positioning, strategi pemasaran untuk UMKM yang ampuh dan efektif
positioning - strategi pemasaran untuk UMKM yang ampuh dan efektif

Bagaimana cara UMKM meningkatkan penjualan dan keuntungan? Salah satu cara terbaik adalah dengan memiliki strategi pemasaran untuk UMKM yang ampuh dan efektif.

Selain meningkatkan dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan.

Memiliki strategi pemasaran untuk UMKM yang ampuh dan efektif memungkinkan bisnis anda untuk menarik lebih banyak pelanggan, memperkuat nilai merek bisnis anda, dan membangun basis keunggulan kompetitif bisnis anda.

Mungkin tidak semua strategi bisnis dibawah ini cocok untuk bisnis anda. Namun, anda dapat bereksperimen dengan beberapa strategi dan fokus kepada strategi yang bekerja.

Untuk meningkatkan keuntungan dan mengembangkan bisnis anda, berikut ini 15 strategi pemasaran untuk UMKM yang ampuh dan efektif,

1. Positioning 

Positioning disini artinya posisi bisnis anda di dalam pikiran pelanggan.

Dimana anda ingin memposisikan bisnis anda? pertanyaan itulah yang harus terlebih dulu anda jawab.

Apakah anda ingin memposisikan diri sebagai bisnis yang menyediakan produk atau layanan dengan harga murah?

Atau anda ingin fokus memberikan layanan yang memberikan manfaat yang unik?

Contoh bisnis yang menyediakan produk dengan harga murah sangat mudah, warteg atau warung tegal adalah salah satu contoh UMKM yang memposisikan diri di kategori tersebut.

Disisi lain, usaha kuliner kekinian mempunyai posisi di kategori manfaat yang unik.

Suatu bisnis hanya dapat berkembang dengan fokus pada suatu kategori tertentu di pikiran pelanggan.

Misalnya jika anda ingin mempunyai toko kelontong yang maju maka anda tidak bisa mencoba menjual konsep yang sama dengan Indomart atau Alphamart.

Anda tentu akan kalah jika tidak mencari positioning yang berbeda dari 2 pesaing tersebut.

Misalnya dengan fokus kepada harga yang lebih murah di beberapa jenis barang sembako saja, atau dengan menjual barang-barang yang berbeda dari 2 pesaing tersebut.

Setelah mengetahui apa positioning yang tepat untuk bisnis anda selanjutnya anda harus rajin menyampaikannya kepada pelanggan anda.

Caranya bisa dengan membuat spanduk yang menonjolkan positioning anda, atau membuat materi promosi yang menonjolkan positioning anda.

2. Networking

manfaat networking untuk bisnis ukm
image credit : stocksnap.io

Networking atau gemar membangun jaringan adalah salah satu karakteristik pengusaha sukses.

Networking memungkinkan seorang pengusaha untuk mendapatkan ide-ide baru, memperluas peluang dan kolaborasi sumber daya.

Tidak hanya itu, networking sebenarnya merupakan salah satu strategi pemasaran untuk UMKM yang ampuh dan efektif.

Anda tentu sepakat jika anda lebih senang melakukan usaha atau membeli suatu barang dari penjual yang anda sudah kenal atau berlangganan.

Hal yang sama berlaku pada pelanggan anda, mereka juga akan lebih memilih untuk berbisnis dengan anda jika mereka mengenal anda.

Anda dapat memulai strategi pemasaran yang ampuh dan efektif ini dengan cara yang sederhana. Mulailah dengan mengajak ngobrol sebanyak mungkin pelanggan anda dari waktu ke waktu, tanyakan dimana mereka tinggal dan apa pekerjaan mereka.

Setelah itu anda juga dapat memperluas networking anda dengan mengikuti pameran-pameran usaha dan mencari kenalan yang juga mengikuti pameran tersebut. Tidak tertutup kemungkinan jika kenalan baru anda tersebut dapat menjadi mitra besar yang banyak membeli dari anda.

