pelanggan setia
image credit : pexels.com

Tips untuk mendapatkan pelanggan setia –Pelanggan adalah nyawa dari setiap bisnis. Jelas tidak ada bisnis yang bisa bertahan tanpa adanya pelanggan yang cukup, tetapi salah satu hal yang sering dilupakan oleh pebisnis adalah pentingnya untuk bisa mendapatkan dan mempertahankan pelanggan setia.

Pelanggan setia menjadi suatu kunci sukses bisnis karena penelitian menunjukkan bahwa mendapatkan pelanggan baru membutuhkan biaya 5 kali lebih besar dibandingkan mempertahankan pelanggan lama. Tidak hanya biaya, waktu yang diperlukan untuk mendapatkan pelanggan baru juga tidaklah sedikit.

Dari fakta tersebut meningkatkan retensi atau loyalitas pelanggan sebesar 5% saja dapat meningkatkan keuntungan bisnis anda sebesar 25% sampai 50%. Tidak peduli anda menjalankan bisnis skala mikro atau bisnis besar, meningkatkan loyalitas pelanggan akan meningkatkan penjualan anda. menghemat biaya akuisisi pelanggan dan meningkatkan citra merek anda.

Pertanyaan bagaimana cara untuk mendapatkan pelanggan setia? Untuk menjawabnya, berikut ini 7 tips untuk mendapatkan pelanggan setia:

1. Bangun Komunikasi Dengan Pelanggan

Komunikasi dengan pelanggan secara rutin merupakan kunci agar pelanggan selalu mengingat anda dan menjadi pelanggan setia.  Luangkan waktu untuk berkomunikasi secara rutin dengan pelanggan menggunakan social media, email, aplikasi pesan singkat atau bahkan melalui nomor telepon.

Membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan dilakukan dengan memberikan berbagai update dan informasi menarik yang tidak terbatas pada promosi bisnis anda. Bahkan akan lebih baik lagi jika anda berkomunikasi diluar konteks bisnis seperti ucapan selamat ulang tahun atau event lain seperti anniversary dan pernikahan anak pelanggan.

Baca Juga : 8 Strategi Bisnis Di Era Digital Yang Harus Kamu Ketahui

2. Berikan Pelayanan Terbaik

Tidak ada tips untuk mendapatkan pelanggan setia yang lebih baik dari ‘pastikan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik’. Pelanggan mengingat anda jika anda memberikan pelayanan yang memuaskan, namun mereka juga tidak akan pernah melupakan jika anda memberikan pelayanan yang mengecewakan.

Pelayanan yang mengecewakan menjadi salah satu alasan terbesar mengapa pelanggan meninggalkan suatu bisnis. Satu survey menunjukkan bahwa 51% pelanggan mengutip pelayanan yang buruk sebagai alasan utama meninggalkan suatu bisnis.

Baca Juga : 7 Strategi Ampuh Cara Membuat Usaha Ramai Pembeli

3. Tawarkan Opsi Pembayaran Ringan

Tips untuk mendapatkan pelanggan setia yang ketiga adalah tawarkan opsi pembayaran yang ringan kepada mereka. Opsi pembayaran yang ringan disini dapat berupa cicilan atau tanggal jatuh tempo tagihan yang lebih panjang.

Opsi pembayaran yang ringan dapat membantu anda mendapatkan pelanggan yang loyal karena anda membantu mereka untuk mendapatkan barang atau layanan yang mereka butuhkan dengan lebih mudah.

4. Berikan Bonus ‘Extra’

Pelanggan setia selalu senang untuk mendapatkan diskon khusus atau hadiah karena loyalitas mereka.  Karena itu memberikan bonus extra adalah salah satu cara untuk mendapatkan pelanggan setia yang paling efektif.

Memberikan bonus extra disini tidaklah harus mahal, anda dapat memulai dengan hadiah-hadiah sederhana. Atau anda juga dapat memberikan diskon extra untuk pelanggan lama anda.

Untuk komunikasi yang lebih baik dan meningkatkan minat belanja pelanggan anda juga dapat membuat program loyalty yang formal dengan kartu pelanggan. Pastikan program loyalty anda mudah untuk dipahami sistem dan hadiahnya sehingga pelanggan lebih tertarik untuk mengikuti program loyalty anda.

Sponsored

Baca Juga : 7 Strategi Ampuh Cara Membuat Usaha Ramai Pembeli

5. Sentuhan Personal 

Email dan social media mungkin sangat efisien untuk komunikasi rutin dengan pelanggan namun sentuhan personal menjadi sangat kurang dan minim jika anda terlalu bergantung kepada teknologi.

Disisi lain sentuhan personal penting untuk membangun koneksi dan emosi yang positif dengan pelanggan. Sebuah sentuhan personal seperti kartu ucapan selamat ulang tahun atau kue kecil untuk pelanggan anda dapat membangun loyalitas yang kuat dengan pelanggan tersebut.

6. Lebihi Harapan Pelanggan

Tips untuk mendapatkan pelanggan setia yang berikutnya adalah usahakan untuk selalu melebihi harapan pelanggan. Memperhatikan dan mengatur agar harapan pelanggan terpenuhi sangat penting. Banyak kali perusahaan yang berjanji terlalu muluk-muluk dan akhirnya tidak mampu memenuhi sehingga pelanggan menjadi kecewa.

Untuk itu perhatikan apa yang anda janjikan kepada pelanggan, pahami apa yang mereka harapkan dari anda dengan membangun komunikasi yang baik dengan mereka. Setelah memahami pelanggan anda dapat mengusahakan untuk melebihi harapan tersebut dan membuat pelanggan menjadi puas akan pelayanan anda.

7. Jaga Kepercayaan Pelanggan

Tips untuk mendapatkan pelanggan setia yang satu ini merupakan pondasi untuk membangun hubungan jangka panjang dengan setiap pelanggan anda. Pelanggan yang percaya dengan kemampuan anda untuk memberikan pelayanan yang baik akan kembali lagi untuk berbisnis dengan anda. Sebaliknya jika mereka tidak percaya dengan anda maka mereka akan meninggalkan dan menghindari anda.

Untuk menjaga kepercayaan pelanggan anda harus jujur kepada mereka dan menerima dengan lapang dada atas kesalahan yang anda lakukan. Misalnya jika anda terlalu lama menyiapkan makanan untuk pelanggan alih-alih membela diri akan lebih baik jika anda menerima kesalahan dan memberikan kompensasi atas kekecewaan mereka.

Sponsored
Artikulli paraprak7 Cara Mengatasi Persaingan Pasar Dalam Bisnis
Artikulli tjetër11 Rahasia dan Tips Sukses Chairul Tanjung
Firman adalah dosen manajemen di Fakultas Ekonomi & Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, internet entrepreneur,dan investor keuangan. Mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam wirausaha, bisnis, usaha kecil dan menengah, entrepreneurship dan manajemen keuangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini