cara mengatasi persaingan pasar
image credit : pexels.com

Dalam berbisnis persaingan pasar umumnya menjadi sebuah hal yang harus dihadapi karena di era pasar dan informasi yang semakin terbuka seperti saat ini. Semakin seringnya muncul kompetitor baru dan beradaptasinya kompetitor lama menjadi suatu tantangan yang kerap dihadapi oleh seorang pebisnis.

Persaingan usaha menjadi sebuah tantangan yang patut diwaspadai oleh setiap pebisnis karena persaingan pasar dapat mengurangi keuntungan anda dengan menekan harga pasar dan dapat merebut pelanggan anda.

Dampaknya jika kalah bersaing maka cepat atau lambatnya bisnis anda akan bankrut. pertanyaanya bagaimana cara mengatasi persaingan pasar dalam berbisnis?

Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi persaingan pasar dalam berbisnis simak 7 tips yang dapat anda gunakan sebagai senjata anda.

1. Pahami Persaingan Pasar

Untuk dapat mengatasi persaingan pasar anda harus terlebih dahulu memahami bagaimana kondisi persaingan pasar yang ada saat ini, siapa saja saingan anda? apa kelebihan mereka? dan apa kekurangan mereka?

Carilah apa yang tidak ditawarkan oleh saingan anda dan kemudian coba untuk mengisi celah pasar yang tidak diambil oleh saingan anda tersebut.

Domino pizza merupakan contoh sukses dari hal tersebut dimana saat mereka berkembang mereka melihat celah pasar untuk pengiriman pizza yang cepat dan memberikan jaminan untuk kecepatan waktu pengantaran.

2. Bangun Loyalitas Pelanggan Lama

Mendapatkan dan mencari pelanggan baru memang penting agar bisnis dapat berkembang, namun memastikan pelanggan lama untuk kembali dan berbisnis dengan anda merupakan pondasi penting dari keberlangsungan bisnis anda.

Pelanggan lama cenderung melakukan pembelian lebih banyak dan lebih sering dibandingkan pelanggan baru, oleh karena itu membangun loyalitas pelanggan lama sangatlah penting.

Untuk itu buatlah suatu program loyalitas pelanggan yang memberikan hadiah kepada pelanggan setia anda. Anda juga dapat membangun hubungan personal dengan mereka sebagai dasar hubungan jangka panjang dengan pelanggan anda.

3.  Bangun Branding Bisnis 

Branding mempunyai pengaruh yang besar dalam pengambilan keputusan suatu konsumen. Branding yang kuat membantu bisnis anda untuk bertahan dan mengalahkan persaingan dengan berada di bagian terdepan pikiran pelanggan anda.

Branding yang kuat menjadi suatu alasan mengapa produk Apple sangat laris dipasaran, dan memberikan keuntungan yang luar biasa bagi perusahaan mereka.

Membangun branding membutuhkan investasi waktu dan uang yang tidak sedikit namun anda dapat memulainya secara kecil-kecilan dengan membuat logo bisnis dan spanduk promosi yang menarik.

4. Perjelas Pesan Bisnis Anda

Untuk dapat menarik pelanggan mereka harus memahami terlebih dahulu apa yang bisnis anda lakukan untuk mereka dan apa yang bisa anda harapkan dari bisnis anda. Anda tidak bisa membuat pesan secara serampangan dan berharap pelanggan anda mendapatkan arti yang sesuai, anda harus membuat pesan jelas untuk pelanggan anda.

5. Tonjolkan Perbedaan Bisnis Anda

Mempunyai sesuatu hal yang berbeda dari saingan anda adalah modal penting dalam mengatasi persaingan pasar. Setelah memahami persaingan pasar yang ada kenali apa karakteristik yang unik dari bisnis anda dari saingan?

Perbedaan tersebut mungkin dapat berupa produk dari bahan yang lebih berkualitas, suatu cerita unik dibalik produk, etika bisnis yang lebih baik, atau pelayanan pelanggan yang luar biasa.

6. Mencari Pasar Baru

Jika Anda memiliki satu pasar yang sudah cukup anda kuasai, cobalah untuk mengembangkan bisnis anda ke pasar baru. Hal ini merupakan cara mengantisipasi persaingan pasar yang penting terutama untuk mengantisipasi persaingan yang menjadi lebih ketat dikemudian hari di pasar yang sudah anda kuasai tersebut.

Mulailah dengan pasar yang mempunyai keterkaitan dengan pasar utama dari bisnis anda. Misalnya mungkin pelanggan bisnis pakaian anda saat ini adalah wanita kantoran berusia 25-35 tahun, maka anda dapat mencoba menawarkan lini busana untuk ibu hamil dan menyusui yang modern dan trendy.

7. Tetap Berinovasi

Di dunia yang semakin cepat seperti saat ini, sangat penting bagi setiap pebisnis untuk selalu berinovasi dan mencoba hal-hal yang baru. Inovasi merupakan salah satu cara mengatasi persaingan pasar yang sangat efektif.

3M adalah salah satu contoh perusahaan yang dapat bertahan karena kemampuan mereka untuk terus membuat inovasi-inovasi baru seperti Post-It yang memungkinkan mereka berkembang dari perusahaan pertambangan kecil di Minessota menjadi salah satu perusahaan terbesar dan terkemuka didunia.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here