Ramai orderan pasti menjadi keinginan setiap pengusaha toko online. Namun adakalanya toko online anda sepi pembeli selama berhari-hari. Jika demikian, pasti anda sedang bingung mencari cara menarik pelanggan toko online.

Tidak dapat dipungkiri jika saat ini bisnis toko online atau online shop semakin meningkat persaingannya. Hal ini menuntut pengusaha toko online untuk menerapkan strategi yang tepat agar dapat bertahan. Nah untuk membantu anda kami disini akan membagikan cara menarik pelanggan toko online terampuh.

1. Perbaiki Foto Produk Anda

foto produk, cara menarik pelanggan toko online terampuh
image credit : pexels.com

Foto yang baik sangat penting untuk online shop. Menampilkan foto produk yang menarik dapat membuat produk anda dilirik oleh pembeli. Oleh karena itu salah satu cara untuk menarik pelanggan toko online yang efektif adalah dengan memperbaiki foto produk anda.

Hal ini dapat anda lakukan dengan memastikan foto produk mempunyai pencahayaan yang cukup, dan dengan latar belakang putih. Kemudian fotolah produk dari berbagai sisi, setidaknya dari 4 sisi yang berbeda.

Jika anda berjualan produk fashion atau gaya hidup tambahkan foto produk yang sedang dipakai oleh model yang sesuai dengan target pasar anda.

Misalnya jika bisnis anda menjual pakaian anak muda kelas menengah maka tentu modelnya haruslah anak muda yang mempunyai penampilan kelas menengah.

2.Tulis Judul Produk Yang Efektif 

menulis judul produk
image credit: pexels.com

Cara menarik pelanggan online shop terbaik yang kedua adalah dengan menulis judul produk yang efektif. Judul produk yang efektif disini berarti judul harus menjelaskan apa nama produk dan apa spesifikasi utama dari produk tersebut.

Penulisan judul produk yang efektif sangat penting untuk menarik pelanggan dari online marketplace karena dengan judul yang tepat produk anda lebih mudah ditemukan pelanggan melalui mesin pencarian.

3. Tulis Deskripsi Yang Lengkap dan Jelas

Setiap pembeli pasti ingin mengetahui seperti apa produk yang ditawarkan sebelum membelinya. Deksripsi produk yang lengkap dan jelas disini berperan untuk memastikan pembeli memahami seperti apa produk yang ditawarkan oleh anda.

Selain itu deskripsi yang lengkap juga berperan dalam meningkatkan tampilan posisi produk anda di mesin pencarian online marketplace. Oleh karena itu memastikan deskripsi produk anda sudah jelas dan lengkap dapat menjadi cara menarik pelanggan toko online yang baik.

4. Ikuti Program Gratis Ongkir

Ongkos kirim berbelanja online adalah biaya yang paling tidak disukai oleh pelanggan online. Banyak sekali pelanggan yang tidak jadi membeli karena terkendala biaya ongkir. Oleh karena itu salah satu cara menarik pelanggan toko online yang efektif adalah dengan memberikan gratis ongkir.

Anda dapat mengikuti program gratis ongkir dari marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee. Meskipun program tersebut mengharuskan anda memberikan komisi kepada online marketplace tetapi biaya tersebut akan lebih kecil dibandingkan jika anda membuat program gratis ongkir sendiri.

5. Maksimalkan Pemasaran Media Sosial

Traffic sangatlah penting untuk setiap bisnis online, baik dari segi kuantitas dan kualitas. Media sosial dapat menjadi media pemasaran yang murah dan menyumbang traffic yang berkualitas dan besar jika dilakukan secara benar.

Traffic dari media sosial dapat anda peroleh dengan berbagai cara. Salah satu prinsipnya adalah dengan membuat konten yang relevan secara konsisten. Kemudian yang kedua adalah dengan berinteraksi secara aktif bersama berbagai tokoh dalam bidang yang terkait.

