modal usaha bakso dan mie ayam
modal usaha bakso dan mie ayam

Berapa modal usaha bakso dan mie ayam? Pertanyaan tersebut pasti muncul jika anda sedang memikirkan untuk membuka warung bakso dan mie ayam anda sendiri.

Usaha bakso dan mie ayam merupakan salah satu usaha yang tidak ada matinya di Indonesia. Begitu banyaknya pelaku usaha yang terjun di bisnis ini dan berhasil mengembangkan bisnisnya menjadi sumber rejeki utama merupakan bukti yang tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis yang satu ini mempunyai peluang yang menjanjikan.

Selain menjanjikan, proses bisnis usaha bakso dan mie ayam tergolong sederhana dan mudah dilakukan sehingga usaha bakso dan mie ayam populer sebagai salah satu usaha yang dimulai oleh pengusaha pemula.

Bagi beberapa orang mungkin usaha bakso dan mie ayam identik dengan usaha gerobakan yang tidak mempunyai potensi untuk menjadi bisnis besar. Anggapan tersebut jelas-jelas salah karena tidak sedikit bisnis bakso dan mie ayam yang telah menjadi bisnis sedang dan bahkan besar. Bakmi GM dan Bakso Afung misalnya telah menjadi salah satu brand kuliner yang disegani dan dikenal secara luas.

Nah jika anda ingin memulai usaha bakso dan mie ayam sendiri sebagai referensi berikut rincian usaha modal warung bakso dan mie ayam berdasarkan data tahun 2020.

Rincian Modal Usaha Bakso dan Mie Ayam Konsep Warung

Modal Utama Usaha Bakso dan Mie Ayam

KebutuhanBiaya
1 Unit Etalase / GerobakRp. 2.500.000
1 Unit Kompor 2 TungkuRp. 250.000
2 Tabung Gas 3 KGRp. 350.000
1 Dandang BesarRp. 200.000
Centong Kuah, dan MieRp. 50.000
Perlengkapan masak lainnyaRp. 100.000
Perlengkapan MakanRp. 500.000
Bangku dan Meja (set 2 meja 4 bangku)Rp. 700.000
Sewa TempatTergantung Lokasi dan Luas
Cooler box 16 literRp. 260.000
TotalRp. 4.910.00 + Biaya Sewa Tempat

Biaya sewa tempat untuk warung bakso bergantung kepada lokasi dan luasnya, namun biasanya pengusaha pemula menganggarkan biaya sewa tempat antara Rp. 1 juta sampai Rp. 2 juta perbulan. Jika anda ingin memimalisir kebutuhan modal dan resiko anda dapat mempertimbangkan untuk menegosiasikan biaya sewa tempat dengan kerjasama bagi hasil.

Modal Kerja Bisnis Bakso dan Mie Ayam

KebutuhanBiaya
Bahan Baku 400 porsiRp. 2.800.000
Sambal dan Bumbu-bumbuRp. 300.000
Es balokRp. 50.000
TotalRp. 3.150.000

Total Kebutuhan Modal Warung Bakso dan Mie Ayam Konsep Warung: Rp. 8.060.000

Estimasi Omzet dan Keuntungan Usaha Bakso dan Mie Ayam

ItemNilai
Penjualan Bakso (40 porsi/hari @ Rp. 15.000)Rp. 18.000.000
Penjualan Minuman (30 botol/hari @ Rp. 4.000)Rp. 3.600.000
Penjualan Kerupuk (25 pcs/hari @ Rp 2.000)Rp. 1.500.000
Total PenjualanRp. 23.100.000
Biaya Pokok PenjualanRp. 10.500.000
Laba KotorRp. 12.600.000
Gaji PegawaiRp. 2.000.000
Listrik, Air dan GasRp. 1.000.000
Sewa TempatRp. 1.000.000
Laba BersihRp. 8.600.000

Dengan perhitungan tersebut bisnis bakso dan mie ayam mempunyai tingkat pengembalian modal yang sangat tinggi. Modal dapat diperoleh kembali dalam waktu 1 sampai 2 bulan.

