usaha laundry kiloan, bisnis laundry kiloan
usaha laundry kiloan

Apakah anda sedang memikirkan untuk memulai usaha laundry kiloan? Jika ya, anda kemungkinan besar membutuhkan informasi tentang rincian modal usaha laundry kiloan di tahun 2018, dan apakah bisnis laundry kiloan masih menguntungkan.

Sebelum membahas mengenai permodalan bisnis laundry kiloan penting untuk mengetahui karakteristik dari bisnis laundry kiloan. Bisnis laundry kiloan merupakan salah satu bisnis yang mempunyai beberapa kelebihan tersendiri.

Salah satu kelebihannya, bisnis laundry kiloan tergolong mapan dan mempunyai perputaran uang yang cukup cepat. Mapan disini artinya bisnis laundry kiloan sudah teruji mempunyai pasar di daerah kota, atau tempat-tempat wisata yang ramai.

Namun, disamping kelebihan tersebut terdapat juga kelemahan dari usaha laundry kiloan yaitu cukup tingginya persaingan bisnis laundry kiloan.

Bisnis laundry adalah bisnis jasa yang menjual kemudahan dan kenyamanan untuk konsumen. Oleh karena itu penting untuk melihat apakah sudah ada bisnis laundry kiloan dilokasi yang anda pilih, jika ada apakah mereka sudah memberikan kemudahan dan kenyamanan yang cukup untuk konsumen. Jika anda melihat ruang untuk peningkatan kemudahan, kenyamanan atau harga maka anda mempunyai peluang yang cukup besar untuk bisa sukses di lokasi tersebut.

 

Modal Usaha Laundry Kiloan 2018

image credit : pexels.com

Sebelum memulai suatu usaha, termasuk usaha laundry kiloan, informasi yang harus diketahui adalah berapa kebutuhan modal untuk menjalankan usaha tersebut.

Informasi tentang kebutuhan modal usaha laundry kiloan diperlukan untuk membuat rencana bisnis yang baik. Dengan membuat rencana bisnis anda dapat mengetahui anggaran, analisis kelayakan, serta strategi kunci yang penting untuk mensukseskan usaha laundry anda.

Untuk itu kami telah menyusun rincian modal usaha laundry kiloan di tahun 2018. Rencana permodalan ini disusun berdasarkan riset kami dari berbagai media dengan lokasi Jakarta dan sekitarnya. Perhitungan kami dapat disesuaikan dengan kemampuan serta kondisi daerah masing-masing.

 

Modal Peralatan Utama

1 unit mesin cuci AQUA Front Loading FQW1010QD : Rp. 4.000.000
1 unit setrika Phillips : Rp. 250.000
1 unit timbangan : Rp. 250.000
1 set rak dan meja laundry : Rp. 3.600.000
3 unit kursi : Rp. 600.000
1 impulse sealer : Rp. 180.000
Subtotal  : Rp. 8.880.000

Bagian modal usaha laundry kiloan terbesar disini digunakan untuk alat produksi utama yaitu mesin cuci, serta rak dan meja laundry.
Jika anda memiliki modal yang lebih kecil anda dapat memilih membeli mesin cuci second serta rak dan meja laundry bekas dengan kondisi baik.

Namun pastikan bahwa tidak terdapat kerusakan fungsi apapun di mesin cuci second yang anda beli, karena jika terjadi kerusakan maka anda tidak bisa mengerjakan order dari pelanggan.

Modal untuk menyewa tempat tidak dimasukkan dalam perhitungan ini karena harganya tentu sangat bervariasi bergantung lokasi usaha anda, luas tempat, dan keahlian anda dalam menegosiasikan harga dengan pemilik.

Jika anda tidak memiliki tempat usaha sendiri, seperti misalnya dirumah, dan anda tidak memiliki modal besar maka alternatifnya anda bisa mencari pemilik kios yang mau menerima sistem bagi hasil untuk beberapa bulan atau satu tahun pertama.