Contohnya jika anda berjualan produk fashion anda dapat memberikan komentar terhadap postingan influencer fashion dan menyisipkan link atau foto produk anda di akhir komentar.      

Sponsored

6. Tampilkan Video Produk 

Video saat ini menjadi media yang semakin populer untuk pelanggan toko online dalam melihat produk yang ditawarkan.

Video menjadi lebih populer karena memungkinkan pelanggan untuk melihat produk secara 3D dan lengkap dibandingkan dengan foto saja.

Selain itu video produk juga dapat menjadi media yang efektif untuk memperkenalkan kelebihan dari produk yang anda tawarkan. Oleh karena itu menampilkan video produk dapat menjadi cara menarik pelanggan toko online yang efektif saat ini.

7. Lakukan Live Streaming 

Penggunaan fitur live streaming di berbagai sosial media dan online marketplace dapat menjadi cara yang efektif dalam menarik pelanggan online shop anda.

Live streaming memungkinkan calon pelanggan untuk berinteraksi secara real-time dengan anda sebagai penjual dan juga melihat produk secara langsung.

Interaksi antara penjual dan pelanggan ini menjadi hal yang positif karena meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap bisnis anda.

Melakukan live streaming secara konsisten juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan anda karena anda dapat dikenal oleh pelanggan setia anda.

8. Jawab Pertanyaan Pelanggan Dengan Cepat

Pelayanan yang prima merupakan inti dari kesuksesan setiap toko online. Seringkali calon pelanggan membutuhkan penjelasan mengenai beberapa hal yang mungkin belum begitu jelas dari deskripsi produk.

Selain itu pelanggan juga sering bertanya sebelum memesan untuk memastikan barang tersedia. Kedua hal tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat konversi calon pelanggan menjadi pelanggan.

Dengan menjawab pertanyaan secara cepat anda tidak saja menghilangkan keraguan pelanggan akan produk yang anda tawarkan tetapi juga meningkatkan kepercayaan calon pelanggan terhadap bisnis anda.

9. Proses Pengiriman Dengan Cepat dan Aman

Proses pengiriman yang cepat dan aman mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan dan review yang diberikan pelanggan.

Pengiriman yang lambat atau tidak aman berisiko membuat pelanggan anda kecewa dan meninggalkan review yang kurang baik. Sebaliknya pengiriman yang cepat dan aman sangat meningkatkan peluang anda mendapat review bintang 5.

Adanya review yang bagus sangat penting untuk bisnis toko online. Oleh karena itu memastikan anda melakukan pengiriman yang cepat dan aman dapat menjadi salah satu cara menarik pelanggan bisnis online yang sangat efektif.

10. Promosi Secara Berkala

Setiap pelanggan menyukai pembelanjaan yang dilakukan dengan adanya promosi atau potongan harga. Adanya potongan harga mempengaruhi psikologis pembeli dimana mereka mendapat kesenangan dari memperoleh barang bagus dengan harga yang lebih murah.

Oleh karena itu, sama seperti bisnis lainnya, promosi secara berkala mempunyai pengaruh terhadap tingkat penjualan di bisnis toko online.

Agar promosi anda lebih efektif lakukan promosi berupa potongan untuk pembelian paket atau pembelian mencapai jumlah tertentu.

11. Beriklan Secara Efektif

Semakin banyak orang yang melihat produk anda maka semakin besar kemungkinan barang anda terjual. Untuk itu menggunakan iklan dapat menjadi cara menarik pembeli online shop yang baik.

Pastikan anda mengatur program iklan anda sesuai dengan strategi dan analisa yang matang. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari biaya iklan yang lebih besar daripada penjualan yang anda dapatkan.

Gunakan program iklan yang biasanya tersedia di berbagai online marketplace dan atur kata kunci secara manual. Selain itu pastikan anda mengatur budget dan biaya per klik untuk iklan yang anda buat.

Advertisement
Sponsored

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here