Youtube saat ini telah menjelma menjadi platform berbagi Video terbesar dan salah satu pusat konten terbesar di dunia. Youtube memiliki 2 milyar pengguna harian, dan berada di posisi nomor 2 website sosial media terbesar teraktif didunia setelah Facebook.

Besarnya jumlah pengguna harian dan waktu yang dihabiskan oleh penggunanya menjadikan Youtube sebagai salah satu media iklan yang sangat efektif untuk melakukan pemasaran.
Tingginya permintaan akan pemasaran melalui Youtube menimbulkan peluang tersendiri bagi pembuat konten atau content creator untuk menghasilkan keuntungan dan mendapatkan penghasilan yang tidak sedikit.

Banyak pembuat konten, influencers dan bahkan perusahaan yang menghasilkan uang yang serius dengan Youtube setiap harinya. Ryan Kaji, misalnya terlepas dari umurnya yang masih sangat muda (9 tahun) menghasilkan USD 29 juta pada tahun 2020 dari Youtube.

Besarnya penghasilan Youtuber papan atas memang menggiurkan dan menjadi daya tarik yang luar biasa bagi banyak anak muda yang kemudian tertarik untuk mencoba peruntungan menghasilkan pundi-pundi rupiah dari Youtube.

Namun sebelum memulai Channel anda ada baiknya jika anda mengetahui bahwa tidak semua Youtuber dapat meraup penghasilan yang sama. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi potensi pendapatan Youtuber dari Channelnya.

Jika anda bertanya-tanya berapa penghasilan Youtuber dan bagaimana potensi keuntungan yang dapat didapatkan oleh seorang Youtuber maka anda berada di tempat yang tepat.

Dalam artikel ini kami akan membagikan beberapa faktor yang mempengaruhi berapa penghasilan Youtuber dan potensi keuntungan yang bisa didapatkan oleh Youtuber.

Berapa Penghasilan Youtuber?

berapa penghasilan youtuber
image credit: pexels.com

Tidak semua Youtubers menghasilkan uang, sebelum anda bisa menghasilkan uang anda harus memenuhi syarat minimum menjadi partner Youtuber terlebih dahulu.

Setelah anda memenuhi syarat tersebut anda harus mengajukan permohonan untuk menjadi partner Youtube dan setelah melewati pemeriksaan dan evaluasi yang dilakukan oleh Youtube barulah anda bisa memulai untuk mendapatkan keuntungan dari Youtube.

Penghasilan seorang Youtuber pada umumnya dipengaruhi oleh beberapa faktor:

  • Niche yang dipilih
  • Jumlah view video
  • Jumlah subscriber
  • Lokasi geografis/demografis penonton

Selain faktor-faktor diatas juga terdapat faktor-faktor lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu. Oleh karena itu penghasilan Youtuber sangat bervariasi, Ryan Kaji mungkin dapat menghasilkan $29.5 juta dalam satu tahun melalui Youtube namun Channel dengan satu juta subscriber rata-rata “hanya” menghasilkan sekitar $60 ribu setahun.

Sponsored

Berapa Penghasilan Youtubers Per View?

Penghasilan yang dapat diperoleh oleh Youtuber per view dapat bervariasi bergantung pada faktor-faktor seperti tingkat engagement dan juga jenis konten. Konten dengan tema keuangan pada umumnya mempunyai potensi penghasilan per view yang lebih tinggi dibandingkan konten umum/general.

Jenis konten dan tingkat engagement berpengaruh terhadap penghasilan per view karena kedua hal tersebut berpengaruh langsung kepada tarif yang dibayar oleh pengiklan. Tarif yang dibayar pengiklan dalam hal ini bervariasi, umumnya tarif yang berlaku adalah antara $0,10 hingga $0,30 per view, dengan rata-rata pada $0,18 per tampilan.

Sekitar 15% pemirsa rata-rata menonton iklan video selama 30 detik yang diperlukan untuk dihitung dalam tagihan pengiklan. Ini berarti bahwa untuk 1.000 tampilan, ada 150 orang yang menonton iklan. Dengan $0,18 per tampilan, Google akan menagih pengiklan $27, Google sendiri akan mengambil bagian 32% ($9). Sehingga Channel YouTube tersebut akan menghasilkan $18 per 1.000 tampilan.

Berapa Penghasilan Per 1 Juta View Youtuber?

Dengan perhitungan seperti di atas, umumnya penghasilan 1 juta view berkisar antara $1.000 – $3.000 dengan rata-rata sebesar $1.800. Namun penghasilan tersebut dapat jauh lebih besar jika konten yang anda buat mempunyai tema yang bertarif tinggi seperti keuangan, kesehatan, dan bisnis.

Berapa Penghasilan Youtuber dengan 100 Ribu Subscriber?

Jumlah subscriber sebenarnya tidak berpengaruh langsung terhadap penghasilan yang mungkin dihasilkan oleh seorang Youtuber. Hal tersebut karena jumlah subscriber yang tinggi tidak otomatis menjadi jumlah view yang tinggi.

Namun jumlah subscriber yang besar meningkatkan kemungkinan lebih besar banyak yang melihat video anda. Selain itu jumlah subscriber juga meningkatkan potensi anda untuk mendapatkan uang diluar dari Adsense dengan menawarkan video bersponsor atau untuk bekerja sama dengan merek.

