Pendapatan blogger yang sukses dapat mencapai puluhan ribu USD per bulan. Pendapatan yang terbilang besar namun tidak dapat dicapai dengan mudah. Memilih niche blog tepat merupakan langkah pertama yang penting untuk mewujudkannya. Pertanyaannya apa saja niche blog yang selalu ramai pengunjung dan menguntungkan?

Artikel ini akan mencoba untuk memberikan inspirasi apa saja niche blog terbaik untuk dipilih dengan tujuan memperoleh pendapatan dari blog tersebut.

Sebelumnya perlu dipahami terlebih dahulu bahwa pengunjung saja tidak menghasilkan pendapatan untuk blog anda. Anda mendapatkan pendapatan dari barang/jasa yang anda jual atau dari iklan yang anda tampilkan. Selain itu juga terdapat beberapa cara lain untuk menghasilkan uang dari blog yang kami uraikan lebih lanjut di artikel kami tersebut.

Apa itu Niche Blog?

Secara umum niche dapat diartikan sebagai “ceruk”. Niche dalam bisnis dikaitkan dengan suatu segmen pasar tertentu yang spesifik.

Dalam dunia blogging, niche didefinisikan sebagai suatu topik spesifik yang menjadi spesialisasi blog tersebut. Dengan kata lain niche blog adalah pokok bahasan khusus yang dimuat dalam suatu blog anda.

Mengapa Memilih Niche Untuk Blog Penting? 

Memang tidak ada keharusan untuk memilih niche tertentu untuk sukses. Namun, sebagian besar blogger berpengalaman yang sukses menyarankan anda untuk memilih niche untuk dapat bersaing dan meningkatkan kemungkinan sukses.

Mereka menerangkan bahwa dengan fokus pada niche tertentu maka anda dapat membangun dan meningkatkan reputasi serta otoritas di bidang tersebut.

Reputasi dan otoritas menjadi elemen penting untuk membangun pembaca setia serta juga meningkatkan kemungkinan orang menemukan blog anda dengan semakin besarnya kemungkinan Search Engine seperti Google menempatkan website anda di ranking atas karena anda mempunyai otoritas di topik tersebut.

Memilih niche juga membantu pembaca anda karena pengunjung biasnaya membuka blog untuk mencari informasi terkait topik tertentu. Jika blog anda membahas terlalu banyak topik akan lebih sulit untuk mendorong pembaca pertama kali untuk tertarik dalam konten yang anda buat.

Rekomendasi Niche Blog Yang Selalu Ramai Pengunjung

Meskipun Anda dapat membuat blog tentang apa pun, tetapi tidak semua niche mempunyai potensi ramai penjung dan penghasilan yang sama. Untuk alasan ini, jika tujuan Anda dalam membuat blog adalah untuk menghasilkan uang, Anda perlu memilih niche blog yang selalu ramai pengunjung dan menguntungkan.

Misalnya, Anda mungkin mempunyai ketertarikan dan pengetahuan yang kuat dalam topik merajut anyaman kayu tetapi saya yakin bahwa bahwa potensi penghasilannya dan pengunjungnya jauh lebih sedikit daripada contoh niche blog yang selalu ramai pengunjung dalam artikel ini.

Oleh karena itu memilih niche blog yang tepat menjadi langkah pertama yang penting bagi anda yang ingin menghasilkan uang dari blog anda. Untuk membantu anda dalam memilih niche yang tepat tersebut berikut rekomendasi niche blog yang selalu ramai pengunjung dan menguntungkan dari kami.

1. Niche Bisnis Online 

niche bisnis online, niche blog yang selalu ramai pengunjung
bisnis online niche blog yang selalu ramai pengunjung

Perkembangan teknologi saat ini mendorong pertumbuhan bisnis online yang melebihi pertumbuhan bisnis offline. Dengan berkembangnya trend bisnis online tersebut minat banyak orang untuk menjalani bisnis online juga terus meningkat. Oleh karena itu niche blog mempunyai potensi yang baik di tahun 2021.

Selain itu bisnis online mempunyai berbagai kelebihan dibandingkan dengan bisnis offline, dimana anda dapat lebih bebas terkait dengan tempat berusaha dan jam operasional.

Menimbang kedua hal tersebut dapat dipastikan jika niche bisnis online termasuk salah satu niche blog yang selalu ramai pengunjung dan menguntungkan.

Sponsored

2. Niche Teknologi & Gadget 

niche teknologi, niche blog yang menguntungkan
image credit : stocksnap.io

Perkembangan teknologi merupakan salah satu topik yang banyak peminatnya khususnya untuk kelompok demografi anak muda.

Banyaknya produk-produk teknologi dan variasi produk teknologi juga menjadikan topik yang satu ini mempunyai permintaan yang besar akan adanya informasi yang bagus dan dapat dipercaya.

Selain itu dengan banyaknya pilihan produk-produk teknologi yang dijual secara online, niche teknologi dan gadget mempunyai potensi pendapatan yang cukup besar dari affiliate marketing.

Melihat potensi pengunjung dan pendapatan yang besar tersebut niche teknologi dan gadget disini dapat dikategorikan sebagai salah satu niche blog yang selalu ramai pengunjung dan menguntungkan.

 

3. Niche Travel

topik travel, topik blog yang selalu ramai pengunjung
image credit : stocksnap.io

Traveling merupakan salah satu topik yang paling banyak dicari di Internet. Selain itu trend dan minat traveling terus meningkat dengan semakin meningkatnya daya beli masyarakat generasi millenial dan Gen Z.

