Berikut 8 peluang usaha islami dan syariah yang menguntungkan sebagai referensi anda.

 

1. Usaha Kosmetik Halal 

bisnis kosmetik halal, usaha islami dan syariah, usaha halal
image credit : pixabay.com

Saat ini masyarakat semakin kritis mengenai berbagai produk kosmetik yang digunakan. Tidak hanya sekedar memberikan hasil yang diinginkan, semakin banyak orang yang membeli kosmetik dengan mencermati apa bahan dari kosmetik tersebut.

Apakah kosmetik terbuat dari bahan yang alami, tidak melakukan percobaan terhadap hewan, cocok untuk ibu hamil dan menyusui hingga apakah bahan-bahannya sesuai dengan syariat islam, atau yang sering disebut sebagai kosmetik halal.

Trend tersebut terlihat pertumbuhan bisnis kosmetik halal yang diprediksi mencapai 10% pertahun dari tahun 2015-2020. Tingkat pertumbuhan yang tinggi tersebut didukung oleh daya beli meningkatnya kelas menengah Indonesia yang mempunyai identitas keislaman yang semakin kuat.

Untuk memulai usaha islami dan syariah yang satu ini anda dapat mengembangkan produk yang menggunakan bahan-bahan alami dan diracik secara tradisional.

Kemudian setelah mendapatkan racikan yang tepat anda dapat mengajukan sertifikasi halal dari MUI dan setelah itu barulah anda dapat membuat desain yang menarik dan memasarkan kosmetik halal buatan anda.

 

2. Usaha Travel dan Tour Islami

ide bisnis modal 5 juta, bisnis travel agent, bisnis modal kecil yang menguntungkan
image credit : caasco.com

Salah satu usaha islami dan syariah yang sedang naik daun saat ini adalah usaha travel dan tour yang bernuansa islami. Meningkatnya minat masyarakat untuk traveling dan pertumbuhan daya beli kelas menengah Indonesia menjadi faktor pendukung pertumbuhan bisnis ini.

Saat ini sangat mudah untuk memesan tiket pesawat dan hotel sendiri namun lain halnya dengan mengatur itinerary yang sesuai. Terlebih jika destinasi wisatanya bukan negara yang mayoritas penduduknya muslim. Akan sulit untuk mengatur tempat makan yang halal dan sesuai dengan susunan itinerary.

Kemudahan dan jaminan atas itinerary dan tempat makan yang halal tersebut itulah yang menjadi nilai tambah dari usaha travel dan tour islami.

Untuk memulai bisnis ini anda harus memperoleh pengetahuan yang mendalam mengenai destinasi wisata yang populer dan tempat-tempat makan yang halal di destinasi tersebut.

Anda kemudian harus mengembangkan jaringan dengan pemandu lokal untuk kemudian mengantarkan dan memandu klien-klien anda.

Baca Juga : 4 Ide Bisnis Travel Yang Tepat Untuk Anda Yang Punya Passion Traveling

 

3. Usaha Daycare Islami

bisnis daycare islami, usaha halal, usaha islami dan syariah
image credit : pixabay.com

Setiap orang tua pasti menginginkan pengasuhan dan pendidikan yang terbaik untuk anaknya.

Disisi lain meningkatnya kebutuhan hidup dan tuntutan perempuan untuk bekerja mendorong meningkatnya penggunaan daycare untuk memberikan pengasuhan kepada anak yang belum masuk usia sekolah disaat orang tuanya bekerja.

Dari kebutuhan tersebut ada peluang usaha islami dan syariah yang dapat diambil, yaitu peluang usaha daycare bernuansa islami.

Permintaan akan daycare bernuansa islami tersebut saat ini melebihi kapasitas dari penawaran yang ada sehingga usaha ini mempunyai peluang yang menjanjikan.

Untuk memulai usaha daycare bernuansa islami anda harus mempunyai tempat dengan fasilitas yang memadai, tenaga pengasuh yang kompeten dan anda juga harus mengajukan izin ke dinas pendidikan anak usia dini setempat.