Bagaimana YouTuber Menghasilkan Uang?

Sebagian besar YouTuber menghasilkan uang dengan bergabung dalam Program Mitra Google Adsense Youtube. Untuk menjadi partner anda harus memenuhi syarat-syarat berikut.

Syarat Minimum Untuk Menghasilkan Uang Dengan Adsense 

Adsense atau program iklan dari Google bukanlah satu-satunya cara menghasilkan uang dari Youtube. Namun Adsense seringkali menjadi pilihan utama karena kemudahan untuk melakukannya dibandingkan cara lain.

Untuk menjadi partner Adnsesn anda harus memenuhi beberapa syarat minimum yaitu:

  • Berusia 18 tahun atau lebih, atau memiliki wali yang dapat mewakili pembayaran;
  • Tunduk kepada kebijakan program Google AdSense
  • Membuat konten yang tidak memuat kata-kata yang tidak pantas, kekerasan, bertema dewasa, promosi tembakau atau apapun yang dapat menyinggung pengiklan.

Selain itu anda juga harus memenuhi syarat channel:

  • Mempunyai 1.000 subsriber
  • Video telah ditonton lebih dari 4.000 jam

Setelah memenuhi syarat-syarat diatas tersebut anda kemudian dapat mengajukan permohonan untuk menjadi partner kepada Youtube.

Namun Adsense bukanlah satu-satunya cara Youtuber untuk menghasilkan uang. Terdapat beberapa cara lain yang dapat digunakan oleh Youtuber untuk menghasilkan uang. Dan terkadang uang yang dihasilkan dapat mempunyai proporsi yang lebih besar daripada Adsense.

Baca Juga: 8 Tips dan Cara Menjadi Vlogger Sukses

Cara Terbaik Menghasilkan Uang di YouTube

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang di YouTube dan tidak hanya melalui Adsense dan iklan Youtube itu sendiri. Berikut adalah beberapa cara Anda dapat menghasilkan uang sebagai YouTuber.

Patreon

Patreon adalah platform jasa berlangganan yang seringkali digunakan oleh konten kreator untuk menghasilkan pendapatan dari hasil karya mereka dengan memberikan jalan bagi pengikut, dan pendukung mereka untuk mendukung hasil karya mereka dengan memberikan donasi bulanan.

Sebagai ganti atas langganan bulanan tersebut, pendukung anda dapat melihat konten ekslusif, berinteraksi langsung dengan konten kreator atau manfaat-manfaat lain yang tidak diberikan untuk pengikut lainnya.

Menurut data perusahaan, pencipta di Patreon menghasilkan total gabungan lebih dari $ 1 miliar per tahun.

Affiliate Marketing

Affilate marketing sudah diketahui secara luas sebagai salah satu cara menghasilkan uang di Internet yang sudah terbukti. Affiliate marketing bekerja dengan mengarahkan pemirsa situs web pengiklan dan melacak aktivitas mereka. Saat mereka yang mengeklik tautan dan melakukan pembelian, afiliasi yang membagikan tautan memperoleh persentase dari penjualan.

Untuk menghasilkan uang dari Affiliate Marketing, anda dapat mencari program afiliasi yang relevan dengan saluran Anda kemudian bergabung dalam program afiliasi tersebut. Kemudian mulailah mempromosikan link affiliate anda melalui konten video anda atau melalui deskripsi video anda. Anda juga dapat mengirimkan email kepada pengikut anda yang berisi link affilate untuk menghasilkan uang dengan cara ini.

Menjual Merchandise

YouTube juga dapat menjadi media bagi Anda untuk memasarkan merchandise Anda sendiri. Anda dapat membuat berbagai merchandise seperti t-shirt, mug, atau bahkan produk digital untuk ditawarkan kepada audiens Anda. Kemudian cukup promosikan barang-barang ini di awal atau akhir video.

Ini bukan layanan langsung yang ditawarkan oleh YouTube. Jadi Anda perlu membuat website atau mencari cara lain untuk mempermudah penjualan. Tapi YouTube bisa menjadi inspirasi sempurna untuk konten dan saluran pemasaran.

Sponsors

Sponsor berbeda dari iklan YouTube standar karena Anda mengontrol hubungan dengan merek yang beriklan di saluran Anda. Alih-alih iklan diputar secara otomatis pada interval yang ditentukan, Anda mengintegrasikan konten promosi ke dalam video Anda. Ini mungkin uraian singkat di awal atau akhir. Atau seluruh video mungkin tentang produk atau layanan tertentu.

Tarif untuk sponsor sangat bervariasi. Beberapa membebankan biaya ribuan dolar untuk satu kali penyebutan, sementara yang lain bekerja untuk produk atau layanan yang berbakat. Tidak ada tampilan atau pelanggan minimum untuk opsi ini, karena tidak dijalankan melalui YouTube. Jadi, bahkan mereka yang memiliki sedikit pengikut dapat menggunakan opsi ini jika Anda memiliki ceruk yang terlibat.

Baca Juga: 5 HP Untuk Vlog dan Youtuber 2-3 Jutaan Terbaik

Artikel sebelumyaRincian Modal Usaha Kebab dan Keuntungan Bisnis Kebab
Artikel berikutnya8 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dari Rumah Terbaik
Firman adalah seorang internet entrepreneur,investor keuangan dan konsultan hukum. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here