Berapa rincian modal usaha service AC? Jika anda pernah memikirkan untuk memulai usaha service AC anda sendiri namun belum mempunyai gambaran berapa modal usaha yang diperlukan anda berada ditempat yang tepat.

Prospek Usaha Service AC

Bisnis service AC mempunyai tingkat kelayakan usaha yang cukup tinggi jika anda berlokasi di perkotaaan. Cuaca Indonesia yang relatif panas dan lembab menjadikan AC salah satu perlengkapan yang dibutuhkan baik untuk rumah tangga atau perkantoran.

Tingginya penggunaan AC diwilayah perkotaan menjadikan usaha service AC sebagai salah satu usaha modal kecil yang menjanjikan. Hal tersebut tercermin dari proyeksi positif PT Sharp Indonesia yang membidik pertumbuhan 115% penjualan AC di tahun 2021.

Selain itu, bisnis service AC mempunyai beberapa karakteristik yang menarik seperti potensi tingkat retensi pelanggan yang tinggi, kebutuhan biaya operasional yang relatif kecil, serta margin keuntungan yang menggiurkan. Hal tersebut menjadikan bisnis AC sebagai salah satu usaha unggulan yang dapat dilakukan di daerah perkotaan.

Disisi lain terdapat juga beberapa kekurangan dari bisnis service AC seperti sulitnya untuk meningkatkan skala bisnis service AC, tingkat persaingan menengah, diperlukannya mobilitas yang tinggi untuk melayani pelanggan, serta dibutuhkannya pemasaran secara aktif untuk menarik pelanggan.

Rincian Modal Usaha Service AC

Modal utama dalam bisnis service AC dapat dibilang cukup terjangkau dan tidak membutuhkan modal besar. Sebagai referensi anda berikut ini rincian modal usaha service AC untuk membantu perencanaan bisnis anda.

1. Modal Perlengkapan Service AC

  • Thermometer digital: Rp50.000
  • Pompa dan Plastik Steam AC: Rp250.000
  • Ember: Rp25.000
  • Gauge Manifold: Rp175.000
  • Tang Amperemeter: Rp250.000
  • Dental Mirror dan Magnet Set: Rp100.000
  • Pompa Vacuum: Rp700.000
  • Leak Detector: Rp280.000
  • Freon: Rp850.000
  • Kunci-kunci: Rp250.000
  • Tubing Cutter: Rp160.000
  • Pinch off plier: Rp50.000
  • Swaging Tool & Flaring Tool: Rp160.000
  • Tangga lipat teleskopik 2,6 M: Rp560.000

Total: Rp3.860.000

2. Modal Perlengkapan

  • Motor second: Rp7.000.000
  • Smartphone: Rp1.500.000

Total: Rp8.500.000

3. Modal Operasional

  • Paket data dan pulsa: Rp100.000
  • Iklan dan promosi pertama kali: Rp500.000
  • Bensin: variatif – maks Rp.100.000

Total: Rp700.000

Jadi berdasarkan kebutuhan diatas maka dapat diperoleh angka Total Rincian Modal Usaha Service AC sebesar Rp13.600.000.

Tips Sukses Bisnis Service AC

Seperti bisnis lain yang masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri. Bisnis service AC mempunyai karakteristik yang mendukung pertumbuhan usaha dan menghambat pertumbuhan usaha seperti sudah kita singgung sedikit diatas di bagian prospek usaha service AC.

Agar usaha service AC dapat bertumbuh secara optimal dan sukses diperlukan beberapa strategi untuk menyiasati beberapa karakteristik yang dapat menghambat pertumbuhan bisnis service AC anda. Untuk itu berikut ini beberapa tips sukses bisnis service AC yang dapat membantu usaha service AC anda berkembang.

Berikan Pelayanan Prima

tips sukses usaha service ac rincian modal usaha service acSebagai salah satu contoh bisnis jasa anda memberikan pelayanan untuk menyelesaikan masalah pelanggan. Oleh karena itu nilai utama yang ditawarkan oleh usaha service AC adalah pelayanan yang diberikan.

