peluang usaha yang mudah dijalankan pemula
image credit : pexels.com
Anda mungkin sudah berkali-kali mendengar bahwa memulai suatu usaha dan menjalankannya bukanlah perkara yang mudah. Setiap usaha pasti memiliki hambatan yang dapat menjadi tantangan tersendiri dalam menjalankannya. Namun, tingkat dan skala kesulitan tiap usaha juga berbeda-beda. Ada peluang usaha yang mudah dijalankan pemula dan ada juga yang sulit dijalankan bahkan oleh mereka yang sudah berpengalaman.
Untuk seorang pemula dalam berbisnis memilih peluang usaha yang mudah dijalankan pemula dapat menjadi pilihan yang bijak. Khususnya untuk mereka yang tidak mempunyai latar belakang pengelolaan suatu bisnis, memilih usaha yang mudah dijalankan dapat meningkatkan peluang untuk sukses dan berhasil.
Jika kamu merupakan seorang pengusaha pemula yang sedang bingung mencari inspirasi usaha berikut 20 peluang usaha yang mudah dijalankan pemula untuk inspirasi kamu.

1. Usaha Pertamini

pertamini, peluang usaha yang mudah dijalankan pemula
pertamini peluang usaha yang mudah dijalankan pemula

Berdasarkan data BPS terdapat lebih dari 140 juta kendaraan motor di seluruh Indonesia pada tahun 2018 dengan tingkat pertumbuhan lebih dari 6% pertahun. Dengan besarnya jumlah kendaraan bermotor tersebut tentu permintaan akan bahan bakar kendaraan bermotor di Indonesia juga sangatlah besar.

Disisi lain jumlah SPBU di Indonesia masih terbatas, dan terdapat peluang usaha yang menjanjikan untuk anda yang mempunyai berminat untuk memulai usaha penjualan bahan bakar kendaraan secara eceran.
Faktor-faktor positif tersebut yang mendorong berkembangnya usaha pertamini diberbagai daerah di Indonesia. Usaha pertamini tergolong peluang usaha yang mudah dilakukan oleh pemula sekalipun karena proses bisnisnya relatif sederhana, anda mencari supplier bahan bakar, mengangkut bahan bakar tersebut kelokasi usaha anda dan kemudian menawarkan bahan bakar tersebut kepada pengendara bermotor secara eceran.
Untuk memudahkan dalam operasional usaha dan meningkatkan kepercayaan pelanggan anda dapat menjual bahan bakar eceran dengan menggunakan mesin Pertamini.

2. Usaha Bubur Ayam

Makanan yang satu ini terkenal sebagai salah satu makanan paling laku dijual. Bubur ayam merupakan makanan yang cocok untuk sarapan, untuk makan malam atau disaat sakit, selain itu harganya juga relatif murah sehingga wajar menjadi salah satu makanan primadona di masyarakat.
Bisnis bubur ayam tergolong menjanjikan karena banyak sekali orang yang gemar dengan makanan yang satu ini. Selain menjanjikan usaha bubur ayam termasuk salah satu peluang usaha yang mudah dijalankan oleh pemula karena bisnis ini dapat dimulai dengan peralatan terbatas, modal kecil dan juga tidak memerlukan keahlian teknis selain memasak.
 
 

3. Usaha Laundry

Mencuci baju dan menyetrika memang bukan pekerjaan yang menyenangkan, tidak heran jika banyak orang yang memilih untuk menggunakan jasa laundry untuk mencuci dan menyetrika pakaian mereka. Selain itu selalu terdapat kebutuhan untuk mencuci seprai dan bed cover secara profesional. Oleh karena itu usaha laundry sebenarnya termasuk salah satu bisnis yang menjanjikan.
Usaha laundry mudah dijalankan karena perlengkapan bisnis yang diperlukan cukup sederhana. Anda hanya membutuhkan mesin cuci, setrika, pengering, jemuran, timbangan, meja kasir, dan plastic sealer.
Selain itu anda juga dapat memulai usaha laundry dengan menjadi agen laundry terlebih dahulu untuk memulai tanpa modal dan merintis basis pelanggan anda sebelum investasi membeli perlengkapan sendiri.

