tips sukses elon musk, elon musk
tips sukses elon musk

Sebagai pendiri Paypal, Space-X, dan eksekutif kunci Tesla, Elon Musk patut dijadikan contoh bagi setiap pengusaha yang ingin sukses. Pertanyaannya, apa rahasia dan tips sukses Elon Musk yang patut kita contoh?

Elon Musk berbeda dengan orang super kaya kebanyakan. Elon Musk tidak hanya kaya, dia juga terkenal sebagai inovator, pemimpin yang visioner, dan meraih kekayaannya dari berbagai bisnis yang sama sekali berbeda yang menantang para raksasa “tua”. Kesuksesan Elon Musk tidak hanya karena kecerdasan dan kemampuannya semata, belajar dari kisah sukses Elon Musk berikut 10 Rahasia dan Tips Sukses Elon Musk Terbaik.

1. Etos Kerja Yang Kuat

Elon Musk terkenal memiliki etos kerja yang luar biasa. Elon Musk seringkali bekerja lebih dari 80-90 jam perminggu. Elon bahkan pernah bekerja 120 jam dalam satu minggu, tidur dilantai pabrik Tesla untuk mengejar produksi Tesla Model 3 yang tertinggal dari jadwal.

Dalam satu wawancara Vator News, Elon memberikan tips sukses bahwa pengusaha yang ingin sukses harus siap untuk bekerja seperti neraka.

“Anda perlu menghabiskan 80 hingga 100 jam setiap minggu. Hal ini meningkatkan peluang sukses. Jika orang lain memberikan 40 jam kerja setiap minggu dan anda memberikan 100 jam kerja perminggu maka bahkan jika Anda melalukan hal yang sama dengan saingan Anda, Anda akan mencapai dalam 4 bulan apa yang membutuhkan setahun untuk dapat mereka capai” – Elon Musk

2. Kerjakan Masalah Penting 

Setiap bisnis Elon Musk yang merupakan cara Elon untuk menawarkan solusi atas suatu masalah yang penting bagi dirinya. Menurut Elon Musk, dengan fokus kepada masalah yang penting seorang pengusaha dapat bangun pagi dan bekerja dengan giat untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut.

SpaceX misalnya berawal dari masalah Elon Musk pada tahun 2002 yang ingin meluncurkan roket berisi tanaman ke Mars untuk menghidupkan kembali ketertarikan publik akan misi luar angkasa. Elon Musk tidak bisa menemukan perusahaan penyedia roket dan peluncuran luar angkasa yang menawarkan harga yang kompetitif dan akhirnya memutuskan untuk memulai perusahaan roketnya sendiri untuk menjadikan penerbangan luar angkasa sebagai kegiatan yang rutin dan menjadikan umat manusia spesies antar planet.

Kemudian investasi dan bisnisnya di Tesla merupakan solusi yang dia tawarkan untuk membantu peradaban manusia untuk “mempercepat transisi ke energi yang berkelanjutan”. Sebagai hasilnya, Elon Musk membantu melahirkan berbagai lini mobil listrik yang populer, instalasi panel matahari dan penyimpanan baterai listrik yang menjadikan Tesla sebagai perusahaan energi berkelanjutan terintegrasi yang pertama.

 

3. Tentukan Target Yang Tinggi

Tips sukses Elon Musk yang terbaik selanjutnya adalah berani menentukan target yang tinggi. Salah satu hal yang sering disorot oleh investor saham Tesla adalah kebiasaan Elon Musk dalam memutuskan target atau jangka waktu yang mustahil.

Dalam banyak kasus, Elon Musk gagal memenuhi target atau tenggat waktu yang telah ditetapkan tersebut. Salah satunya kegagalan target produksi Tesla Model 3 yang hanya mencapai 4.300 perminggu, dibawah target produksi 5.000 Tesla Model 3.

Meskipun kebiasan Elon ini banyak dikritik analis saham dan pengamat lainnya, kebiasaan ini sebenarnya menjadi salah satu rahasia kesuksesan Elon. Dengan menetapkan target yang tinggi meskipun tidak mencapai target tetapi Elon sebenarnya sudah melakukan hal yang luar biasa dan jauh diatas rata-rata.

 

4. Buat Visi Yang Jelas dan Kuat

elon musk, tips sukses
Tesla Roadster

Setiap bisnis Elon Musk didasari dengan visi yang jelas dan kuat. Paypal misalnya bermula dari visi Elon Musk akan layanan perbankan melalui internet yang cepat, andal dan mudah digunakan. SpaceX didasari oleh visi untuk membuat penerbangan luar angkasa berbiaya terjangkau dan menempatkan manusia di planet Mars. Sedangkan Telsa didasari oleh visi Elon Musk untuk keberlanjutan peradaban manusia dengan energi terbarukan.

Visi yang jelas dan kuat memungkinkan Elon untuk bekerja dengan keras meskipun seringkali menghadapi rintangan dan masalah yang seolah mustahil. Elon Musk nyaris bangkrut saat memulai SpaceX setelah mengalami dua kali kegagalan dalam meluncurkan roket pertamanya ke luar angkasa dan sampai harus menumpang tidur di rumah temannya. Namun Elon tidak menyerah karena visinya yang sangat jelas dan kuat tersebut.

Visi yang kuat dan jelas juga menjadi faktor penting untuk menarik orang-orang berbakat untuk membantu Elon Musk mengembangkan bisnisnya.

 

5. Banyak Membaca

Kebiasaan membaca tidak hanya menjadi rahasia sukses Elon Musk, banyak orang sukses lain seperti Bill Gates dan Warren Buffet juga mempunyai kebiasaan banyak membaca. Oleh karena itu, Salah satu tips sukses Elon Musk adalah kebiasaannya untuk terus menyerap pengetahuan baru dan belajar dengan banyak membaca berbagai hal.

Kebiasaan membaca Elon sudah terlihat sejak kecil. Elon mengatakan bahwa dia telah membaca seluruh isi Encyclopedia Britannica saat balita. Tidak hanya itu, saat ditanyakan bagaimana caranya dia membuat roket, Elon menjawab jika dia membaca begitu banyak buku tentang ilmu roket.

 

6. Terus Berinovasi

Didunia yang bergerak cepat, kemampuan untuk beradaptasi dan berinovasi merupakan salah satu faktor pendorong penting untuk meraih kesuksesan. Prinsip untuk terus melakukan inovasi dan melakukan perbaikan juga merupakan salah satu kunci sukses perusahaan raksasa otomotif Toyota yang terkenal dengan filosofi “Kaizen”, melakukan perbaikan kecil dan lebih baik setiap harinya.

Filosofi yang sama juga dianut oleh Elon Musk yang mengatakan:

Sangat penting untuk memiliki umpan balik, di mana Anda terus-menerus memikirkan apa yang telah Anda lakukan dan bagaimana Anda bisa melakukannya dengan lebih baik”

Musk percaya bahwa dengan melakukan perbaikan secara konsisten memungkinkan suatu bisnis untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan keunggulan kompetitif dibandingkan kompetitor yang tidak melakukannya.

 

7. Pantang Menyerah

Seperti kebanyakan pengusaha sukses lain, bagi Elon Musk kegagalan penting untuk mencapai kesuksesan. Tidak dapat dipungkiri jika terlepas dari berbagai kesuksesan yang saat ini dinikmati oleh Elon Musk sebagai salah satu orang terkaya di dunia Elon mengalami banyak kegagalan dalam perjalanan bisnisnya.

Contohnya saat memulai SpaceX, Elon Musk menjadi saksi dari tiga kali kegagalan peluncuran roket SpaceX yang berujung dengan meledaknya roket tersebut. Akibat dari ketiga kegagalan tersebut SpaceX nyaris mengalami kebangkrutan dan hanya memiliki cadangan uang untuk satu kali peluncuran lagi. Disaat yang sama Tesla mengalami berbagai masalah produksi yang juga mengakibatkan kesulitan keuangan yang parah dan hanya punya beberapa minggu sebelum kehabisan uang.

Bagi kebanyakan orang kondisi tersebut sudah cukup untuk membuat mereka menyerah dan berhenti mencoba. Tapi tidak bagi Elon Musk, terlepas dari berbagai kegagalan dan kesulitan tersebut dia terus berusaha dan semangat pantang menyerah tersebut menjadi faktor penting dari kesuksesan dirinya.

 

8. Carilah Kritik Konstruktif

Berbeda dengan kebanyakan orang yang tidak suka dengan kritik, Elon Musk merupakan orang yang terbuka dan bahkan mencari kritik yang konstruktif. Bagi Musk kritik konstruktif merupakan hal yang penting untuk melakukan perbaikan dan berkontribusi terhadap pencapaian kesuksesan.

Pandangan Musk akan pentingnya kritik konstruktif dapat dilihat dalam suatu wawancara yang menyatakan bahwa:

“Kritik yang dipikirkan matang-matang tentang apa pun yang kamu lakukan sama berharganya dengan emas. Kamu harus mencari itu dari semua orang yang kamu bisa tetapi terutama temanmu. Biasanya, temanmu tahu apa yang salah, tetapi mereka tidak mau memberitahumu karena mereka tidak ingin melukaimu, “kata Musk. Bahkan jika Anda tidak setuju dengan umpan balik mereka, Musk berkata, “Anda setidaknya ingin mendengarkan dengan cermat apa yang mereka katakan.”

 

9. Fokus Kepada Kualitas

Tesla mempunyai ketenaran yang cemerlang dan dikenal luas sebagai perusahaan pemimpin pasar mobil energi alternatif. Tesla berhasil membukukan pemesanan dimuka senilai US$ 10 miliar dan deposit sebesar US$ 276 juta hanya dalam dua hari berkat reputasinya yang luar biasa tersebut.

Padahal jika anda ketahui Tesla tidak mengeluarkan uang untuk pemasaran, dan dikatakan bahwa anggaran pemasaran Tesla adalah nol dolar. Elon Musk mengatakan bahwa sebagian besar anggaran Tesla dikhususkan untuk penelitian dan pengembangan.

Reputasi luar biasa Tesla bukan karena pemasaran yang intensif tetapi karena fokus kepada kualitas produk yang luar biasa. Kualitas produk yang superior meningkatkan nilai untuk pelanggan dan dengan sendiri pelanggan anda akan melakukan pemasaran untuk anda tanpa menghabiskan uang untuk beriklan.

 

10. Tarik Orang-Orang Berbakat

Semua perusahaan adalah, adalah sekelompok orang yang bekerja bersama untuk menciptakan produk atau layanan.

Dalam pidato pembukaannya di USC Elon Musk menjelaskan bahwa jika Anda membuat atau bergabung dengan perusahaan, hal terpenting adalah menarik orang-orang hebat.

Musk merekomendasikan agar anda juga melakukan:

“Bergabunglah dengan grup yang luar biasa sehingga Anda benar-benar menghargai atau jika Anda membangun perusahaan Anda harus mengumpulkan orang-orang hebat.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here