usaha pulsa rumahan
image credit : pexels.com

Selama ini kita selalu meyakini kalau kebutuhan pokok manusia hanya sandang, pangan, dan papan. Namun, saat ini pulsa dan paket internet juga masuk di dalamnya. Dari alasan inilah kita disarankan untuk memulai bisnis pulsa meski hanya kecil-kecilan di rumah.

Meski hanya dari rumah dan modalnya tidak seberapa, Anda bisa mengembangkannya menjadi lebih besar. Bahkan, bisnis pulsa yang Anda jalankan bisa menjadi andalan banyak warga sekitar dan terkenal di antara anak muda yang sering membutuhkan pulsa dan paket data. Berikut tips menjalankan bisnis pulsa selengkapnya.

1. Kenali Target Pasar Anda

Tips pertama yang bisa dilakukan sebelum membuka bisnis pulsa adalah mengetahui target pasar. Kalau di lingkungan Anda ada banyak anak muda yang aktif menggunakan internet, mereka bisa dijaring. Atau kalau rumah Anda berada di kawasan kantor, kampus, atau fasilitas publik lain, orang yang ada di sekitar bisa dijadikan target.

Intinya jangan asal membuka bisnis pulsa kalau Anda tidak tahu target pasarnya. Yang ada pulsa tidak laku meski sudah membukanya berhati-hari.

2. Pilih Distributor Pulsa yang Terbaik

Saat ini ada banyak distributor pulsa yang menawarkan kerja sama dengan penjual. Harga pulsanya beragam dan paket data yang termasuk di dalamnya juga lebih bervariasi. Sebelum Anda melakukan jualan, pilih distributor pulsa yang terbaik baik dari segi harga atau layanan.

Dari segi harga, pilih yang harga dasarnya tidak terlalu tinggi untuk bisnis pulsa. Kalau harga dasarnya sudah tinggi, Anda akan susah melakukan mark up. Selanjutnya pilih yang pengisian pulsa dan paket datanya cepat. Dengan begitu, pembeli tidak perlu menunggu terlalu lama dan kecewa.

3. Pasang Harga dengan Cerdas

Zaman sekarang, selisih harga hanya 500 rupiah saja sudah membuat orang berpaling. Itulah kenapa Anda disarankan untuk memilih distributor pulsa yang menawarkan harga murah dan juga berkualitas. Dari sana Anda bisa menentukan sendiri berapa harga jual dari pulsa kepada masyarakat.

Anda bisa menjual pulsa dengan harga yang cerdas dan memainkan psikologi dari pembeli. Kalau di luaran sana harga pulsa 5.000 sekitar Rp7.000 Anda bisa menjualnya menjadi Rp6.500-Rp6.900. Dengan selisih yang tidak terlalu jauh ini, pembeli akan kepincut. Apalagi layanan yang Anda berikan lebih berkualitas.

4. Membuat Promo Menarik untuk Menjaring Calon Pembeli

Selama ini penjual pulsa yang Anda amati di pinggiran jalan sering memajang daftar harga saja tanpa ada embel-embel promosi. Padahal dengan promosi yang menarik Anda bisa mendapatkan lebih banyak pembeli dan sebagian besar orang lewat atau orang jauh yang sudah langganan.

Beri kata-kata promosi dari banner yang Anda pasang. Buat para pembeli harus membeli pulsa saat ini juga untuk mendapatkan keuntungan. Misal ada bonus pulsa untuk pembelian tertentu atau bonus aksesori. Lakukan promosi sekreatif mungkin.

5. Berjualan di Marketplace

Berjualan pulsa tidak hanya dilakukan di rumah saja. Kalau Anda ingin mendapatkan jaringan yang luas, coba ikuti beberapa marketplace. Dari sana Anda bisa menjual pulsa dengan harga yang sama.

Marketplace memungkinkan pembeli pulsa berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kalau rating Anda di marketplace tinggi, kemungkinan bisnis pulsa jadi laris cukup tinggi.

6. Membuka Semacam Toko di Rumah

Kalau memiliki lahan yang cukup besar di rumah, Anda bisa membuka toko kecil-kecilan. Selain menjual pulsa, jual juga perdana yang banyak promo hingga aksesori ponsel.

Desain toko Anda menjadi lebih menarik. Anda juga bisa membuat semacam brand atau nama toko. Buat logo dan akun media sosial agar terlihat lebih kekinian.

7. Utang Adalah Larangan

Jangan sesekali memberikan utang kepada orang lain. Kecuali keluarga sendiri yang secara berkala melakukan utang dan membayarnya pada periode tertentu.

Utang akan menurunkan modal yang Anda miliki. Kecuali modalnya banyak dan untung melimpah, utang mungkin tidak akan begitu mengganggu.

Dalam berbisnis, tidak ada yang namanya tidak mungkin. Selama Anda masih bisa menjalani dengan tekun, kesuksesan bisa didapatkan dengan mudah. Jadi, kapan mau memulai bisnis pulsa yang target pasarnya sangat besar ini?

Baca Juga : 40 Bisnis Anak Muda Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here