Baca Juga : 7 Manfaat Networking Untuk Usaha Kecil dan Menegah (UKM)

3. Kemitraan

Membangun jaringan kemitraan termasuk salah satu strategi pemasaran untuk UMKM yang ampuh dan efektif. Kemitraan disini mencakup program reseller, franchise, drop ship, kemitraan strategis dengan supplier, dan berbagai jenis kemitraan lainnya.

Kemitraan sangat efektif karena kemitraan memungkinkan anda untuk memperluas jangkauan bisnis anda untuk meraih pelanggan lebih banyak tanpa harus menggunakan modal anda sendiri. Dengan kebutuhan modal sendiri yang kecil maka anda dapat mengembangkan bisnis anda menjadi lebih cepat.

Anda perlu memperhatikan juga bahwa anda perlu punya kontrol yang cukup atas mitra anda untuk dapat menyampaikan pesan yang sama dengan yang ingin anda sampaikan ke pelanggan anda, dan mitra anda tidak melakukan praktik bisnis yang dapat merusak bisnis anda.

Anda dapat membuat kontrol yang cukup tersebut dengan membuat perjanjian formal yang jelas untuk mengatur hak dan kewajiban para pihak. Misalnya ketentuan untuk tidak menjual harga dibawah harga minimum yang anda tetapkan, ketentuan untuk menerapkan promosi yang sesuai dan menyampaikan pesan yang jujur kepada pelanggan.

4. Program Member

KPMG raksasa konsultan global menyatakan bahwa program member pelanggan adalah metode yang sudah terbukti untuk meningkatkan dan mempertahankan penjualan.

Program member bukan monopoli perusahaan besar, UMKM juga dapat menggunakan strategi pemasaran ini untuk meningkatkan dan mempertahankan pelanggannya.

Bisnis cuci motor dan cuci mobil merupakan contoh UMKM yang banyak menerapkan program member. Pentingnya program member untuk bisnis cuci motor dan cuci mobil karena mereka menyadari pentingnya retensi pelanggan untuk kelangsungan bisnis mereka.

Satu pelanggan yang loyal dapat menjadi sumber pendapatan jangka panjang, dan pelanggan yang loyal mempunyai kemungkinan yang lebih tinggi dalam mempromosikan bisnis anda ke teman atau kenalan mereka.

Tidak hanya untuk bisnis cuci motor, rumah makan juga dapat menerapkan program member yang memberikan diskon khusus untuk menu-menu spesial di hari tertentu.

5. Website Bisnis

Internet telah memungkinkan semua orang mencari suatu informasi dengan cepat dan mudah. Tidak heran jika saat ini internet menjadi tempat pertama untuk mencari hampir semua informasi yang dibutuhkan.

Anda sendiri mungkin pernah mencari suatu bisnis, toko atau service tertentu melalui internet sebelum memutuskan untuk mengunjungi bisnis atau toko tersebut.

Jika UMKM anda memiliki website bisnis maka kemungkinan untuk ditemukan oleh calon pelanggan akan meningkat. Selain itu mempunyai website bisnis sendiri juga dapat meningkatkan reputasi bisnis anda dimata calon pelanggan atau calon mitra.

Mengingat didalam dunia bisnis reputasi yang baik merupakan aset yang mempunyai harga mahal, mempunyai website bisnis yang bagus harus menjadi bagian dari strategi pemasaran untuk UMKM anda.

Baca Juga : 7 Alasan Bisnis Harus Mempunyai Website Sendiri

7. Blogging

Blogging mungkin identik dengan menulis untuk hobi, salah satu cara menghasilkan uang dari internet, atau cara untuk mengumpulkan pembaca untuk seorang penulis.

Tetapi sebenarnya diluar tujuan tersebut, blogging juga mempunyai manfaat untuk dunia UMKM. Blogging dapat menjadi strategi pemasaran untuk UMKM yang ampuh dan efektif dengan meningkatkan konten-konten yang bermanfaat untuk pelanggan anda.

