usaha untuk gamer yang menjanjikan
usaha untuk gamer - image credit: pexels.com

Apakah kamu senang bermain dan menyukai game? Jika ya, kemungkinan besar kamu pernah berpikir untuk memulai suatu usaha yang berkaitan erat dengan game. Untuk kamu yang sedang mencari ide bisnis untuk gamer dalam artikel ini IDNtrepreneur akan membagikan 5 peluang usaha untuk gamer yang patut dicoba.

Industri game saat ini telah menjadi industri raksasa yang menghasilkan bernilai ratusan miliar Dolar Amerika Serikat. Tidak hanya itu games terus berkembang menjadi salah satu sarana hiburan utama bagi masyarakat luas dengan merebaknya mobile gaming dan semakin hidupnya scene e-sport dan streaming.

Bermain game saat ini tidak hanya menjadi sekedar hobi dan dapat menjadi salah satu pilihan karir dengan adanya atlet esport yang memenangkan jutaan Dolar Amerika Serikat melalui turnamen seperti Johan “N0tail” Sundstein yang telah memenangkan uang hadiah dari turnamen Dota 2 dengan jumlah total sebesar US$ 6.8 miliar. Selain atlet esport, streamer populer game seperti Tyler “Ninja” Blevins yang dapat menghasilkan US$ 500,000 per bulan dari bermain game.

Disamping itu dengan berkembangnya industri dan pasar game sejatinya terdapat beberapa ide bisnis untuk gamer yang cukup menjanjikan untuk dicoba. Jika kamu serius untuk memulai usaha yang berkaitan dengan game berikut 5 peluang usaha untuk gamer yang patut dicoba.

1. Joki Games

Saat ini semakin banyak orang yang gemar bermain game yang mempunyai unsur kompetitif atau ranking. Adanya unsur kompetitif atau ranking tersebut menjadi salah satu pendorong bagi pemain untuk terus memainkan game tersebut secara rutin. Namun pada perkembangannya cukup banyak juga mereka yang hobi bermain game tetapi mengalami kesulitan untuk mempertahankan atau meningkatkan ranking mereka karena kesibukan yang lain.

Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa bisnis joki games menjadi salah satu bisnis yang berkembang. Usaha joki games saat ini telah menjadi salah satu peluang usaha untuk gamer yang patut dicoba. Reynaldo Haris Pratama, joki game online mengatakan, para gamer biasanya menyewa jasa joki untuk menaikkan peringkat dan ingin tampak hebat di antara para gamer lainnya.

Biaya yang dapat dikenakan untuk jasa joki ini berbeda-beda tergantung jenis game dan tingkat kesulitan untuk menaikkan atau mempertahankan peringkat tersebut. Untuk mobile legend misalnya, seorang Joki games dapat mematok tarif hingga Rp. 275.000 sampai Rp. 375.000 untuk menaikkan peringkat dari Legend ke Mystic.

Beberapa gamer yang menjalankan bisnis joki game ini mengakui bahwa dari jasa mereka dapat mengantungi keuntungan sampai Rp. 1 juta rupiah per minggu atau sekitar Rp. 4 juta perminggu. Anda kemudian dapat mengembangkan bisnis ini juga dengan merekrut joki lain untuk mendapatkan klien dari anda sehingga penghasilan anda tidak terpaku pada jam bisa anda berikan untuk menaikkan peringkat.

 

2. Blogging

Sebagai seorang gamer salah satu usaha untuk gamer yang menjanjikan adalah dengan membuat konten terkait dengan game dan memasukkannya dalam blog. Usaha yang satu ini sangat cocok jika anda juga menyukai menulis disamping gemar bermain game.

Dengan semakin banyaknya gamer, saat ini semakin banyak juga mereka yang mencari konten-konten terkait dengan game seperti review game, berita mengenai game online, tips dan trik serta review mengenai perlengkapan game.

Seorang blogger game yang populer dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan, Kai dan Max yang memulai blog game On-Winning.com dapat menghasilkan keuntungan sebesar 4 digit dolar Amerika serikat perbulan atau sekitar lebih dari puluhan juta perbulan.

 

3. Channel Youtube

Salah satu usaha untuk gamer yang menjanjikan selanjutnya adalah membuat channel Youtube tentang gaming. Gaming merupakan salah satu jenis konten yang paling digemari di Youtube. Banyak Youtuber top memulai kesuksesan mereka dengan membuat konten yang bertema tentang game seperti DanTDM yang merupakan salah satu Youtuber tersukses didunia mempunyai tema utama tentang Minecraft.

Untuk memulai usaha yang satu ini kamu membutuhkan perlengkapan Vlog standar seperti video kamera, Laptop atau PC yang cukup mumpuni dan microphone yang cukup bagus.

 

4. Affiliate Marketing

Affiliate marketing menempati posisi empat untuk ide bisnis untuk gamer yang cukup menjanjikan. Affiliate marketing secara sederhana merupakan skema bisnis dimana anda mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang berasal dari link khusus yang diberikan oleh pengiklan.

Affiliate marketing merupakan skema bisnis yang sangat cocok dijalankan untuk ceruk pasar gaming karena salah satu cara untuk mendapatkan penjualan melalui affiliate marketing adalah dengan membuat review. Di ceruk pasar gaming review menjadi sangat penting dan banyak sekali hal yang dapat direview mulai dari game itu sendiri sampai perlengkapan dan aksesoris game.

Baca Lebih Lanjut Bagaimana Cara Memulai Affiliate Marketing Untuk Pemula

5. Toko Online Gamer

Apa barang yang dibutuhkan oleh gamer? Banyak, mulai dari perlengkapan dasar gaming seperti konsol gaming, handphone gaming,  laptop dan pc gaming, dan aksesoris gaming merupakan contoh beberapa hal yang dibutuhkan oleh gamer.

Tidak hanya itu cukup banyak juga gamer yang melekatkan hobi mereka tersebut menjadi bagian dari identitas diri mereka sehingga berbagai pernak-pernik dengan tema game juga merupakan barang yang cukup populer. Contohnya seperti Hoodie bertema game, kaos bertema game, dan masih banyak lagi.

Jika anda mempunyai pengetahuan yang mendalam mengenai berbagai barang-barang yang banyak dicari oleh gamer, bisnis yang satu ini dapat menjadi salah satu peluang usaha untuk gamer yang patut dicoba.

 

Penutup

Industri game diprediksi akan terus berkembang setiap tahunnya dengan semakin diterimanya game sebagai salah satu sarana hiburan oleh generasi milenial yang telah memasuki usia produktif dan generasi muda. Oleh karena itu gaming saat ini tidak dapat lagi dipandang sebelah mata sebagai kegiatan yang hanya membuang-buang waktu karena banyak hal yang dapat dihasilkan melalui gaming. Contohnya 5 peluang usaha untuk gamer seperti diatas.

Bagaimana menurut kawan entrepreneur? apa ada ide bisnis untuk gamer selain diatas?  

Please follow and like us:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here