Beranda Memulai Bisnis 5 Sektor Usaha Yang Bertumbuh Cepat di Tahun 2023

5 Sektor Usaha Yang Bertumbuh Cepat di Tahun 2023

121
0
Sektor Usaha Yang Bertumbuh Cepat di Tahun 2023
Sektor Usaha Yang Bertumbuh Cepat di Tahun 2023, image: pexels.com

Dalam bisnis perubahan dan risiko adalah suatu hal yang pasti. Perubahan tersebut dapat menjadi sumber peluang bagi pengusaha yang cermat dan berani. Dalam beberapa tahun terakhir terdapat beberapa sektor usaha yang bertumbuh cepat.

Pertumbuhan cepat industri tersebut dapat menjadi indikasi peluang besar dan berimplikasi terhadap sektor-sektor usaha terkait. Seperti halnya sektor usaha ecommerce yang mulai bertumbuh cepat sejak tahun 2010an kemudian berimplikasi kebisnis ritel offline maka pertumbuhan besar industri tersebut dapat mengakibatkan dampak negatif ke industri lain.

Pada artikel ini kita akan meninjau apa saja sektor usaha yang bertumbuh dengan cepat di tahun 2023. Kita juga akan melihat apa yang membuat sektor tersebut tumbuh dengan cepat.

1. Transportasi, Pergudangan dan Logistik

Industri transportasi, pergudangan dan logistik tercatat tumbuh 25,81% (yoy) hingga kuartal III 2022. Pertumbuhan yang tinggi tersebut diprediksi masih akan berlanjut di tahun 2023 dengan meningkatnya aktivitas perdagangan dan industri. Dengan tingkat pertumbuhan tersebut industri tersebut masuk kedalam sektor usaha yang tumbuh cepat di tahun 2023.

Terdapat beberapa alasan mengapa sektor usaha ini mempunyai tingkat pertumbuhan yang tinggi. Pertama, meningkatnya popularitas pembelian online telah menyebabkan peningkatan bisnis transportasi, pergudangan dan logistik. Kedua, kembali bergeliatnya aktivitas perdagangan ekspor dan impor yang sempat terhambat oleh pandemi COVID 19. Ketiga, perkembangan positif infrastruktur pendukungan bisnis logistik seperti jalan tol, pelabuhan dan jalan-jalan utama.

2. Akomodasi dan Pariwisata

Dengan meningkatnya populasi dan minat untuk bepergian setelah bertahun-tahun hilang karena pandemi, pekerjaan impian yang menggabungkan perjalanan dengan makanan dan budaya akan mendarat di tempat ketiga.

Peningkatan pertumbuhan sektor akomodasi dan pariwisata dapat dilihat dari penuh dan ramainya hotel-hotel di lokasi wisata serta penerbangan ke destinasi wisata. Tercatat sektor akomodasi mencapai pertumbuhan 11,9% pada tahun 2022 dan trend positif tersebut diprediksi akan berlanjut pada tahun 2023.

3. Perdagangan Daring

toko online, ecommerce, online store
toko online dan ecommerce

Karena semakin banyak konsumen beralih ke platform online untuk berbelanja, bisnis dengan cepat beradaptasi untuk memenuhi permintaan ini. Perusahaan perdagangan daring banyak berinvestasi untuk menjual produk mereka secara online untuk melayani pelanggan mereka dengan lebih baik. Dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan internet untuk berbelanja dan memanfaatkan diskon, sektor ritel online diperkirakan tumbuh signifikan tahun ini.

Pertumbuhan sektor bisnis perdagangan daring diprediksi masih akan meningkat meskipun beberapa perusahaan ecommerce tutup tetapi penjualan secara ritel melalui online masih meningkat. Khususnya perdagangan daring melalui media livestream dan video seperti melalui TikTok, Facebook live dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Kesalahan Startup E-Commerce dan Solusinya

4. Pengembangan AI

Masa depan ekonomi global terletak pada Kecerdasan Buatan (AI). AI diharapkan menjadi salah satu industri dengan pertumbuhan tercepat di tahun 2023, yang sudah bernilai $328,34 miliar. AI telah mulai merevolusi banyak industri, seperti kesehatan, keuangan, dan transportasi. Melalui otomatisasi, peningkatan kemampuan analisis data, dan analitik prediktif, AI membantu bisnis menjadi lebih cepat dan lebih efisien sekaligus memangkas biaya.

Dengan potensi pertumbuhan yang luar biasa dan kemampuannya untuk merevolusi industri yang ada, AI akan menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi yang paling penting tidak hanya untuk hari ini tetapi untuk tahun-tahun mendatang. Oleh karena itu industri perkembangan AI termasuk salah satu sektor usaha yang bertumbuh cepat di 2023.

5. Industri Game

hobi game, hobi yang dapat menghasilkan uang
hobi game dapat menghasilkan uang

Industri game di Indonesia memiliki potensi yang besar dan pertumbuhan yang pesat. Menurut Kominfo pada tahun 2021 terdapat 53,4 juta orang yang bermain game PC dan terdapat 133,8 gamer mobile. Selain itu menurut Hybrid.co.id tingkat pertumbuhan tahunan (CAGR) industri game di Asia Tenggara pada 2020-2025 mencapai 8,6%. Dengan trend seperti itu wajar jika industri game masuk sektor usaha yang bertumbuh cepat di 2023.

Industri game di Indonesia masih memiliki potensi besar untuk berkembang karena demografi usia muda dan produktif yang besar. Selain itu terdapat pergeseran budaya yang mendukung perkembangan industri game seperti budaya main bareng dan munculnya komunitas-komunitas gamer yang semakin banyak.

Sponsored

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini