Perkembangan teknologi telah memudahkan usaha dan membuka berbagai peluang usaha remaja tanpa modal. Terbukanya peluang tersebut tidak terlepas dari digitalisasi yang mengurangi kebutuhan untuk memiliki aset fisik seperti toko atau ruko.

Peluang bagi remaja juga semakin terbuka karena saat ini keahlian penggunaan teknologi dapat menjadi keunggulan kompetitif yang signifikan. Salah satu contohnya, seorang pengusaha digital yang mempunyai pengetahuan tentang SEO (search engine optimization) dapat mengalahkan perusahaan besar sekalipun dalam penempatan ranking di mesin pencarian.

Jika anda seorang anak muda yang ingin memulai bisnis tanpa modal berikut ini inspirasi peluang usaha remaja tanpa modal yang menguntungkan sebagai contoh.

1. Jualan Barang Desain Kustom

bisnis barang kustom, bisnis desain custom, usaha remaja tanpa modal
bisnis barang kustom cocok untuk usaha remaja tanpa modal

Kreativitas dan kegigihan dalam melakukan pemasaran adalah ciri yang banyak dimiliki pengusaha muda sukses dari nol. Kedua hal tersebut memang dapat menjadi modal utama dalam merintis usaha yang sukses.

Bisnis berjualan barang desain kustom memanfaatkan kedua hal tersebut sebagai modal utama. Anda dapat menggunakan kreativitas anda dalam membuat desain barang-barang seperti kaos, mug, casing hp, tote bag, jaket dan lainnya.

Selanjutnya anda dapat bergabung menjadi mitra di Ciptaloka.com dan membuka toko sendiri disana. Ciptaloka selanjutnya akan menangani produksi, pengiriman dan customer service jika ada yang membeli hasil desain anda.

Anda bisa menetapkan sendiri berapa besar keuntungan yang dapat anda raih dari setiap penjualan kaos karena Ciptaloka tidak mengatur harga jual akhir. Oleh karena itu berjualan barang desain kustom di Ciptaloka merupakan salah satu contoh usaha remaja tanpa modal yang menguntungkan.

2. Jasa Penulisan Artikel

bisnis blogging islami, usaha halal, usaha islami dan syariah
image credit : pexels.com

Website merupakan salah satu media pemasaran yang penting di era digital. Berbeda dengan media sosial, website memungkinkan pengunjung untuk mendapatkan informasi yang jauh lebih lengkap dari suatu bisnis.

Namun sebagus apapun desain website tidaklah ada artinya jika tidak mempunyai konten yang bagus dan menarik. Konten yang menarik dan relevan sangat penting untuk meraih ranking yang tinggi di mesin pencari seperti Google.

Tidak semua bisnis mempunyai kemampuan untuk membuat konten yang menarik sendiri. Oleh karena itu jika anda mempunyai kemampuan menulis yang baik anda bisa menawarkan jasa penulisan artikel blog dan website.

Anda dapat menawarkan jasa penulisan tersebut di website-website freelance seperti Sribulancer, Fiverr, Freelancer dan Upwork.

Jika anda sudah memiliki laptop dan paket data bisnis ini dapat anda mulai tanpa modal. Dengan potensi keuntungan yang mencapai puluhan juta rupiah perbulan maka jelas jika bisnis ini termasuk dalam peluang usaha remaja tanpa modal yang menguntungkan.

3. Dropshipping

penjelasan dropship dan sistem dropship a
penjelasan dropship dan cara kerja dropshipping

Secara sederhana bisnis dropshipping dapat dijelaskan sebagai bisnis dimana anda sebagai penjual fokus untuk mencari order dan pelayanan pelanggan. Sedangkan untuk pemenuhan order agar barang sampai ke tangan pelanggan dilakukan oleh supplier langsung.

Bisnis dropshipping tidak membutuhkan persediaan barang untuk dijual. Hal tersebut berbeda dengan bisnis pada umumnya yang membutuhkan persediaan barang untuk dijual.

Selain itu bisnis dropshipping juga tidak memerlukan lokasi fisik khusus sebagai toko atau gudang. Bisnis dropshipping secara umum hanya membutuhkan handphone untuk jualan online dan paket data.

Sponsored

Bisnis dropshipping dapat menghasilkan pendapatan ribuan dollar per bulan. Oleh karena itu bisnis dropshipping layak masuk sebagai salah satu peluang usaha remaja tanpa modal yang menjanjikan.