 

Modal Kerja

Detergen pakaian : Rp. 250.000
Pewangi dan pelembut pakaian : Rp. 250.000
Plastik : Rp. 200.000
Brosur promosi : Rp. 100.000
Spanduk : Rp. 200.000
Neon box : Rp. 300.000
Listrik/bulan : Rp.  500.000
Sewa tempat/bulan : Rp. 1.500.000
Subtotal  : Rp. 3.300.000

Untuk modal operasional anda setidaknya harus memiliki cadangan untuk 4 bulan kedepan, mengingat 1-2 bulan pertama anda masih dalam tahap awal dan promosi untuk menggaet pelanggan. Dengan demikian total rincian modal usaha laundry kiloan di tahun 2018 adalah sebesar Rp. 16.500.000.

Tentu anda bisa memulai bisnis laundry kiloan dengan modal yang lebih kecil jika anda memilih mesin cuci top loading satu tabung yang lebih murah, atau tidak menyewa tempat sendiri (milik sendiri atau kerjasama).

Dengan modal sebesar itu bagaimana perhitungan keuntungannya?

Analisa Keuntungan Bisnis Laundry Kiloan

Berdasarkan beberapa sumber media, usaha laundry yang mempunyai lokasi strategis dan ramai dapat memperoleh rata-rata 100 kg cucian perhari.

Untuk 1 kgnya rata-rata laundry kiloan mengenakan harga Rp. 7.000 per kg untuk harga normal. Untuk periode promosi anda dapat mengenakan biaya promo Rp. 5.000 untuk 2 kg pertama (potongan 4 ribu untuk 2 kg). Selain itu asumsikan rata-rata pelanggan mencuci sekitar 3 kg untuk setiap ordernya.

Untuk order sebanyak itu anda kemungkinan akan membutuhkan tenaga kerja pembantu untuk mencuci dan menyetrika. Anda dapat memberikan gaji bulanan tetap jika anda yakin dengan kestabilan omzet usaha anda, jika tidak anda bisa mengenakan sistem bayaran per kg.

Perhitungan Omzet

100 kg x 30 hari x Rp. 7.000 = Rp. 21.000.000

Laba bersih (30% dari omzet) = Rp. 6.300.000

Dengan informasi rincian modal usaha laundry kiloan di tahun 2018 ini tentu Anda dapat mempunyai gambaran apakah Anda siap untuk memulai usaha laundry kiloan Anda. Jika Anda merasa sudah siap lakukan langkah pertama dan jangan menunda-nunda karena kesempatan tidak akan menjadi kesuksesan jika Anda tidak bertindak.

Tips Memulai Usaha Laundry

1. Amati Persaingan

Dalam memulai usaha laundry, anda kemungkinan berhadapan dengan beberapa saingan yang telah memulai usaha ini terlebih dahulu.

Untuk itu perhatikan terlebih dahulu bagaimana persaingan pasar di sekitar lokasi anda. Berapa harga yang mereka kenakan, berapa banyak order yang biasa mereka tangani dalam sehari? Jika anda melihat harga yang dikenakan sudah terlalu rendah dan anda sulit menawarkan harga yang sama atau lebih rendah maka akan lebih bijak untuk mencari lokasi lain.

 

2. Giatkan Promosi

Sebagai usaha yang baru berjalan sangat penting untuk bisa meraih pangsa pasar dan jumlah pelanggan yang cukup dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Untuk itu anda harus giat melakukan promosi mulai dari awal membuka bisnis laundry anda. Promosi tersebut bisa berupa kupon potongan harga, gratis cuci setiap 3 kali,

 

3. Bangun Jaringan 

Mendapatkan order dalam jumlah yang besar sangat penting agar bisnis laundry dapat berjalan dan berkembang. Oleh karena itu masalah pemasaran dalam bisnis laundry menjadi sangat penting.

Salah satu cara pemasaran yang ampuh dan jitu untuk bisa mendapatkan jumlah order yang cukup dan terus tumbuh adalah dengan membangun jaringan agen yang bertugas mengumpulkan order dari pelanggan. Sebagai imbalan atas order tersebut anda kemudian dapat memberikan komisi untuk setiap order yang diberikan.

Jika Anda belum siap bacalah artikel kami tentang Bagaimana Cara Memulai Usaha Laundry Untuk Pemula yang mungkin dapat membantu Anda mempersiapkan diri dalam memulai usaha laundry kiloan.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here