Jika pelayanan yang anda berikan tidak memuaskan maka kecil kemungkinan pelanggan akan mau menggunakan jasa anda atau untuk merekomendasikan jasa anda kepada orang lain.

Untuk itu tips sukses usaha service AC yang pertama adalah pastikan anda memberikan pelayanan yang prima seperti datang ke tempat pelanggan dengan tepat waktu, kemudahan untuk dikontak dan melakukan pemesanan, tidak lupa juga memastikan hasil pekerjaan anda rapih dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Sponsored

Terakhir hindari memberikan saran untuk layanan yang tidak benar-benar dibutuhkan oleh pelanggan seperti menambah freon padahal tidak ada kebocoran atau mengganti spare part yang masih dapat digunakan.

Promosi Offline dan Online

Tips sukses usaha service AC yang selanjutnya adalah rajin melakukan promosi secara offline maupun online. Seperti yang sempat disinggung diatas bahwa bisnis AC memerlukan promosi untuk mendapatkan pelanggan karena jarang sekali pelanggan datang sendiri ke tempat usaha anda.

Anda dapat melakukan promosi offline dengan menyebarkan flyer atau menempelkan poster ditempat-tempat yang strategis dan berlokasi didaerah perumahan. Selain itu anda juga dapat melakukan promosi secara online melalui sosial media, iklan baris online, membuat blog dan SEO serta masih banyak lagi.

Program Member

Bisnis service AC mempunyai tingkat pembelian berulang yang relatif baik, dimana setiap pelanggan setia dapat menyewa jasa anda setidaknya 1 kali setiap 2-3 bulan entah itu untuk mencuci AC atau menambah freon.

Tingkat retensi pelanggan yang tinggi memastikan usaha service AC anda menghasilkan keuntungan dan menjadi dasar penting pengembangan bisnis anda.

Program member disini berfungsi untuk meningkatkan tingkat retensi pelanggan tersebut. Sebagai contoh, Anda dapat menawarkan program member dimana setiap pencucian AC ke 3 kali maka pelanggan akan mendapatkan potongan khusus untuk layanan berikutnya.

Tawarkan Produk Pelengkap

Cross-selling merupakan salah satu metode yang ampuh untuk meningkatkan pendapatan setiap usaha. Hal ini juga berlaku untuk bisnis service AC karena pelanggan setia anda akan lebih mungkin membeli barang atau jasa lain dari Anda.

Salah satu contoh produk pelengkap yang bisa anda tawarkan kepada pelanggan anda seperti penjualan AC second, service elektronik yang lain, jasa vacuum kasur dan sofa, dan masih banyak lagi.

Rekrut Pekerja Yang Terpercaya

Dalam bisnis jasa kunci kesuksesan yang terpenting adalah terdapatnya sumber daya manusia yang mempunyai berkualitas untuk mendukung pertumbuhan usaha anda.

Hal ini juga berlaku terhadap usaha service AC, jika anda sudah mendapatkan pelanggan dalam jumlah cukup banyak cepat atau lambat anda akan membutuhkan bantuan teknisi lain untuk mengerjakan orderan dari pelanggan.

Dalam merekrut pekerja pastikan anda memilih pekerja yang dapat dipercaya, hal ini untuk mencegah adanya penyelewengan dari pekerja yang dapat merugikan anda atau pelanggan anda.

Penutup Artikel Rincian Modal Usaha Service AC

Sebagai usaha yang tengah berkembang usaha service AC mempunyai peluang yang cerah dan berpotensi menghasilkan keuntungan yang menggiurkan. Selain itu seperti yang telah kami uraikan dalam rincian modal usaha service AC diatas kebutuhan modal dari bisnis service AC terbilang cukup terjangkau, dengan demikian usaha service AC dapat menjadi pilihan yang baik untuk anda yang ingin memulai usaha jasa.

Advertisement
Sponsored

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here