Dengan menciptakan konten-konten tersebut, anda membangun reputasi yang lebih baik dimata pelanggan, dan anda dapat meningkatkan jumlah pelanggan yang datang untuk berbisnis dengan anda karena mereka menemukan blog anda yang berguna.

8.  Social Media Organik

Strategi pemasaran untuk UMKM yang satu ini gampang-gampang susah untuk dilakukan. Gampang disini karena anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk memelihara dan mengupdate akun social media. Namun cukup susah untuk mendapatkan hasil yang sesuai harapan jika tidak mengetahui teknik yang benar untuk mempromosikan bisnis anda.

Selain itu anda juga mungkin akan kesulitan untuk mencari waktu mengupdate akun social media anda jika anda memiliki terlalu banyak akun social media. Oleh karena itu akan lebih baik jika anda fokus ke satu jaringan social media yang memberikan hasil terbaik untuk anda.

9. Iklan Social Media 

Membangun pengikut social media dalam jumlah besar membutuhkan waktu yang panjang dan usaha yang tidak sedikit. Anda mungkin membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk dapat meraih pengikut lebih dari 1 ribu orang.

Dengan menggunakan iklan social media berbayar anda dapat menjangkau puluhan ribu, atau bahkan jutaan calon pelanggan tanpa harus menginvestasikan waktu berbulan-bulan untuk meraih jumlah pengikut yang signifikan tersebut.

Salah satu iklan social media berbayar yang efektif dan terjangkau untuk UMKM adalah Facebook Ads. Facebook Ads adalah platform pembuatan iklan dari Facebook untuk menampilkan iklan di Facebook dan Instagram.

tools untuk mengembangkan bisnis
Facebookads : media beriklan yang efektif

Facebook Ads mempunyai kehebatan di fitur targeting pemirsa mereka. Dengan fitur tersebut anda dapat menargetkan pemirsa yang spesifik berdasarkan berbagai faktor seperti lokasi, minat, umur, jenis kelamin, pendapatan, dan banyak lagi.

Dengan demikian uang yang anda belanjakan untuk iklan menjadi lebih efektif karena anda dapat memastikan iklan tersebut hanya dilihat oleh target pelanggan anda saja.

LiveHAF adalah salah satu UMKM yang sukses menggunakan Facebook Ads sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka. Dengan menggunakan iklan facebook mereka dapat menurunkan 60% biaya per pembelian, meningkatkan 50% pendapatan, dan mendapatkan 21 kali tingkat pengembalian dari iklan (anda bisa membaca kisah sukses mereka disini).

10. Email Marketing

Email marketing sejak dulu telah menjadi strategi pemasaran digital yang paling penting. Email marketing sangat penting karena kebanyakan orang yang mengunjungi website anda tidak akan langsung membeli atau bertransaksi.

Berinteraksi dengan secara berulang-ulang dengan pengunjung yang telah meninggalkan website anda tersebut terbukti meningkatkan kemungkinan mereka bertransaksi dengan anda.

Email marketing merupakan cara untuk berinteraksi dengan pelanggan secara terus menerus, Oleh karena itu email marketing tetap menjadi salah satu kanal pemasaran digital yang mempunyai tingkat konversi paling tinggi.

Email marketing dimulai dengan tawaran menarik kepada pengunjung website anda untuk mendapatkan email dan nama mereka. Misalnya dengan memberikan eBook gratis, trial gratis, webinarg gratis, diskon khusus dan lain-lain.

Setelah pengunjung tersebut berlangganan ke email list anda, anda mempunyai kesempatan untuk berinteraksi dengan mereka dengan memberikan konten yang bermanfaat melalui email.

Tidak hanya email promosi, anda juga dapat memberikan info-info lain yang berguna seperti tips khusus, menanyakan pendapat mereka tentang bisnis anda, atau bahkan mengucapkan selamat ulang tahun kepada pelanggan anda.