4. Usaha Jual Pakaian Bayi dan Anak

jual baju bayi, peluang usaha yang mudah dijalankan pemula
image credit – pexels.com

Apakah anda tau jika saat ini terdapat lebih dari 42 juta anak berusia 0-9 tahun di Indonesia? dan terdapat 4.8 juta bayi lahir di Indonesia setiap tahunnya? Dengan besarnya jumlah bayi dan anak-anak di Indonesia, usaha pakaian anak mempunyai prospek yang cerah dan menjanjikan.

Untuk menjalankan usaha ini juga tidaklah sulit, anda bisa mencari berbagai grosiran baju baju melalui Bukalapak yang menawarkan baju bayi grosir mulai dari Rp. 11 rb  dan kemudian menjualnya kembali melalui media sosial anda, online marketplace lain, dengan berjualan dari pintu ke pintu atau bahkan dengan membuka lapak di depan TK dan sekolah.

5. Usaha Roti Bakar

Roti bakar tidak asing lagi sebagai salah satu santapan yang enak dan cocok untuk sebagai hidangan saat nongkrong atau juga sebagai buah tangan saat bertamu. Roti bakar dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu roti bakar manis dan roti bakar asin, roti bakar manis menawarkan menu seperti roti bakar coklat, keju pisang, nuttela, dan lain sebagainya. Sedangkan roti bakar asin menawarkan kornet, daging dan sejenisnya sebagai isian roti. 
Proses pembuatan roti bakar tidaklah sulit dan mudah untuk dipelajari, sedangkan untuk isiannya anda bisa dengan mudah menemukannya diberbagai toko-toko tradisional, toko modern dan bahkan di berbagai toko online. Kunci sukses utama dari bisnis roti bakar adalah penentuan lokasi yang strategis, rasa yang enak dan pas, serta kerjasama dengan ojek online untuk pemasaran.
 

6. Usaha Dropship

Salah satu tantangan dalam bisnis penjualan barang secara eceran secara tradisional adalah pemilihan produk untuk dijual serta pengaturan stok barang. Idealnya stok barang yang ada harus sesuai dengan penjualan yang terjadi, dimana stok barang lama secara reguler terjual terlebih dahulu sehingga dapat digantikan dengan stok yang baru. Namun kenyataannya seringkali tidaklah demikian.
Seringkali banyak barang stok lama yang tidak terjual dan mengalami kerusakan atau penurunan nilai sehingga pengusaha mau tidak mau akan mengalami kerugian. Hal tersebut dapat diatasi dan dihindari jika anda menjalankan bisnis dengan skema dropship.
Bisnis dropship cocok untuk pemula karena tidak diperlukannya modal untuk memulainya, selain itu anda juga tidak perlu pusing menangani stok barang, melakukan pembelian barang dan mengatur pengiriman ke pelanggan.

7. Usaha Kerajinan Tangan

Jika anda saat ini memiliki keahlian untuk membuat sesuatu dengan tangan anda sendiri seperti tas, sepatu, perhiasan, atau baju maka tidak ada salahnya untuk menjalankan usaha kerajinan tangan anda sendiri.
Dengan dasar keahlian yang sudah anda punya, bisnis yang satu ini akan menjadi lebih mudah dijalankan meskipun anda merupakan pemula dalam berbisnis. Hal tersebut karena anda sudah memiliki keahlian dalam membuat barang yang akan dijual, sedangkan untuk modal membuat barang kerajinan tangan biasanya tidaklah besar dibandingkan harga jualnya.
Untuk pemasaran anda juga dapat bermitra dan meminta pendampingan dari dinas usaha kecil menengah yang terdapat di pemerintah kota atau daerah anda untuk bisa mengikuti bazaar yang seringkali mereka adakan dan juga memperoleh pengetahuan lebih lanjut untuk melakukan pemasaran melalui internet.

8. Agen Kurir Pengiriman Barang

Bisnis agen kurir pengiriman barang seperti JNE, Tiki, JNT dan Ninja Xpress saat ini terus mengalami pertumbuhan berkat pertumbuhan penjualan barang melalui media online. Tidak heran jika bisnis agen kurir pengiriman dapat dikategorikan sebagai bisnis modal kecil yang menjanjikan.
Bisnis agen kurir pengiriman barang juga tidak sulit untuk dijalankan. Yang anda perlukan adalah modal untuk menyewa tempat, membeli beberapa perlengkapan sederhana seperti komputer, printer, timbangan, serta beberapa meja dan kursi.
 

