tips dan cara menjadi dropshipper sukses, dropshipper sukses, sukses dropshipping
image credit : pexels.com

Bisnis dropshipping sudah terbukti merupakan salah satu bisnis yang dapat dimulai dengan modal kecil dan mempunyai potensi untuk pengembangan yang tidak dapat dianggap remeh. Namun, menjadi dikira untuk menjadi dropshipper anda hanya perlu chatting dan sekedar duduk diam dibelakang komputer dan uang akan mengalir sendiri. Diperlukan strategi yang tepat untuk bisa menjadi dropshipper sukses, untuk itu diartikel ini kami akan membagikan tips dan cara menjadi dropshipper sukses.

Apa itu Dropshipping?

Jika kamu belum mengetahui apa itu dropshipping sebelumnya dropshipping adalah skema bisnis yang memungkinkan suatu penjual (dropshipper) untuk menawarkan barang untuk dijual kepada pelanggan tanpa mempunyai persediaan barang. Untuk memenuhi pesanan pembeli, dropshipper bekerja sama dengan supplier yang menyimpan persediaan barang dan mengirimkannya langsung kepada pembeli berdasarkan pesanan yang diterima dropshipper.

Cara Menjadi Dropshipper Sukses

Mendirikan dan menjalankan bisnis dropshipping tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Hal ini karena banyak sekali dropshipper yang salah memahami bahwa dropshipping adalah jalan untuk menghasilkan uang tanpa banyak usaha dan tanpa modal.

Kenyataannya dropshipping tetap membutuhkan modal walaupun kebutuhan modalnya jauh lebih kecil daripada skema bisnis tradisional. Sedangkan untuk usaha dropshipping justru membutuhkan lebih banyak usaha agar bisa menjadi dropshipper yang sukses. Berikut ini beberapa tips dan cara untuk menjadi dropshipper sukses dari kami.

1. Mulai Dengan Ceruk Pasar

Salah satu kunci menjadi dropshipper sukses adalah perlunya memulai dengan toko online yang fokus kepada suatu ceruk pasar atau niche tertentu. Pentingnya memulai dengan ceruk pasar tercermin dari bagaimana Amazon bermula dari menjual buku-buku sebelum akhirnya menawarkan produk-produk lainnya.

Hal yang sama juga menjadi tips sukses dalam dropshipping, dengan fokus kepada suatu ceruk pasar anda dapat membangun brand yang lebih melekat dipikiran pelanggan anda. Selain itu dengan fokus disuatu ceruk pasar anda juga membangun kepercayaan pelanggan sebagai penjual yang berkomitmen pada bidang tersebut.

2. Dapatkan Supplier Yang Tepat

Tips menjadi dropshipper sukses yang kedua adalah pastikan anda mendapatkan supplier yang tepat. Supplier yang tepat disini bukan hanya berarti memberikan harga yang bersaing. Supplier yang tepat disini juga mencakup kecepatan dan ketepatan supplier dalam memenuhi pesanan pelanggan yang anda teruskan kepada mereka.

Jika supplier anda lambat dalam memenuhi pesanan dapat dipastikan untuk sulit membuat pelanggan terkesan terhadap pelayanan yang anda berikan. Dan jika pesanan yang dikirimkan tidak sesuai dengan pesanan maka akibatnya anda akan dipusingkan dengan masalah retur barang dan pelanggan yang tidak senang dengan pelayanan anda.

3. Buat Penawaran Yang Hebat

Seperti bisnis yang lain, agar sukses di bisnis dropshipping penawaran yang hebat merupakan komponen yang sangat penting. Mempunyai penawaran yang hebat disini diperlukan agar calon pembeli mau membeli dari anda dan tidak dari penjual yang lain.

Penawaran yang hebat tidak selalu mengenai harga yang murah. Penawaran yang hebat juga dapat diberikan dengan penjelasan mengenai manfaat barang yang ditawarkan secara mendetail dan jelas. Penawaran yang hebat juga dapat berupa edukasi terhadap calon pembeli anda mengenai bagaimana suatu produk dapat menyelesaikan masalah mereka dengan baik.

 

4. Tawarkan Nilai Tambah

Menawarkan nilai tambah kepada pelanggan disini berarti tidak hanya sekedar memberikan barang yang diperlukan kepada pelanggan. Anda juga harus memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Hal ini mencangkup menjelaskan masalah terkait produk, membantu pelanggan dalam menggunakan produk dan memberikan layanan purna jual lainnya.

Menawarkan nilai tambah kepada pelanggan juga dapat dilakukan dengan membuat suatu bundling yang menawarkan beberapa produk dalam suatu paket dengan harga yang lebih terjangkau. Namun pastikan dalam menawarkan bundling produk yang termasuk dalam bundling tersebut mempunyai kaitan erat dengan produk utama yang ditawarkan.

 

5. Gunakan SEO

Trafik atau pengunjung website merupakan hal yang sangat penting bagi setiap toko online. Begitu juga dengan bisnis dropshipping. Oleh karena itu Search Engine Optimization atau SEO menjadi salah satu cara sukses bisnis dropshipping. Traffic yang didapat dari search engine mempunyai minat pembelian yang tinggi dan tidak membutuhkan biaya seperti traffic dari iklan.

SEO disini tidak hanya berlaku untuk website anda sendiri, anda juga dapat menerapkan SEO di halaman online marketplace anda. Beberapa tips penting dalam menggunakan SEO adalah pastikan anda menuliskan beberapa kata kunci penting yang mempunyai potensi untuk digunakan sebagai kata pencarian oleh calon pelanggan.

 

6. Email Marketing

Email marketing disebut-sebut sebagai salah satu metode marketing paling efisien dan mempunyai imbal hasil yang tinggi. Hal tersebut memang benar adanya, menurut campaignmonitor email marketing jika dilakukan dengan benar dapat menghasilkan imbal hasil atau return on investment lebih dari 4000%.

Email marketing dapat anda lakukan dengan membuat database email pelanggan atau calon pelanggan. Email dapat anda kumpulkan dengan memberikan kupon diskon atau giveaway kepada calon pelanggan dan pelanggan anda. Kemudian anda harus mengirimkan email promosi dan konten secara berkala kepada pelanggan anda.

 

7. Buka Toko di Berbagai Platform

Tips dan cara menjadi dropshipper sukses yang terakhir adalah buka toko di beberapa platform online marketplace. Mempunyai toko di berbagai platform disini penting untuk menghindari resiko ditutupnya toko anda suatu platform yang berakibat pada hilangnya satu-satunya media penjualan anda. Mempunyai toko di beberapa platform juga memungkinkan anda untuk meningkatkan potensi penjualan dimana suatu platform dapat mempunyai profil pelanggan yang berbeda. Sehingga dengan membuat toko di beberapa platform anda dapat menjangkau basis pelanggan yang lebih luas dan menjual kepada pelanggan yang lebih banyak.

Please follow and like us:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here