Kelebihan dan Peluang Bisnis Bakso & Mie Ayam

Terdapat beberapa kelebihan peluang dalam bisnis bakso dan mie ayam sebagai berikut:

  1. Potensi kembali modal yang cepat;
  2. Perputaran uang yang cepat;
  3. Pasar sudah teruji, masyarakat gemar makan bakso dan mie ayam;
  4. Relatif mudah untuk dijalankan;
  5. Potensi dikembangkan dengan pesat menggunakan sistem franchise dan kemitraan

Melihat peluang tersebut bisnis bakso dan mie ayam tergolong bisnis yang menggiurkan dan menjanjikan. Namun sebagai bisnis yang menjanjikan bisnis bakso dan mie ayam mempunyai tantangan tersendiri antara lain.

Hambatan dan Tantangan Bisnis Bakso & Mie Ayam

Terdapat beberapa hambatan dan tantangan dalam menjalankan bisnis bakso dan mie ayam sebagai berikut:

  1. Persaingan yang ketat;
  2. Sulit untuk membangun keunggulan kompetitif;
  3. Risiko pengaturan porsi untuk bahan masakan;

Tips Sukses Bisnis Bakso dan Mie Ayam

Meskipun usaha bakso dan mie ayam tergolong bisnis tradisional yang tidak rumit namun dengan adanya beberapa tantangan tersendiri dalam menjalankan bisnis bakso dan mie ayam perlu adanya strategi yang tepat agar bisnis yang dijalankan dapat sukses.

Beberapa tips sukses bakso dan mie ayam untuk bisa mencapai sukses di sini antara lain adalah racik rasa yang enak, pertahankan kualitas, tentukan lokasi yang tepat, buat brand sesuai target pasar, jaga kebersihan dan rapihan,  lakukan promosi sosial media.

1. Racik Rasa Yang Enak

Kunci utama dari suksesnya setiap bisnis kuliner termasuk usaha bakso dan mie ayam adalah rasa yang enak. Untuk mendapatkan rasa yang enak anda Anda dapat bereksperimen untuk melakukan beberapa peningkatan resep dan kemudian mintalah pendapat dari pelanggan anda mengenai bagaimana rasa resep yang baru anda coba tersebut.

Anda mungkin memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk kemudian bisa menghasilkan resep yang benar-benar nikmat dan digemari, namun hal ini haruslah anda lakukan karena tanpa rasa yang nikmat bisnis anda tidak akan dapat sukses.

2. Lokasi Usaha Yang Tepat

Seperti semua bisnis kuliner lain, memilih lokasi usaha yang tepat sangatlah penting. Memilih lokasi ini menentukan ramai atau tidaknya bisnis yang Anda rintis nantinya. Anda bisa memilih lokasi yang ramai dan menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh masyarakat.

Beberapa indikator lokasi yang tepat antara lain dekat dengan pusat keramaian seperti kampus, perkantoran, dan sebagainya.

3. Konsistensi Kualitas

Setelah faktor di atas sudah ditentukan, maka Anda pun wajib mempertahankan konsistensi kualitas dan cita rasa bakso dan mie ayam anda.

Usahakan untuk selalu menghasilkan rasa yang konsisten dan penyajian yang konsisten meskipun terjadi kenaikan harga bahan baku ataupun kesulitan untuk mendapatkan bahan baku.

Rasa yang khas dan konsistensi disini sangat penting untuk membangun ingatan pelanggan akan rasa khas bakso anda yang dapat menjadi keunggulan kompetitif dari saingan anda.

 

4. Jaga Kebersihan dan Rapihan

Kebersihan dan kerapihan warung bakso sangat penting untuk memberikan kesan kepada pelanggan anda bahwa anda menjaga kebersihan makanan dan kualitas masakan yang disajikan kepada mereka.

Warung bakso yang bersih dapat membantu anda dalam mempertahankan pelanggan dimana setiap pelanggan akan lebih mungkin kembali ke warung bakso anda di masa akan datang jika warung bakso dan mie ayam anda terlihat bersih dan rapi.

 

5. Strategi Promosi yang Eefektif

Dalam usaha apapun, pemasaran maupun promosi penting untuk dilakukan, termasuk juga bisnis bakso mie ayam. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan usaha bakso dan mie ayam Anda dengan menghasilkan konten-konten yang menarik di instagram, twitter, Tiktok, dan lain sebagainya. Lalu, untuk menarik calon konsumen bisa gunakan promosi lainnya. Misalnya saja potongan harga untuk beberapa pembeli selama beberapa hari.

 

 

Please follow and like us:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here