Baca Juga: 

Bagaimana Cara Dropshipping Dengan Aliexpress Untuk Pemula

4. Affiliate Marketing

affiliate marketing, strategi bisnis di era digital
affiliate marketing – image credit: pexels.com

Seperti dropshipping, bisnis affiliate marketing tidak membutuhkan persediaan barang ataupun lokasi fisik. Bahkan untuk bisnis affiliate marketing anda tidak perlu menangani pelayanan pembeli.

Dalam bisnis affiliate marketing yang anda lakukan adalah fokus mencari order yang mau memesan barang melalui link khusus yang diberikan oleh publisher. Selanjutnya jika ada yang memesan produk melalui link khusus tersebut anda akan menerima komisi.

Sedangkan untuk pemenuhan order dan pelayanan pelanggan akan dilakukan langsung oleh Publisher yang bersangkutan. Dengan skema tersebut bisnis ini tidak memerlukan modal dan cocok untuk dijalankan oleh anak muda.

5. Reseller Makanan Ringan

usaha snack, usaha remaja tanpa modal
usaha snack remaja tanpa modal

Siapa yang tidak suka makanan ringan? Hampir semua orang menyukai makanan ringan yang enak untuk menemani aktivitas mereka.

Besarnya pasar makanan ringan menjadikan bisnis ini sebagai salah satu bisnis yang besar. Banyak sekali produsen makanan ringan rumahan yang membuka peluang untuk menjadi reseller produk mereka.

Bahkan tidak jarang mereka menawarkan skema konsinyasi dalam berjualan sehingga anda tidak memerlukan modal untuk berbisnis makanan ringan.

6. Bisnis Hadiah Unik

usaha sampingan untuk anak muda, usaha kado unik
usaha kado unik : bisnis sampingan anak muda

Jika anda mempunyai kreativitas dan senang membuat benda-benda unik seperti scrapbook, sepatu kanvas lukis, miniatur box, dan hadiah-hadiah unik lain maka bisnis ini cocok untuk anda.

Bisnis hadiah unik dapat anda mulai tanpa modal dengan mengenakan sistem pre-order atau dengan Downpayment. Dari DP yang diberikan tersebut kemudian anda bisa membeli bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat pesanan pembeli.

Anda dapat memfoto contoh hasil barang yang anda buat untuk kemudian dipamerkan melalui marketplace dan media sosial untuk kemudian meningkatkan kepercayaan calon pembeli anda.

7. Jasa Penerjemah

jasa penerjemah, bisnis remaja tanpa modal
image: pexels.com

Jika anda menguasai bahasa asing, menawarkan jasa penerjemah merupakan usaha remaja tanpa modal yang menguntungkan untuk anda.

Banyak perusahaan-perusahaan yang memerlukan jasa penerjemah untuk menerjemahkan dokumen-dokumen mereka. Namun seringkali perusahaan tersebut tidak mempunyai staf penerjemah sehingga memerlukan penyedia jasa untuk dapat melakukannya.

Jasa penerjemah ini biasanya dilakukan dapat dilakukan dari rumah atau tempat anda sendiri. Pekerjaan penerjemah lepas ini banyak dibutuhkan untuk bahasa asing yang populer seperti Inggris, Mandarin, Prancis, Spanyol, Korea dan Jepang.

8. Marketing Sosial Media

Marketing sosial media termasuk salah satu peluang usaha remaja tanpa modal yang menguntungkan. Sebagai remaja anda kemungkinan besar sudah memiliki handphone sendiri dan gemar bermain sosial media.

Pengalaman dalam menggunakan media sosial tersebut dapat anda gunakan sebagai suatu bisnis. Bisnis ini dapat dimulai tanpa modal mengingat modal utama anda adalah handphone dan pengalaman.

Penutup

Peluang usaha remaja tanpa modal yang menjanjikan diatas hanyalah beberapa contoh dari berbagai peluang bisnis lain yang bisa anda coba lakukan tanpa modal.

Minimnya modal tidak berarti anda tidak dapat memulai bisnis. Dengan perkembangan teknologi dan pengetahuan yang luas anda juga tetap bisa menjalankan bisnis yang menguntungkan meskipun anda masih remaja.

Advertisement
Sponsored

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here