9. Katering Rumahan

Jika anda hobi memasak dan dapat membuat makanan yang enak, salah satu peluang usaha yang cocok untuk anda jalankan sebagai pemula adalah bisnis katering rumahan. Anda dapat menawarkan katering untuk sehari-hari, katering khusus diet atau bahkan untuk acara. Untuk memasarkan bisnis ini anda bisa memulai dari menawarkannya kepada orang-orang yang anda kenal terlebih dahulu dengan harga khusus untuk mengenalkannya dan kemudian meminta mereka untuk memberi tahu kepada orang lain yang mungkin tertarik untuk membeli katering dari anda.

10. Usaha Snack

 Siapa yang tidak suka makan snack? Banyak orang suka ngemil dan membeli snack setiap harinya. Tidak heran jika usaha snack termasuk bisnis dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi dan stabil setiap tahunnya. 
Jika kamu mempunyai ide atau resep untuk membuat snack yang enak anda bisa mempertimbangkan untuk memulai usaha yang satu ini. Pastikan untuk menawarkan snack anda melalui media sosial dan juga online marketplace untuk meningkatkan potensi penjualan anda.

11. Usaha Cuci Motor

Motor di Indonesia sangatlah banyak jumlahnya. Berdasarkan data BPS terdapat setidaknya 120 juta motor pada tahun 2018. Dari jumlah tersebut dapat diperkirakan akan terus bertambah setiap tahunnya.
Dengan besarnya jumlah motor dan cuaca Indonesia yang sering hujan terdapat peluang usaha yang menjanjikan untuk bisnis cuci motor. Selain menjanjikan, usaha cuci motor tidaklah sulit untuk dijalankan. Anda dapat membeli perlengkapan yang diperlukan serta mempersiapkan tempat yang sesuai untuk cuci motor, kemudian anda bisa bermitra dengan beberapa pemuda sekitar dengan skema bagi hasil untuk mencuci motor pelanggan anda.

12. Jasa Titip Beli

Apakah anda mempunyai banyak pengikut di media sosial, suka berbelanja dan suka mencari informasi promo? Jika ya anda bisa mencoba peluang bisnis untuk pemula yang satu ini. Bisnis jasa titip sangat cocok untuk pemula karena modal utama anda adalah waktu, kesabaran, dan kemampuan anda untuk menemukan barang yang banyak diminati oleh target pelanggan anda. Produk kosmetik, pakaian bermerek, tas bermerek, sepatu, dan perlengkapan rumah tangga bermerek adalah beberapa contoh barang yang diminati untuk titip beli.

 

13. Usaha Minuman Bubble

bubble tea, peluang usaha yang mudah dijalankan
bubble tea – peluang usaha yang mudah dijalankan

 Jika anda ingin terjun ke bisnis kuliner sebagai pemula tidak ada peluang usaha lain yang lebih cocok selain usaha minuman bubble. Kenapa? karena usaha minuman bubble sangat diminati sejak lama dan terbukti cukup menjanjikan. Tidak hanya itu proses pembuatan produknya juga tidaklah sulit. Untuk mempermudah anda dalam memulai usaha anda bisa mempertimbangkan untuk ikut dalam program waralaba atau kemitraan sehingga anda bisa fokus untuk berjualan tanpa harus memikirkan produksi bahan baku.

14. Usaha Desain Kaos

tees.co.id, usaha sampingan untuk anak muda
usaha sampingan untuk anak muda : desain barang-barang

Apakah anda senang membuat desain kaos dengan gambar yang menarik dan kreatif? Jika ya tidak ada salahnya jika anda memulai usaha desain kaos. Berbeda dengan masa lalu dimana untuk usaha kaos anda harus membuat kaos terlebih dahulu dan menjualnya atau membuat desain terlebih dahulu dan mengumpulkan sejumlah preorder sebelum membuatnya saat ini anda bisa memulai usaha desain kaos tanpa modal dengan sangat mudah menggunakan platform desain kaos seperti Tees.co.id dan Ciptaloka.

Anda dapat membuat desain dari gambar atau tulisan diwebsite Tees.co.id dan Ciptaloka kemudian menjualnya melalui website tersebut. Anda juga dapat memasarkanya melalui media sosial anda untuk meningkatkan penjualan kaos hasil desain anda. 