 

4. Usaha Fashion Islami

usaha jilbab,usaha tas handmade, ide bisnis ibu rumah tangga, peluang usaha untuk ibu rumah tangga

Usaha bernuansa islami sejak lama cukup identik dengan usaha hijab dan berbagai fashion muslim lainnya. Hal tersebut tidaklah salah karena salah satu usaha islami yang paling pertama berkembang pesat di Indonesia adalah usaha fashion hijab dan busana muslim.

Walaupun termasuk salah satu bisnis islami yang paling pertama berkembang, bisnis fashion islami masih cukup menjanjikan dengan dukungan adanya pertumbuhan daya beli serta populasi umat muslim secara global produk-produk fashion islami mempunyai peluang untuk pasar domestik maupun luar negeri.

 

5. Usaha Kuliner Halal

Bukan rahasia jika salah satu kesukaan orang Indonesia adalah mencicipi berbagai makanan yang enak. Tidak heran jika kemudian industri makanan menjadi salah satu industri dengan pertumbuhan paling tinggi di Indonesia.

Dengan besarnya potensi usaha makanan di Indonesia, usaha kuliner yang halal sangat menjanjikan di Indonesia. Karena tentu orang Indonesia yang beragama muslim akan mencari makanan yang halal.

Selain mengedepankan rasa dan kehalalan makanan yang anda sajikan, usaha kuliner halal dapat menambah kesan islami untuk menarik segmen pasar dengan identitas keislaman yang kuat dengan mempromosikan dakwah dan sedekah sebagai bagian dari usaha kuliner anda.

Misalnya dengan mempromosikan bahwa setiap Rp. 50 ribu yang dibelanjakan pelanggan akan membantu memberi makan 1 anak yatim.

 

6. Blogging Islami

bisnis blogging islami, usaha halal, usaha islami dan syariah
image credit : pexels.com

Dengan semuanya yang semakin serba online, media online saat ini menjadi salah satu cara utama masyarakat untuk mencari dan mendapatkan informasi.

Menguatnya identitas keislaman di masyarakat Indonesia tentu meningkatkan permintaan akan adanya informasi yang sesuai dengan nilai-nilai islam.

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan membuat blog yang memuat berbagai informasi tersebut.

Anda dapat memulai blogging islami yang tidak hanya memuat informasi dan pengetahuan seputar agama, anda juga dapat membuat blog tentang gaya hidup yang islami.

Misalnya traveling untuk muslim, parenting sebagai muslim, dan kisah-kisah islami yang inspiratif.

Setelah blog anda memperoleh pembaca yang cukup banyak selanjutnya anda dapat menghasilkan uang dari iklan atau menggunakan media blog tersebut untuk menjual produk digital atau produk fisik anda sendiri.

 

7. Toko Online Islami

Peluang usaha islami dan syariah yang satu ini menggabungkan teknologi dengan perdagangan.

Saat ini tidak sulit untuk membuat toko online dengan adanya berbagai online marketplace gratis seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan masih banyak lagi, anda dapat membuka toko online dengan hitungan menit.

Toko online islami disini tidak berarti toko online yang hanya menjual barang-barang untuk ibadah atau fashion untuk muslim.

Toko online islami sama dengan toko online biasa yang menjual berbagai jenis barang secara online, namun perbedaannya terletak pada jaminan dan komitmen toko anda untuk hanya menjual barang-barang yang halal dan sesuai nilai islam.

Selain itu anda juga dapat mengintegrasikan nilai-nilai positif dengan menyisihkan sebagian laba untuk misi-misi dakwah dan kemanusiaan dan mempromosikan hal tersebut kepada pembeli anda.

 

8. Buku Anak Islami

Menumbuhkan nilai-nilai islami kepada anak sejak dini merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan setiap orang tua muslim.

Selain mengajarkan secara langsung melalui praktik atau contoh, memberikan buku anak dengan nilai-nilai islami untuk dibaca atau anda bacakan kepada anak termasuk cara yang efektif.

Jika anda mempunyai ide-ide kreatif untuk membuat buku anak yang interaktif, menarik dan memuat nilai-nilai islami yang mendidik ide bisnis ini sangat cocok untuk anda.

Selain mempunyai prospek yang cerah karena terbukanya peluang untuk menjual secara langsung melalui media sosial, anda juga memberikan kontribusi yang positif terhadap perkembangan generasi selanjutnya.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here