Meskipun traveling merupakan sektor yang paling terdampak oleh pandemi Covid-19 namun minat akan traveling hanya tertunda dan tidak hilang. Begitu pandemi dapat diatas minat traveling yang tertunda tersebut akan kembali dan meningkat pesat.

Selain itu banyak sekali program affiliate yang dapat anda ikuti untuk menghasilkan uang dari blog dengan niche travel. Anda bisa menghasilkan pendapatan dari pendapatan affiliate dengan membuat review hotel, penerbangan, dan bahkan paket wisata.

Dengan besarnya potensi pengunjung di akhir pandemi serta luasnya potensi pendapatan dari affiliate marketing maka tidak perlu diragukan lagi bahwa niche travel adalah salah satu niche blog yang selalu ramai pengunjung dan menguntungkan.

 

4. Niche Kebugaran dan Kesehatan

niche fitness niche blog yang selalu ramai pengunjung
image credit: pexels.com

Semua orang pasti ingin sehat dan mempunyai badan yang bugar. Tidak mengherankan karena kesehatan merupakan kebutuhan mendasar setiap orang. Sedangkan kebugaran mempunyai pengaruh besar terhadap kualitas kehidupan seseorang.

Sebagai salah satu topik yang diperhatikan oleh banyak orang dan menjadi kebutuhan orang banyak, niche kesehatan dan kebugaran termasuk niche blog yang selalu ramai pengunjung dan menguntungkan.

Topik kesehatan dan kebugaran mencakup berbagai aspek yang cukup luas, oleh karena itu anda dapat memfokuskan pada beberapa topik secara khusus seperti:

  • Audiens/demografi: pria, wanita, anak muda, senior…
  • Diet: paleo, keto, intermitten, organik…
  • Jenis olahraga tertentu: sepeda, lari, olahraga tim..
  • Aspek tertentu: herbal, pengobatan tradisional….

Baca Juga : 36+ Bisnis Anak Muda Modal Kecil Menjanjikan Di 2021

5. Niche Keuangan Pribadi

topik keuangan, topik blog yang selalu ramai pengunjung
image credit : pexels.com

Semua orang membutuhkan uang dan menginginkan uang untuk memenuhi kebutuhan serta keinginan mereka. Sebagai topik yang berkaitan erat dengan kebutuhan banyak orang maka jelas jika niche keuangan pribadi termasuk sebagai salah satu niche blog yang selalu ramai pengunjung.

Niche keuangan pribadi pada umumnya membahas berbagai kiat pengelolaan uang dan anggaran pribadi atau keluarga. Selain itu niche keuangan pribadi juga dapat membahas berbagai cara dalam melakukan penghematan, peluang investasi serta perlindungan asuransi.

Niche keuangan pribadi mempunyai potensi pendapatan yang cukup menggiurkan karena terdapat cukup banyak program affiliate yang terkait dengan niche ini. Contohnya broker forex, broker cryptocurrency, asuransi, software perencanaan keuangan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : 33+ Usaha Modal 1 Juta Menjanjikan di 2021

6. Niche Gaya Hidup 

Apa yang termasuk sebagai topik “gaya hidup” dalam dunia blog? Topik gaya hidup disini terkait dengan bagian kehidupan dalam suatu audiens yang sama.

Sebagai contoh, pria muda mempunyai gaya hidup tersendiri dibandingkan dengan pria yang sudah berkeluarga. Begitu juga dengan audiens wanita karir dan wanita dengan 2 orang anak dapat mempunyai gaya hidup yang berbeda.

Niche gaya hidup dengan demikian membahas seluk beluk terkait ketertarikan dalam demografi atau audiens tersebut. Sebagai contoh, anda dapat membahas mengenai gaming untuk anak muda, pengasuhan anak dan fashion untuk wanita berkeluarga, gaya hidup eksekutif dan lain sebagainya.

 

7. Niche Fashion

Topik fashion adalah yang niche blog yang selalu ramai pengunjung dan mempunyai potensi pendapatan yang cukup menggiurkan. Anda bisa mendapatkan pendapatan dari iklan, affiliate, dan juga endorsement.

Topik yang satu ini sangat cocok untuk Anda suka memposting di Instagram atau membuat video di TikTok. Banyak blogger fashion yang kemudian dapat menjadi influencer cukup terkenal.

Topik tentang fashion mungkin lekat dengan blogger wanita, tetapi sebenarnya dengan perkembangan zaman pria juga dapat menjadi blogger fashion yang berhasil.

Hal tersebut karena perhatian akan mode pria atau gaya pria semakin meningkat dan banyak pria yang semakin memperhatikan penampilan mereka.

 

8. Niche Tutorial dan Edukasi

Pertanyaan terkait “bagaimana” dan tutorial merupakan salah satu topik yang paling populer di Internet sejak lama sekali.

Internet memang merupakan sumber pengetahuan yang sangat luas dan diandalkan oleh banyak orang dalam menemukan pengetahuan baru. Hal inilah yang mendorong besarnya permintaan akan informasi-informasi tutorial serta pengetahuan.

Niche tutorial dan edukasi disini berusaha untuk menjawab berbagai pertanyaan-pertanyaan yang kerap muncul terkait dengan suatu topik tertentu.

Contohnya anda bisa membahas mengenai tutorial terkait teknologi seperti Blogging, SEO, Coding. Namun tidak hanya mengenai teknologi saja, anda juga dapat membuat website tutorial terkait bagaimana caranya melakukan budidaya tanaman hidroponik, make-up dan lain sebagainya.

 

Advertisement
Sponsored

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here