Dalam dunia usaha yang terus berubah inovasi seringkali diungkapkan sebagai salah satu kunci kesuksesan dan sumber keunggulan kompetitif. Oleh karena itu mendapatkan ide bisnis yang inovatif dan kreatif menjadi salah satu bagian penting dalam baik pada tahap memulai ataupun mengembangkan usaha baru.

Mendapatkan ide bisnis yang inovatif tidaklah mudah. Diperlukan pencarian dan teknik yang tepat untuk dapat menemukan inspirasi usaha yang inovatif. Kami disini akan membantu anda untuk melakukannya dengan memberikan 5 contoh ide bisnis yang inovatif dalam artikel ini.

1. Kuliner Inovatif 

usaha kuliner inovatif, ide bisnis inovatif dan kreatif
image credit : pexels.com

Bisnis kuliner merupakan salah satu contoh bisnis yang membutuhkan inovasi agar dapat bertahan dari persaingan. Inovasi dalam bisnis kuliner dapat diwujudkan dalam berbagai aspek.

Misalnya inovasi rasa, anda dapat mengembangkan suatu variasi masakan baru yang mempunyai rasa yang berbeda, unik namun enak.

Selain itu anda juga dapat menerapkan inovasi proses. Contohnya usaha cafe sebelumnya mayoritas dilakukan dengan fokus kepada pasar orang yang nongkrong atau meminumnya di lokasi.

Kemudian dengan adanya layanan delivery ojek online usaha cafe yang fokus kepada take away dan delivery seperti Janji Jiwa dan Kopi Kenangan berkembang sangat pesat.

Baca Juga: 15+ Peluang Usaha Bisnis Kuliner Online Yang Menjanjikan 

2. Pengembangan ChatBot

Bisnis pengembangan chatbot berkaitan dengan pembuatan, perawatan atau pengembangan aplikasi digital yang dapat memberikan pelayanan kepada pelanggan melalui chat dengan Artificial Intellegence.

Bisnis pengembangan ChatBot merupakan salah satu bisnis yang diprediksi akan bertumbuh pesat dalam beberapa tahun ke depan. Insider Intellegence memprediksi bisnis chatbot akan mencapai $142 milyar pada tahun 2024.

Bisnis ChatBot membutuhkan keahlian yang mendalam dalam berbagai bidang terkait teknologi seperti programming, machine learning, artificial intellegence dan big data.

Disisi lain dampak dari bisnis chatbot ini dapat membantu bisnis untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat kepada konsumen tanpa membebani pengeluaran perusahaan.

Potensi penggunaan chatbot juga sangat luas, tidak hanya di bidang retail atau konsumen saja. Dengan potensi dampaknya yang luas tersebut bisnis chatbot termasuk sebagai salah satu contoh ide bisnis yang inovatif dan kreatif.

3. Aplikasi Smartphone

aplikasi smartphone, ide bisnis inovatif dan kreatif
image credit : pixabay

Gojek dan Shopee merupakan salah contoh perusahaan inovatif yang mempunyai dampak besar terhadap masyarakat. Dua perusahaan tersebut bertumbuh pesat dengan memfokuskan pengembangan dan inovasi aplikasi smartphone mereka.

Tidak hanya dua perusahaan tersebut, banyak sekali perusahaan kemudian bertumbuh pesat karena aplikasi smartphone mereka yang mudah digunakan dan menarik kelompok anak muda.

Contohnya TikTok dan Instagram, keduanya tumbuh berkat aplikasi smartphone yang dikembangkan secara serius.

Sponsored

Melihat perusahaan-perusahaan tersebut jelas jika bisnis pengembangan aplikasi smartphone termasuk sebagai ide bisnis inovatif dan kreatif.

4. Bisnis Peralatan Pintar

Berkembangnya teknologi internet dan big data telah membuka peluang baru yang dapat mengubah hidup banyak orang. Bisnis peralatan pintar atau disebut juga sebagai Internet of Things (IoT) merupakan salah satu dari inovasi yang muncul berkat internet dan big data.

Bisnis IoT memungkinkan bisnis lain dan konsumen untuk melakukan berbagai aktivitas secara lebih efisien dan mudah. Amazon Alexa dan Google Nest adalah contohnya.

Amazon Alexa dan Google Nest merupakan speaker pintar yang dapat berbicara dan menerima perintah dari suara penggunanya. Kemudian dipadukan dengan perangkat lain yang terkoneksi melalui Wifi, Alexa dan Nest dapat mematikan dan menyalakan berbagai perangkat seperti TV, Radio, Lampu bahkan mengunci pintu dan jendela.

Di Indonesia sendiri IoT juga dikembangkan sebagai sarana untuk meningkatkan efisiensi bisnis. eFishery merupakan salah satu contoh nyatanya.

Dengan memanfaatkan koneksi internet, perangkat pemberi pakan ikan eFishery dapat meningkatkan efisiensi pemberian pakan secara maksimal. Hal ini memungkinkan bisnis budidaya ikan menekan biaya pakan dan meningkatkan keuntungan mereka secara signifikan.

Saat ini masih banyak sekali perangkat pintar yang dapat dikembangkan. Oleh karena itu, bisnis peralatan pintar dapat menjadi pilihan ide bisnis inovatif dan kreatif yang bisa dicoba Anda.

5. Bisnis Virtual dan Augmented Reality

virtual reality ide bisnis inovatif
image credit : pexels.com

Apakah kamu ingat saat Pokemon Go! Booming dan menjadi salah satu fenomena global? Fenomena Pokemon Go memperkenalkan masyarakat luas akan potensi dan implementasi dari Augmented Reality (AR).

AR mempunyai berbagai macam potensi tidak hanya sekedar untuk bermain game. AR juga mempunyai potensi luar biasa di bidang medis. Contohnya untuk membantu visualisasi pembuluh darah untuk menyuntik atau visualisasi organ tubuh untuk diagnosis kesehatan.

Sedangkan Virtual Reality atau (VR) juga mempunyai peluang diluar game atau hiburan. Dengan VR bisnis dapat membuat simulasi yang lebih nyata dan interaktif untuk sebuah rencana pembangunan ataupun produk.

Potensi dari bisnis AR dan VR ini sangatlah besar. Berdasarkan laporan dari Globalnewswire pasar VR global diperkirakan akan mencapai $57.55 milyar pada tahun 2027. Tumbuh 44% secara tahunan dari 2019 dimana pasarnya hanya sebesar $3.10 milyar.

Penutup

5 contoh ide bisnis dan kreatif diatas hanyalah beberapa contoh dari berbagai usaha inovatif yang dapat anda lakukan. Inovasi tidak selalu berkaitan dengan hal-hal yang benar-benar baru atau terkait dengan teknologi.

Ada kalanya inovasi dapat diwujudkan dengan perbaikan yang lebih baik terhadap hal-hal yang kecil dan sederhana. Banyak perusahaan yang sukses karena inovasi pada hal kecil. Namun inovasi pada hal-hal kecil tersebut terakumulasi menjadi suatu keunggulan kompetitif yang signifikan.

 

Advertisement
Sponsored

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here