Beranda Bisnis Online 5 Alasan Mengapa Toko Online Penting Bagi UKM

5 Alasan Mengapa Toko Online Penting Bagi UKM

213
0
image credit : pexels.com

Peningkatan pesat terhadap akses internet masyarakat Indonesia melalui smartphone telah mengubah perilaku konsumen dalam berbelanja. Dimana saat ini sudah semakin banyak orang yang terbiasa berbelanja melalui toko online dan bertumbuhan nilai transaksi secara online terus meningkat secara pesat dari tahun ke tahun.

Pada tahun 2016 saja ditaksir nilai transaksi melalui toko online atau ecommerce sudah mencapai USD 35 miliar atau sekitar Rp 394 trilliun. Dari jumlah tersebut, nilai transaksi ecommerce diprediksi akan terus bertumbuh 4 kali lipat menjadi USD 130 miliar atau sekitar Rp. 1.710 triliun di tahun 2020 atau sekitar 3-4 tahun mendatang.

Fakta-fakta dan prediksi tersebut menunjukkan bahwa tengah terjadi perubahan tidak hanya didunia usaha tetapi juga perilaku konsumen yang semakin terbiasa berbelanja secara online.

Apa artinya perubahan tersebut untuk UKM? Bagi UKM perubahan tersebut dapat berupa peluang atau ancaman. Bagi UKM yang mengembangkan toko online dan fokus membangun penjualan secara online, hal ini berarti sebuah peluang besar untuk bisa bertumbuh pesat.

Sedangkan bagi UKM yang tidak mengembangkan toko online hal ini berarti sebuah ancaman, karena lambat laun mereka akan semakin ditinggalkan dan tidak dapat bersaing. Berikut 5 alasan mengapa toko online penting bagi UKM.

Alasan Mengapa Toko Online Penting Bagi UKM

1. Akses Terhadap Pasar Yang Lebih Luas

Internet tidak mempunyai batasan, hal ini berbeda dengan toko fisik anda. Jika pengunjung toko fisik anda hanya sebatas calon pelanggan yang berada di daerah sekitar saja, pengunjung toko online berasal dari berbagai tempat yang berbeda.

Dengan toko online calon pelanggan anda menjadi lebih dari sekedar orang-orang dari daerah yang sama. Anda dapat menjual barang atau jasa bisnis UKM anda kepada mereka yang berada di kota yang berbeda, pulau yang berbeda atau bahkan untuk mendapatkan pembeli dari luar negeri.

 

2. Membangun Merek Bisnis

Mempunyai merek bisnis yang kuat sangatlah penting untuk meningkatkan keuntungan dan mempertahankan bisnis anda dari persaingan. Pada intinya, “membangun merek” berarti membangun kepercayaan pelanggan dan calon pelanggan terhadap bisnis atau produk anda.

Salah satu alasan mengapa toko online penting bagi UKM adalah toko online memberikan anda kemampuan untuk “membangun merek” secara lebih efektif. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan akses ke calon pelanggan anda ke informasi mengenai barang atau jasa yang anda tawarkan.

Selain itu calon pelanggan juga dapat melihat bagaimana rekomendasi, review dan testimonial dari pelanggan setia anda yang sangat membantu untuk membentuk kesan positif bagi bisnis atau produk anda. Dengan meningkatnya kepercayaan calon pelanggan terhadap bisnis anda, kemungkinan anda untuk mendapatkan penjualan dari mereka menjadi lebih besar.

 

3. Perubahan Perilaku Konsumen

Pada saat ini semakin banyak konsumen yang melakukan riset online terlebih dahulu sebelum membeli suatu produk. Selain itu semakin banyak juga konsumen yang saat mengetahui ada toko atau bisnis baru mereka mencari website bisnis tersebut untuk mengetahui lebih banyak mengenai bisnis tersebut.

Perubahan perilaku konsumen tersebut dapat membuat anda kehilangan calon pelanggan baru. Bayangkan jika mereka mencari toko online atau website bisnis anda dan mereka tidak menemukannya. Mereka kemungkinan besar akan menemukan saingan anda dan minat terhadap bisnia anda pun akan berkurang karena anda tidak mempunyai toko online atau website bisnis anda.

 

4. Pemasaran Online Yang Lebih Efektif 

Salah satu alasan mengapa toko online penting bagi UKM adalah dengan adanya toko online maka pemasaran online yang bisnis anda lakukan akan lebih efektif. Calon pelanggan yang melihat promosi online anda melalui social media dapat mengetahui lebih jauh tentang bisnis anda jika anda mempunyai toko online. Jika mereka merasa penawaran anda sangat menarik, mereka cukup bertransaksi melalui toko online anda tanpa harus keluar rumah.

Sebaliknya, jika anda tidak mempunyai toko online sendiri mereka harus mengunjungi toko fisik anda jika ingin mengetahui lebih jauh atau ingin bertransaksi dengan bisnis anda. Hal ini menurunkan kemungkinan mereka benar-benar membeli dari anda karena calon pelanggan perlu mengeluarkan waktu dan tenaga yang lebih dibandingkan jika anda mempunyai toko online.

Selain meningkatkan efisiensi social media marketing, dengan menggunakan toko online anda juga dapat menerapkan strategi pemasaran online lainnya seperti email marketing, SEO dan menggunakan iklan PPC secara lebih efektif.

 

5. Meningkatkan Efisiensi

Membuka toko fisik baru untuk mengembangkan bisnis anda membutuhkan investasi yang tidak sedikit dan dapat menambah beban operasional bisnis anda secara signifikan. Membuka cabang baru berarti menambah pegawai, sewa toko, biaya promosi, dan waktu anda untuk mengontrol cabang tersebut.

Berbeda halnya dengan toko online, anda dapat mengembangkan bisnis anda dengan investasi tambahan yang relatif lebih sedikit, jumlah pegawai yang lebih sedikit, dan tidak membebani waktu anda untuk mengontrol operasional bisnis anda secara signifikan. Hal ini berarti anda dapat mengembangkan bisnis anda dan meningkatkan efisiensi bisnis anda secara bersamaan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here