15. Membuat Blog

Blog tidak hanya menjadi sarana untuk menyalurkan hobi menulis. Anda juga dapat menggunakan blog untuk menghasilkan uang. Usaha blog juga dapat anda mulai tanpa modal dengan menggunakan platform gratis seperti Blogspot untuk memulai. Anda perlu menentukan suatu topik yang dapat menghasilkan uang seperti review teknologi, solusi keuangan dan investasi, kesehatan dan olahraga atau ceruk topik lainnya seperti ibu dan anak.

 

16. Usaha Rental Freezer ASI

Di kota-kota besar saat ini semakin banyak wanita karir yang harus lanjut bekerja setelah masa cuti melahirkan telah habis. Tetapi disisi lain kebutuhan bayi akan ASI tetap harus dipenuhi karena ASI merupakan sumber nutrisi terbaik untuk bayi baru lahir. Namun untuk dapat tetap memberikan ASI disaat bekerja seorang ibu harus mempunyai freezer untuk menyimpan ASI yang diperah untuk dapat diberikan kemudian.

Kebanyakan ibu akan memilih untuk mneyewa freezer khusus ASI karena diperlukan ruang lebih untuk menyimpan ASI dan untuk menjaga kualitas ASI. Disisi lain freezer ASI hanya dibutuhkan paling lama 6-8 bulan setelah melahirkan sehingga kebanyakan ibu akan memilih untuk menyewa freezer dibanding membelinya.

Usaha ini cukup menjanjikan karena tingkat pengembalian modal yang cukup cepat (sekitar 1 tahun) dan kemudahan dalam menjalankannya. Pastikan anda meminta deposit yang cukup serta informasi identitas secara lengkap mulai dari tempat kerja dan orang-orang dekat untuk menjamin keamanan freezer ASI yang anda sewakan.

 

17. Usaha Excavator Mini

Seperti yang sebelumnya disebutkan diatas jika terdapat lebih dari 42 juta anak di Indonesia dan 4.2 juta bayi pertahun lahir. Oleh karena itu bisnis mainan merupakan bisnis yang sangat menjanjikan di Indonesia. Usaha excavator mini, merupakan salah satu bisnis yang cepat balik modal. Di Bukalapak satu unit Excavator mini mainan dapat dibeli dengan harga Rp. 500 rb dan dapat disewakan dengan harga Rp. 5.000 – Rp. 10.000 per 15 menit. Sehingga dengan asumsi jam kerja perhari 5 jam dan terdapat 10 pelanggan perharinya maka hanya dibutuhkan 10 hari untuk balik modal.

18. Barbershop

Tidak dapat dipungkiri jika saat ini pria semakin memperhatikan penampilannya. Salah satunya terlihat dengan semakin populernya barbershop yang bergaya modern dengan fasilitas yang lebih lengkap. Usaha barbershop termasuk peluang usaha yang mudah dijalankan oleh pemula karena anda sebenarnya tidak perlu memiliki keahlian untuk mencukur rambut, yang anda perlukan adalah kemampuan untuk menentukan lokasi yang tepat dan membuat suasana barbershop yang nyaman untuk pelanggan. Sedangkan untuk tukang cukur anda dapat merekrut tukang cukur yang berpengalaman dan menawarkan gaji kepada mereka atau dengan sistem bagi hasil.

 

19. Usaha Florist

Usaha florist atau penjual bunga tidak memerlukan keahlian yang sulit untuk dipelajari dan cara pemasarannya pun tidak membutuhkan pengalaman yang tinggi. Selain itu memulai usaha florist tidak membutuhkan modal yang besar.

Anda dapat memulai usaha florist dengan memanfaatkan momen-momen tertentu seperti wisuda, dan dengan fokus kepada pemasaran melalui social media seperti  Yosefine, pendiri Lanushky Bouguet yang memulai usaha ini dengan modal Rp 100 ribu saja.

 

20. Warung Kopi

Warung kopi atau cafe modal kecil tengah naik daun saat ini dengan meningkatnya minat masyarakat untuk mengkonsumsi kopi. Ditengah menjamurnya gerai-gerai kopi tersebut, bisnis warung kopi masih menjanjikan dan mudah dijalankan oleh pemula. Anda tidak perlu menawarkan kopi yang sulit untuk dibuat dan fokus kepada penawaran warung kopi biasa yaitu indomie, gorengan, kopi tubruk, dan roti bakar.

Baca Juga : Rincian Modal Usaha Warung Kopi (Warkop) dan Analisisnya

Loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here