11. Google My Business 

Jika bisnis anda merupakan bisnis lokal yang fokus kepada pelanggan yang berada disekitar lokasi anda saya dapat mengatakan jika Google My Business merupakan salah satu strategi pemasaran UMKM yang ampuh dan efektif.

Sebagai contoh, dapat anda lihat di gambar dibawah, saat anda mencari “toko kamera di jakarta selatan” yang muncul adalah 3 toko teratas dari halaman Google My Business.

google my business, strategi pemasaran umkm yang ampuh dan efektif
google my business – strategi pemasaran umkm yang ampuh dan efektif

Untuk mendapatkan rangking yang tinggi di Google My Business anda harus mempunyai profile yang lengkap di Google Plus, Google Maps, dan Google My Business. Kemudian anda perlu mengumpulkan review dari pelanggan anda untuk meningkatkan atau mempertahankan ranking anda.

12. Gandeng Komunitas

Menggandeng komunitas lokal dapat menjadi salah satu strategi pemasaran untuk UMKM yang efektif, terutama jika usaha anda mempunyai fokus untuk pelanggan lokal yang kuat.

Menggandeng komunitas memungkinkan anda untuk mempererat hubungan dengan masyarakat lokal dan membangun jaringan yang dapat membantu perkembangan bisnis anda.

Pilihlah komunitas yang mempunyai nilai-nilai positif dan sesuai dengan target pasar anda. Hindari memilih komunitas hanya berdasarkan potensi nilai pasar atau jumlah anggota namun tidak mempunyai nilai-nilai positif atau anggotanya tidak sesuai dengan target pasar anda.

13. Guest Posting

Apa itu guest posting? Guest posting adalah menulis artikel untuk blog atau website lain. Membuat guest posting memungkinkan anda untuk meraih pembaca baru dari pengunjung blog atau website lain tersebut.

Guest posting dapat memberikan reputasi positif yang cukup signifikan, terutama jika blog atau website lain tersebut sudah mempunyai jumlah pembaca setia yang cukup banyak.

Selain itu guest posting juga dapat membantu Search Engine Rangking website atau blog bisnis anda dengan adanya tambahan link dari website lain tersebut.

Untuk dapat menulis guest posting anda perlu menghubungi admin atau editor dari website tersebut, nyatakan maksud anda dengan jelas dan jelaskan apa artikel yang ingin anda tulis.

14. Mengikuti Bazaar atau Eksibisi

Bergantung kepada apa bidang bisnis UMKM anda, salah satu strategi pemasaran yang efektif adalah dengan mengikuti bazaar atau eksibisi bisnis.

Mengikuti bazaar atau eksibisi membuka peluang bagi anda untuk meningkatkan market awareness terhadap layanan bisnis anda, mengembangkan jaringan, dan meningkatkan penjualan anda.

Namun anda harus selektif dalam mengikuti bazaar atau eksibisi, pastikan jika bazaar atau eksibisi tersebut dikunjungi cukup banyak orang yang sesuai dengan target pasar anda.

15. Tester dan Trial

Salah satu hambatan terbesar dalam mendapatkan pelanggan baru adalah ketakutan dan keraguan pelanggan baru mengenai kualitas atau nilai yang diberikan untuk harga yang dikenakan oleh suatu produk atau layanan yang baru.

Secara alami kebanyakan orang akan memilih sesuatu yang lebih mereka kenal dibandingkan sesuatu yang asing.

Perilaku pikiran bawah sadar tersebut yang menjadi alasan mengapa suatu banyak orang yang cenderung memilih merek yang sudah mereka kenal dibandingkan merek baru meskipun harganya atau kualitasnya lebih superior.

Memberikan periode trial dan memberikan tester adalah strategi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Memberikan tester dan trial terbukti meningkatkan peluang anda untuk mendapatkan pelanggan baru.

Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memberikan tester atau periode trial kepada mereka yang tertarik dengan produk atau layanan anda sebagai bagian dari strategi pemasaran anda.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here