Beranda Strategi 10 Karakteristik Umum Wirausahawan Yang Sukses

10 Karakteristik Umum Wirausahawan Yang Sukses

75
0
10 karakteristik wirausahawan yang sukses
10 karakteristik wirausahawan yang sukses

Menjadi wirausahawan yang sukses adalah merupakan tujuan dan mimpi setiap wirausahawan. Dengan menjadi wirausahawan yang sukses, anda dapat memiliki kekayaan yang cukup besar, menjadi bos bagi diri sendiri, mempunyai kebebasan waktu.

Namun mewujudkan kenyataan menjadi wirausahawan yang sukses tidaklah semudah memimpikannya. Setiap pengusaha yang berpengalaman mengetahui bahwa jalan berwirausaha penuh dengan tantangan, hambatan dan membutuhkan berbagai keahlian yang berbeda untuk bisa sukses.

Apakah Anda baru saja memulai perusahaan Anda sendiri atau sedang mencari cara untuk meningkatkan diri Anda dan bisnis Anda, ada sejumlah karakteristik yang, menurut para ahli dan pengalaman beberapa praktisi kewirausahaan perlu dimiliki oleh wirausahawan untuk sukses.

Beberapa orang terlahir dengan pengetahuan dan karakteristik naluriah yang membantu mereka dapat sukses berbisnis. Disisi lain kebanyakan orang perlu bekerja lebih keras untuk mengembangkan keterampilan tersebut.

Berikut ini beberapa karakteristik umum wirausahawan yang berhasil menurut para ahli sebagai referensi Anda dalam mengembangkan kemungkinan menjadi wirausahawan sukses:

Karakteristik Wirausahawan Sukses Menurut Ahli

karakteristik wirausahawan yang sukses menurut ahli
karakteristik wirausahawan yang sukses menurut ahli

Menurut Timmons dan McClleland yang dimuat dalam karyanya Thomas W. Zimmerer wirausahawan yang sukses pada umumnya memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut:

1. Komitmen dan Tekad Kuat

Wirausahawan yang sukses cenderung mempunyai komitmen dan tekad yang kuat terhadap usaha mereka. Komitmen yang kuat tersebut ditunjukkan dengan keseharian mereka yang mencurahkan sebagian besar waktu dan pikiran mereka untuk usaha mereka.

Sedangkan tekad kuat diwujudkan oleh wirausahawan sukses dengan semangat yang kokoh untuk membesarkan usaha. Tekad kuat juga ditunjukkan dengan keteguhan dalam menghadapi berbagai permasalahan atau tantangan yang dialami seorang pengusaha dalam berbisnis.

2. Bertanggung Jawab

Karakteristik umum wirausahawan yang sukses adalah pribadi pemilik memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap diri mereka sendiri ataupun terhadap bisnis yang dijalankan.

Rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri diwujudkan dengan pandangan dan kepercayaan bahwa kesuksesan dan kegagalan dipengaruhi oleh kerja dan upaya yang dilakukan dan tidak karena kondisi yang diluar kendali.

Sedangkan tanggung jawab terhadap bisnis yang dijalankan tercermin dengan komitmen terhadap usaha, mencurahkan waktu untuk usaha dan mengendalikan usaha tersebut sendiri.

3. Terobsesi Untuk Mencari Peluang

Suka dan terbiasa untuk mencari peluang dalam berbagai kondisi adalah salah satu karakteristik umum wirausahawan yang berhasil. Hal ini karena proses kewirausahaan dimulai dengan kemampuan untuk mencari peluang.

Selain itu kemampuan mencari peluang juga diperlukan dalam pengembangan usaha dimana usaha dapat berkembang apabila wirausahawan mampu mengidentifikasi peluang pasar untuk bisnisnya.

4. Toleransi Terhadap Risiko dan Ketidakpastian

Aktivitas wirausaha adalah aktivitas yang sarat dengan risiko dan ketidakpastian. Kemampuan untuk menghadapi risiko dan ketidakpastian tersebut menjadi salah satu karakteristik umum wirausaha yang sukses.

Wirausahawan yang sukses dapat menghadapi risiko dan ketidakpastian yang baik. Meskipun mereka menanggung risiko tetapi mereka melakukannya secara pintar yaitu dengan memperhitungkan dampak serta kemungkinan terjadinya serta langkah-langkah untuk memitigasi dampak risiko tersebut.

Sponsored

5. Percaya Diri

Wirausahawan yang sukses mempunyai tingkat percaya diri yang tinggi. Kepercayaan diri diperlukan untuk mendorong keyakinan yang kuat terhadap kemampuan yang dimiliki dan berhasil. Percaya diri juga diperlukan untuk menghadapi berbagai tantangan dan hambatan yang dihadapi wirausahawan dalam perjalanan menuju kesuksesan.

6. Kreatif dan Fleksibel

Mempunyai kreativitas dan mampu beradaptasi terhadap perubahan atau fleksibel adalah komponen karakteristik umum wirausaha yang sukses. Kreativitivas diperlukan untuk menciptakan nilai untuk pelangan dengan cara yang baru atau unik.

Kreativitas juga berguna untuk hampir semua aktivitas kewirausahaan seperti pemasaran, penggalangan dana, dan bahkan operasional perusahaan. Sedangkan fleksibilitas berguna untuk mengarahkan perusahaan dalam menghadapi berbagai perubahan yang dapat berpengaruh seperti perubahan pasar atau teknologi.

Baca Juga:7 Kebiasaan Pengusaha Sukses Yang Perlu Ditiru

7. Selalu Menginginkan Umpan Balik

Umpan balik penting untuk mengetahui apakah yang dilakukan memberikan dampak positif, negatif atau tidak berdampak. Dengan demikian adanya umpan balik berguna untuk setiap wirausahawan dalam memperbaiki kinerjanya.

Wirausahawan yang baik selalu menginginkan adanya umpan balik atas apa yang mereka kerjakan. Dalam hal pemasaran misalnya mereka akan bertanya kepada pelanggan mengenai kelemahan dan kekuatan kampanye pemasaran mereka. Begitu juga dengan hal operasional mereka akan mengukur efisiensi operasi untuk mengetahui apakah pendekatan operasional yang dilakukan sudah baik atau perlu diperbaiki.

8. Memiliki Tingkat Energi Yang Tinggi

Wirausahawan yang baik memiliki daya juang yang lebih tinggi dibandingkan dengan kebanyakan orang. Wirausahawan yang sukses cenderung suka bekerja keras dalam waktu yang relatif lama.

9. Memiliki Dorongan Untuk Selalu Unggul

Wirausahawan yang sukses tidak cepat puas dengan apa yang mereka miliki dan memiliki dorongan dalam dirinya untuk bisa terus berkembang. Motivasi ini muncul dari dalam diri mereka sendiri dan tidak bergantung kepada faktor eksternal.

10. Berorientasi Ke Masa Depan

Wirausahawan yang sukses mempunyai orientasi masa depan yang tinggi. Mereka mempunyai visi dan misi yang jelas, membuat rencana yang konkrit dan mempercayai masa depan yang lebih baik tersebut dapat diraih dengan upaya mereka.

Sponsored

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini